Bisnis Batu Mulia,Mutiara Dan Batu Akik Secara Konvensional

Bisnis batu mulia ,mutiara dan batu akik dapat dijalankan secara konvensional. Caranya dengan membuka toko permata di lokasi-lokasi yang strategis, seperti perempatan jalan, sepanjang jalan yang ramai, dekat mall atau tempat-tempat perbelajaan dekat dengan sasaran atau target pasar serta mudah dilihat oleh orang-orang di jalan raya. Setelah itu toko permata perlu diramaikan dengan melakukan hal-hal cerdas sebagai berikut:


1. Membuat pesta permata
Saat ini banyak pengusaha kerajinan tangan yang kreatif maraup keuntungan yang banyak dengan cara menjual hasil kerajinan tangan mereka dari rumah sendiri. Model penjualan seperti ini tidak ada salahnya untuk dicontoh. Justru,hal ini sangat baik di lakukan demi mengenalkan toko permata yang sudah dibuka.

Anda sebagai pemilik toko permata dapat membuat semacam pesta dengan mengundang tetangga, teman, relasi dan lain sebagainya. Di tengah-tengah pesta, Anda bisa mempromosikan permata yang dijual kepada para tamu yang hadir. Jangan lupa, sediakan makanan ringan dan minuman agar mereka tidak bosan dengan acara pesta yang digelar.

2. Berpatisipasi dalam pameran
Cara lain yang efektif untuk mengenalkan toko permata dan memasarkan produk permata yang di jual adalah mengikuti pameran. Anda dapat mendaftarkan diri kepada panitia penyelenggara pameran,kemudian menyewa sebuah kios untuk memasarkan produk permata yang di jual.

Saat mengikuti pameran tersebut jangan lupa menampilkan kios dengan desain yang menarik,serta memajang permata yang di jual dengan tatanan yang memikat.selain itu, sediakan juga cermin bagi calon pembeli yang merasa tertarik atau untuk sekedar mencoba atau membeli permata Anda.

3. Penawaran diskon
Agar semakin menarik calon pembeli untuk sekedar mampir ke toko permata Anda atau membeli produk permata, Anda perlu memberikan penawaran diskon yang menarik, mulai dari 5%, 10%, 30% dan seterusnya. Manfaatkanlah momen-momen spesial, seperti hari valentine, serta libur sekolah dan nasional untuk memberikan penawaran diskon. Jika Anda melakukan ini secara tepat, maka omset penjualan Anda semakin meningkat.

4. Lewat iklan
Meskipun Anda menjalankan bisnis permata secara konvensional ,tetapi iklan tetap saja dibutuhkan untuk mendongkrak omzet penjualan Anda. Maka dari itu,pasanglah iklan di berbagai media,seperti majalah dan surat kabar. Selain itu,juga pasanglah iklan di blog-blog dan toko online di internet, dengan menampilkan foto produk permata yang menarik disertai kalimat iklan yang menarik. Iklan-iklan seperti ini pasti akan ikut mendongkrak omset penjualan Anda.

5. Bekerja sama dengan mitra
cara termudah untu menjangkau target pasar anda adalah bekerja sama dengan mitra,misalnya anda bekerja sama dengan toko butik, toko hadiah, souvenir dan toko-toko lainnya. Mintalah kepada mereka untuk ikut mempromosikan toko permata atau produk permata Anda dengan bagi hasil.

Dengan begitu produk permata anda akan terjual dengan lebih cepat dan banyak setiap bulan.
Model kerja sama seperti ini sudah banyak dipratikan oleh pemilik toko permata yang menjalankan bisnis secara konvevsional. Jadi, Anda sebagai pemilik toko permata juga harus ikut mempraktikkannya.

Setelah hal-hal cerdas itu di lakukan,maka dalam beberapa bulan,toko permata anda sudah ramai dikunjungi oleh banyak orang dan semakin di kenal secara luas. Dari sinilah,toko permata anda akan lebih cepat berkembang dan menjadi lebih besar.

Cara Memilih (Rumah Toko) Ruko Yang Menguntungkan

Saat ini, banyak masyarakat yang mencari rumah toko atau lebih dikenal dengan sebutan ruko, baik itu untuk tempat usaha mereka, maupun untuk sekedar nilai investasi dalam jangka panjang. Tak hanya konsumsi belaka, namun memang pertumbuhan ruko tengah marak di kota-kota besar, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, dsb.

Pertumbuhan ruko ini mengindikasikan bahwa adanya pertumbuhan dunia di berbagai daerah. Misalnya di beberapa kota, dimana kawasan Kampus dijadikan tempat para developer ruko untuk membuka kawasan komersil.



Dalam beberapa tahun belakangan, setiap terdapat areal komplek/kawasan ruko yang dipasarkan berdekatan kawasan kampus, selau terjual habis, bahkan dalam waktu yang relatif singkat. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan properti akan tempat usaha di areal perkuliahan sangat tinggi.

Tetapi, jika kita tertarik ingin membeli ruko (rumah toko), ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini yang dapat membantu Anda dalam menentukan ruko yang tepat sesuai dengan pilihan harga dan lokasi.

Cara Memilih Ruko Untuk Bisnis

Tujuan Utama Membeli Ruko
Ini merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan. Anda membeli ruko tujuan utamanya untuk apa? Apakah tujuan utama Anda membeli ruko adalah untuk investasi, atau untuk Anda pergunakan tempat usaha, atau bahkan di jadikan sebagai alat untuk mendapatkan profit/capital gain saja.

Setiap tujuan masing masing memiliki pertimbangan yang berbeda. Sebaiknya Anda konsultasikan kepada para Agen Properti. Supaya mendapatkan saran terbaik dalam menentukan lokasi ruko yang tepat.

Lokasi Sesuaikan Dengan Bisnis Anda
Apabila tujuan utama Anda membeli ruko untuk tempat usaha, maka perhatikan lokasi yang nantinya Anda pilih sesuai dengan bisnis yang dijalani. Adapun hal-hal yang harus juga Anda perhatikan, antara lain: operasional, regulasi atas bisnis yang Anda jalankan, dan pangsa pasar. Ini untuk menghindari lokasi yang tidak sesuai dengan bisnis yang sedang Anda geluti.

Sistem Pembayaran
Anda membeli ruko nantinya dengan cara cash keras atau dengan menggunakan fasilitas KPR. Hal ini menjadi pertimbangan penting. Anda harus memperhatikan Cash Flow bisnis, apakah sanggup untuk membayar angsurannya. Beberapa developer bisa memberikan diskon harga yang signifikan, jika Anda membayar dengan cara cash maupun cash bertahap. Adapun diskon maksimal biasanya diberikan pada saat awal pembangunan.

Struktur Bangunan
Rumah toko (ruko) pada umumnya dibangun dalam sebuah komplek. Dengan begitu, kekuatan bangunan secara merata akan dibebankan ke semua unit. Anda harus memastikan bahwa struktur fondasi yang dibangun memanglah sudah sangat kuat, dan sesuai dengan standar pembangunan sebuah bangunan.

Nah, jika tujuan utama Anda membeli ruko untuk tempat usaha, disarankan membeli ruko sudah selesai pembangunannya. Agar Anda dapat menilai kualitas kekuatan bangunannya. Walau nanti pihak developer tidak lagi memberikan diskon harga. Tetapi ini sangatlah disarankan untuk Anda yang membeli ruko dengan tujuan dijadikan tempat usaha.

Bisnis Plan Usaha Jilbab

Perkembangan bisnis fashion yang semakin bervariatif, ternyata mendorong para muslimah di Indonesia untuk berkarya menciptakan kreasi jilbab baru dengan aplikasi yang unik dan menarik. Bila dulunya sebagian besar jilbab didominasi dengan warna polos, sekarang ini banyak produsen jilbab yang mulai mengkreasikan penutup aurat tersebut dengan pilihan warna yang menarik serta tambahan aplikasi yang cukup beragam.

Sebut saja seperti kreasi jilbab renda, aplikasi sulam, tambahan manik-manik, jilbab lukis, serta tempelan pita yang unik, sehingga menambah kecantikan hijab yang dikenakan para muslimah di berbagai penjuru nusantara.

Melihat perkembangan trend jilbab yang semakin hari kian ramai, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan moment tersebut untuk membuka sebuah usaha. Misalnya saja dengan merombak jilbab polos yang beredar dipasaran dengan ditambahkan aplikasi-aplikasi lucu yang bisa menambah kecantikan jilbab tersebut. Tertarik dengan peluang bisnis ini?


Bagi Anda para mahasiswi yang sedang bingung mencari bisnis sampingan, tidak ada salahnya bila mulai dari sekarang Anda mencoba peluang bisnis kreasi jilbab untuk mendatangkan untung jutaan rupiah setiap bulannya.

Baca Juga : Keren, Mahasiswa Ini Bisnis Jilbab Online Raup 450 Juta

Konsumen

Belakangan ini kreasi jilbab cantik banyak diminati para hijaber atau pengguna jilbab yang sebagian besar adalah kalangan anak muda. Para mahasiswi, maupun remaja putri yang menginjak usia belasan tahun, biasanya menyukai jilbab yang nyaman ketika dikenakan serta memiliki pilihan warna yang beragam dengan motif-motif lucu yang terlihat semakin menawan ketika dipadukan dengan busana muslim yang mereka kenakan.

Seperti kita ketahui bersama, mayoritas penduduk Indonesia adalah orang muslim. Kondisi ini tentunya menjadi salah satu bukti nyata bagi kita semua, bila bisnis baju muslim tak terkecuali jilbab masih memiliki peluang pasar yang cukup potensial di negara Indonesia.

Nah, untuk membantu para pemula yang tertarik membuka usaha kreasi jilbab bisnisnya mudah omsetnya jutaan rupiah. Berikut ini kami informasikan beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memproduksi jilbab-jilbab cantik.

Baca Juga : Gadis Cantik Ini Sukses Bisnis Hijab, Bermodal Uang Jajan dan Anti Gengsi

Pertama-tama lakukan survey pasar untuk mengetahui kreasi jilbab yang sedang diminati para konsumen. Anda bisa melakukannya dengan melihat perkembanga mode yang ada di sekitar Anda, menambah inspirasi melalui majalah maupun internet, serta menyesuaikan kreasi jilbab sesuai dengan target pasar yang Anda bidik.

Kedua. Menjalin kerjasama dengan toko grosir jilbab untuk mendapatkan bahan baku (jilbab polosan) yang berkualitas unggul. Pastikan Anda mendapatkan penawaran harga yang lebih murah namun bahan yang didapatkan tidak murahan.

Ketiga. Membeli aksesoris jilbab yang bervariasi. Misalnya saja seperti renda-renda cantik, pita, maupun manik-manik yang bisa memperindah kreasi jilbab yang Anda produksi.

Keempat. Lakukan update desain secara berkala. Hal ini penting agar produk Anda tidak ketinggalan zaman dan masih diminati para konsumen.

Cara Membuat Jilbab Berenda

Bahan dan alat :
• Mesin jahit
• Jarum jahit
• Benang jahit dan benang sulam
• Jilbab polos
• Renda dan pita

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama, hias pinggiran jilbab dengan menggunakan renda. Untuk mempermudah kerja Anda, gunakan mesin jahit agar hasilnya bisa rapi dan optimal.
  2. Setelah semua sisi jilbab terhiasi dengan renda, Anda bisa menambahkan aplikasi pita atau hiasan lainnya pada kain jilbab yang masih polos. Buatlah desain yang ,enarik seperti bunga, pita, dan lain sebagainya.
  3. Untuk memasang pita atau aksesoris tersebut, bisa Anda lakukan dengan jahitan tangan dan menggunakan benang sulam.
  4. Setelah jilbab terlihat cantik, bersihkan dari benang-benang yang tersisa dan lipat menjadi segi empat serta tonjolkan aplikasi pita yang Anda pasangkan.
  5. Jilbab siap dikemas dalam goody bag dan dipasarkan ke calon konsumuen Anda.

Keuntungan Bisnis Jilbab

Banyaknya jumlah muslimah di Indonesia ternyata cukup menguntungkan Anda dalam menjalankan usaha kreasi jilbab. Mengikuti perkembangan bisnis fashion yang semakin hari kian beragam, permintaan jilbab di Indonesia pun juga mengalami peningkatan yang cukup tajam setiap harinya. Peluang ini tentunya bisa Anda manfaatkan dengan optimal untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya dari bisnis kreasi jilbab.

Baca Juga : Kisah Sukses Toko Online Jilbab

Selain adanya lonjakan permintaan pasar, untuk merintis bisnis ini tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Yang terpenting adalah kreativitas Anda dalam membuat desain dan mengetahui trend mode fashion yang sedang digandrungi konsumen Anda.

Ketika modal skill dan pengetahuan telah Anda miliki, selanjutnya Anda bisa mencari alternatif untuk menekan modal usaha. Misalnya saja menjalin kerjasama dengan penjahit disekitar Anda untuk memasang renda di pinggiran jilbab.

Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu membeli mesin jahit yang harganya jutaan, dan hanya membutuhkan bahan baku jilbab polos dan aksesoris jilbab dari pita dan renda yang harganya relatif terjangkau.

Kendala Usaha Jilbab

Beberapa kendala yang sering dihadapi para produsen jilbab yaitu ketidakstabilan harga bahan baku (tekstil), sehingga sebagai produsen Anda harus pintar-pintar menyiasati kondisi tersebut dan menjalin kerjasama dengan beberapa suplier bahan baku untuk mendapatkan penawaran harga yang cukup murah.
Baca Juga : Hasilkan Jutaan Rupiah Dari Bisnis Jilbab
Disamping itu, persaingan pasar yang cukup ketat dari pabrik-pabrik jilbab yang menawarkan harga jual lebih murah, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Anda sebagai seorang pemula. Sehingga untuk menarik minat konsumen, Anda harus menawarkan kualitas produk yang lebih bagus dan memberikan nilai tambah pada desain kreasi yang Anda ciptakan, agar konsumen lebih tertarik untuk memilih produk Anda dibandingkan dengan kreasi jilbab buatan pabrik.

Strategi Pemasaran Usaha Jilbab

Dalam memasarkan jilbab, Anda dapat menawarkannya langsung (door to door) ke beberapa orang di sekitar Anda. Misalnya saja kepada keluarga, teman kampus, tetangga, teman kost, ataupun ke beberapa kegiatan atau komunitas yang Anda ikuti. Sebut saja seperti di tempat pengajian, maupun di beberapa tempat kegiatan lainnya yang sering Anda datangi secara rutin.

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan media internet untuk mengoptimalkan pemasaran produk Anda. Contohnya dengan membuat website toko jilbab online dan mempromosikannya di internet melalui situs jejaring sosial (facebook, twitter, Instagram, dll), serta aktif di grup jual beli online yang bisa membantu Anda memperluas networking dan mendapatkan calon konsumen sebanyak-banyaknya.

Baca Juga : Tren Jilbab Murah di Pusat Grosir

Kunci Sukses Bisnis Jilbab

Kreativitas Anda dalam menciptakan ide-ide segar, menjadi salah satu kunci kesuksesan yang Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis kreasi jilbab. Kejelian dalam melihat peluang pasar, dan kreativitas Anda dalam menciptakan sebuah inovasi baru, memberikan daya tarik tersendiri bagi para konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan bila mereka semakin loyal dengan produk Anda dan mendatangkan untung besar setiap bulannya bagi perkembangan bisnis Anda. 

Kupas Habis Bisnis Toko Kelontong

Kalau Anda masih kebingungan mencari usaha sampingan, coba deh buka toko kelontong. Ternyata usaha yang sering dipandang sebelah mata ini bisa menjadi alternatif sumber penghasilan bagi Anda sekeluarga. Apalagi untuk memulai usaha toko tidak membutuhkan modal besar dan keahlian khusus.

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan toko kelontong. Toko yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari ini mudah ditemukan di sekitar Anda. Kalau Anda perhatikan sebenarnya usaha ini cukup menjanjikan. Terbukti banyak keluarga yang hidup berkecukupan berkat membuka toko.


Toko biasanya merupakan usaha yang melibatkan seluruh anggota keluarga. Anda bisa membagi tugas di antara mereka. Misalnya berhubung suami masih bekerja maka istrinya yang menunggu toko.

Ketika suami hendak berangkat ke kantor ia membawa catatan barang barang yang perlu dibeli. Nanti pulang kantor bisa mampir ke toko grosir atau agen untuk kulakan. Kalau hari libur tiba gantian istrin yang belanja. Anak-anak pun ikut ambil bagian menjaga toko sepulang dari sekolah.

Toko Kelontong Usaha yang fleksibel

Mengelola toko itu sebenarnya mudah. Karena usaha ini tidak membutuhkan keahlian khusus, misalnya harus menyelesaikan tingkat pendidikan tertentu. Bahkan banyak pemilik toko sukses yang buta huruf. Usaha ini hanya membutuhkan kemampuan untuk menghafal harga dan mengenali jenis barang.

Pengusaha toko kelontong juga harus telaten dengan uang recehan. Dalam usaha ini margin keuntungan yang didapat kecil, kalau tidak telaten dengan uang kecil-kecil Anda sulit mendulang keuntungan.

Usaha toko sangat fleksibel untuk dijalankan. Anda bisa memanfaatkan garasi rumah untuk jualan, sewa tempat yang dekat jalan raya, sewa lokasi pasar. Atau kalau modal benar-benar cekak Anda bisa buka toko rombong yang menempel di pinggir-pinggir jalan.

Toko rombong ini tidak memakan biaya sewa tempat, dan modal usahanya juga kecil. Justru toko rombong sering mendapat uang promosi dari perusahaan rokok kalau rombongnya boleh dijadikan sarana promosi. Tapi Anda perlu hati-hati dengan aksi Satpol PP yang belakangan ini sering menggusur pedagang kaki lima.

Mengakali Cashflow
Persoalan yang disering dihadapi oleh bisnis toko kelontong adalah masalah likuiditas. Acapkali pengusaha kehabisan uang tunai gara gara barang dagangannya banyak diutang pembeli. Atau kalau tidak, uang tunainya habis karena barang dagangannya belum laku dijual.

Untuk mengantisipasi masalah banyaknya barang yang diutang, Anda harus memberikan diferensiasi harga. Jadi orang yang beli dengan tunai mendapat harga lebih murah ketimbang orang yang beli dengan utang. Cara seperti ini bisa mendorong pembeli untuk membayar tunai.

Sedangkan masalah likuiditas yang disebabkan karena barang dagangan yang tidak laku, bisa diatasi dengan cara mengatur ccashflow. Lancar tidalaknya cashflow (aliran dana masuk dan dana keluar) ini berpengaruh terhadap keamanan likuiditas toko Anda.

Kalau terlalu banyak barang yang tidak laku akan mengakibatkan kemacetan aliran dana. Karena laku tidaknya barang dagangan tergantung dari lokasi toko. Bisa jadi shampo A laris di daerah X, tapi tidak laku di daerah Y

Untuk barang yang kurang laku juga disediakan tapi jumlah sedikit saja. Memang sebaiknya Anda mengenali barang mana yang laku dan barang mana yang tidak laku. Kemampuan ini bisa Anda dapat dari pengalaman.

Selain itu cashflow juga bisa diakali dengan memanfaatkan kredit yang diberikan oleh perusahaan pemasok barang. Perlu diketahui biasanya perusahaan menjual barangnya ke toko dengan sistim bayar tunai, bayar tangguh dan konsinyasi.

Sistim pembayaran ini dapat gunakan untuk mengamankan likuiditas dengan cara menggolongkan produk dagangan di toko Anda.

Pertama, produk yang laris manis dan tidak pernah meninggalkan sisa (fast moving product) bisa Anda beli secara tunai. Karena produk ini tidak mengancam likuiditas toko, toh juga akan segera laku.

Kedua, produk yang kurang laris dan membutuhkan waktu untuk terjual (slow moving product), baiknya dibeli dengan cara kredit. Mintalah tenggat waktu kepada perusahaan untuk membayar produk ini.

Ketiga, produk yang tidak laku atau jarang dicari pembeli, sebaiknya dengan sistim konsinyasi. Yaitu perusahaan menitipkan barangnya di toko Anda, kalau tidak laku boleh diambil lagi. Anda jangan mengeluarkan uang untuk barang semacam ini, karena risikonya besar.

Kecuali Anda memiliki cukup modal dan ingin berspekulasi dengan belanja barang ini. Sehingga meskipun barangnya tidak segera laku likuiditas Anda tetap aman.

Baca Juga : Cara Membuka Bisnis Distributor Minyak Goreng

Keuntungan Buka Usaha Toko Kelontong

Toko akan mendapat kredit atau penangguhan pembayaran dari perusahaan yang mengeluarkan produk, sehingga Anda bisa menghemat modal. Toko yang sudah terkenal dan memiliki kinerja baik akan didatangi salesman. Jadi Anda tidak perlu repot-repot sari barang belanjaan.

Perusahaan sering memberikan imbalan uang kepada toko yang mau memajang promosi produknya. Toko yang menjalin hubungan dengan salesman akan mengetahui perkembangan produk terbaru. Sehingga toko tidak ketinggalan mengikuti tren pasar. Toko sering kebanjiran contoh produk (sample) ketika perusahaan meluncurkan produk barunya.

Toko dapat mengembalikan barang rusak atau kadaluwarsa ke perusahaan, manakala menjalin hubungan baik dengan perusahaan melalui salesmannya. Sehingga dalam hal ini risiko toko semakin kecil.

Bisnis Fashion Akan Menjadi Trend Bisnis 2020

Tahun 2020 akan segera tiba dan dunia bisnis masih akan menjadi salah satu topik hangat perbincangan di masyarakat. Banyak orang sekarang sudah mulai menekuni dunia bisnis walaupun bukan dari latar belakang pendidikan bisnis.

Bahkan para remaja di bangku sekolah dan kuliah pun sudah mulai mencoba-coba bisnis kecil-kecilan sesuai kemampuan mereka untuk mendapatkan uang saku tambahan. Hal ini tentunya sudah tidak asing lagi karena banyak orang menganggap bahwa dunia bisnis merupakan dunia yang menjanjikan keuntungan besar bagi mereka.

Salah satunya adalah bisnis fashion dimana bisnis ini sudah mulai banyak dilirik orang sebagai trend bisnis 2020. Fashion sudah merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat. Apa saja jenis-jenis bisnis fashion yang dapat dijalankan? Berikut ini jawabannya.

Trend Bisnis Fashion 2020


Bisnis Fashion Kebaya
Pakaian kebaya akhir-akhir ini menjadi sangat diminati para perempuan dan wanita Indonesia. Selain menambah keanggunan pemakainya, kebaya juga banyak dicari karena sangat cocok dipakai untuk acara-acara besar seperti resepsi pernikahan dan acara wisuda.

Anda dapat melihat ini sebagai peluang bisnis yang dapat anda jalankan di tahun 2020 nanti. Anda dapat membuka sebuah butik kebaya dengan berbagai jenis kebaya yang dapat anda tawarkan. 

Sekarang sudah banyak jenis-jenis kebaya yang ada seperti kebaya penganti, kebaya modern, kebaya brokat, kebaya lengan pendek dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Grosir Kebaya Murah di Bandung

Bisnis Fashion Kemeja
Membuka bisnis fashion kemeja bisa menjadi salah satu trend bisnis 2020 nanti. Kemeja biasanya digunakan para karyawan kantor atau para mahasiswa yang duduk di bangku kuliah. Jenis kemeja ada dua yaitu kemeja formal yang biasanya berlengan panjang dan dipadukan pemakaiannya dengan dasi dan jas. Jenis kedua merupakan kemeja kasual yang biasanya dipakai kuliah. Apapun jenis kemejanya, bisnis ini dapat anda jadikan sebagai sebuah peluang usaha.

Baca Juga : Tempat Kulakan Grosir Fashion Murah Di Jakarta

Bisnis Fashion Sepatu
Satu lagi jenis fashion yang tidak kalah pentingnya adalah sepatu. Ada banyak kegiatan yang dilakukan dengan sepatu seperti berolahraga, pergi kuliah dan kerja serta saat travelling. Anda dapat membuka sebuah usaha sepatu ini dan menawarkan berbagai macam jenis sepatu yang biasa digunakan sehari-hari. Jika Anda pintar mengelolanya dengan baik, ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Baca Juga : Bisnis Jualan Sepatu Wanita

Bisnis Fashion Jaket atau Sweater
Trend bisnis 2020 selanjutnya adalah bisnis fashion jaket. Menggunakan jaket atau sweater dapat mencegah sinar matahari langsung mengenai kulit kita. Jaket ini banyak digunakan para remaja terutama bagi mereka yang sehari-hari menggunakan transportasi umum atau kendaraan bermotor.

Selain melindungi dari panas, pemakaian jaket juga melindungi kita dari hujan atau angin khususnya angin malam hari. Nah, kebutuhan akan jaket atau sweater yang semakin hari semakin meningkat ini dapat anda jadikan sebagai peluang bisnis. Anda dapat membuka sebuah toko fashion yang menawarkan jaket-jaket lucu bagi masyarakat.

Baca Juga : Peluang Bisnis Jaket Distro

Bisnis Fashion Aksesoris 
Aksesoris biasa digunakan sebagai pelengkap busana. Jenis aksesoris seperti kalung, gelang, dan cincin sekarang sedang banyak diminati khususnya oleh kaum hawa. Saat ini sudah banyak toko aksesoris yang bermunculan. Anda juga dapat memulainya dengan modal awal yang terjangkau. 

Baca Juga : Bisnis Aksesoris dan Pernak Pernik Perhiasan + Tempat Kulakannya

Demikian bisnis fashion yang dapat anda jalankan dan menjadi trend bisnis 2020. Bisnis fashion awalnya dapat dimulai dengan modal yang terjangkau, lalu jika anda pandai hal pengelolaannya, maka bisnis yang sederhana ini dapat membawa keuntungan besar bagi anda. Di tahun 2020 nanti, fashion akan menjadi salah satu hal yang banyak menarik perhatian masyarakat. 

11 Kunci Sukses Bisnis Toko Online

Online shop atau yang dikenal dengan toko online adalah suatu jenis usaha di dunia internet yang sangat naik daun akhir-akhir ini. Menjamurnya bisnis toko online memang menjadi konsekuensi logis dari tingginya tingkat penetrasi akses internet di masyarakat Indonesia.

Makin banyak konsumen potensial, makin menguntungkan pula prospek bisnisnya. Akan tetapi di balik kemudahan membuka sebuah toko online, Anda jangan mengharapkan datangnya laba yang cepat dan mudah. Dibutuhkan ketelatenan dan kerja keras untuk membuat nama toko online Anda bisa terangkat. Dan modal yang digunakan juga lumayan tinggi untuk itu.


11 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Membuka Toko Online

1: Foto Produk
Bila Anda menjual produk yang bisa dilihat, sebuah foto (yang asli, bukan direkayasa) menjadi hal wajib. Mengapa? Karena manusia sangat memercayai indra penglihatannya. Peluang untuk membeli akan lebih tinggi jika Anda mengunggah foto di samping deskripsi produk yang Anda jual. Oleh karena itu gunakan jasa fotografi profesional jika dana memungkinkan. Silahkan baca : Cara Foto Produk Untuk Online Shop Agar Menarik

2: Kontak Lengkap
Berikan alamat kontak yang jelas dan bisa didatangi secara fisik karena karakter masyarakat kita yang masih belum percaya sepenuhnya pada toko online yang tidak memberikan alamat yang jelas. Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Anda bisa berikan nomor telepon, alamat email, atau facebook.

3: Respon Cepat
Saat calon pembeli menghubungi via telepon, SMS, whatsapp jangan menunda untuk memberikan respon. Segera berikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk. Dengan mengabaikan mereka, peluang untuk mereka kembali lagi akan makin kecil.

4: Balas Calon Pembeli Meski Terlambat
Seperti sudah dikemukakan tadi, kecepatan sangat penting dalam merespon. Dan yang penting, meski terlambat pun cobalah untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Siapa tahu itu potensi besar? Tak jarang banyak orang yang setia menunggu tanggapan Anda tetapi sudah lupa karena padatnya aktivitas.

5: Miliki Banyak Rening Bank
Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer pembayaran. Jangan sampai Anda mengandalkan hanya satu bank saja. Setidaknya miliki satu rekening di bank swasta nasional dan satu lagi bank pemerintah. Makin banyak alternatif yang memudahkan, makin bagus.

6: Hindari perang harga
Perang harga memang menyenangkan bagi konsumen dalam jangka pendek. Anda juga bisa meraup lebih banyak pelanggan. Tetapi ini bukan hal yang akan membawa kesuksesan dalam jangka panjang apalagi jika harga yang murah membuat kualitas produk atau layanan Anda memburuk. Usahakan kualitas tak terpengaruh secara signifikan oleh patokan harga yang rendah.

7: Berikan Kepastian dan Tepati
Transparansi mengenai stok barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan pembeli merupakan sebagian hal yang diinginkan kepastiannya dari seorang penjual di toko online.

Jangan mempermainkan pelanggan dengan memberikan ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa ditepati. Reputasi usaha akan hancur lambat laun. Beri kepastian kapan barang sampai. Bila perlu berikan nomor resi pengiriman barang agar si pembeli bisa periksa keberadaan barangnya via kantor ekspedisi yang dipakai kita.

8: Petunjuk Pembelian Yang Jelas
Setiap toko online memiliki cara pembelian yang kadang berbeda. Untuk hindari kebingungan, jelaskan cara membeli dengan sebaik-baiknya. Misalnya setelah tertarik membeli produk tertentu, calon pembeli bisa mengirimkan whatsapp dengan aturan/ kode tertentu atau mengirimkan sejumlah dana dengan aturan tertentu. Itu semua terlihat remeh tetapi cukup rumit di pelaksanaannya.

9: Perincian Harga Barang dan Ongkos Kirim
Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Karena kadang ada perbedaan jarak yang menyebabkan perbedaan tarif pula. Jangan sampai merugikan salah satu pihak. Setelah calon pembeli pesan produk, berikan konfirmasi mengenai harga dan ongkos kirim.

10: Update Terus Menerus
 Apa yang terpikir saat kita membuka toko online yang informasinya sudah begitu lama tidak diperbarui. Mungkin satu bulan, dua bulan atau 6 bulan. Makin lama Anda tidak memperbarui situs toko online Anda dengan sesuatu yang baru, makin rendah minat konsumen untuk datang apalagi  ertransaksi.

Adanya pembaruan menandakan adanya denyut kehidupan dalam bisnis Anda. Setidaknya jika memang stok terbaru belum ada, berikan secara rutin informasi-informasi menarik dan ringan bagi pengunjung.

11: Desain dan Navigasi Yang Ramah
Ramah di sini tentu dimaksudkan untuk pengunjung. Desain tak perlu ngejreng atau glamor, yang terpenting adalah fungsionalitasnya. Apakah pengunjung yang gaptek sekalipun bisa menjelajahi situs toko online Anda dengan baik?

Jika iya, selamat. Situs Anda berpeluang lebih tinggi jaring pembeli. Desain yang digunakan juga tentukan kecepatan loading laman web toko online. Konsep desain yang sederhana lebih bermanfaat.

Apalagi jika calon pembeli banyak yang mengakses dari ponsel. Anda perlu menyiapkan pula versi mobile situs toko online Anda. Ini akan membuka pintu bagi para calon pembeli yang suka menggunakan ponsel untuk mengakses situs Anda.

Promo 11 11 Dari Wikimedia Untuk Anda Para Pengusaha & Toko Online

Jelang Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang berlangsung pada 11-13 November 2019, beberapa ritel turut berpartisipasi memberikan potongan harga menarik. Salah satunya, wikimedia dengan progam UKM Go Online yang ikut berpartisipasi dalam gelaran promo 11 11.

Wikimedia kembali menggelar 11.11 promo UKM Go Online dengan memberikan kejutan promo diskon hingga 60 persen. “Dalam promo 11 11 kami mendedikasikan diri untuk UKM Indonesia agar tidak mengandalkan pemasaran secara konvensional saja dan supaya mereka tidak tergantung dengan marketplace.” ujar Direktur Wikimedia Indonesia dalam keterangan resminya.


Dalam promo 11 11 UKM Go Online tahun ini, Anda akan mendapatkan layanan digital marketing untuk mengembangkan usaha Anda. Seperti yang kami kutip dalam laman website, layanan tersebut Antara lain :

- Website
Suatu bisnis yang memiliki website akan terlihat profesional, mudah ditemukan di mesin pencarian dan tentunya mudah di ingat. Dengan website bisnis Anda akan bisa diakses kapanpun & dimanapun.

- Aplikasi Android
Jadikan bisnis Anda selangkah lebih inovatif, sajikan akses interaktif bebas hambatan ruang dan waktu bagi pelanggan dengan aplikasi android. Saatnya ambil calon pelanggan kompetitor Anda.

- SEO
Perlu diketahui bahwa sebanyak 62% pengguna internet di Indonesia mengakses online shop dan data menunjukkan bahwa 93% traffic untuk bisnis online datang melalui Search Engine.

- Iklan FB Ads
Facebook Ads merupakan bisnis iklan berbayar yang dimiliki oleh Facebook. Jasa Facebook Ads adalah menyebarkan konten iklan kita di timeline para user Facebook secara tertarget, baik lokasi, umur, gender ataupun pekerjaannya.

- Video Promosi
Bisnis Anda lebih mudah ditemukan di Youtube, selain website & media sosial. Anda bisa membantu pelanggan dengan memberikan konten yang bermanfaat atau berinteraksi dengan mereka melalui komentar.

- Desain
Kami tidak hanya memberikan 1 desain saja, semua yang berkaitan dengan branding akan kami buatkan, seperti logo standar, kop surat, kartu nama, ID card, cover CD, mug, cover company profile, goodie bag, cover facebook, dsb.

- Artikel
Pengunjung website akan terus mengalami peningkatan, jika webiste Anda terus di update. Terutama web dengan konten yang sangat original dan berkualitas. Anda bisa saja menyewa penulis atau menulis sendiri. Semua strategi tergantung dari pribadi Anda sendiri.

- Optimasi Fanspage
Postingan yang bermanfaat namun tidak keluar dari niche bisnis Anda adalah salah satu ciri khas postingan kami. Optimasi Facebook sangat berbeda dengan optimasi website, hanya orang yang fokus di bidang social media yang dapat mengerjakannya dengan sempurna.

- Optimasi Google Bisnis
Yakinkan calon customer dengan google bisnis. Dengan setting yang benar, Anda bisa mendapatkan customer yang sebelumnya tidak Anda target. Kunjungan ke google bisnis mencapai 2,9 juta / harinya, bisa jadi calon pelanggan Anda adalah salah satu pengunjung tersebut.

- Optimasi Youtube
Ini strategi untuk meraih posisi teratas dalam google. Pernahkah Anda tahu, youtube memiliki SEO yang sangat bagus.

- Optimasi Instagram
Banyak teknik dan trik yang harus Anda kuasai untuk menggunakan Instagram agar jualannya semakin laris dan memiliki banyak followers.

Untuk Promo 11 11 ini pihak dari wikimedia hanya membatasi sebanyak 1.111 orang saja. Untuk info lebih detail cek di websitenya klik disini.

Cara Iklan di Instagram Agar Banjir Order

Kali ini kita akan mengulas tentang tips Instagram marketing dan ini sangat penting jika Anda saat ini sedang menjalankan suatu bisnis. Karena Instagram merupakan salah satu media sosial yang penggunanya di Indonesia cukup besar, bahkan salah satu terbesar diantara media-media sosial yang lain. Ada yang bertanya, apakah iklan di instragram efektif ?

Dan disana yang lebih menarik adalah audiens atau pemakai Instagram, kalau kita lihat spesifikasinya yang pertama ada dari sisi ekonomi ada di golongan menengah ke atas. Dari sisi gender sebagian besar ada di kaum perempuan yang dia sosialita.


Jadi pada saat mereka upload, biasanya yang diupload adalah pada waktu-waktu punya uang. Berikutnya ada lagi anak-anak atau kaum milenial yang disana juga dari sisi ekonomi adalah menengah ke atas. Dari audiens yang potensial tersebut, tidak jarang kalau para pengusaha, online shop, pelaku UKM berbondong-bondong menggunakan instagram sebagai salah satu tempat untuk memasarkan produk mereka.

Bicara soal Instagram Marketing maka paling tidak ada dua strategi yang bisa digunakan. Yang pertama itu strategi optimasi. Yang kedua adalah strategi dengan beriklan yang berbayar.

Kalau strategi optimasi, blog ini sudah pernah menulis artikelnya bisa Anda cari tentang optimasi Instagram pada blog grosir kulakan ini, nanti teman-teman akan mendapatkan artikel tentang bagaimana cara mengoptimasi Instagram Marketing.

Cara Iklan Di Instragram Ads

Daripada Anda menggunakan jasa iklan instragram, lebih baik Anda membuat iklan Instagram sendiri. Dan pada artikel kali ini kami akan lebih fokus pada materi bagaimana cara setup iklan berbayar di Instagram. Sebetulnya mensetup iklan berbayar atau Instagram Ads ini cukup mudah dan cukup gampang sekali bagi pemula.

Cuma memang tidak banyak yang mengetahuinya, jadi sebagian orang menganggap mensetup / beriklan di Instagram berbayar itu agak ribet. Langsung saja tanpa panjang lebar, berikut cara bagaimana menseting iklan berbayar di Instagram.

Yang pertama tentu Anda keluarin dulu Hp-nya tentunya harus pakai Android/Apple. Sebelum Anda mensetup iklan berbayar di Instagram, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, yang pertama Anda harus mengupgrade profile instagram ke Instagram Bisnis.

Nah setelah diupgrade Anda juga harus menjadi admin dari Facebook yang dikaitkan dengan akun IG dan syarat terahir atau syarat ke tiga adalah Anda harus mematuhi kebijakan iklan dari Facebook. Setelah Anda memenuhi tiga persyaratan tadi,maka langkah berikutnya adalah buka aplikasi Instagram, setelah muncul seperti ini silahkan Anda masuk ke halaman profile dari IG Anda.

Nah setelah ada di halaman profile, scrol ke bawah cari postingan yang mana yang akan di iklankan. Di pojok bagian kanan bawah ada tombol promosikan, silahkan klik tombol tersebut. Setelah diklik, maka akan muncul halaman baru, silahkan pilih jenis iklan seperti apa yang Anda kehendaki.

Di halaman tersebut ada pilihan, ada iklan untuk profile Instagram kita, ada untuk situs website, ada untuk etalase profile instagram kita, ada juga untuk pesan langsung. Jadi, silahkan Anda bisa pilih sesuai tujuan iklan Anda.

Jika Anda baru pertama kali, di situ akan ada setingan. Misalnya kita edit, ganti menggunakan website. Setelah websitenya kita tulis di sini baru ada pilihan juga tombol tindakannya untuk pelajari selengkapnya, beli sekarang, atau tonton lainnya, hubungi kami, pesan sekarang atau daftar.

Setelah itu baru klik tombol ceklis di atas bagian kanan, setelah itu Anda akan kembali ke halaman awal, tinggal klik saja tombol panah di atas bagian kanan. Dan kita akan masuk ke halaman pilih pemirsa / target audiens Anda.

Jika sudah punya target audiens sebelumnya tinggal pake saja, atau klik otomatis maka sistem Instagram akan memilihkan atau Anda mau buat targeting baru? Kalau saran kami, buat target baru sesuai dengan target audiens yang kita kejar.

Silahkan diklik milik sendiri dihalaman target audiens. Nah di sini ada nama pemirsa, silahkan masukkan nama. Misalnya kami beri nama target 2, terus klik pilihan lokasi. Anda bisa pilih iklan ini mau ditayangkan di lokasi mana. Contohnya kami ingin iklan ini ditayangkan di area Jakarta saja maka kita pilih Jakarta. Dan misalnya Anda masih punya target wilayah yang lain silahkan tambahkan.

Setelah itu klik tombol ceklist di bagian atas kanan. Kemudian Anda pilih audiens dengan minat apa saja yang ingin Anda sasar. Contohnya, Anda jual kaos, yang sekiranya berminat adalah orang-orang yang berkomunitas. Maka Anda cari komunitas lalu tambahkan minat khusus untuk belanja online misalnya. Dan minat-minat yang lain.

Silahkan Anda bisa identifikasi target dengan minat apa saja yang disasar. Setelah itu silahkan klik tombol ceklist di bagian atas kanan. Dan terahir ada di usai dan jenis kelamin, silahkan Anda klik di situ kita bisa memilih laki laki atau perempuan dan berapa rentang umur yang ingin kita sasar.

Jika sudah silahkan klik lagi tombol ceklist di atas bagian kanan, maka target yang kita buat tadi sudah ada, tinggal diklik saja. Kita akan dimasukan ke halaman pembelanjaan total Anda atau berapa sih biaya iklan Instagram yang ingin kita setup untuk iklan kita.

Anda bisa milih misalnya harian budget perhari kita memilih untuk ini ada dari 10rb, 20rb, dan kelipatanya. Terus kita juga bisa seting berapa lama durasi iklan ini akan tayang, misalnya kita seting di sini selama lima hari. Setelah itu silahkan klik tombol panah di bagian atas kanan.

Nah, di halaman ini kita sudah ada di tahap terahir dari setting iklan Instragam. Anda bisa cek dulu tampilan iklan dari postingan yang tadi Anda setting untuk diiklankan, tinggal diklik saja tampilkan contoh promosi.

Jika Anda sudah yakin, tinggal klik buat promosi, maka pihak IG / Facebook akan mereview iklan Anda layak ditampilkan atau tidak. Sedangkan untuk pembayaran, kalau pembayarannya langsung diseting lewat Instagram maka plihannya hanya ada satu, pembayaran pakai kartu kredit ataupun pakai kartu debit.

Tetapi kalau Anda memilih pembayarannya lewat facebook bisnis, Anda bisa pilih mau pakai kartu kredit/debet atau bisa juga dengan transfer bank. Kalau kami biasanya lebih enak dengan transfer bank, setelah iklan diseting lewat Instagram seperti diatas, langsung masuk ke halaman facebook bisnis.

Setelah itu tambah deposit dari budget iklan tersebut. Jika iklan Anda dianggap layak maka tidak akan lama iklan tersebut akan ditampilkan sesuai dengan target audiens yang kita setting sebelumnya.

Setelah promosi atau iklan disetujui oleh IG/facebook maka Anda nantinya dapat melihat hasilnya. Seberapa efektif atau seberapa besar sih jangkauan dari hasil iklan yang tadi kita setting caranya bagaimana?

Anda tinggal masuk ke halaman profile, terus klik postingan yang tadi Anda setting untuk diiklankan, di bawah dari foto itu ada tombol lihat insight, silahkan diklik maka kita akan ditunjukan seberapa besar atau seberapa efektif sih iklan tersebutdi situ ada interaksi, ada penemuan, ada promosi, dan bla.. bla...-nyanah Anda bisa lihat insight dari hasil iklan yang kita seting sebelumnya.

Nah bagaimana, mudah bukan? Cukup mudah sekali dibandingkan kita harus mensetting iklan lewat facebook bisnis, kalau saya lebih suka langsung seting lewat IG seperti ini dan nanti depositnya lewat facebook bisnis.