Tips Membuka Butik di Tengah Persaingan

Bagi anda yang suka fashion, memiliki hobby yang unik seputar fashion, dan memiliki jiwa pengusaha, tak ada salahnya jika anda mulai membuka butik milik anda sendiri. Saat ini, fashion merupakan salah satu aspek kehidupan yang selalu menjadi kebutuhan yang diperhatikan oleh pria maupun wanita. Butik memberikan peluang usaha yang memiliki potensi cukup besar untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sebagai calon pengusaha butik, tentunya anda juga harus mulai lebih mengikuti dan memahami dunia fashion yang selalu up to date. Saat ini, berbagai informasi mengenai fashion sudah menjadi informasi global yang bisa anda akses dengan mudah. Jadi, belajar untuk menjadi pengusaha butikpun bisa anda lakukan dengan mudah, asalkan dengan niat dan kemauan yang tinggi.


Di sisi lain, ketika memutuskan untuk membuka butik, berarti Anda telah siap terjun dalam persaingan di dunia perdagangan. Dunia perdagangan memang terkesan sangat kejam dan tanpa ampun. Siapa yang tidak mampu berinovasi, dialah yang tersingkir. Akan tetapi, Anda harus tetap optimis menghadapi persaingan ini. Mengapa? Karena setiap bisnis pasti dilengkapi persaingan.

Perhatian masyarakat yang tinggi terhadap fashion yang selalu up to date juga menyebabkan mulai banyak pengusaha yang membuka butik. Dengan demikian, peluang bisnis butik yang memang besar juga diiringi dengan bentuk persaingan usaha yang cukup besar. Nah, jika anda sudah bertekat bulat membuka butik, anda perlu tips-tips menjadi pengusaha butik di tengah persaingan usaha ini.


Persaingan, Resiko Dasar Dunia Bisnis

Persaingan merupakan risiko dasar dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, anda harus pandai menyikapi persaingan ini dengan kecerdasan serta kreativitas yang telah dianugerahkan Tuhan. Emosi serta jiwa yang meledak-ledak tidak akan menolong Anda untuk lepas dari ketatnya persaingan.

Satu hal yang perlu diingat adalah persaingan tersebut akan terus meningkat jika butik anda menjual barang-barang yang mirip dengan rival, baik dari segi desain maupun harga. Akhirnya, Anda dan "tetangga" melakukan hal yang tidak patut. Mencuri pelanggan dengan cara saling fitnah, sabotase, dan banting harga hingga benar-benar dibanting.

Banting harga. Ya. Itulah situasi yang kadang memaksa anda untuk turut bertarung demi merebut hati pelanggan. Padahal, banting harga sama artinya dengan balapan bunuh diri, tinggal menunggu siapa yang mati lebih dulu. Alhasil, konsumenlah yang akan diuntungkan. Dalam kondisi ini, prinsip dasar ekonomi anda telah lenyap. Bahkan, bisa-bisa anda bangkrut dalam waktu singkat.

Persaingan, Bagian dari Proses Binis
Jika anda mulai menyatakan diri sebagai pengusaha butik, anda harus siap dengan persaingan. Buatlah pandangan yang berbeda, pikirkan bahwa persaingan bukanlah menjadi resiko, melainkan bagian dari proses bisnis itu sendiri.

Dengan demikian, anda tidak akan buru-buru stress jika merasa tersaingi. Dengan beranggapan bahwa persaingan usaha merupakan bagian dari proses bisnis, anda akan mencari jawaban untuk melalui proses tersebut agar menjadi sukses.

Memang benar jika persaingan merupakan resiko bisnis yang harus anda tanggung tapi anda akan lebih termotivasi jika menganggapnya sebagai bagian dari proses bisnis itu sendiri. Hal ini disebabkan karena persaingan bisnis akan tetap muncul selama anda menjadi pengusaha. Meskipun anda telah mengatasi persaingan yang satu, persaingan yang lain akan tetap mengincar anda.

Persaingan pada dasarnya tetap anda, hanya saja kadarnya berbeda tiap pengusaha. Bagi anda yang baru merintis usaha butik dalam skala kecil dan baru, tentu saja persaingan itu terasa sangat berat, apalagi jika anda belum pernah mengalami sebelumnya.

Berbeda dengan pengusaha butik yang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat karena produk-produknya yang selalu up to date, berkualitas, dan faktor lain yang membuatnya populer, persaingan akan tetap terasa namun dengan kadar yang lebih kecil.

Jadi, sadarilah bahwa persaingan merupakan bagian yang tidak dilepaskan dari bisnis. Selain sebagai hal pokok yang memang selalu terjadi, persaingan merupakan salah satu cara untuk membentuk mental pengusaha yang kuat dan tahan banting. Untuk menghadapinya, anda harus memanfaatkan kreativitas yang anda miliki dengan strategi-strategi tertentu.


Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis Butik

Untuk menghadapi persaingan usaha butik baik itu sebagai resiko bisnis, maupun bagian dari proses bisnis, anda memerlukan strategi. Strategi yang anda perlukan tentu saja untuk menjalani sebuah persaingan sehat yang nantinya tidak akan menimbulkan penyimpangan. Dengan strategi dan persaingan yang sehat berarti anda mampu menjadi pengusaha yang berdiri tegak dengan cara yang sehat dan bijaksana.

Berikut ini adalah tips dan strategi yang bisa anda terapkan dalam usaha butik.

Menyediakan Barang yang Berbeda dari Lainnya
Banyak butik, belum tentu menutup kemungkinan butik anda tidak punya pelanggan. Salah satu cara wajib yang harus anda lakukan adalah dengan menyediakan barang yang berbeda dari butik lain. Apalagi jika barang yang anda jual termasuk ke dalam barang unik dan langka. Tentu akan menjadi daya tarik yang sangat kuat untuk para calon pelanggan.

Pastikan barang yang anda jual tersebut tidak ada kembarannya di butik lain. Semakin minim varian suatu barang, semakin besar kemungkinan memperoleh keuntungan. Harga tak jadi soal bagi pelanggan yang mencintai fashion. Asalkan barang unik, langka, dan berbeda dari lainnya tersebut memang benar-benar berkualitas.

Mengecek Barang Milik Pesaing Berat
Rajinlah mengecek barang-barang yang dijual di butik saingan Anda. Jika takut ketahuan, utuslah seorang mata-mata untuk mengecek stok barang pesaing berat. Cara ini dilakukan untuk melihat jenis dan persediaan barang yang dijual oleh pesain anda.

Cara ini tentu sah-sah saja dilakukan, asal dengan cara yang baik pula. Pengecekan ini bahkan bisa sekaligus menjadi salah satu bahan belajar anda untuk menyediakan barang yang berbeda dari lainnya. Tanpa mengecek, anda tidak akan tahu apa-apa mengenai varian barang yang dijual butik lain.

Perkuat garis belakang dan garis depan butik Anda
Anda harus merekrut karyawan yang memang memiliki kompetensi. Jangan lupa, berikan pelayanan yang ramah agar pembeli puas. Ingat, pembeli adalah media promosi paling ampuh. Jadi, buatlah mereka puas dengan pelayanan butik anda. Pelayanan yang ramah bahkan menjadi faktor yang membuat pelanggan anda merasa nyaman untuk berbelanja di butik anda.

Buatlah Pelanggan Merasa Senang
Berikan servis lebih bagi pembeli. Misalnya, paket makan siang untuk pembelian tertentu atau hadiah-hadiah kecil lain. Intinya, buat mereka senang dan terkesan. Hadiah tak harus berupa barang mahal. Anda bisa menyesuaikan hadiah yang akan anda berikan dengan suasana tertentu, misalnya valentine, natal, lebaran, dan lain sebagainya.

Lakukanlah Sedikit Pengorbanan
Jika kepepet, "korbankanlah" 1 atau 2 item barang dengan harga modal. Cara ini dilakukan untuk menggaet pembeli agar mau memasuki butik Anda. Namun, pastikan ada barang lain yang dinaikkan harganya untuk mengganti kerugian barang yang dijual murah tadi.

Lengkapi data base langganan butik Anda secara detail
Hal ini sangat penting dilakukan untuk melihat minat pelanggan terhadap fashion. Melengkapi data base bisa anda lakukan dengan mencatat model, warna, ukuran, dan bahan yang sering diburu pelanggan.

Buatlah Tema yang Unik
Butik akan terlihat "wah" jika memiliki tema tertentu. Butik yang biasa-biasa saja atau yang tidak jelas apa barang yang disediakan hanya terlihat sebagai butik biasa. Tema yang dimaksud dalam hal ini adalah fokus barang yang anda sediakan. Misalnya saja khusus untuk fashion remaja, pakaian-pakaian gothic, pakaian casual, batik, pakaian muslimah, dan lain sebagainya.

Berdoa
Berdoalah agar usaha Anda maju serta terhindar dari hal buruk. Anda pun harus senantiasa percaya bahwa rezeki telah ada yang mengatur. Bagaimanapun, doa selalu menjadi hal utama untuk menyertai setiap usaha.

Itulah beberapa tips dan strategi bisnis butik yang dapat Anda terapkan dalam menghadapi persaingan. Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan produk yang Anda jual selalu sesuai dengan perkembangan tren fashion. Ingat, tujuan utama seseorang belanja di butik adalah untuk mendapatkan barang unik, fresh, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Jadilah pengusaha butik yang kuat dan sukses.

Cara Memulai Bisnis Pakaian

Siapa yang tak butuh pakaian, selain peran pentingnya bagi manusia, pakaian pun bisa menambah rasa percaya diri dan membuat seseorang terlihat lebih modis. Peluang bisnis pakaian ibarat pintu yang terbuka lebar yang mengundang peminatnya untuk terjun dan meraup keuntungan yang menawan.

Dengan aneka modelnya, pakaian seolah perburuan wajib ketika berbelanja. Selain untuk melindungi dirinya, manusia membutuhkan pakaian sebagai eksistensi diri di dunia fashion. Peluang bisnis pakaian bukanlah celah kecil yang membatasi seseorang untuk terjun ke dalamnya, tetapi bisnis ini cukup mudah untuk digeluti siapa saja.


Mengenal Situasi Pasar

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mengenal betul situasi pasar. Di daerah yang ekonominya terbatas, rasanya tidak pas jika menjual pakaian dengan merogoh kocek sangat dalam. Keberagaman kualitas kain pun erat kaitannya dengan harga jual pakaian itu sendiri dan dapat dijadikan solusi untuk taktik pemasaran.

Contohnya, di daerah dengan siklus ekonomi yang tinggi, wajar-wajar saja jika Anda memasarkan pakaian dengan kain kualitas super dan harganya pun menanjak. Selain itu, iklim suatu tempat juga mempengaruhi laris tidaknya pakaian yang ditawarkan.

Di daerah panas misalnya, mantel tidak mungkin jadi buruan utama. Jenis pakaian paling dicari tentunya yang menciptakan rasa nyaman di tengah dahsyatnya sengatan matahari. Pakaian pun dapat dijadikan simbol khusus suatu agama, adat-istiadat serta perbedaan jenis kelamin. Dilihat dari beragam fungsinya, tentunya peluang bisnis pakaian merupakan peluang yang menjanjikan.


Tempat Kulakan Pakaian untuk Usaha

Ketika memulai bisnis pakaian, Anda bisa membelinya secara langsung dari pabrik, pusat grosiran, maupun dengan memainkan jemari Anda untuk menjahitnnya sendiri. Tak perlu memutar otak terlampau lama, karena pecinta fashion tengah menanti kepiawaian Anda dalam mengelola bisnis pakaian. Direktori pusat grosir pakaian klik disini.

Tempat penjualannya pun terbilang fleksibel, dimulai dari kaki lima, kios kecil, pertokoan, galeri, swalayan, butik, sampai mal-mal terbesar yang selalu jadi incaran. Tak hanya itu, internet pun dapat dijadikan mediator dalam bisnis ini. Seiring maraknya penggunaan jejaring sosial, peluang bisnis pakaian semakin mewarnai dunia maya yang keuntungannya luar biasa.

Jika modal yang tidak begitu besar, Anda harus pandai memilih pakaian yang murah dan cepat laku atau sering berganti dengan perputaran uang yang begitu cepat. Contohnya pakaian dalam, daster dan pakaian anak. Sebaiknya tidak mengkreditkannya ke konsumen jika modal usaha Anda masih berskala kecil.

Promosikan produk yang Anda jual dimulai dari lingkungan sekitar, seperti saudara dan tetangga. Anda pun bisa menyulap ruangan di rumah Anda menjadi gerai busana. Tak henti berinovasi, itulah bekal yang harus dimiliki seorang pembisnis pakaian.

Menyediakan pakaian yang tak ketinggalan zaman merupakan point penting ketika menyelami bisnis ini. Contohnya dengan menyediakan pakaian trend selebriti atau yang tengah marak di dunia perfilman. Ini merupakan nilai tambah bagi kelancaran usaha Anda. Percayalah, peluang bisnis pakaian merupakan salah satu peluang keberhasilan.


Cara Memulai Bisnis Pakaian

Keyakinan akan peluang bisnis pakaian menjanjikan tergantung pada kemampuan kita memasarkan. Pemasaran yang dilakukan mesti menunjukkan keunikan agar orang tertarik. Karena itu Anda mesti jeli dalam memasarkan. Berikut ini beberapa cara memasarkan pakaian yang bisa Anda coba atau gunakan.

1. Pemasaran mulut ke mulut
Cara pemasaran yang dilakukan bukan dari mulut satu demi satu. Ada cara lain juga. Misalnya saja, Anda orang yang baru saja membangun usaha dan tergolong baru di lokasi usaha tersebut. Maka caranya cukup sederhana, setelah Anda memasang pamflet usaha pakaian yang dimiliki, utuslah satu atau dua orang, baik saudara Anda maupun orang lain.

Lalu mintalah saudara Anda tersebut bertanya kepada salah seorang warga dengan menanyakan di mana usaha pakaian milik Anda dengan menyebutkan nama usaha pakaian milik Anda. Bila ternyata tidak tahu, baru orang yang disuruh tersebut menyanyakan alamat usaha pakaian milik Anda.

Nah, jika ia tahu berarti cukuplah pemasaran dari lisan ke lisan yang dilakukan. Inilah cara pemasaran lisan model baru. Jika dahulu, lisan ke lisan adalah yang terjadi Antar tetangga. Sedangkan ini, lisan ke lisan yang dilakukan dari sudut jalan menuju toko usaha pakaian Anda.

2. Sebarkan Brosur
Setelah tiga hari berlalu dilakukan pemasaran secara lisan dengan model baru, cobalah untuk meminta orang lain untuk menyebarkan brosur bisnis pakaian milik Anda. Jangan menggunakan orang yang sama. Gunakanlah orang lain. Nah, dalam menyebarkan brosur harus diingat lokasi rumah yang didatangi atau ditanyai alamat usaha Anda sebelumnya.

Bila perlu tempat yang ditanya sebelumnya adalah warung usaha makanan atau jajanan anak-anak. Sehingga ketika memberikan brosur usaha pakaian milik Anda, ia langsung ingat akan nama toko pakaian yang ditanyakan kepadanya. Setelah dibacanya, umumnya ia bakal menceritakan kepada orang lain.

3. Buat Papan Bunga
Untuk membuktikan usaha pakaian Anda benar-benar sudah dibuka, tidak perlu dengan cara membuat pesta dengan menghadirkan music atau keyboard. Sayang uangnya. Nah, Anda bisa dengan membuat papan bunga dengan menggunakan nama-nama orang yang bekerja di pemerintahan yang Anda kenal atau orang-orang yang memiliki toko usaha lainnya. Meski, toko usahanya bukan toko pakaian.

Pasanglah papan bunga tersebut di depan toko atau di sekitar toko usaha pakaian Anda. Tidak menjadi masalah papan bunga tersebut Anda yang memodali. Cukup untuk memberi perhatian orang-orang yang melaluinya. Cara pemasaran seperti ini tergolong unik tapi menguntungkan.

Orang yang melaluinya pasti melihatnya. Rasa ingin tahu mereka pun akan muncul dan mampir ke tempat usaha Anda. Inilah cara pemasaran yang tak memerlukan teori, tapi langsung praktek. Tak perlu membuat acara besar-besaran, cukup sederhana tapi dahsyat hasilnya.


Milikilah 8 Mental Pebisnis pakaian

Setelah Anda melihat peluang bisnis pakaian menjanjikan dan mengenal cara pemasaran yang tidak sekedar teori, Anda juga mesti memiliki mental pebisnis yang tangguh. Ada delapan mental pebisnis.

Kreatif
Bila bisnis pakaian sudah terbangun, maka Anda harus bisa kreatif. Baik kreatif dalam berpikir maupuan kreatif dalam membangun usaha. Anda tidak boleh memiliki pola pikir yang sama dengan pebisnis pakaian yang lain. Tak perlu melakukan perubahan yang besar, perubahan yang kecil saja pun sudah cukup. Yang paling penting, ada nilai beda di hati konsumen.

Peka
Anda mesti menjadi orang yang selalu bersikap terbuka dan tanggap pada segala sesuatu, juga tidak boleh menutup diri dan bersikap curiga pada hal-hal baru. Bisa jadi peluang kita terletak di hal-hal baru.

Percaya diri
Tetap percaya diri dan tidak minder. Tidak cepat mundur jika dilecehkan atau dipandang aneh oleh orang lain.Kalau yang kita kerjakan memiliki prospek yang bagus, kenapa kita tidak percaya diri? Kalau kita yakin apa yang dikerjakan tak berbau penipuan, kenapa tidak percaya diri?

Mau bekerja keras
Kemauan bekerja keras ini mutlak ada. Mana ada usaha pakaian yang bisa berjalan lancar dan tumbuh besar tanpa kerja keras? Kalau ada yang menawarkan keuntungan besar tanpa harus melakukan apa-apa, kita justru waspada.

Kerja keras yang dimaskud di sini adalah kerja keras yang berstrategi. Kerja keras yang smart. Banyak orang yang bekerja keras tanpa strategi, dan hasilnya usaha pakaian yang dijalankannya masih juga jalan di tempat, meskipun bekerja keras seumur hidupnya.

Sabar
Menjalankan sebuah usaha pakaian membutuhkan kesabaran. Karena tak ada sebuah usaha yang bisa menjadi besar dalam semalam. Bagaimana bila sampai bertahun-tahun tidak ada kemajuan dan bahkan ada tanda-tanda merugi? Sabar. Sabar, jangan sampai stres, tapi cepatlah untuk menyusun strategi baru.

Optimis
Selalu berpikiran positif. Padukan optimisme dengan rasa percaya diri. Kalau pikiran selalu negatif, maka yang muncul ada ketidakpercayaandiri. Jika sudah seperti ini, maka bisnis pakaian yang dijalani tak akan mengalami pengembangan.

Senang bergaul
Dalam menjalankan usaha bisnis pakaian, kita pasti berhubungan dengan orang lain. Karena itu, kita harus bisa mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal. Kalau kita tidak mempunyai jaringan pergaulan yang tepat, maka kita akan sulit mengembangkan usaha.

Di samping kita nantinya tak mengetahui di mana mendapatkan barang-barang yang didagangkan dengan murah, kita juga tak mengerti bagaimana cara memasarkan usaha pakaian yang tepat.

Tidak takut bergaul
Dalam membangun usaha pakaian sama hal dengan membangun usaha yang lain, maka konsepnya juga sama. Yaitu, jangan takut bergaul. Bergaullah dengan siapa saja. Jangan pernah batasi komunitas dan teman Anda. Bukan tidak mungkin mereka menjadi konsumen atau menjadi marketer tanpa pernah diminta dan dibayar. Oleh karena itu, jangan batasi pergaulan Anda.

Inilah artikel sederhana seputar peluang bisnis pakaian, cara memasarkan dan mental pebisnis.

Online Shop Korea Dan Kelebihannya

Beberapa tahun lalu, online shop Korea tidaklah sepopuler dan seterkenal saat ini. Bahkan, tidak banyak pula gerai kosmetik dari Korea yang ada di kawasan perbelanjaan.

Namun, saat  salah satu brand Korea akhirnya masuk ke Indonesia, tak lama kemudian menjamurlah brand kosmetik hingga pakaian yang jumlahnya puluhan, bahkan saat ini sudah bisa mencapai ratusan.

Entah hal tersebut dipengaruhi oleh popularitas K-Pop dan K-Drama yang sedang melejit atau memang kualitas produknya yang memang bagus.



Tak heran, saat ini banyak perempuan yang ingin juga memilih berbelanja di online shop Korea. Entah itu baju ataupun skincare, berbagai hal berbau Korea menjadi laris saat ini. Tapi, apakah benar hanya satu faktor itu saja yang membuat brand kecantikan dari Korea begitu laris di Indonesia, Asia, bahkan seluruh dunia?

Rasanya terlalu klise jika kita hanya mengaitkannya pada faktor selebriti saja. Karena pada dasarnya mereka punya rahasia di balik suksesnya brand-brand kecantikan itu. Bisa jadi BB Cream menjadi titik terobosan mengapa brand kecantikan Korea kini begitu diminati di kalangan perempuan Indonesia.

Salah satu fakta terbaru bahkan menyebutkan kalau brand-brand besar dari Eropa dan Amerika, selalu meriset produk mereka ke Korea terlebih dahulu. Menurut Alicia Yoon, pemilik situs kecantikan  yang menjual produk dari Korea di Amerika, ada beberapa alasan mengapa banyak orang terutama wanita di Indonesia menyukai berbelanja produk skincare online shop Korea.

Semuanya Tentang Formula dan Kandungan Dari Produk Skincare
Kecenderungan perempuan biasanya tidak begitu peduli dengan kandungan di dalam sebuah kosmetik. Asal terlihat bagus di kulit, sah saja langsung membeli produk itu. Berbeda halnya dengan perempuan di Korea. Mereka selalu memperhatikan kandungan serta formula di dalam sebuah produk secara detail. Dan inilah yang terjadi, jika ada kandungan yang membuat kulit sensitif, orang Korea akan langsung melakukan inovasi untuk menambal kekurangan itu dan pada akhirnya lahirlah sebuah produk terbaru lagi.

Resep dari Nenek Moyang
Berapa banyak dari kita yang akhirnya mengabaikan resep kecantikan dari ibu dan nenek moyang karena datangnya teknologi modern pencegah penuaan dan sebagainya. Perempuan Korea justru sebaliknya. Air beras, belut, jamur, dan tanaman herbal lain yang biasa dipakai sejak ratusan tahun lalu akan menjadi pilihan utama mereka. Karena resep leluhur ini pulalah yang membuat banyak masyarakat kita berbelanja skincare secara langsung di online shop Korea yang telah terpercaya. 

Skin Hydration
Beberapa mungkin menganggap makeup ala Korea terlihat seperti kulit yang berminyak. Pada dasarnya, tanggapan tersebut adalah kesalahan besar. Kilap itu bukan berasal dari minyak yang keluar dari pori-pori wajah. Mereka selalu menggunakan produk yang melembabkan kulit dan membuatnya menjadi terlihat dewydan lebih muda. Tanpa botox sama sekali!

Memiliki rangkaian penggunaan skincare
Perempuan Korea bisa menggunakan puluhan produk skincare di malam hari, yang dimulai dari makeup remover (mereka selalu memilih yang berbahan dasar minyak), scrub, cleansing foam, moisturizer, serum, hingga masker setiap malamnya. Alhasil, kulit mereka pun terlihat lembab dan cerah pada pagi harinya.

Teksturnya Yang Ringan
Ciri khas dari skincare online shop Korea lainnya yakni teksturnya yang ringan. Hal inilah yang menyebabkan mereka tidak begitu khawatir dengan berapa banyak layer skincare yang harus digunakan pada wajah sebagai daily routine skincar.

Produsen kosmetik Korea kebanyakan membuat tekstur produknya super duper ringan, tapi tetap dengan formulasi yang sangat efektif untuk kulit. Selain itu, produk skincare Korea tidak memiliki kandungan silicone yang strong, sehingga saat diaplikasikan pada kulit, produk tersebut dapat langsung terserap pada kulit.

Cara Menjalankan Online Shop Fashion

Tentu Anda sudah sering melihat berbagai macam jenis online shop fashion yang berkeliaran di sosial media. Pengaruh kemajuan teknologi memang sangat mendukung perkembangan online shop saat ini sehingga Anda tak perlu repot-repot lagi membangun toko fisik terlebih dahulu. Nah, jika Anda tertarik menggeluti usaha online ini maka silahkan simak informasi berikut ini.



Cara Menjalankan Online Shop Fashion

1. Buat Perencanaan Bisnis
Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menjalankan online shop fashion ialah dengan membuat perencanaan bisnis. Dengan adanya perencanaan tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola dan menjalankan bisnis. Rencana bisnis (business plan) juga sangat penting bagi Anda yang berencana untuk meminjam sejumlah dana dari bank dan/atau investor.

Pada dasarnya, sebuah rencana harus memuat deskripsi bisnis, tujuan bisnis, dan cara atau langkah untuk mewujudkan bisnis tersebut.  Tak hanya itu, rencana yang baik juga harus menyertakan pengoperasian bisnis, seperti produksi, distribusi, marketing, dan lain-lain.

2. Mendaftarkan Bisnis Fashion Online
Sebelum membuka online shop fashion secara resmi, Anda harus mempersiapkan dan melengkapi berbagai dokumen terlebih dulu. Dokumen yang diminta tentu tidak sama antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda melakukan riset terlebih dulu dan berkonsultasi dengan pihak hukum setempat untuk melengkapi satu per satu dokumen. Di Indonesia, setiap pelaku usaha kecil wajib untuk mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) agar bisnis yang dijalankan dilindungi hukum.

Selain itu, kehadiran IUMK akan menghindarkan para pemilik usaha kecil dari pihak atau oknum nakal yang tidak bertanggung jawab. Beberapa kelengkapan dokumen yang harus Anda urus untuk mendapatkan izin ini adalah surat pengantar dari RT atau RW, fotokopi KTP dan dokumen aslinya, fotokopi KK dan dokumen aslinya, serta foto berukuran 4×6 cm. Terakhir, jangan lupa mendaftarkan bisnis online Anda ke Direktorat Jenderal Pajak untuk mendapatkan nomor wajib pajak.

3. Buat Website untuk Butik Anda dengan Menggunakan Platform Ecommerce
Walaupun ada banyak cara untuk memperkenalkan online shop fashion Anda di internet, kami tetap menyarankan Anda untuk membuat website sendiri dengan menggunakan platform eCommerce. Dengan begitu, Anda punya kontrol penuh terhadap proses pembayaran, desain butik online, dan juga pengalaman berbelanja konsumen.

4. Mengatur Desain Website untuk Butik Online Anda
Cara termudah untuk mendapatkan desain terbaik bagi website Anda ialah dengan menggunakan tema. Perhatikan beberapa hal di bawah ini ketika mencari tema eCommerce:
  • User-friendly – sebaiknya visitors mendapatkan kemudahan saat mengakses dan menjelajahi toko online Anda sehingga saat itu juga mereka bisa melakukan transaksi.
  • Responsif – pengguna perangkat mobile ‘menyumbangkan’ setengah bagian dari total trafik di internet. Oleh karena itu, carilah tema yang mobile responsif dan mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna seperti mereka.
  • Mencerminkan brand Anda – pilih tema yang desainnya sesuai dan konsisten dengan brand Anda. Atau pilihlah tema yang menawarkan pengaturan tampilan yang dapat dikustomisasikan.

5. Mempromosikan Toko Butik Online
Ada banyak cara untuk memperkenalkan atau mempromosikan butik Anda. Dua di antaranya adalah melalui media sosial dan juga  iklan berbayar.  Media sosial termasuk platform yang sangat berperan besar dalam pengembangan marketing di industri fashion.

Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan kelebihan platform ini untuk memperkenalkan bisnisnya. Dengan memanfaatkan sosial milik Anda seperti facebook ataupun instagram maka akan semakin banyak pula orang-orang yang melihat produk online shop fashion Anda.

Baca Juga :

IG Olshop dan Tips Jualan yang efektif

Tahun ini semakin banyak orang yang memanfaatkan Instagram menjadi IG olshop. Dalam melakukan kegiatan jualan online di Instagram, Anda harus menerapkan banyak hal penting yang kebanyakan sering dilewatkan oleh para pebisnis Instagram lainnya.

Beberapa hal penting tersebut sebenarnya mudah dilakukan, namun seringkali terlewat dan bahkan tidak dioptimalkan oleh para pebisnis online yang memanfaatkan platform Instagram ini. Berikut ini merupakan beberapa tips jualan online di instagram yang efektif untuk bisnis Anda. 


Tips Kelola Akun Ig Olshop

1. Jangan Gunakan Akun Instagram Pribadi
Tips membuat IG olshop yang pertama ialah dengan memisahkan akun bisnis dari akun pribadi dikarenakan pemisahan tersebut akan membuat akun bisnis terasa lebih profesional, serta Anda juga akan lebih memantau serta memonitor perkembangannya secara objektif.

Dengan memisahkan akun tersebut, Anda juga dapat menjaga citra dari bisnis untuk tidak bercampur dengan pribadi Anda. Perlu diingat, menggunakan kata kunci sebagai nama akun memang cukup efektif, tetapi nantinya Anda akan kesulitan membangun brand dikarenakan tidak “membiasakan” calon pelanggan dan pelanggan terhadap nama dari merk Anda.

Oleh karena itu, akan lebih baik untuk menggunakan nama brand yang simpel, singkat, jelas, dan unik apabila kedepannya bisnis Anda benar-benar dibangun secara profesional.

2. Tuliskan Profil Bisnis yang Jelas pada Bio
Suatu bio yang baik di Instagram, terutama untuk bisnis IG olshop adalah memberikan informasi yang ringkas, padat, dan benar-benar menjelaskan tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis yang anda jalankan.

Pada bagian bio seharusnya pebisnis online menempatkan nama usaha mereka dengan jelas di awal. Kemudian, penjelasan mengenai bisnis mereka itu apa secara garis besar, dan diikuti dengan fitur-fitur atau keunggulan yang mereka tawarkan, link ke media sosial lainnya, dan terakhir alamat website.

3. Posting secara rutin
Saat ingin membangun suatu bisnis online menggunakan platform Instagram, Anda juga harus terbiasa untuk  rutin memposting sesuatu yang baru setiap harinya, dan bahkan beberapa kali dalam sehari. Dengan membuat jadwal posting, ditambah dengan desain yang khas untuk bisnis Anda, akan semakin memperbesar peluang bisnis Anda untuk dapat dilirik oleh mereka, terutama yang telah menjadi follower Anda.

4. Desain Postingan yang Menarik
Terkait dengan postingan, tips jualan  pada IG olshop yang sangat efektif adalah memastikan foto atau video yang dipasang terlihat menarik dan juga terkonsep serta memiliki ciri khas sehingga pembaca akan segera mengatahui yang mana postingan dari akun bisnis Anda.

5. Isi Caption yang Menarik
Tidak hanya soal foto dan video yang diposting, isi dari caption juga sangatlah penting untuk Anda perhatikan, karena caption ini merupakan bagian lain yang dapat menentukan apakah pembaca tertarik atau tidak dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Jangan malas menulis caption, tetapi pastikan pembaca akan dapat membacanya dengan mudah serta bahasanya tidak membingungkan. Anda bisa mengisinya dengan spesifikasi produk, harga, atau penjelasan lainnya yang tujuannya adalah memberikan informasi.

6. Menggunakan Hashtag yang Relevan
Setelah foto, video, dan juga caption, hal lainnya yang utama dalam tips jualan online di Instagram adalah menentukan hashtag apa yang akan anda gunakan di setiap postingan tersebut. Hashtag adalag salah satu yang bisa dibilang penting dalam mempromosikan suatu usaha atau postingan di dalam platform Instagram, dan tentunya strategi penggunaannya akan sangat perlu Anda perhatikan.

Anda bisa menggunakan hashtag sebanyak-banyaknya, tetapi perlu diingat bahwa menggunakannya terlalu banyak dan tidak relevan dengan postingan di IG olshop malah tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.

Baca Juga :

Grosir Aksesoris HP dan Tips Sebelum Berbelanja

Untuk menambah pundi-pundi keuntungan dalam menjalankan usaha konter pulsa ialah dengan menjual berbagai macam produk aksesoris handphone. Tentu Anda sudah mengetahui jika berbagai aksesoris HP bisa Anda temukan di grosir aksesoris HP. Selain memiliki harga yang murah, beragam jenis aksesoris HP pun mudah ditemukan di tempat ini. Nah, sebelum berbelanja ada baiknya memperhatikan tips-tips berikut ini.


Grosir Aksesoris HP dan Tips Sebelum Berbelanja

1. Pilihlah Produk yang Berkualitas, Tapi Terjangkau Alias Murah
Jika ditanya soal mengapa lebih memilih berbelanja di grosir aksesoris HP dibandingkan di counter pulsa, jawabannya pasti cuma satu, yang tak lain dan tak bukan karena harga yang lebih murah sehingga bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Tapi, perlu Anda tahu juga, jika barang murah bukan berarti kualitasnya pun murahan. Barang murah bisa disebut sebagai barang yang layak dijual dan dipakai dikarenakan alasan tertentu salah satunya ialah karena diskon. Maka dari itu, barang murah bukan berarti barang yang dijual adalah barang rusak untuk konsumen.

2. Jangan Menyetok Barang Dengan Jumlah Terlalu Besar
Walaupun produk aksesoris yang dijual di grosir aksesoris HP termasuk produk yang tidak mudah rusak seperti produk agribisnis, tetapi menyetok barang dalam jumlah yang terlalu besar juga sangat tidak disarankan.

Akan lebih bijak jika Anda membeli produk dengan kuantitas sedikit tetapi dengan variasi produk yang banyak. Oleh karena itu, jumlah stock barang harus diperhitungkan dengan sebaik–baik nya. Jangan sampai, hanya karena emosi sesaat dan tanpa menggunakan perhitungan stock yang baik, Anda jadi mengalami kerugian.

Entah itu karena produk yang tidak laku karena trend sudah berganti, produk rusak karena terlalu lama tidak laku, atau mungkin produk dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Perhatikan Perkembangan Trend Masa Kini
Nyatanya trend tidak hanya soal fashion seperti pakaian dan sepatu saja. Handphone dan produk aksesoris yang ramai di grosir aksesoris HP juga memiliki masanya. Maka dari itu, jika Anda hendak menjual produk aksesoris HP, Anda wajib mengetahui trend produk seperti apa yang sedang ramai saat ini. Jangan sampai, produk yang Anda jual merupakan produk jadul alias jaman dulu yang sudah tidak nge-trend dan sudah sepi peminat.

4. Perhatikan Budget Anda
Walaupun terlihat sepele, jika tidak diperhitungkan dengan baik, modal aksesoris hp bisa memakan porsi yang besar loh dalam masalah budget. Bahkan, dalam kondisi tertentu modal bisnis aksesoris HP ini bisa melebihi modal untuk usaha jualan pulsa Anda.

Oleh karena itu, agar proporsi dan penggunaan modal di usaha konter pulsa Anda bisa berjalan dengan baik dan seimbang, kondisi permodalan Anda wajib diperhatikan dengan sebaik-baiknya. Dalam hal ini, kami menyarankan Anda untuk melakukan pemisahan antara modal untuk pulsa dan modal untuk aksesoris.

5. Pilih Penjual Grosir yang Terpercaya
Terakhir sekaligus yang paling penting, ketika Anda hendak kulakan aksesoris HP (terutama yang membeli dengan cara online), sebisa mungkin selalu perhatikan kredibilitas penjual grosir aksesoris Hp yang hendak Anda gunakan. Untuk mendapatkan harga murah Anda bisa mencari supplier aksesoris HP tangan pertama.


Mengapa? Hal ini penting untuk mengantisipasi terjadinya kasus penipuan, barang tidak dikirim, barang yang dikirim cacat, barang yang dikirim mengalami kerusakan, dan berbagai macam permasalahan lain nya.

Penting untuk Anda ketahui pula, normalnya toko grosir yang baik pasti sudah memiliki banyak testimonial positif. Dan toko grosir yang baik biasanya juga berani secara gamblang memberikan alamat toko mereka yang real.

Grosir Sembako Online Termurah

Merintis usaha kuliner seperti restoran ataupun kafe tentu membutuhkan banyak kebutuhan pokok. Oleh karena itu bisnis yang bergerak pada bidang makanan tidak akan pernah ada habisnya. Hal tersebut dikarenakan oleh kebutuhan konsumen secara terus-menerus. Karena kebutuhan ini maka banyak para pengusaha kuliner yang menggunakan jasa grosir sembako online.

Kebutuhan pokok berupa makanan tidak hanya menjadi kebutuhan para pengusaha kuliner, tetapi juga para ibu rumah tangga. Seperti yang Anda ketahui, kebutuhan makan sehari-hari untuk keluarga juga terbilang banyak, apalagi jika Anda tinggal dengan keluarga besar. Oleh sebab itu, membeli kebutuhan pokok dalam jumlah yang besar di grosir sembako online kadang menjadi pilihan banyak orang.



Namun, dibalik kemudahan yang diberikan sistem belanja online tersebut, diperlukan ketelitian, kejelian, dan kecermatan, terutama masalah harga dan kepercayaan, hingga pihak pengelola bisnis kuliner atau ibu rumah tangga merasa yakin untuk membeli kebutuhan pokok di grosir sembako tersebut. Untuk membantu para pengelola bisnis kuliner membeli kebutuhan pokok dengan harga murah dan dapat dipercaya, saat ini sudah banyak grosir sembako secara online yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Beberapa platform atau aplikasi berbasis grosir sembako online ini juga diharapkan mampu membantu para pengelola bisnis kuliner dan ibu rumah tangga dalam membeli semua kebutuhan pokok dengan mudah, praktis, cepat, dan hemat. Untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, para penggunanya cukup mengunduhnya di smartphone, mendaftarkan diri untuk menjadi anggota, dan mulailah mencari kebutuhan pokok yang diperlukan.

Bisnis Grosir Sembako Online


Jika Anda juga tertarik menjadi bagian bisnis grosir sembako secara online ini, maka berikut ini kami berikan setidaknya 7 tips ampuh yang boleh dicoba, di antaranya:

1. Siapkan semua kebutuhan pokok
Grosir sembako yang menjual kebutuhan pokok secara lengkap pasti selalu dicari oleh para pebisnis kuliner. Oleh karena itu, selalu lengkapi grosir dengan barang-barang kebutuhan pokok yang selalu digunakan di kafe-kafe ataupun di restoran.

2. Siapkan nomor yang dapat dihubungi dan cara memesan barang
Berikan nomor yang dapat dihubungi dan cara pemesanan barang dengan jelas sehingga memudahkan para konsumen untuk memesan barang.

Baca Juga : Tempat Belanja Murah di Malang

3. Berikan harga yang bersahabat
Harga yang ditawarkan antara grosir sembako yang satu dengan yang lainnya memang berbeda-beda. Oleh karena itu, berikanlah harga yang bersahabat, yang tidak jauh dari harga di pasaran agar konsumen senang berbelanja di grosir sembako yang bersangkutan.

4. Tentukan batas minimal pemesanan
Menentukan batas minimal pemesanan akan berpengaruh pada ongkis kirim. Biasanya, pihak grosir tidak akan memberikan ongkos kirim jika konsumen membeli barang dalam jumlah yang besar.

5. Berikan pelayanan yang memuaskan
Pelayanan yang memuaskan tentu akan membuat para konsumen merasa nyaman dan betah berbelanja di sebuah grosir sembako sehingga kemungkinan besar konsumen tersebut akan menjadi pelanggan tetap yang menyenangkan.

6. Siapkan kurir
Jika menjual barang secara online, tentu ada proses pengiriman barang yang membutuhkan tenaga kurir. Begitu juga dengan grosir sembako online yang pastinya membutuhkan tenaga kurir untuk mengirimkan barang-barang yang sudah dibeli ke tempat tujuan.

7. Tentukan daerah pengiriman
Tidak semua daerah dapat dijangkau oleh kurir yang mengirimkan barang, belum lagi dengan kondisi barang yang dapat rusak jika dikirimkan ke daerah yang terlalu jauh. Oleh karena itu, pihak grosir sembako harus menentukan daerah jangkauan pengiriman barang.

Demikian beberapa tips menjalankan bisnis atau usaha grosir sembako online yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang merintis usaha.

Artikel Terkait Grosir Sembako Online :

Grosir Sandal Murah

Siapa bilang bisnis grosir sandal tidak menguntungkan? Padahal faktanya, sandal tetap menjadi bagian penting dari kebutuhan semua orang. Nah, dalam menjalankan usaha ini, Anda perlu mengetahui beberapa tips penting agar usaha Anda dapat berjalan lancar dan sukses. Untuk mengetahui apa saja tips tersebut, silahkan simak informasi berikut ini.


Grosir Sandal dan Kiat Sukses Menjalankannya


Tentukan Produk
Tentukanlah keunikan produk Anda sejak awal. Pilihlah jenis sandal yang akan dijual di usaha grosir sandal Anda sejak awal, Dengan demikian Anda sudah bisa membayangkan akan menjual di target pasar yang mana. Misalnya sandal gunung untuk remaja pecinta alam atau sandal spon polos dengan target seluruh masyarakat mulai ibu-ibu, bapak-bapak, pria wanita, anak-anak dan dewasa. Atau sandal kesehatan khusus untuk yang sudah berusia lanjut saja.

Pilih Lokasi Yang Tepat
Dalam proses pemasaran sandal dengan cara keliling, Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu kiranya kemana Anda harus menjual sandal-sandal tersebut. Namun, karena usaha Anda adalah grosir sandal maka Anda harus memilih lokasi yang tepat. Anda bisa membuka grosir di rumah atau menyewa ruko di area yang ramai dengan bisnis grosir.

Menjaga Kualitas Barang
Tips selanjutnya ialah ialah Anda harus menjaga kualitas dari barang yang Anda jual. Sebenarnya tips ini bukan hanya untuk berjualan sandal jepit saja, barang apapun yang Anda jual harus Anda pertahankan kualitasnya. Jangan membuat kualitas barang bagus pada awal penjualan saja dengan tujuan untuk merayu pelanggan. Namun usahakan kwalitas tersebut Anda pertahankan hingga seterusnya, agar pelanggan yang telah percaya dengan produk Anda tidak kecewa dan akan terus menggunakan produk sandal yang Anda jual.

Pasang Harga yang Tepat
Selain kwalitas barang, tips selanjutnya ialah, Anda harus memasang tarif yang tepat pada setiap sandal-sandal yang Anda jual. Tarif ini harus Anda sesuaikan dengan kualitas barang yang Anda jual. Memasang harga yang tinggi bukanlah suatu solusi yang tepat. Anda harus tetap memasang harga yang layak kepada konsumen.

Manfaatkan Kemajuan Teknologi
Mengikuti perkembangan teknologi zaman sekarang ini sangat bermanfaat bagi kemajuan bisnis grosir sandal Anda. Manfaatkanlah kecanggihan teknologi seperti medsos, personal komputer, dan kemajuan telekomunikasi untuk kemajuan perusahaan, termasuk usaha jualan sandal Anda.

Pelayanan yang Ramah/Komunikatif
Jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah dengan para pelanggan agar mereka nyaman dengan Anda. Jika pembeli merasa akrab dengan Anda maka dia akan melakukan repeat order.

Membuka Toko Online
Tips sukses usaha jualan sandal jepit selanjutnya ialah dengan membuka toko online. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini Anda bisa memanfaatkannya untuk menjual sandal jepit. Dengan dipasarkan secara online maka Anda telah membuka pasar yang luas karena pasar online mencakup daerah yang lebih luas dibanding dengan membuka toko di pinggir jalan.

Menggunakan Sistem Reseller
Tips sukses usaha jualan sandal jepit selanjutnya ialah dengan menggunakan sistem reseller. Sistem ini tentu lebih mudah untuk dilakukan, namun membutuhkan modal yang cukup besar. Hal ini karena dengan memilih teknik ini Anda perlu memperbanyak stock barang, agar bisa di reseller-kan.

Nanti, agen akan mengambil sandal jepit dengan model dan ukuran yang mereka inginkan dari toko grosir sandal Anda. Anda bisa memberikan harga yang pas pada mereka, nanti agen tersebut bisa menjual sandal jepit dengan harga yang mereka inginkan. Dengan begini omset penjualan Anda bisa semakin naik dan produk Anda semakin dikenal.

Artikel Terkait Grosir Sandal :


  1. Berburu Sepatu dan Tas Kulit di Manding
  2. 6 Lokasi Pusat Sepatu Sandal Murah
  3. 35 Lokasi Pusat Grosir Lengkap Dari Baju, Mainan Anak Sampai Sabun
  4. 6 Pasar Grosir Sandal, Tempat Kulakan Para Pedagang
  5. Bisnis Grosir Sandal Karet Yang Menjanjikan
  6. Sentra Industri Tas dan Sandal di Sidoarjo