10 Strategi Menarik Pelanggan Agar Selalu Membeli Di Toko Kita

Salah satu aspek terpenting dalam berbisnis ialah pelayanan kepada pelanggan atau klien yang disebut juga dengan layanan pelanggan. Menyiapkan pelayanan yang memuaskan merupakan salah satu cara memikat pelanggan dalam berdagang dan ini merupakan cara terbaik untuk perusahaan atau toko online dalam menarik pembeli dan membuat mereka selalu belanja di toko kita.

Sebagai pedagang online, tentunya kita ingin mempunyai konsumen yang bisa terus memberikan keuntungan bukan? Ini bisa didapatkan jika kita mampu mengubah pelanggan kita menjadi pelanggan yang loyal. Dibawah ini tips atau strategi menarik pelanggan.

strategi menarik pelanggan baru cara memikat pelanggan dalam berdagang cara menarik pelanggan agar membeli produk kita strategi menarik calon pelanggan cara mendapatkan customer yang banyak cara mencari pelanggan lewat internet cara menarik pelanggan toko cara mencari pelanggan bisnis online cara menarik pelanggan agar tertarik cara menarik pembeli makanan strategi menarik pelanggan cara menarik pelanggan bisnis online cara menawarkan produk agar konsumen tertarik cara menarik kembali pelanggan yang hilang cara menarik pelanggan toko baju cara agar pelanggan balik lagi doa agar pelanggan balik lagi ucapan terima kasih sudah berbelanja cara meningkatkan pengunjung toko

Strategi Menarik Pelanggan Dalam Berdagang

Buat Konsumen kita Senang

Pastikan untuk menanyakan pendapat konsumen dan pelanggan baru setelah mereka belanja di toko kita dan pastikan produk yang kita jual sesuai harapan mereka.


Melakukan Hal Berbeda 

Meningkatkan persaingan, layaknya pelaku usaha. kita harus bisa menemukan trik-trik inovatif untuk menjual produk. Salah satu pedoman untuk menarik konsumen yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan kemasan yang menarik.

Seperti salah satu online shop, pedagang itu mendesain packing untuk mengemas barangnya. Ada juga yang memakai kertas kado sebagai kemasannya agar konsumen merasa istimewa saat menerima paket tersebut. Dengan begitu, peluang konsumen menjadi pelanggan yang loyal tentunya akan semakin besar.


Membuat Pemberitahuan

Perbarui info terbaru tentang produk dan toko kita secara berkala, untuk menarik perhatian pelanggan. kita bisa memberikan info terkait produk baru, promo toko dan review tentang suatu produk yang ada toko kita.


Membangun Komunikasi

Pastikan untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan kita. Seringkali memberikan informasi yang jelas tentang transaksi seperti pemesanan, pengiriman, retur produk dan sebagainya. Jika ada perubahan, komunikasikan kepada konsumen setiap detail perubahan.


Hargailah Konsumen yang Komplain

Berikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada konsumen yang komplain kepada kita, karena itu adalah tkita bahwa bisnis dan toko online kita mulai mendapatkan perhatian dari mereka. Berdasarkan sebuah penelitian, 90% konsumen yang melakukan komplain akan kembali melakukan transaksi pembelian.


Buat Promo

Siapa yang tidak suka promosi? Pembeli sering mencari promosi menarik ketika berbelanja. Melalui promosi kita dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk kita. Lakukan promosi secara tertib tetapi tidak terus menerus, untuk menghindari ketergantungan konsumen pada promosi.


Hindari Kata-Kata Penolakan 

Saat berhubungan dengan konsumen, pastikan untuk tidak mengatakan "Saya Tidak Bisa" mengganti kalimat dengan "Saya akan mencoba" dan menawarkan solusi alternatif yang lebih baik.


Buat Konten Yang Menarik

Artikel yang bagus dapat menarik perhatian konsumen, sehingga mereka akan merasa terhibur dan tidak pernah bosan dengan produk kita. Dalam membuat konten, kita bisa memasukkan cerita atau testimoni dari pelanggan kita yang dikemas secara menarik.


Ramah, Responsif dan Ucapkan Terima Kasih

Semakin banyak kompetitor baru bermunculan, mengharuskan kita untuk membuat asumsi tentang teknik bersaing dengan mereka. Salah satu tips yang bisa kita lakukan adalah bersikap responsif dan menunjukkan keramahan kita kepada pelanggan, sehingga mereka merasa nyaman saat berbelanja.

Di akhir transaksi, kita bisa menyiapkan template ucapan terima kasih untuk konsumen yang telah membeli di toko kita.


Memposisikan Diri Sebagai Pembeli

Penjual sering kali mengabaikan keinginan konsumen dan lebih fokus pada ambisinya sendiri. Untuk itu posisikan diri kita seperti konsumen atau pembeli, sehingga kita lebih mudah dalam memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Memulai Usaha Kaos Distro

Baju kaos distro atau clothing line memiliki karakteristik yang khas di pasaran. Kaos seperi ini memiliki banyak peminat, khususnya di kalangan anak muda. Prospek usaha kaos distro ini cukup menjanjikan jika kita berani memulai dan mempelajari bisnisnya. Bahkan beberapa orang terbukti sukses dengan bisnis ini. Ada pula orang yang ingin menumpahkan kreativitas dalam bentuk kaos.


Memulai Usaha Kaos Distro



Sebelum memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dan diperhitungkan :

Riset
Salah satu yangharus dipertimbangkan dalam bisnis distro adalah riset. Kita harus menjalani sebuah riset kaos di pasaran seperti apa karena dalam perkembangannya sejak tahun 1999, kaos distro menjadi tren yang unik. Tema, ukuran, respons pembeli, dan persebaran kaos distro menjadi hal-hal yang perlu diperhatikan dalam riset.

Kreativitas para pembuat desain sablon dan pemilihan bahan menjadi kunci utama. Semakin banyak brand-brand baru yang bermunculan dalam industri kreatif ini.

Distro sendiri adalah singkatan dari distribution outlet, yaitu sebuah tempat usaha yang mendistribusikan barang-barang produksi dengan jumlah terbatas. Kesan eksklusif dan jumlah terbatas membuat para peminat menggemari produknya.

Modal
Modal yang tak sedikit merupakan hal paling vital untuk menjalankan bisnis ini. Jumlah modal bervariasi, bergantung pada jumlah kaos yang akan diproduksi dan biaya-biaya lainnya. Masalah permodalan ini harus diperhitungkan betul-betul.

Misalnya kita memperhitungkan modal awal Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) dengan perkiraan kaos yang kita pasarkan nanti akan sold out. Pada kenyataannya nanti, kaos tidak terjual habis. Kita harus melebihkan dana lima kali lipat dari dana satu juta rupiah tadi. Hal ini dilakukan agar kita sebagai wirausaha akan mendapatkan nominal modal yang aman dalam menjalankan usaha ini.

Konsep Kaos
Konsep kaos yang akan kita buat akan menentukan identitas produk kaos di pasaran. Konsep harus matang dan berkarakter kuat. Jika kita sendiri yang mendesain kaos distro yang akan dilepas ke pasaran, itu lebih baik karena akan menghemat ongkos produksi. Namun jika harus bekerja sama dengan seseorang, maka perhitungkan fee yang harus dikeluarkan untuk setiap desain.

Menentukan konsep bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal ini berkaitan erat dengan tren kaos dan selera pasar. Konsep unik dan variasi pilihan warna juga sangat menentukan banyaknya peminat dan prospek penjualan. Riset yang detail dan strategi yang smart menjadi hal pokok dalam menetukan konsep kaos distro.

Sistem Distribusi
Sistem distribusi yang akan kita pakai perlu dipikirkan karena sistem distribusi adalah komponen penting yang dapat memengaruhi kesuksesan bisnis kaos distro kita. Walaupun produk kaos kita sangat bagus, jika tidak bisa mendistribusikannya, maka bisnis kita dalam keadaan bahaya.

Sistem mencakup bagaimana kita akan menjual hasil produksi secara online atau offline. Toko mana saja yang bisa berkonsinyasi dengan Anda, perlu agen atau reseller freelance atau tidak, dsb.

Kemasan yang kita tampilkan pada sistem pemasaran juga merupakan hal penting. kita harus aktif berpromosi melalui iklan secara online ataupun offline. Kaos distro yang kita hasilkan bukan hanya sebagai barang dagangan biasa, tetapi kaos yang menampilkan simbol gaya hidup dinamis.

Simulasi perhitungan biaya penjualan kaos distro perlu diperhatikan. Sebagai contoh, kita menawarkan minimum order 4 lusin (48 pieces). Dari setiap transaksi ini, hitunglah harga kaos per piece, harga setiap desainnya, dan kemasan plastiknya.

Kemudian hitung keuntungannya dengan menentukan harga jual kaos per piece, biaya konsinyasi (30% dari harga jual), biaya produksi, dikalikan 48 pieces. Keuntungan dari bisnis kaos distro kita akan terlihat jelas jika pembukuan tertata rapi dan real.


Memilih Bahan Kaos

Jenis bahan yang dipilih dalam usaha kaos distro harus dicermati dengan baik karena sangat erat hubungannya dengan nilai modal yang kita miliki dan biaya produksi kaos. Bagi wirausaha pemula, pembelian bahan dalam jumlah besar dan murah lebih baik daripada skala kecil dengan harga mahal untuk contoh penjualan awal.

Proses pembuatan dan penjualan harus dicermati dengan baik agar kita bisa menentukan ongkos produksi untuk penjualan pada tahap berikutnya. Pilihlah pusat penjualan bahan kaos yang menawarkan harga semurah mungkin namun cukup berkualitas. Berikut ini beberapa jenis bahan untuk kaos distro.

1. Cotton Combed (Kaos Katun Polos)
Bahan kaos ini memiliki serat benang halus. Hasil rajutan dan tampilan bahan lebih halus dan rata. Bahan cotton combed memiliki beberapa jenis, yaitu 20s, 24s, 30s, dan 40s dilihat dari jenis benang yang digunakan serta setting gramasi (gr/m2) di mesin rajutnya.

Semakin besar angkanya, semakin halus dan tipis bahannya. Harganya pun semakin mahal. Umumnya, jenis 20s dan 30s digunakan untuk kaos distro, sedangkan untuk jenis lainnya, biasanya dipakai untuk item dengan design tertentu seperti kaos wanita atau pakaian dalam.

  • Benang 20s : Memiliki ketebalan antara 180 – 220 gram/m2
  • Benang 24s : Memiliki ketebalan antara 170 – 210 gram/m2
  • Benang 30s : Memiliki ketebalan antara 140 – 160 gram/m2
  • Benang 40s : Memiliki ketebalan antara 110 – 120 gram/m2

2. Cotton Viscose (CVC)
Bahan ini adalah campuran dari 55% Cotton Combed dan 45% Viscose. Bahan ini memiliki tingkat shrinkage (susut pola) lebih kecil dari bahan cotton dan bersifat menyerap keringat.

3. Cotton Carded
Bahan cotton carded memiliki beberapa jenis yaitu 20s, 24s, dll. Bahan ini memiliki serat benang yang kurang halus. Hasil rajutan dan penampilan bahan kurang halus dan kurang rata. Umumnya, bahan ini digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, karena harganya relatif murah dibandingkan dengan cotton combed. Namun, kaos berbahan cotton carded ini tetap nyaman dipakai karena terbuat dari 100% serat kapas alam.

4. Polyester (PE)
Bahan ini terbuat dari serat sintetis (hasil minyak bumi) berupa serat fiber poly kemudian dibuat untuk bahan kaos. Namun jenis bahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas jika dipakai karena sifat bahan dasarnya.

5. Teteron Cotton (TC)
Bahan ini adalah campuran dari 35% Cotton Combed dan 65% Polyester. Dibandingkan bahan kaos cotton, bahan ini kurang bisa menyerap keringat dan terasa panas di badan. Namun bahan TC lebih tahan (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali dan harganya relatif lebih murah.

6. Hyget
Bahan ini terbuat dari plastik dan lebih tipis dibandingkan bahan lainnya. Bahan kaos ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai karena harganya yang sangat murah.


Persiapkan Alat Produksi Kaos Distro

Jika riset sudah dilakukan dengan cermat, persiapan modal awal sudah ada, konsep dan target pasar sudah ditentukan, jenis bahan sudah dipertimbangkan, maka persiapkan alat-alat produksi dengan baik. Kita bisa mencari informasi dari mereka yang telah berpengalaman atau informasi dari internet.

Kesiapan mental dan permodalan adalah dua hal vital dalam memulai usaha apapun termasuk usaha kaos distro. Jadi jangan ragu untuk memulai berusaha kaos distro jika keinginan kita kuat. Selamat mencoba berbisnis kaos distro dan semoga sukses!

6 Tempat Pusat Grosir Tas Wanita di Jakarta

 Anda tahu pusat tas wanita dengan berbagai macam model dan warna? Juga tempat tas yang harganya miring dan bisa ditawar? Hmm, pastinya Anda ingin tahu kan sentra tas yang seperti itu. Terus, di mana ya tempat yang jual tas seperti itu? Yuk, para wanita penggila aneka rupa tas, kita kulik info berikut ini.

Bagi Anda para wanita yang menyukai aneka model tas klasik dan modern, tak ada ruginya Anda mengunjungi sentra jual tas wanita di seputaran kota Jakarta. Kali ini saya tidak akan mengulik sentra tas kelas menengah ke atas atau produk-produk merek kenamaan dunia.


Tentunya Anda ingin tahu sendiri di mana tempat untuk mendapatkan tas-tas bermerek internasional. Sebut saja tas Louis Vuiton, Beteca Veneta, Baly, Channel dan lain-lain. Itu sih gampang. Tinggal datang saja ke mall-mall kelas elit semacam Plaza Indonesia, Plaza Senayan, Central Park dan sejenisnya. Dijamin tas branded akan Anda dapatkan. Tentunya dengan harga yang tak terjangkau alias sangat mahal.

Tapi tidak kali ini. Tempat yang akan saya bahas di sini adalah pusat grosir tas wanita yang menjual aneka macam tas dengan harga terjangkau. Ya, memang kalau dibandingkan dengan tas wanita-tas wanita yang kenamaan itu masih kalah.

Tapi kualitasnya cukup bagus juga untuk jenis tas yang ditawarkan di pusat-pusat jual tas wanita di sekitaran Jakarta. Selain itu, tas-tas ini tTentunya dibuat oleh tangan-tangan terampil pribumi. Cinta produk Indonesia. Ini dia beberapa sentra jual tas wanita aneka ragam warna dan gaya.


Grosir Tas Wanita Pasar Senen

Tentu nama Pasar Senen sudah tak asing di benak warga Jakarta dan sekitarnya. Bahkan orang luar pulau Jawa pun banyak yang tahu tempat ini. Beberapa pelancong manca negara pun saya yakin banyak yang tahu Pasar Senen. Pasar besar yang sudah ada pada tahun 1960-an ini telah menjadi ikon tersendiri di ibukota Jakarta.

Selain menjual aneka barang kebutuhan pokok, sekarang kawasan ini juga sudah disulap menjadi mall dan pusat grosir baju-baju bekas. Letak Pasar Senen sendiri di tengah hiruk pikuk lalu lintas padat Jakarta. Tepatnya di persimpangan Senen Raya. Di seberang Atrium Plaza Senen.

Aneka jenis tas wanita dari berbagai macam model dijual di pasar ini. Termasuk tas-tas wanita aspal (asli tapi palsu). Proses tawar menawar pun biasa terjadi di tempat semacam ini. Namanya juga pasar, bandrol sudah ada tapi harga masih bisa dinego.

Berikut beberapa tips belanja di tempat ini.

  • Hati-hati dengan dompet Anda, di sini rawan copet.
  • Jangan sungkan-sungkan untuk menawar dari separuh harga yang dijual.
  • Jangan mudah percaya kalau si penjual bilang bahwa tas yang ia jual adalah asli (bermerek Louis Vuiton dan lain-lain). Tas asli semacam itu cuma dijual di outlet aslinya seperti di mall-mall elit yang sudah dijelaskan di atas.
  • Selalu sediakan uang tunai, karena tidak mungkin mereka punya mesin EDC, tidak menerima gesek-menggesek.

Sentra Jual Tas Wanita - Pasar Jatinegara

Sentra jual tas yang satu ini mungkin sudah sangat melekat di benak warga Jakarta Timur. Pusat jual tas aneka ragam serta warna ini berada di seberang stasiun kereta api Jatinegara. Lebih tepatnya di pertigaan Jatinegara arah Kampung Melayu dan Salemba.

Di pasar besar ini, aneka macam jenis tas wanita dipajang dengan sebegitu menariknya. Dari aneka tas model jadul sampai model kekinian ada. Tas-tas jenis pria dan anak muda juga ada di sini. Untuk mendapatkan tas wanita favorit Anda, cukup mengeluarkan budget sekitar seratus ribu ke bawah. Anda sudah dapat membawa pulang tas keren pilihan Anda. Murah bukan?

Tawar-menawar juga berlaku di tempat ini. Satu hal lagi, Anda jangan percaya kalau tas-tas itu merek kenamaan atau asli. Makanya mending pilih saja produk dengan merek-merek lokal. Selain cinta produk Indonesia, Anda juga turut membantu berkembangnya perekonomian dalam negeri.

Pasar ini akan sangat ramai jika di waktu akhir pekan. Mending Anda belanja di luar waktu tersebut. Selain supaya tidak berdesak-desakkan, juga supaya Anda leluasa dalam memilih barang dan mendapat pelayanan yang maksimal.

Jika ramai pasti penjualnya akan sangat sibuk. Pertanyaan-pertanyaan Anda mengenai produk yang Anda incar pun sedikit banyak akan terbengkalai. Si penjual sibuk menanggapi pertanyaan dari pembeli-pembeli yang lain. Tetap waspada copet ya! Mengingat ini di pasar, bukan di mall yang lebih terjamin keamanannya.


Tas Wanita - Blok M Square dan Blok M Mall

Ini tempat keren bin asyik berkumpulnya anak-anak muda di bilangan Jakarta Selatan. Kawasan Blok M. Kawasan pusat belanja di Jakarta Selatan ini tak pernah sepi pengunjung. Di kawasan ini biasanya dijadikan ajang kumpul anak-anak fashionable dan anak-anak band ibukota.

Tak heran kalau sudut ke sudut tempat ini dipenuhii para kawula muda keren yang tampil dengan aneka ragam fashion style yang unik-unik. Di kawasan ini juga terdapat 4 pusat perbelanjaan besar. Ada Blok-M Mall, Square, Plaza dan Pasar Raya Grande. Tak heran kawasan ini juga menjadi trendsetter-nya anak gaul dan fashionista ibukota.

Di Blok-M Mall dan Blok-M Square terdapat banyak outlet-outlet yang menjual aneka tas wanita. Dari model ibu-ibu sampai model anak remaja. Biarpun di dalam mall, tapi harga barang tidak semuanya harga mati. Anda bisa menawarnya kok. Jangan sungkan pula untuk berpindah dari satu toko ke toko lain jika harga dan modelnya tidak cocok.

Di sini banyak toko dan ragam pilihan. Tapi tetep, pakai uang kontan untuk membayarnya. Biar pun tempatnya di mall, tapi rata-rata dari mereka tidak punya mesin gesek kartu debit dan kredit. Maklum toko-toko itu milik perorangan, bukan PT atau instansi. Jadi, wajar saja kalau seperti itu.


Pusat Grosir Tas Wanita Tanah Abang

Pusat grosir Tanah Abang merupakan pusat grosir pakaian terbesar di ASEAN. Grosir Tanah Abang terletak di Jakarta Pusat. Di tempat ini segala macam jenis pakaian, barang-barang tekstil dan aksesoris-aksesorisnya tersedia melimpah ruah. Dari barang domestik dan impor ada di sini.

Grosir Tanah Abang juga pusat belanja bagi berbagai pedagang pakaian di seluruh nusantara. Tak heran jika aktivitas sibuk dan omset milyaran rupiah berlangsung di tempat ini. Selain tempatnya yang modern, aneka fasilitas seperti tempat makan dan beberapa fasilitas umum lainnya sudah tersedia di sini.

Selain itu, grosir Tanah Abang juga menawarkan harga yang cenderung murah atau miring. Apalagi jikalau Anda membeli tas atau barang-barang lainnya secara partai. Dijamin Anda akan untung. Sekali lagi, meski tempat ini sudah dibangun dengan bangunan modern layaknya mall, tapi untuk urusan patokan harga barang masih bisa ditawar.

Mari Anda manjakan diri di tempat ini. Beli tas, baju, sepatu, tak usah ragu. Tinggal pilah-pilih, negosiasi, barang pun dapat Anda bawa pulang. Di tempat ini ada beberapa kios yang sudah bisa memfasilitasi pembayaran via kartu kredit dan debit. Jadi, cepat datang dan nikmati waktu belanja Anda dengan seasyik mungkin.


Tips Merawat Tas Kesayangan Anda

Ada banyak cara untuk merawat tas favorit Anda. Berikut ini beberapa cara merawat tas supaya awet dan tetap bagus.

Tas dengan Bahan Kulit dan Karet
Untuk merawat tas dengan bahan ini tidak terlalu susah. Sebelumnya lap dulu permukaan tas pakai kain bersih yang kering. Lalu oleskan saja semir sepatu yang biasa Anda pakai di permukaannya. Dijamin bagus dan awet.

Tas dengan Bahan Plastik
Lap dulu permukaannya dengan kain atau busa bersih dan kering. Setelah itu semprotkan cairan silikon (biasa dipakai untuk mengelap bodi motor dan mobil) lalu lap sampai rata dan mengkilap. Beres deh.

Tas dengan Bahan Kain
Untuk tas yang satu ini tak perlu menggunakan cairan apapun. Cukup dilap saja pakai kain kering. Jika terlihat sudah kotor, cuci pakai deterjen (direndam dan dikucek, jangan disikat).

Semoga macam-macam tempat jual tas wanita tadi bisa jadi rekomendasi buat Anda para bag lover. Happy shopping girls!

10 Tips Jual Sepatu Biar Laris

Salah satu keunggulan dari jual sepatu ialah Anda tidak perlu khawatir akan kedaluarsa. Sebagaimana halnya pakaian dan mebel, produk sepatu jualan Anda yang akan tetap bisa dijual dalam waktu tahunan, bahkan puluhan tahun.

Banyaknya toko sepatu yang ada di pusat berbelanjaan menandakan bahwa jual sepatu merupakan bisnis yang bagus untuk digeluti. Banyaknya pengusaha yang menggeluti usaha ini karena mereka memandang bahwa sepatu ialah komoditi yang bakal mendatangkan keuntungan yang luar biasa.


Prospek Menjanjikan Dari Jualan Sepatu

Jual sepatu bisa jadi peluang bisnis berprospek cerah karena sepatu merupakan barang yang biasa dipakai oleh semua orang ketika keluar rumah. Dengan pasaran konsumen yang luas, tingkat penjualan sepatu tentu akan tinggi. Dan, dengan semakin membludaknya jumlah penduduk, tingkat penjualan pun sepatu akan bertambah tinggi. Nah, inilah pandangan dasar dari bisnis jual sepatu yang menjanjikan ini.

Bila Anda bertanya-tanya siapa yang akan membeli sepatu jualan Anda, jawabannya ialah semua orang, dari bayi sampai orang tua. Berikut ini sedikit gambaran pangsa pasar konsumen yang akan Anda bidik ketika menggeluti bisnis ini.

1. Bagi orang kantoran, memakai sepatu adalah salah satu syarat untuk bisa masuk ke dalam kantor. Tanpa memakai sepatu, mungkin Anda akan didepak oleh atasan Anda. Walaupun secara fisik Anda bisa bekerja tanpa menggunakan sepatu, tetap saja bekerja di kantor identik dengan kaki yang dibungkus sepatu.

2. Bagi siswa sekolah, sepatu adalah aturan sekolah yang wajib dipenuhi untuk mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Bahkan, di sebagian besar sekolah di perkotaan, tanpa sepatu berarti hadangan satpam dan pemberian sanksi dari guru disipliner.

3. Bagi ibu rumah tangga, mengenakan sepatu merupakan bagian dari menjaga penampilan di luar rumah. Bahkan, mayoritas sepatu yang dibandrol jutaan rupiah adalah sepatu yang dibuat khusus untuk para perempuan. Berbagai model dan desain sepatu yang cantik akan membuat kaum hawa ingin memilikinya.

4. Balita yang lucu akan semakin imut bila memakai sepatu yang cantik. Itulah yang ada dalam benak ibunya sehingga kebanyakan balita akan memiliki sepatu lebih dari satu. Di samping itu, pertumbuhan balita yang dibilan cepat membuatnya cepat berganti dengan sepatu pula.

Itulah pangsa pasar yang luar biasa pada komoditi sepatu. Bila Anda bisa jual sepatu dengan cara yang tepat, kemungkinan besar Anda akan menuai sukses dalam waktu cepat.


Tips Jual Sepatu Secara Langsung Kepada Konsumen

Ada sebuah toko sepatu di luar negeri yang sukses menjual ratusan sepatu dalam sehari. Ternyata, manajer toko sepatu ini hanya menggunakan sebuah moto simpel dalam menjalankan usahanya, yaitu “Jual sepatu!”. Para pekerja/penjaga tokonya pun diberikan gambaran bahwa berjualan sepatu itu layaknya bermain baseball.

Mengapa begitu? Karena pelanggan yang datang ke toko harus dilayani sebaik mungkin agar tidak kehilangan momennya. Setiap jam dan setiap menit adalah waktu untuk konsumen. Nah, inilah beberapa tips mereka dalam berhadapan langsung dengan pelanggan yang datang ke toko sepatu mereka.

1. Ketika ada pelanggan yang masuk ke toko Anda, segera hampiri dia dengan ramah. Berilah sapaan lembut dengan senyumannya. Biarkanlah pelanggan itu berkeliling dan memilih jenis dan merek sepatu yang dia inginkan. Bila pelanggan tersebut terlihat kesulitan, segera beri bantuan untuk mencari sepatu yang pelanggan inginkan.

Anda harus bersikap seperti penjaga pantai yang selalu mengawasi orang-orang yang berenang di pantai. Pelanggan yang sedang kesulitan berarti dia perlu diselamatkan agar memiliki kesenangan dalam berbelanja.

Bila pelanggan menginginkan kualitas sepatu yang baik, Anda jangan sungkan untuk menyebutkan sepatu dengan jenis dan merek berkualitas. Kemudian, jika pelanggan berlama-lama di dalam toko tanpa melakukan transaksi, janganlah Anda memasang muka menakutkan.

2. Bila mereka sudah memakai/mencoba sepatu, Anda tidak boleh melakukan paksaan agar mereka membeli sepatu tersebut karena yang memutuskan tetaplah pelanggan itu. Memaksa pelanggan dengan bujukan dan rayuan akan membuat mereka semakin risi. Bilapun mereka berhasil Anda yakinkan untuk membeli, saat mereka tidak puas, mereka tidak kembali ke toko Anda.

Biarkanlah pelanggan memutuskan membeli atau tidak membeli sepatu yang dipegangnya. Dengan melakukan hal ini berarti Anda telah membangun kepercayaan pada pelanggan dengan cara yang cepat.

Pelanggan yang puas terhadap pelayanan toko Anda, kemungkinan besar akan menjadi pelanggan setia toko Anda. Selain itu, pelanggan setia bisa membantu Anda dalam pemasaran. Mereka akan merekomendasikan toko sepatu Anda kepada saudara, keluarga, teman, dan tetangga mereka.

3. Tanyakan ukuran sepatu pelanggan ketika mereka sedang memilih sepatu. Selalu katakan pada pelanggan, “Mari kita cek apakah ukuran sepatu Anda sudah pas karena ukuran kaki bisa berubah!”.

Pastikan ukuran sepatu yang dipilih oleh pelanggan benar-benar pas agar mereka tidak menyesal ketika di rumah merasakan ketidaknyaman terhadap sepatu yang dibeli. Kepuasan pelanggan adalah hal yang terpenting bagi Anda karena itulah yang membuat mereka kembali ke toko Anda.

4. Anda harus secepat mungkin menemukan sepatu yang pas dan nyaman bagi pelanggan Anda. Kecepatan dalam menemukan sepatu memberikan kesan bahwa toko Anda adalah profesional. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan stok sepatu yang besar meliputi semua ukuran, desain, dan merek. Semakin bervariasi stok sepatu Anda, makin banyak pula pilihan sepatu yang pas bagi pelanggan yang datang.

5. Berjalan puluhan kilometer untuk kepuasan pelanggan. Inilah yang harus ada dalam benak Anda dan penjaga toko Anda. Sebab, kebanyakan pelanggan akan meminta Anda untuk menyediakan berbagai sepatu. Capek dan letih berjalan mengambil sepatu dari gudang toko merupakan kondisi yang harus dimaklumi oleh seseorang yang berdagang sepatu.

6. Bila Anda mempekerjakan penjaga toko, latihlah mereka agar mengetahui semua ukuran, desain, dan merek yang ada di toko Anda. Kemudian, mereka harus tahu kelebihan dan kelemahan dari setiap jenis sepatu tersebut.

Bila pelanggan menginginkan sepatu yang kuat, penjaga toko Anda harus bisa cepat mungkin memberikan sepatu yang kuat dan awet. Bila pelanggan Anda menginginkan sepatu cantik, penjaga toko harus secara cepat menghadirkan sepatu cantik dan manis ke hadapan pelanggan. Semua keinginan pelanggan harus dilayani secara tepat dan memuaskan oleh penjaga toko.

7. Anda bisa melatih penjaga toko Anda dengan cara meminta mereka membawakan 5 buah kotak sepatu yang sama ukuran dan warnanya, namun berbeda model, desian, dan mereknya. Semakin sering dilatih, wawasan/perbendaharaan sepatu dalam pikiran mereka akan bertambah luas dan ini bagus untuk pelayanan terhadap konsumen.

8. Dalam melakukan penataan sepatu di dalam toko, Anda harus mampu menunjukkan kelebihan dan kelengkapan toko sepatu Anda. Janganlah terlalu memaksakan ingin menaruh semua sepatu di pajangan karena akan membuat toko Anda tampak berantakan.

Pelanggan akan enggan masuk bila toko kelihatan sumpek dan tidak menarik. Lakukan penataan dengan mengambil beberapa jenis sepatu sesuai dengan model, desain, dan mereknya.

Representasikan setiap sepatu berjenis sama dengan satu sepatu saja. Misalnya, ada lima sepatu yang bermodel sama. Anda cukup pajang satu yang paling cantik di antara kelima sepatu tersebut.

9. Satu hal yang perlu Anda lakukan dalam penataan toko, yaitu selalu menaruh sepatu yang sedang nge-trend di depan toko. Hal ini akan memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan penjualan sepatu toko Anda, memberikan kesan toko sepatu Anda up to date, dan menandakan koleksi toko sepatu Anda lengkap.

10. Ucapkan "terima kasih” kepada setiap pelanggan yang membeli sepatu di toko Anda. Kesan terakhir bagi mereka adalah penting karena mereka akan mengingat apresiasi dan keramahan Anda. Membeli sepatu di toko Anda akan menjadi momen indah bagi pelanggan saat ia keluar dari toko Anda. Itulah image toko sepatu yang sebaiknya Anda bangun.

Tips-tips tersebut hanya sebagian dari banyak upaya yang bisa Anda lakukan dalam menjalankan usaha sepatu. Kesepuluh tips jual sepatu tersebut silakan Anda terapkan agar penjualan sepatu Anda semakin menguntungkan, cek juga pusat grosir sepatu langsung distributor. Selamat berjualan!

Tips Membuka Butik di Tengah Persaingan

Bagi anda yang suka fashion, memiliki hobby yang unik seputar fashion, dan memiliki jiwa pengusaha, tak ada salahnya jika anda mulai membuka butik milik anda sendiri. Saat ini, fashion merupakan salah satu aspek kehidupan yang selalu menjadi kebutuhan yang diperhatikan oleh pria maupun wanita. Butik memberikan peluang usaha yang memiliki potensi cukup besar untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sebagai calon pengusaha butik, tentunya anda juga harus mulai lebih mengikuti dan memahami dunia fashion yang selalu up to date. Saat ini, berbagai informasi mengenai fashion sudah menjadi informasi global yang bisa anda akses dengan mudah. Jadi, belajar untuk menjadi pengusaha butikpun bisa anda lakukan dengan mudah, asalkan dengan niat dan kemauan yang tinggi.


Di sisi lain, ketika memutuskan untuk membuka butik, berarti Anda telah siap terjun dalam persaingan di dunia perdagangan. Dunia perdagangan memang terkesan sangat kejam dan tanpa ampun. Siapa yang tidak mampu berinovasi, dialah yang tersingkir. Akan tetapi, Anda harus tetap optimis menghadapi persaingan ini. Mengapa? Karena setiap bisnis pasti dilengkapi persaingan.

Perhatian masyarakat yang tinggi terhadap fashion yang selalu up to date juga menyebabkan mulai banyak pengusaha yang membuka butik. Dengan demikian, peluang bisnis butik yang memang besar juga diiringi dengan bentuk persaingan usaha yang cukup besar. Nah, jika anda sudah bertekat bulat membuka butik, anda perlu tips-tips menjadi pengusaha butik di tengah persaingan usaha ini.


Persaingan, Resiko Dasar Dunia Bisnis

Persaingan merupakan risiko dasar dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, anda harus pandai menyikapi persaingan ini dengan kecerdasan serta kreativitas yang telah dianugerahkan Tuhan. Emosi serta jiwa yang meledak-ledak tidak akan menolong Anda untuk lepas dari ketatnya persaingan.

Satu hal yang perlu diingat adalah persaingan tersebut akan terus meningkat jika butik anda menjual barang-barang yang mirip dengan rival, baik dari segi desain maupun harga. Akhirnya, Anda dan "tetangga" melakukan hal yang tidak patut. Mencuri pelanggan dengan cara saling fitnah, sabotase, dan banting harga hingga benar-benar dibanting.

Banting harga. Ya. Itulah situasi yang kadang memaksa anda untuk turut bertarung demi merebut hati pelanggan. Padahal, banting harga sama artinya dengan balapan bunuh diri, tinggal menunggu siapa yang mati lebih dulu. Alhasil, konsumenlah yang akan diuntungkan. Dalam kondisi ini, prinsip dasar ekonomi anda telah lenyap. Bahkan, bisa-bisa anda bangkrut dalam waktu singkat.

Persaingan, Bagian dari Proses Binis
Jika anda mulai menyatakan diri sebagai pengusaha butik, anda harus siap dengan persaingan. Buatlah pandangan yang berbeda, pikirkan bahwa persaingan bukanlah menjadi resiko, melainkan bagian dari proses bisnis itu sendiri.

Dengan demikian, anda tidak akan buru-buru stress jika merasa tersaingi. Dengan beranggapan bahwa persaingan usaha merupakan bagian dari proses bisnis, anda akan mencari jawaban untuk melalui proses tersebut agar menjadi sukses.

Memang benar jika persaingan merupakan resiko bisnis yang harus anda tanggung tapi anda akan lebih termotivasi jika menganggapnya sebagai bagian dari proses bisnis itu sendiri. Hal ini disebabkan karena persaingan bisnis akan tetap muncul selama anda menjadi pengusaha. Meskipun anda telah mengatasi persaingan yang satu, persaingan yang lain akan tetap mengincar anda.

Persaingan pada dasarnya tetap anda, hanya saja kadarnya berbeda tiap pengusaha. Bagi anda yang baru merintis usaha butik dalam skala kecil dan baru, tentu saja persaingan itu terasa sangat berat, apalagi jika anda belum pernah mengalami sebelumnya.

Berbeda dengan pengusaha butik yang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat karena produk-produknya yang selalu up to date, berkualitas, dan faktor lain yang membuatnya populer, persaingan akan tetap terasa namun dengan kadar yang lebih kecil.

Jadi, sadarilah bahwa persaingan merupakan bagian yang tidak dilepaskan dari bisnis. Selain sebagai hal pokok yang memang selalu terjadi, persaingan merupakan salah satu cara untuk membentuk mental pengusaha yang kuat dan tahan banting. Untuk menghadapinya, anda harus memanfaatkan kreativitas yang anda miliki dengan strategi-strategi tertentu.


Strategi Menghadapi Persaingan Bisnis Butik

Untuk menghadapi persaingan usaha butik baik itu sebagai resiko bisnis, maupun bagian dari proses bisnis, anda memerlukan strategi. Strategi yang anda perlukan tentu saja untuk menjalani sebuah persaingan sehat yang nantinya tidak akan menimbulkan penyimpangan. Dengan strategi dan persaingan yang sehat berarti anda mampu menjadi pengusaha yang berdiri tegak dengan cara yang sehat dan bijaksana.

Berikut ini adalah tips dan strategi yang bisa anda terapkan dalam usaha butik.

Menyediakan Barang yang Berbeda dari Lainnya
Banyak butik, belum tentu menutup kemungkinan butik anda tidak punya pelanggan. Salah satu cara wajib yang harus anda lakukan adalah dengan menyediakan barang yang berbeda dari butik lain. Apalagi jika barang yang anda jual termasuk ke dalam barang unik dan langka. Tentu akan menjadi daya tarik yang sangat kuat untuk para calon pelanggan.

Pastikan barang yang anda jual tersebut tidak ada kembarannya di butik lain. Semakin minim varian suatu barang, semakin besar kemungkinan memperoleh keuntungan. Harga tak jadi soal bagi pelanggan yang mencintai fashion. Asalkan barang unik, langka, dan berbeda dari lainnya tersebut memang benar-benar berkualitas.

Mengecek Barang Milik Pesaing Berat
Rajinlah mengecek barang-barang yang dijual di butik saingan Anda. Jika takut ketahuan, utuslah seorang mata-mata untuk mengecek stok barang pesaing berat. Cara ini dilakukan untuk melihat jenis dan persediaan barang yang dijual oleh pesain anda.

Cara ini tentu sah-sah saja dilakukan, asal dengan cara yang baik pula. Pengecekan ini bahkan bisa sekaligus menjadi salah satu bahan belajar anda untuk menyediakan barang yang berbeda dari lainnya. Tanpa mengecek, anda tidak akan tahu apa-apa mengenai varian barang yang dijual butik lain.

Perkuat garis belakang dan garis depan butik Anda
Anda harus merekrut karyawan yang memang memiliki kompetensi. Jangan lupa, berikan pelayanan yang ramah agar pembeli puas. Ingat, pembeli adalah media promosi paling ampuh. Jadi, buatlah mereka puas dengan pelayanan butik anda. Pelayanan yang ramah bahkan menjadi faktor yang membuat pelanggan anda merasa nyaman untuk berbelanja di butik anda.

Buatlah Pelanggan Merasa Senang
Berikan servis lebih bagi pembeli. Misalnya, paket makan siang untuk pembelian tertentu atau hadiah-hadiah kecil lain. Intinya, buat mereka senang dan terkesan. Hadiah tak harus berupa barang mahal. Anda bisa menyesuaikan hadiah yang akan anda berikan dengan suasana tertentu, misalnya valentine, natal, lebaran, dan lain sebagainya.

Lakukanlah Sedikit Pengorbanan
Jika kepepet, "korbankanlah" 1 atau 2 item barang dengan harga modal. Cara ini dilakukan untuk menggaet pembeli agar mau memasuki butik Anda. Namun, pastikan ada barang lain yang dinaikkan harganya untuk mengganti kerugian barang yang dijual murah tadi.

Lengkapi data base langganan butik Anda secara detail
Hal ini sangat penting dilakukan untuk melihat minat pelanggan terhadap fashion. Melengkapi data base bisa anda lakukan dengan mencatat model, warna, ukuran, dan bahan yang sering diburu pelanggan.

Buatlah Tema yang Unik
Butik akan terlihat "wah" jika memiliki tema tertentu. Butik yang biasa-biasa saja atau yang tidak jelas apa barang yang disediakan hanya terlihat sebagai butik biasa. Tema yang dimaksud dalam hal ini adalah fokus barang yang anda sediakan. Misalnya saja khusus untuk fashion remaja, pakaian-pakaian gothic, pakaian casual, batik, pakaian muslimah, dan lain sebagainya.

Berdoa
Berdoalah agar usaha Anda maju serta terhindar dari hal buruk. Anda pun harus senantiasa percaya bahwa rezeki telah ada yang mengatur. Bagaimanapun, doa selalu menjadi hal utama untuk menyertai setiap usaha.

Itulah beberapa tips dan strategi bisnis butik yang dapat Anda terapkan dalam menghadapi persaingan. Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan produk yang Anda jual selalu sesuai dengan perkembangan tren fashion. Ingat, tujuan utama seseorang belanja di butik adalah untuk mendapatkan barang unik, fresh, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Jadilah pengusaha butik yang kuat dan sukses.

Cara Memulai Bisnis Pakaian

Siapa yang tak butuh pakaian, selain peran pentingnya bagi manusia, pakaian pun bisa menambah rasa percaya diri dan membuat seseorang terlihat lebih modis. Peluang bisnis pakaian ibarat pintu yang terbuka lebar yang mengundang peminatnya untuk terjun dan meraup keuntungan yang menawan.

Dengan aneka modelnya, pakaian seolah perburuan wajib ketika berbelanja. Selain untuk melindungi dirinya, manusia membutuhkan pakaian sebagai eksistensi diri di dunia fashion. Peluang bisnis pakaian bukanlah celah kecil yang membatasi seseorang untuk terjun ke dalamnya, tetapi bisnis ini cukup mudah untuk digeluti siapa saja.


Mengenal Situasi Pasar

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mengenal betul situasi pasar. Di daerah yang ekonominya terbatas, rasanya tidak pas jika menjual pakaian dengan merogoh kocek sangat dalam. Keberagaman kualitas kain pun erat kaitannya dengan harga jual pakaian itu sendiri dan dapat dijadikan solusi untuk taktik pemasaran.

Contohnya, di daerah dengan siklus ekonomi yang tinggi, wajar-wajar saja jika Anda memasarkan pakaian dengan kain kualitas super dan harganya pun menanjak. Selain itu, iklim suatu tempat juga mempengaruhi laris tidaknya pakaian yang ditawarkan.

Di daerah panas misalnya, mantel tidak mungkin jadi buruan utama. Jenis pakaian paling dicari tentunya yang menciptakan rasa nyaman di tengah dahsyatnya sengatan matahari. Pakaian pun dapat dijadikan simbol khusus suatu agama, adat-istiadat serta perbedaan jenis kelamin. Dilihat dari beragam fungsinya, tentunya peluang bisnis pakaian merupakan peluang yang menjanjikan.


Tempat Kulakan Pakaian untuk Usaha

Ketika memulai bisnis pakaian, Anda bisa membelinya secara langsung dari pabrik, pusat grosiran, maupun dengan memainkan jemari Anda untuk menjahitnnya sendiri. Tak perlu memutar otak terlampau lama, karena pecinta fashion tengah menanti kepiawaian Anda dalam mengelola bisnis pakaian. Direktori pusat grosir pakaian klik disini.

Tempat penjualannya pun terbilang fleksibel, dimulai dari kaki lima, kios kecil, pertokoan, galeri, swalayan, butik, sampai mal-mal terbesar yang selalu jadi incaran. Tak hanya itu, internet pun dapat dijadikan mediator dalam bisnis ini. Seiring maraknya penggunaan jejaring sosial, peluang bisnis pakaian semakin mewarnai dunia maya yang keuntungannya luar biasa.

Jika modal yang tidak begitu besar, Anda harus pandai memilih pakaian yang murah dan cepat laku atau sering berganti dengan perputaran uang yang begitu cepat. Contohnya pakaian dalam, daster dan pakaian anak. Sebaiknya tidak mengkreditkannya ke konsumen jika modal usaha Anda masih berskala kecil.

Promosikan produk yang Anda jual dimulai dari lingkungan sekitar, seperti saudara dan tetangga. Anda pun bisa menyulap ruangan di rumah Anda menjadi gerai busana. Tak henti berinovasi, itulah bekal yang harus dimiliki seorang pembisnis pakaian.

Menyediakan pakaian yang tak ketinggalan zaman merupakan point penting ketika menyelami bisnis ini. Contohnya dengan menyediakan pakaian trend selebriti atau yang tengah marak di dunia perfilman. Ini merupakan nilai tambah bagi kelancaran usaha Anda. Percayalah, peluang bisnis pakaian merupakan salah satu peluang keberhasilan.


Cara Memulai Bisnis Pakaian

Keyakinan akan peluang bisnis pakaian menjanjikan tergantung pada kemampuan kita memasarkan. Pemasaran yang dilakukan mesti menunjukkan keunikan agar orang tertarik. Karena itu Anda mesti jeli dalam memasarkan. Berikut ini beberapa cara memasarkan pakaian yang bisa Anda coba atau gunakan.

1. Pemasaran mulut ke mulut
Cara pemasaran yang dilakukan bukan dari mulut satu demi satu. Ada cara lain juga. Misalnya saja, Anda orang yang baru saja membangun usaha dan tergolong baru di lokasi usaha tersebut. Maka caranya cukup sederhana, setelah Anda memasang pamflet usaha pakaian yang dimiliki, utuslah satu atau dua orang, baik saudara Anda maupun orang lain.

Lalu mintalah saudara Anda tersebut bertanya kepada salah seorang warga dengan menanyakan di mana usaha pakaian milik Anda dengan menyebutkan nama usaha pakaian milik Anda. Bila ternyata tidak tahu, baru orang yang disuruh tersebut menyanyakan alamat usaha pakaian milik Anda.

Nah, jika ia tahu berarti cukuplah pemasaran dari lisan ke lisan yang dilakukan. Inilah cara pemasaran lisan model baru. Jika dahulu, lisan ke lisan adalah yang terjadi Antar tetangga. Sedangkan ini, lisan ke lisan yang dilakukan dari sudut jalan menuju toko usaha pakaian Anda.

2. Sebarkan Brosur
Setelah tiga hari berlalu dilakukan pemasaran secara lisan dengan model baru, cobalah untuk meminta orang lain untuk menyebarkan brosur bisnis pakaian milik Anda. Jangan menggunakan orang yang sama. Gunakanlah orang lain. Nah, dalam menyebarkan brosur harus diingat lokasi rumah yang didatangi atau ditanyai alamat usaha Anda sebelumnya.

Bila perlu tempat yang ditanya sebelumnya adalah warung usaha makanan atau jajanan anak-anak. Sehingga ketika memberikan brosur usaha pakaian milik Anda, ia langsung ingat akan nama toko pakaian yang ditanyakan kepadanya. Setelah dibacanya, umumnya ia bakal menceritakan kepada orang lain.

3. Buat Papan Bunga
Untuk membuktikan usaha pakaian Anda benar-benar sudah dibuka, tidak perlu dengan cara membuat pesta dengan menghadirkan music atau keyboard. Sayang uangnya. Nah, Anda bisa dengan membuat papan bunga dengan menggunakan nama-nama orang yang bekerja di pemerintahan yang Anda kenal atau orang-orang yang memiliki toko usaha lainnya. Meski, toko usahanya bukan toko pakaian.

Pasanglah papan bunga tersebut di depan toko atau di sekitar toko usaha pakaian Anda. Tidak menjadi masalah papan bunga tersebut Anda yang memodali. Cukup untuk memberi perhatian orang-orang yang melaluinya. Cara pemasaran seperti ini tergolong unik tapi menguntungkan.

Orang yang melaluinya pasti melihatnya. Rasa ingin tahu mereka pun akan muncul dan mampir ke tempat usaha Anda. Inilah cara pemasaran yang tak memerlukan teori, tapi langsung praktek. Tak perlu membuat acara besar-besaran, cukup sederhana tapi dahsyat hasilnya.


Milikilah 8 Mental Pebisnis pakaian

Setelah Anda melihat peluang bisnis pakaian menjanjikan dan mengenal cara pemasaran yang tidak sekedar teori, Anda juga mesti memiliki mental pebisnis yang tangguh. Ada delapan mental pebisnis.

Kreatif
Bila bisnis pakaian sudah terbangun, maka Anda harus bisa kreatif. Baik kreatif dalam berpikir maupuan kreatif dalam membangun usaha. Anda tidak boleh memiliki pola pikir yang sama dengan pebisnis pakaian yang lain. Tak perlu melakukan perubahan yang besar, perubahan yang kecil saja pun sudah cukup. Yang paling penting, ada nilai beda di hati konsumen.

Peka
Anda mesti menjadi orang yang selalu bersikap terbuka dan tanggap pada segala sesuatu, juga tidak boleh menutup diri dan bersikap curiga pada hal-hal baru. Bisa jadi peluang kita terletak di hal-hal baru.

Percaya diri
Tetap percaya diri dan tidak minder. Tidak cepat mundur jika dilecehkan atau dipandang aneh oleh orang lain.Kalau yang kita kerjakan memiliki prospek yang bagus, kenapa kita tidak percaya diri? Kalau kita yakin apa yang dikerjakan tak berbau penipuan, kenapa tidak percaya diri?

Mau bekerja keras
Kemauan bekerja keras ini mutlak ada. Mana ada usaha pakaian yang bisa berjalan lancar dan tumbuh besar tanpa kerja keras? Kalau ada yang menawarkan keuntungan besar tanpa harus melakukan apa-apa, kita justru waspada.

Kerja keras yang dimaskud di sini adalah kerja keras yang berstrategi. Kerja keras yang smart. Banyak orang yang bekerja keras tanpa strategi, dan hasilnya usaha pakaian yang dijalankannya masih juga jalan di tempat, meskipun bekerja keras seumur hidupnya.

Sabar
Menjalankan sebuah usaha pakaian membutuhkan kesabaran. Karena tak ada sebuah usaha yang bisa menjadi besar dalam semalam. Bagaimana bila sampai bertahun-tahun tidak ada kemajuan dan bahkan ada tanda-tanda merugi? Sabar. Sabar, jangan sampai stres, tapi cepatlah untuk menyusun strategi baru.

Optimis
Selalu berpikiran positif. Padukan optimisme dengan rasa percaya diri. Kalau pikiran selalu negatif, maka yang muncul ada ketidakpercayaandiri. Jika sudah seperti ini, maka bisnis pakaian yang dijalani tak akan mengalami pengembangan.

Senang bergaul
Dalam menjalankan usaha bisnis pakaian, kita pasti berhubungan dengan orang lain. Karena itu, kita harus bisa mengembangkan kemampuan komunikasi interpersonal. Kalau kita tidak mempunyai jaringan pergaulan yang tepat, maka kita akan sulit mengembangkan usaha.

Di samping kita nantinya tak mengetahui di mana mendapatkan barang-barang yang didagangkan dengan murah, kita juga tak mengerti bagaimana cara memasarkan usaha pakaian yang tepat.

Tidak takut bergaul
Dalam membangun usaha pakaian sama hal dengan membangun usaha yang lain, maka konsepnya juga sama. Yaitu, jangan takut bergaul. Bergaullah dengan siapa saja. Jangan pernah batasi komunitas dan teman Anda. Bukan tidak mungkin mereka menjadi konsumen atau menjadi marketer tanpa pernah diminta dan dibayar. Oleh karena itu, jangan batasi pergaulan Anda.

Inilah artikel sederhana seputar peluang bisnis pakaian, cara memasarkan dan mental pebisnis.

Online Shop Korea Dan Kelebihannya

Beberapa tahun lalu, online shop Korea tidaklah sepopuler dan seterkenal saat ini. Bahkan, tidak banyak pula gerai kosmetik dari Korea yang ada di kawasan perbelanjaan.

Namun, saat  salah satu brand Korea akhirnya masuk ke Indonesia, tak lama kemudian menjamurlah brand kosmetik hingga pakaian yang jumlahnya puluhan, bahkan saat ini sudah bisa mencapai ratusan.

Entah hal tersebut dipengaruhi oleh popularitas K-Pop dan K-Drama yang sedang melejit atau memang kualitas produknya yang memang bagus.



Tak heran, saat ini banyak perempuan yang ingin juga memilih berbelanja di online shop Korea. Entah itu baju ataupun skincare, berbagai hal berbau Korea menjadi laris saat ini. Tapi, apakah benar hanya satu faktor itu saja yang membuat brand kecantikan dari Korea begitu laris di Indonesia, Asia, bahkan seluruh dunia?

Rasanya terlalu klise jika kita hanya mengaitkannya pada faktor selebriti saja. Karena pada dasarnya mereka punya rahasia di balik suksesnya brand-brand kecantikan itu. Bisa jadi BB Cream menjadi titik terobosan mengapa brand kecantikan Korea kini begitu diminati di kalangan perempuan Indonesia.

Salah satu fakta terbaru bahkan menyebutkan kalau brand-brand besar dari Eropa dan Amerika, selalu meriset produk mereka ke Korea terlebih dahulu. Menurut Alicia Yoon, pemilik situs kecantikan  yang menjual produk dari Korea di Amerika, ada beberapa alasan mengapa banyak orang terutama wanita di Indonesia menyukai berbelanja produk skincare online shop Korea.

Semuanya Tentang Formula dan Kandungan Dari Produk Skincare
Kecenderungan perempuan biasanya tidak begitu peduli dengan kandungan di dalam sebuah kosmetik. Asal terlihat bagus di kulit, sah saja langsung membeli produk itu. Berbeda halnya dengan perempuan di Korea. Mereka selalu memperhatikan kandungan serta formula di dalam sebuah produk secara detail. Dan inilah yang terjadi, jika ada kandungan yang membuat kulit sensitif, orang Korea akan langsung melakukan inovasi untuk menambal kekurangan itu dan pada akhirnya lahirlah sebuah produk terbaru lagi.

Resep dari Nenek Moyang
Berapa banyak dari kita yang akhirnya mengabaikan resep kecantikan dari ibu dan nenek moyang karena datangnya teknologi modern pencegah penuaan dan sebagainya. Perempuan Korea justru sebaliknya. Air beras, belut, jamur, dan tanaman herbal lain yang biasa dipakai sejak ratusan tahun lalu akan menjadi pilihan utama mereka. Karena resep leluhur ini pulalah yang membuat banyak masyarakat kita berbelanja skincare secara langsung di online shop Korea yang telah terpercaya. 

Skin Hydration
Beberapa mungkin menganggap makeup ala Korea terlihat seperti kulit yang berminyak. Pada dasarnya, tanggapan tersebut adalah kesalahan besar. Kilap itu bukan berasal dari minyak yang keluar dari pori-pori wajah. Mereka selalu menggunakan produk yang melembabkan kulit dan membuatnya menjadi terlihat dewydan lebih muda. Tanpa botox sama sekali!

Memiliki rangkaian penggunaan skincare
Perempuan Korea bisa menggunakan puluhan produk skincare di malam hari, yang dimulai dari makeup remover (mereka selalu memilih yang berbahan dasar minyak), scrub, cleansing foam, moisturizer, serum, hingga masker setiap malamnya. Alhasil, kulit mereka pun terlihat lembab dan cerah pada pagi harinya.

Teksturnya Yang Ringan
Ciri khas dari skincare online shop Korea lainnya yakni teksturnya yang ringan. Hal inilah yang menyebabkan mereka tidak begitu khawatir dengan berapa banyak layer skincare yang harus digunakan pada wajah sebagai daily routine skincar.

Produsen kosmetik Korea kebanyakan membuat tekstur produknya super duper ringan, tapi tetap dengan formulasi yang sangat efektif untuk kulit. Selain itu, produk skincare Korea tidak memiliki kandungan silicone yang strong, sehingga saat diaplikasikan pada kulit, produk tersebut dapat langsung terserap pada kulit.

Cara Menjalankan Online Shop Fashion

Tentu Anda sudah sering melihat berbagai macam jenis online shop fashion yang berkeliaran di sosial media. Pengaruh kemajuan teknologi memang sangat mendukung perkembangan online shop saat ini sehingga Anda tak perlu repot-repot lagi membangun toko fisik terlebih dahulu. Nah, jika Anda tertarik menggeluti usaha online ini maka silahkan simak informasi berikut ini.



Cara Menjalankan Online Shop Fashion

1. Buat Perencanaan Bisnis
Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam menjalankan online shop fashion ialah dengan membuat perencanaan bisnis. Dengan adanya perencanaan tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola dan menjalankan bisnis. Rencana bisnis (business plan) juga sangat penting bagi Anda yang berencana untuk meminjam sejumlah dana dari bank dan/atau investor.

Pada dasarnya, sebuah rencana harus memuat deskripsi bisnis, tujuan bisnis, dan cara atau langkah untuk mewujudkan bisnis tersebut.  Tak hanya itu, rencana yang baik juga harus menyertakan pengoperasian bisnis, seperti produksi, distribusi, marketing, dan lain-lain.

2. Mendaftarkan Bisnis Fashion Online
Sebelum membuka online shop fashion secara resmi, Anda harus mempersiapkan dan melengkapi berbagai dokumen terlebih dulu. Dokumen yang diminta tentu tidak sama antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda melakukan riset terlebih dulu dan berkonsultasi dengan pihak hukum setempat untuk melengkapi satu per satu dokumen. Di Indonesia, setiap pelaku usaha kecil wajib untuk mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) agar bisnis yang dijalankan dilindungi hukum.

Selain itu, kehadiran IUMK akan menghindarkan para pemilik usaha kecil dari pihak atau oknum nakal yang tidak bertanggung jawab. Beberapa kelengkapan dokumen yang harus Anda urus untuk mendapatkan izin ini adalah surat pengantar dari RT atau RW, fotokopi KTP dan dokumen aslinya, fotokopi KK dan dokumen aslinya, serta foto berukuran 4×6 cm. Terakhir, jangan lupa mendaftarkan bisnis online Anda ke Direktorat Jenderal Pajak untuk mendapatkan nomor wajib pajak.

3. Buat Website untuk Butik Anda dengan Menggunakan Platform Ecommerce
Walaupun ada banyak cara untuk memperkenalkan online shop fashion Anda di internet, kami tetap menyarankan Anda untuk membuat website sendiri dengan menggunakan platform eCommerce. Dengan begitu, Anda punya kontrol penuh terhadap proses pembayaran, desain butik online, dan juga pengalaman berbelanja konsumen.

4. Mengatur Desain Website untuk Butik Online Anda
Cara termudah untuk mendapatkan desain terbaik bagi website Anda ialah dengan menggunakan tema. Perhatikan beberapa hal di bawah ini ketika mencari tema eCommerce:
  • User-friendly – sebaiknya visitors mendapatkan kemudahan saat mengakses dan menjelajahi toko online Anda sehingga saat itu juga mereka bisa melakukan transaksi.
  • Responsif – pengguna perangkat mobile ‘menyumbangkan’ setengah bagian dari total trafik di internet. Oleh karena itu, carilah tema yang mobile responsif dan mampu mengakomodasi kebutuhan pengguna seperti mereka.
  • Mencerminkan brand Anda – pilih tema yang desainnya sesuai dan konsisten dengan brand Anda. Atau pilihlah tema yang menawarkan pengaturan tampilan yang dapat dikustomisasikan.

5. Mempromosikan Toko Butik Online
Ada banyak cara untuk memperkenalkan atau mempromosikan butik Anda. Dua di antaranya adalah melalui media sosial dan juga  iklan berbayar.  Media sosial termasuk platform yang sangat berperan besar dalam pengembangan marketing di industri fashion.

Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan kelebihan platform ini untuk memperkenalkan bisnisnya. Dengan memanfaatkan sosial milik Anda seperti facebook ataupun instagram maka akan semakin banyak pula orang-orang yang melihat produk online shop fashion Anda.

Baca Juga :