Tips Bisnis Grosir : Menentukan Harga Jual


Supaya bisnis jualan kita sukses, diperlukan pemahaman dalam menetapkan harga yang tepat, begitu juga dalam menetapkan harga grosir. Menentukan harga jual harus di iringi dengan perhitungan biaya-biaya yang dikeluarkan saat proses distribusi atau produksi. Blog grosir kulakan akan membahas bagaimana cara menentukan harga grosir.

Cara menentukan Harga Grosir


1. Tentukan biaya distribusi

Proses memesan, mendistribusikan, sampai mengantarkan produk dari pemasok ke gudang Anda pastinya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Begitu juga dengan proses penjualan (pengiriman barang ke pembeli). Setiap keping rupiah yang dikeluarkan untuk kegiatan pendistribusian adalah biaya distribusi. Untuk menentukan harga berdasarkan biaya distribusi, hitung jumlah total biaya lalu bagi dengan jumlah produk yang dipasok. Ini adalah biaya per produk.

2. Tentukan biaya tenaga kerja

Tentu bisnis grosir Anda tidak akan berjalan tanpa adanya pegawai yang harus digaji dan jaminan sosialnya. Hitung total biaya tenaga kerja lalu bagi hasilnya dengan jumlah produk yang ada. Maka Anda akan mendapatkan biaya tenaga kerja per produk. Tambahkan biaya produksi dan biaya tenaga kerja. Itulah harga jual minimum produk Anda (tanpa keuntungan).

3. Tentukan margin keuntungan

Tentunya bisnis dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam menentukan margin keuntungan, Anda tak bisa seenaknya. Pertimbangan kondisi pasar, daya beli pelanggan, dan harga jual para pesaing Anda.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara menentukan harga grosir sebuah produk. Tawarkan produk Anda kepada para pelanggan dengan pembelian minimal tertentu agar mendapatkan harga grosir. Dapatkan berbagi informasi gratis, tips dan strategi penjualan yang langsung di kirimkan ke email Anda. Silahkan isi form di sini.

Ini Lho "Dalaman" Kantor Tokopedia, Keren Banget

Buat teman-teman yang belum pernah ke kantor tokopedia.com dan penasaran bagaimana suasana di kantor tokopedia, kali ini blog grosir kulakan akan share all about kantor tokopedia. Alamat kantor Tokopedia ada di Wisma 77 Tower 2 Lantai 2, jalan. Letnan Jenderal S. Parman Kav. 77, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat.


Sebelum pindah ke sini, dulu kantor tokopedia hanya berada di sebuah ruko. Karena jumlah nakama (sebutan karyawan tokopedia) semakin banyak ada lebih kurang 400 orang akhirnya mereka menyewa 5 lantai di wisma 77 Slipi, pada Desember 2015.

Kantor Tokopedia Sangat Keren

Memasuki kantor tokopedia, kita akan disambut nuansa serba hijau. Berada di sini kita tidak seperti berada disebuah kantor yang biasanya terkotak-kotak. Kita akan menemui ruangan terbuka yang cukup besar, dengan meja-meja tempat para pekerja bekerja.


Budaya kerja di sini juga unik, semua karyawan harus mau berbagi layaknya seorang guru, tetapi juga harus mau belajar seperti seorang murid. Jadi yang punya keahlian tertentu, seperti bahasa asing, misalnya, akan membuat kelas di luar jam kerja, layaknya kelas ekstrakurikuler di sekolah :)


Di dindingnya, terpampang kata-kata motivasi untuk pemicu semangat kerja dari berbagai tokoh terkenal, mulai dari Soekarno sampai Dwayne Johnson.


Ada juga tembok Wall of Thanks, di sini para karyawan tokopedia bisa menunjukkan apresiasi mereka pada rekan kerja. Dengan Wall of Thanks, pekerja dapat saling mengapresiasi satu sama lain. Tidak melulu yang ada hubungannya dengan rasa terima kasih tapi ada juga yang menyatakan cinta lho.


Di lantai 7 adalah tempat untuk relaksasi dinamakan Tokopedia Playground. Di sini, kita tidak akan menemukan meja kantor. Yang ada sebuah meja pingpong, meja catur, PS 4, sofa yang nyaman bahkan tempat tidur.


Karyawan Tokopedia yang merasa suntuk dapat rehat sejenak di lantai 7 ini. Mereka dapat bebas mengunjungi dan bermain di lantai ini kapan pun mereka merasa perlu untuk beristirahat.


Biasanya, memasuki jam makan siang, ruangan ini mulai dipadati para pekerja yang akan menyantap makan siang di deretan meja makan berwarna kuning terang yang mencuri perhatian.


Para karyawannya pun tidak perlu khawatir saat lapar, karena Tokopedia memiliki pantry yang terbilang lengkap di setiap lantainya. Desainnya yang unik membuat para Nakama leluasa membuat ataupun mengambil makanan serta minuman. Gimana, jadi ingin kerja di sana ya...

8 Marketplace Indonesia Terbaik Yang Gratis & Populer


Marketplace adalah sebuah situs ecommerce tempat jual beli online beraneka produk, dimana penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi. Sedangkan proses transaksi di tangani oleh pengelola marketplace tersebut.

Kehadiran internet dapat membuka lapangan kerja dan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi pengusaha sangat terbuka lebar. Semua orang bisa memulai bisnis sendiri tanpa perlu membuka toko dalam bentuk fisik. Hanya bermodalkan toko online, kamu sudah bisa menghasilkan uang.

Ada banyak cara untuk memulai bisnis online, salah satunya adalah dengan memanfaatkan marketplace Indonesia yang sudah ada. Kita tidak perlu pusing memikirkan cara membuat blog atau website sendiri, yang perlu kita lakukan hanya mendaftarkan toko online kamu di marketplace tersebut.

Sekarang sangat banyak marketplace di internet. Saking banyaknya, mungkin kamu bingung, yang mana sih yang harus kamu pilih? Nah, kalau kamu masih bingung, berarti kamu adalah orang yang tepat untuk membaca tulisan ini. Jadi, inilah 6 marketplace Indonesia terbaik, terpopuler dan gratis.

8 Marketplace Indonesia Terbaik Yang Gratis & Populer

Tokopedia

Buat yang sering nonton televisi atau bermain di dunia maya, pasti nama ini sudah tidak asing lagi. Promosi marketplace yang satu ini sangat gencar dilakukan dan iklannya juga menarik jadi mudah untuk di ingat.


Tokopedia adalah marketplace yang sangat terkenal dan merupakan penguasa pasar lokal Indonesia setelah berhasil mengalahkan 2 raksasa marketplace sebelumnya, yaitu Plasa.com milik Telkom-ebay dan Multiply milik MIH.

Sejak berdiri pada tahun 2009 sampai sekarang, Tokopedia sudah memiliki lebih dari 770 ribu produk dan telah menjual total 13,4 juta barang pada tahun 2014. Dipimpin oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, marketplace ini berada di ranking 32 se-Indonesia berdasarkan ranking Alexa.

BukaLapak

BukaLapak adalah pesaing terberat Tokopedia. Kedua marketplace ini adalah contoh dari marketplace yang telah berhasil menembus persaingan dengan marketplace lainnya dan menjadi salah satu marketplace paling populer di Indonesia.


Marketplace ecommerce Indonesia yang didirikan oleh Achmad Zaky ini sudah memiliki lebih dari 400 ribu barang aktif. Jumlah transaksinya dalam satu hari sudah mencapai angka Rp500 juta. Saat ini BukaLapak tidak hanya bisa diakses dengan website saja, tetapi juga melalui aplikasi mobile, sehingga memudahkan penggunanya. BukaLapak ada di posisi ke 43 di Indonesia berdasarkan ranking Alexa.

Qoo10 Indonesia

Marketplace ini merupakan hasil kerjasama ebay dengan marketplace asal Korea Selatan Gmarket. 


Pada tahun 2013, marketplace ini sudah berhasil mendapatkan USD2.5 juta atau Rp33 miliar per bulannya. Bertambah 500 % dari penghasilannya tahun sebelumnya. Saat ini, Qoo10 menempati posisi ke 156 di Indonesia menurut ranking Alexa.

Elevenia

Website ini terhitung masih baru di ranah marketplace Indonesia. Awal pertama kali marketplace ini beroperasi adalah tanggal 1 Maret 2014. Elevenia merupakan hasil kerjasama dari XL Axiata dengan perusahaan layanan online dan mobile asal Korea Selatan SK Planet.


Meskipun masih terhitung anak baru, namun Elevenia sudah memiliki tempat tersendiri di marketplace Indonesia dengan bermodalkan USD18.3 juta dari kedua perusahaan pemodal, Elevenia optimis untuk menjadi situs marketplace yang menguasai pasar Indonesia dalam jangka panjang. Saat ini Elevenia berada di ranking 157 di Indonesia menurut ranking Alexa.

Lamindo Indonesia

Satu lagi website marketplace baru di Indonesia, Lamindo Indonesia dengan berbekalkan pengalaman dari rocket Internet masuk ke dalam ranah marketplace di Indonesia. Perusahaan ini menggunakan pengaturan teknis seperti Lazada Indonesia.


Sehingga namanya di laman Lamindo pun adalah Lamindo by Lazada. Marketplace ini ada di ranking ke 443 di Indonesia versi ranking Alexa.

Rakuten Belanja Online

Rakuten Belanja Online awalnya berada di bawah naungan MNC Group, sebuah perusahaan media raksasa di Indonesia. Namun saat ini Rakuten sudah berpisah dengan MNC dan mulai berjalan sendiri.

Anak perusahaan dari raksasa e-shopping Jepang ini masih yakin dan optimis bahwa dia akan mendapatkan pasarnya tersendiri di marketplace Indonesia. Ranking yang diraih Rakuten saat ini adalah ke 447 di Indonesia menurut ranking Alexa.

Rahasia Sukses Bisnis Toko Online Ala Putri

Toko Online mempunyai kans yang besar menangkap peluang bisnis lebih luas dari pada toko offline. Selain itu, kita juga tidak perlu repot mengeluarkan banyak biaya operasional. Di mana saja, asal ada koneksi internet, kita bisa mengurus bisnis toko online.


Nah, buat teman-teman yang baru memulai bisnis toko online, tidak perlu minder dengan para "senior". Belajarlah sebanyak mungkin dari kesuksesan mereka. Salah satunya, dari Putri Septian, pemilik toko online beromzet 20 juta rupiah per bulan.

Hanya dalam setahun tokonya memperoleh omzet penjualan 20 juta rupiah per bulan. Wih! Yuk simak apa kiat-kiat sista yang satu ini dalam mengelola toko online.

Alasan Membuat Toko Online
Awalnya iseng saja, kebetulan waktu itu aku masih jadi karyawan swasta. Bisnis toko online aku jadikan pekerjaan sampingan. Sebelum resmi buka toko online sendiri, aku cuma jadi dropship dan reseller aja, nggak pakai modal.

Terus seiring waktu berjalan, aku banyak dapat pelanggan meskipun baru jadi reseller. Lalu aku putuskan aku bikin toko online sendiri, bikin website. Aku rasa, toko online itu nggak cukup dari Blackberry, atau sosial media aja. Harus ada website resmi, soalnya kebanyakan orang mencari produk dari Google.

Bagaimana sistem kepengurusan toko online?
Melihat permintaan pasar semakin banyak, aku memutuskan mencari mitra kerjasama untuk toko offline. Karena aku di Pekanbaru, jadi agak kesulitan menangani order produk di wilayah Jawa. Alhamdulillah dapat teman di Jakarta yang mau bantu.

Toko offline yang di Jakarta mengurus order di daerah Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Sedangkan aku yang di Pekanbaru mengurus order di seluruh Sumatra.

Itu aku lakukan juga agar konsumen tidak mengeluarkan uang banyak untuk biaya ongkir. Jadi kalau ada order, aku lacak di mana alamatnya, terus aku pilihkan mau dikirim dari Jakarta atau dari Pekanbaru, yang paling dekat dari mana biar ongkirnya murah.

Untuk memudahkan aku mengurus Toko Putri, aku merekrut seorang admin. Dia yang mengurusi penyusunan order, pengiriman, packaging, dan lain-lain.

Tips Mengurus Toko Online?
Kuncinya, cuma fokus sama apa yang kamu kerjakan. Kalau fokus, pasti niat mengembangkan usaha lebih besar. Saat ini makin ketat persaingan toko online, kalau kami nggak gigih, nggak kebagian dong. Hehehe…

Terus, jangan lupa harga yang low competitive. Pelanggan suka sama yang murah.

Perbaiki Layanan
Berjualan di toko online harus ekstra sabar. Pembeli tidak bisa melihat langsung barang kita, jadi akan lebih detail bertanya spesifikasi pada penjual. Segera respons apapun pertanyaan pelanggan.

Kalau sedang sibuk, minimal beritahu mereka kalau kita sedang sibuk dan akan menjawab pertanyaan mereka setelah tidak sibuk. Anggap saja kesabaran kita menghadapi konsumen adalah investasi informasi.

Justru melalui kesabaran kita itu, secara nggak sadar kita melakukan teknik marketing yang saya namai sebagai personal touch. Mungkin mereka yang kita layani nggak jadi beli, tapi lain waktu, dia akan menyarankan ke teman-temannya untuk bertransaksi di toko kita.

Aku sendiri sudah mengalami beberapa kali pengalaman seperti itu, pelanggan baru datang karena referensi dari teman.

Itulah hasil perbincangan dengan Putri Septian, owner butik online yang beromzet 20 juta rupiah per bulan. Mau seperti Putri? Segera praktikkan apa yang Putri bagikan di atas, ya..

Cara Upload Produk di Toko Online yang Baik & Benar untuk Menarik Pembeli


Sebagai pemilik toko online, pasti ingin produk yang kita jual laris manis dan diminati oleh pembeli. Tetapi untuk mendatangkan banyak konsumen pastinya kita harus berusaha, seperti memaksimalkan setiap barang yang kita upload ke etalase toko online kita. Di bawah ini blog grosir kulakan akan berbagi beberapa tips dan cara upload produk yang benar supaya dapat menarik konsumen untuk berbelanja di toko online kita. Tips ini bisa Anda terapkan juga di tokopedia, bukalapak, FJB kaskus, elevenia dan shopee.

Cara Upload Produk Yang Baik dan Benar

Foto yang menarik

Foto produk merupakan daya tarik toko online Anda. Untuk itu, upload-lah foto produk yang bagus dan menarik. Selain kualitas kamera, background atau latar belakang foto menjadi hal yang tidak kalah pentingnya dalam pengambilan foto produk. Hindari mengambil foto produk dengan menaruh produk tersebut di lantai.

Sebaiknya gunakan background dengan satu warna dan menggunakan warna netral seperti putih yang cocok dengan semua warna. Anda juga dapat menambahkan aksesoris-aksesoris kecil seperlunya untuk mendapatkan hasil foto yang lebih bervariasi.
Baca juga : Cara Foto Produk Untuk Online Shop Agar Menarik

Memasukkan produk pada kategori yang sesuai

Selain mencari produk dengan memasukkan nama produk mesin pencarian, banyak juga calon pembeli yang mencari produk berdasarkan kategori barang. Oleh karena itu, saat menambahkan produk, pilihlah kategori yang sesuai dengan produk tersebut.

Deskripsi yang menarik

Tulislah deskripsi produk dengan kalimat-kalimat yang menarik untuk meyakinkan pembeli agar membeli produk dari toko online kita. Namun perlu diingat, deskripsi tersebut tetap harus sesuai dengan kondisi produk yang kita jual.

Nama produk yang jelas

Penamaan produk akan mempengaruhi pada muncul atau tidaknya produk yang ada di toko online kita, ketika calon pembeli mencari produk dengan memasukkan keyword tertentu pada google atau mesin pencari lainnya.

Oleh sebab itu, tulislah nama produk yang akan kita jual dengan nama yang jelas dan hindari juga singkatan atau kode.

Contoh Penamaan Produk Yang Salah
Contoh Penamaan Produk Yang Benar

Contohnya, jika Anda ingin upload produk botol minum anak bergambar Hello Kitty. Penamaan produk yang benar adalah “Botol Minum Anak Hello Kitty”, bukan “Botol Minum HK” atau menggunakan kode-kode seperti BHK01. Jadi jika calon pembeli memasukkan keyword “Botol Minum Anak Hello Kitty” pada google, produk dari toko online kita akan muncul pada halaman pencarian tersebut.

Menulis detail produk pada deskripsi

Selain menuliskan kalimat yang menarik pada deskripsi, Anda juga harus menuliskan informasi terkait dengan produk yang dijual. Hal tersebut penting untuk kita lakukan, supaya pembeli tidak bertanya-tanya tentang detail produk yang kita jual dan supaya pembeli tidak kecewa saat sudah melakukan pembelian. Detail produk bisa meliputi, ukuran, bahan, ketersediaan warna dan sebagainya.
Baca Juga : Menentukan Produk yang Akan Dijual Di Toko Online
Itulah beberapa tips dan cara untuk upload produk di toko online, tokopedia, elevenia, FJB kaskus maupun di shopee, agar menarik calon pembeli.

Begini Cara Handphone Xiaomi Sukses di Pasaran, Ikuti Strategi Marketingnya

Untuk meningkatkan penjualan di toko online kita diperlukan strategi marketing yang berbeda, tepat sasaran dan kalau bisa tidak menghabiskan banyak budget. Mungkin teman-teman bisa mencontek apa yang telah di lakukan oleh Xiaomi, sehingga bisa merajai bahkan menggeser kompetitornya.


Xiaomi menggunakan strategi marketing yang berbeda dari kompetitornya. Tidak seperti merk lain yang gencar untuk beriklan baik secara offline maupun online, Xiaomi tidak memasang iklan sama sekali.

Untuk dapat mengenalkan produknya ke masyarakat, Xiaomi memanfaatkan hype yang mereka buat. Misalnya saja, seringkali kita melihat banyaknya pemberitaan mengenai penjualan Xiaomi di media-media online lokal maupun internasional.

Ya, Xiaomi sering membuat para penggila gadget heboh dengan metode penjualan flash sale dengan unit terbatas. Hal ini pastinya akan lebih heboh jika disebarkan oleh banyak orang via media sosial ataupun situs-situs berita.

Tidak adanya beban iklan, inilah yang membuat Xiaomi dapat menjual produknya lebih murah dari kompetitor. Memanfaatkan marketing secara viral dari mulut ke mulut dengan memanfaatkan media sosial, forum, maupun situs-situs berita yang meliput hype mereka sudah menjadi marketing gratis. Tentunya akan banyak orang yang melihat dan mengenal Xiaomi tanpa perlu memasang iklan. Cara yang cukup cerdik bukan?

Grosir Sajadah Bisnis Mudah, Mendatangkan Berkah

Grosir sajadah menyediakan berbagai jenis sajadah untuk para pengecer. Untuk Anda yang ingin mengambil untung di dengan jualan sajadah, informasi seputar grosir sajadah ini sangat diperlukan. Tidak jarang, di saat sulit, akal sehat kita berputar mencari ide untuk digaet sebagai bisnis yang manis. Rupanya berjualan sajadah bisa menjadi pilihan yang menarik.

Grosir sajadah yang bisa kita hubungi di kota terdekat, dapat menjadi mitra bisnis yang baik untuk menjalankan peluang usaha ini. Aneka macam jenis alas sholat ini dapat kita peroleh dengan harga murah di grosir sajadah. Peluang yang terbuka luas untuk pasar Indonesia yang mayoritas penduduknya mrnganut agama Islam.


Peluang Bisnis Grosir Sajadah

Demikian juga soal usaha sajadah, adalah jenis produk yang belum begitu banyak pemainnya dibandingkan dengan baju dan jenis garmen lainnya. Sehingga peluang ini sangat menjanjikan dan memberi harapan yang baik. Kalau memang memungkinkan, bisa sekalian menjadi grosir sajadah dengan membei barang langsung dari produsen.

Momen menjelang bulan puasa biasanya paling baik untuk memulai usaha grosir sajadah. Apa lagi menjelang melonjaknya kebutuhan sajadah, seperti waktu mau hari raya. Karena sholat idul fitri dengan sajadah baru sudah menjadi budaya sebagaimana baju dan sarung. Maka grosir sajadah banyak dicari orang di saat-saat seperti ini.

Grosir sajadah menyediakan semuanya, menyediakan berbagai model sajadah. Mulai dari sajadah panjang dan tebal, sajadah tipis, dan sajadah kecil (sajadah muka) untuk mengalasi wajah. Sajadah dengan motif polos pun ada, bahkan sajadah impor pun bisa kita jumpai di grosir sajadah ini.

Sajadah impor kebanyakan berasal dari Turki dan harganya memang lebih mahal dibanding harga sajadah produksi lokal. Untuk sajadah kecil seukuran wajah harganya mulai dari Rp7.500 sampai Rp 15.000. Sementara sajadah tipis harganya mulai dari Rp 15.000 sampai Rp 20.000 Harga sejadah tebal dan panjang memang lebih mahal apabila dibanding sajadah lainnya. Harganya mulai dari Rp 45.000 hingga Rp 100.000,00.

Ide Sukses Untuk Usaha Grosir Sajadah

Untuk Anda yang sudah siap dengan rencana bisnis sajadah, blog grosir kulakan akan memberi tips-tips yang bisa menginspirasi rencana bisnis agar lebih mantap. Baik untuk jualan ritel ataupun grosir sajadah, ide-ide berikut baik sekali untuk dipertimbangkan.

  • Memanfaatkan momen bulan puasa dan lebaran untuk memulai usaha grosir sajadah, agar sekali start langsung bisa digenjot. Awal yang baik akan menentukan akhirnya, kalau tidak kehilangan momen pasti kecepatan laju bisnis baru Anda akan meroket dengan mulus.
  • Bila Anda sudah punya toko, gak ada salah memanfaatkan momen tadi dengan menambahkan dagangan sajadah di toko Anda. Tulis saja “sedia sajadah “, walalupun toko Anda bukan toko busana. Siapapun yang datang ke toko, juga perlu sajadah untuk ibadah di bulan puasa dan sholat idul fitri. Apa lagi kalau toko pakaian, malah pas banget.
  • Hal lain yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk melancarkan usaha grosir sajadah Anda adalah dengan memanfaatkan musim haji. Banyak kebutuhan oleh-oleh yang bisa diseting berupa sajadah yang bisa Anda sediakan. Kerjasama dengan beberapa pihak terkait yang memungkinkan akan hal itu, maka pembeian partai besar bisa terjadi.
  • Manfaatkan jam’iyah tahlil dan yasin yang ada di masyarakat. Menjual dengan sedikit embel-embel bonus, dapat menarik mereka secara kelompok. Ini bisa melejitkan grosir sajadah Anda kalau dikelola dengan baik. Kelompok pengajian rutin adalah potensi pa sar yang belum disentuh secara khusus.
  • Untuk membidik masyarakat bawah, cara yang tepat dengan sistem arisan. Arisan sajadah kayaknya belum banyak, padahal setiap perkumpulan pengajian mereka selalu datang dengan membawa uang iuran.
  • Manfaatkan juga para pembuat parcel lebaran untuk maemperbesar omzet grosir sajadah Anda.

Dan masih banyak ide cemerlang lainnya seputar grosir sajadah, bagaimana menurut Anda?

Gadis Cantik Ini Sukses Bisnis Hijab, Bermodal Uang Jajan dan Anti Gengsi

Menjadi pribadi yang sukses tentu sudah menjadi dambaan bagi setiap orang, apalagi meraih kesuksesan di usia muda, akan menjadi hal yang sangat berharga. Hal itu dirasakan oleh Intan Hapsari (23), perempuan yang baru lulus dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, beberapa waktu lalu.


Walau masih berstatus fresh graduate, perempuan cantik ini merupakan wirausaha pemula yang sukses sejak berada di bangku kuliah.  Intan dikenal sebagai wirausahawan produk hijab dengan label Agniya. Bagaimana awalnya? Menurut Intan, dia memulai bisnis hijab sejak kuliah semester lima, atau sekitar 2013. Modal pertamanya adalah uang bulanan sebesar Rp 500.000 dari orang tua.

Dengan uang jajan tersebut, dia membeli hijab dari pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Hasil "kulakan"-nya kemudian dijual kepada teman-teman kampusnya.

"Dulu awalnya saya itu dikasih uang jajan sama ibu bulanan. Pas awal bulan, uangnya agak banyak.  Saya berpikir untuk putar uangnya," ujar Intan.

Ketika memulai berjualan, Intan harus berjuang menyingkirkan rasa gengsi yang mendera. 

"Awalnya saya banyak mikir, terutama gengsi. Saya pikir 'ih ngapain ya jualan, emang nggak malu bawa-bawa tas isinya jilbab terus ketemuan sama yang beli? Orang kira nggak punya uang, paling untungnya berapa'," kata dia.

Tapi, Intan berhasil membuang jauh rasa gengsi itu dan mulai "enjoy" berdagang hijab.

"Nama Agniya dari asmaul husna al-ghaniyu artinya yang maha kaya. Kata guru ngaji saya, supaya saya jadi  orang kaya. Saya percaya sebuah nama adalah doa, jadi saya ikuti saran beliau," tukas dara kelahiran Jakarta, 13 Mei 1993 ini. 

Intan bahkan sempat berdagang pakaian impor bekas yang dibeli dari Pasar Senen. Namun usaha ini tidak diteruskan meskipun mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Sebab dia ingin fokus di hijab.

“Pakaian bekas yang saya beli, sebelum dijual saya laundry. Dapat untung Rp 5 juta dalam dua minggu,” kata Intan.

Intan menambahkan, bisnis jilbabnya mulai berkembang setelah mendapatkan bantuan dana dari program Wirausaha Pemula (WP) yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM.

Berbekal saran sang kakak, Intan mencoba ikut gerakan kewirausahaan nasional. Alhasil, Intan berhasil lolos seleksi proposal bisnis Wirausaha Pemula dan berhak mendapatkan bantuan dana Kementerian Koperasi dan UKM.

“Saya mendapatkan bantuan dana Rp 14 juta rupiah,” ujar perempuan berhijab ini.

Bantuan dana tersebut membuat geliat bisnisnya semakin kokoh dan dia semakin percaya diri. Dia menggeser pola bisnisnya, dari yang awalnya membeli produk jadi, dengan mulai memproduksi sendiri.

Bahan hijab dibeli di Bandung dengan cara mengajak kerja sama dengan penjahit. Sekarang, Intan bisa memproduksi dua kali dalam seminggu, atau antara 600 potong sampai 700 potong hijab dalam sebulan. 

Berapa omset Intan dalam sebulan? Menurut Intan, bisa berkisar antara Rp 5 juta-Rp 7 juta dalam sebulan. Lumayan bukan?
Pramdia Arhando Julianto/Kompas.com Editor Desy Sajalah
Baca Juga : Mengenal dan Belajar Bisnis Busana Muslim