Butik Ivan Gunawan yang Serba Berkualitas

Ivan Gunawan dan busana adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pria yang mempunyai tinggi badan 185 cm ini memulai debut kariernya sebagai perancang busana. Kepiawaiannya dalam dunia desain dan fashion dapat dilihat di butik Ivan Gunawan yang didirikannya.

Butik Ivan Gunawan

model baju gamis ivan gunawan 2020 model baju ivan gunawan terbaru baju ivan gunawan online harga baju ivan gunawan termahal katalog mandjha ivan gunawan gamis zoya ivan gunawan terbaru bisnis ivan gunawan baju ivan gunawan cruella

Tentang Ivan Gunawan

Bungsu dari pasangan Bambang Cahyo Gunawan dan Erna Gunawan ini mengaku sangat peduli dengan penampilan. Ketertarikan Ivan Gunawan pada dunia rancang busana sudah tertanam sejak usia kanak-kanak. Ivan pun mengasahnya talentanya secara otodidak hingga tercapai keinginannya menjadi seorang desainer.

Pria yang bernama lengkap Ivan Gunawan Putra ini dilahirkan di Jakarta pada tanggal 31 Desember 1981. Di dalam tubuhnya mengalir darah Jawa, Tionghoa, dan Belanda. Putra seorang diplomat ini dianugerahi oleh Tuhan talenta yang sangat luar biasa.

Selain tetap berpijak pada dunia fashion yang menjadi debut kariernya, Ivan Gunawan juga mengembangkan kariernya di dunia entertainment sebagai model, bintang iklan dan presenter acara TV.


Butik Ivan Gunawan

Desainer busana selalu identik dengan butik sebagai tempat untuk menampilkan hasil karyanya. Berdasarkan pengalamannya malang-melintang di peragaan busana dan merasa sudah cukup lama berada di bawah bayang-bayang nama besar pamannya, Adjie Notonegoro, Ivan Gunawan akhirnya membuka butik sendiri di kawasan Jakarta Selatan.

Jargon mahal yang menempel pada label harga di busana koleksi butik Ivan Gunawan ditepis Ivan dengan melebarkan sayap bisnis butiknya dan membuka Butik Ivan Gunawan.

Butik dengan harga ramah di kantong tersebut berlokasi di Pusat Grosir Metro Tanah Abang Lt. LG Blok B nomor 29-32 Jakarta Pusat pada tanggal 4 Februari 2009.

Butik Ivan Gunawan


Butik yang dinamakan “Miss To Mom” itu mempunyai nilai filosofi yang cukup dalam. Jika diartikan menurut suku katanya, Miss berati nona, sedangkan Mom adalah ibu.

Jadi butik Ivan Gunawan ini memang difokuskan untuk pangsa pasar dari gadis ABG hingga ibu-ibu serta bersifat universal. Semua busana perempuan yang dirancang sendiri oleh Ivan Gunawan ini dijual secara grosir.

Alasan yang mendasari Ivan Gunawan melempar koleksinya ke pasar dengan harga murah semata-mata agar perputaran modalnya berlangsung dengan cepat. Koleksi busananya mulai dari busana muslimah, pakaian siap pakai dengan tren fashion, baju harian hingga baju pesta dengan ukuran dari XS hingga XXXL.

Penataan setiap detail ruangan dan furnitur butik Ivan Gunawan yang lain di Jalan H. Abdul Majid Dalam Nomor 5 Cipete Jakarta Selatan berdasarkan feng shui. Penandanya ialah adanya mangkuk porselen dengan 3 ekor kura-kura yang berenang.

Terdapat kolam mini dengan beberapa ekor ikan hias di depan butik Ivan Gunawan. Air menurut ilmu feng shui merupakan media penghimpun energi positif dan keberuntungan bagi penghuni tempat tersebut.

Ornamen-ornamen unik yang berasal dari berbagai daerah Indonesia semakin memperkaya suasana butik bernuansa elektrik tersebut. Namun lukisan gambar Ivan Gunawan yang dipajang di ruang tamu butik lah yang paling mencolok.

Ruang konsultasi merupakan ruangan yang menjadi favorit Ivan Gunawan diantara sembilan ruangan yang ada di butik. Pencahayaannya yang minim memberikan rasa nyaman pada Ivan saat menggambar. Ivan juga sering menempel sketsa di dinding di belakang meja, serta adanya lemari kaca untuk menyimpan kain.

Ada sebuah ruangan yang dikelilingi oleh cermin. Ruangan ini berfungsi sebagai tempat fitting untuk model dan klien. Ruangan ini berada tepat di depan meja kerja Ivan Gunawan. Cermin yang menutupi dinding memberi kesan luas pada ruang kerja Ivan.

Mendengar nama Ivan Gunawan sudah pasti akan membuat kita tertuju kepada salah satu desainer yang sangat andal di Indonesia. Banyak karyanya yang sudah diakui oleh banyak selebritis negeri ini. 

Dengan demikian, karya yang dibuatnya selalu saja menimbulkan decak kagum dari banyak masyarakat. Hal itu karena memang busana karyanya merupakan karya yang terbaik yang pernah dia buat.

Kita tidak perlu meragukan kualitas yang dimiliki oleh desainer tersebut. Terlebih dengan beberapa macam busananya yang memiliki tematik. Kita bisa mengandalkan busana karyanya untuk berbagai event, seperti acara resmi atau pernikahan.

Untuk itu, meskipun harga yang diberikan cukup mahal, namun akan terbayar dari segi kualitasnya.

Demikian artikel butik Ivan Gunawan. Semoga bisa menjadi manfaat yang cukup besar bagi kita semua pecinta fashion.

Tips Membuka Toko Jual Celana

Untuk Anda yang tinggal di daerah Bandung sangat cocok untuk memikirakan dan merencanakan membangun bisnis berjualan celana. Kota Bandung yang populer dengan industri tekstilnya membuat peluang usaha jualan pakaian di daerah ini menjadi terbuka lebar.

Berikut ini beberapa tips untuk membuka bisnis jual celana jeans antara lain:


Tips Membuka Toko Jual Celana

Tips Membuka Toko Jual Celana

1. Kumpulkan Modal Usaha

Cara mendapatkan modal usaha ada berbagai jalan tergantung peluang yang ada di depan mata. Untuk jalur yang cepat penuh resiko adalah meminjam dana ke bank atau lembaga keuangan yang mempunyai program kredit usaha. Namun sebaiknya tidak mengandalkan modal dari jalan ini kecuali memang mendesak. Karena cicilan dan bunga yang harus dipenuhi setiap bulannya dapat mencekik usaha apa saja.

Untuk memulai usaha dengan modal sendiri, maka Anda harus mempersiapkan modal jutaan rupiah. Bila mempunyai kesabaran untuk menabung setiap bulannya, maka sisihkan gaji bulanan sebanyak 10 persen lebih.

Dan untuk beberapa tahun ke depan uang akan terkumpul, dan uang tersebut adalah modal dari usaha selama ini. Bagi yang ingin cara lain untuk mengumpulkan modal adalah membuat bisnis patungan dengan keluarga atau rekan kerja di kantor.

Siapa saja ingin mendapatkan pasife income, buatlah proposal usaha yang terencana dengan matang kemudian tawarkan kepada pihak lain yang dianggap enak untuk diajak kerjasama.


2. Bidik tempat usaha yang strategis

Cihampelas dan kawasan Tamin di Bandung merupakan daerah yang cocok untuk membuka bisnis jual celana jeans. Namun tidak menutup kemungkinan jualan di kawasan lain di Bandung untuk sukses besar.

Maka amatilah berbagai tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dan juga warga Bandung sendiri, tempat yang ramai merupakan pasar yang cocok untuk usaha apa pun termasuk menjual barang-barang sandang.

Bila uang sewa tempat ruko dianggap mahal maka bidiklah tempat atau lapak kios yang cukup memadai. Jangan memaksa untuk menyewa ruko dengan harga mahal, karena itu akan memberat bisnis ke depannya.

Yakni memenuhi uang sewa setiap tahunnya dengan biaya yang tinggi. Cukup dengan lapak atau toko sederhana, kemudian desainlah toko tersebut untuk dapat menarik pandangan dan minat membeli orang-orang yang melewatinya.


3. Ketahui keinginan konsumen

Keinginan konsumen dapat diketahui melalui survei dan pengalaman langsung di lapangan. Sebelum usaha berdiri upayakan untuk mengadakan survei dan mintalah bantuan siapa pun untuk mewujudkannya.


4. Selalu berinovasi dalam usaha

Celana jeans adalah pakaian yang identik dengan kaum yang suka akan tren kekinian. Selalu ikut perkembangan fashion di negeri ini untuk dapat menyediakan produk yang up to date alias tidak ketinggalan jaman.


5. Atur keuangan usaha dengan terencana

Usaha telah berjalan, maka langkah yang cukup menentukan keberlangsungan bisnis tersebut adalah keluar masuknya uang. Jangan sampai mencampur uang usaha dengan uang keluarga atau pribadi, karena ini adalah manajemen usaha yang buruk.

Karena akan mempersulit seorang pengusaha untuk menilai perkembangan keuangan usahanya. Maka uang usaha harus disendirikan dan dicatat segala pemasukan dan pengeluarannya, agar diperoleh data usaha yang detail setiap harinya.

Baca Juga : Wisata Jual Celana Jeans di Bandung

Wisata Jual Celana Jeans di Bandung

Cihampelas, bukan hanya sebuah wilayah di pusat kota Bandung. Di sana, Anda baru menemui pusat wisata jual celana, khususnya celana jeans.

Jika Anda mengambil jalur tol Padaleunyi, Anda bisa keluar dari pintu tol Pasteur. Setelah keluar pintu tol Pasteur, Anda lurus terus. Setibanya di percabangan jalan antara fly over dan jalan biasa, ambil jalur bawah, bukan jalur fly over.

Lurus terus hingga menemui perempatan Cipaganti. Nah, barulah belok kiri dan mengikuti jalan satu arah hingga menemui percabangan jalan di kawasan Setiabudi. Di percabangan ini, ambillah arah kanan dan mengambil arah kanan lagi saat menemui percabangan jalan yang kedua. Sampailah Anda di jalan Cihampelas.


Wisata Jual Celana Jeans Cihampelas

Jeans Cihampelas memang cukup terkenal. Selain harga yang masih terjangkau, kualitas pun menjadi jaminan. Harga jeans di Cihampelas berkisar dari Rp 75.000,00 hingga Rp 300.000,00. Untuk model dan kualitas biasa saja, harga memang berada pada kisaran Rp 75.000,00.

Namun jika Anda menginginkan celana dengan jaminan mutu, harga Rp 300.000,00 menjadi pilihan yang tepat. Di kawasan Cihampelas ini, toko-toko berjejer rapi. Tak hanya rapi, namun toko-toko tersebut sangat unik dan eksentrik dari segi interior. Anda akan menemui banyak patung-patung yang bukan sekadar hiasan, tapi juga menjadi ikon toko tersebut.

Wisata Jual Celana Jeans di Bandung
pusat jeans cihampelas bandung pusat jeans bandung jual celana jeans bekas bandung kampung jeans soreang toko celana levis terdekat pusat celana jeans pusat perbelanjaan cihampelas toko jeans terdekat pusat fashion di bandung pusat grosir celana jeans bandung jual celana jeans original di bandung grosir celana jeans 50 ribuan bandung celana levis bandung

Patung-patung yang menjadi "penyapa" para pembeli adalah patung yang diinspirasi dari tokoh-tokoh kartun. Sebutlah Spiderman, Batman, Tarzan, King Kong, Ramboo, X-Man, Ultraman, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh kartun lainnya.

Penempatan para tokoh kartun pun tdak hanya sebagai pemanis pada bagian dalam toko, namun banyak pula yang disimpan di halaman luar toko, bahkan banyak pula yang digantung di bagian atas depan toko. Ada pula toko yang berbentuk perahu, lengkap dengan ornamen khas perahu pengarung lautan.

Sebagai kota wisata yang menjadi tujuan pelancong dari domestik dan mancanegara, pelaku-pelaku bisnis jual jeans di Cihampelas memang kreatif. Mereka mampu membuat para konsumen tetap terpikat. Pertama-tama dengan arsitektur toko yang menarik perhatian, lalu dengan produk yang memiliki banyak varian dan kualitas nomor wahid.


Harga Celana Jeans di Cihampelas

Jeans yang dijual di kawasan Cihampelas merupakan jeans yang dibuat sendiri oleh para pelaku bisnis jual celana jeans di Bandung. Jeans Cihampelas memang dikenal akan daya tahannya. Jeans Cihampelas merupakan salah satu kebanggan kota dan warga Bandung. Sebuah pembuktian bahwa warga Bandung mampu membuat produk sendiri yang berkualitas.

Hanya saja saat ini, sudah semakin banyak produk impor yang dijual juga di pusat jual celana jeans Cihampelas. Namun jika Anda memang ingin membeli produk jeans Cihampelas, Anda harus rajin bertanya saat berbelanja.

Jika jeans yang baru saja Anda beli ternyata terlalu panjang ukurannnya, jangan risau. Banyak jasa pemotongan atau permak jeans yang menawarkan jasanya. Mereka berada di serambi toko-toko tersebut.

Hanya dengan Rp 5.000,00 untuk standar potong panjang celana hingga Rp 25.000,00 untuk permak celana, dan bisa ditunggu hanya dalam waktu hitungan jam antara 1-3 jam. Sambil menunggu rombakan celana Anda selesai, Anda masih bisa melanjutkan aktivitas wisata belanja Anda di sekitar Cihampelas.

Jika di Cihampelas Anda akan mendapatkan celana jeans yang siap pakai, lain lagi jika Anda berbelanja di kawasan Tamim, Bandung. Di kawasan ini, banyak toko yang menjual bahan jeans. Harga per meter antara Rp 30.000,00 hingga Rp 75.000,00. Ragam warna pun banyak pilihan.

Bahkan, ada pula toko yang menerima jasa celup celana. Bagi Anda yang ingin membeli bahan jeans di kawasan Tamim dengan alasan ingin membuat celana yang sesuai ukuran, di kawasan ini Anda pun bisa langsung menjahitnya.

Ada pula toko yang sudah lengkap. Tidak hanya menjual bahan jeans, tapi juga menawarkan jasa jahit dengan harga Rp 50.000,00 - Rp 75.000,00 per celana. Murah, bukan? Bandung dengan ikon jeansnya menawarkan kawasan Cihampelas dan Tamim kepada Anda para penggemar celana jeans. Tinggal Anda pilih Cihampelas atau Tamim.

Belanja Murah di Grosir Baju

Grosir baju memang banyak diburu orang karena grosir baju merupakan bagian dari kebutuhan manusia. Seperti kita ketahui, baju atau secara umum pakaian adalah kebutuhan pokok manusia.

Dengan segala cara, manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan akan pakaian. Ada kalanya kebutuhan tersebut tidak dipenuhi secara rutin karena harga pakaian untuk semua jenis usia tidaklah murah.

Belanja Murah di Grosir Baju

grosir baju murah tangan pertama supplier baju murah untuk reseller ecer grosir baju murah di shopee grosir baju murah tanah abang 5000 belanja baju murah untuk dijual lagi grosir baju tanah abang termurah gudang baju murah tangan pertama bandung grosir baju murah harga 25000

Untuk orang dengan penghasilan pas-pasan, dalam setahun cukup sekali memenuhi kebutuhan akan pakaian, yaitu pada hari raya.


Oleh sebab itu, kehadiran grosir baju sangat disambut baik oleh kebanyakan orang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Grosir baju dapat dikatakan sebagai tempat untuk berbelanja pakaian dengan harga murah.

Di sini, keahlian Anda bernegosiasi akan dipertaruhkan. Tentunya, dengan harapan dapat memperoleh barang berkualitas terbaik dan harga yang paling murah.

Jika hendak berkunjung ke grosir baju, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :
  • Perhatikan dompet dan tas yang Anda bawa, berikut isinya tentu. Sebaiknya, Anda tidak membawa uang berlebihan. Untuk menghindari pencurian, juga belanja berlebihan.
  • Karena diperkirakan akan selalu dipadati pengunjung, sebaiknya, Anda menentukan waktu yang paling tepat sehingga tidak terlalu berdesakan saat berbelanja.
  • Perhatikan seluruh barang belanja Anda, jangan sampai meninggalkannya di suatu tempat ketika sedang menawar barang yang hendak dibeli.
  • Sebaiknya, Anda berbelanja dengan perut kenyang untuk menghindari pingsan saat berbelanja. Kalaupun belum, Anda dapat mengisi perut di sela-sela waktu belanja.
  • Terakhir, sebaiknya Anda tidak membawa serta putra atau putri Anda, terutama jika masih balita. Kecuali, jika anak Anda dianggap sudah bisa menjaga diri sendiri (minimal remaja).

Grosir Baju di Jakarta

Jika belanja di Jakarta, Anda dapat menemukan pusat grosir baju yang terdapat di Jakarta. Grosir baju biasanya dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata belanja oleh orang-orang dari luar Jakarta, terutama dari luar Pulau Jawa.

Bisa dikatakan, harga pakaian di luar Pulau Jawa bisa mencapai lima kali harga wajar yang ditawarkan di grosir baju tersebut. Oleh sebab itu, berbelanja pakaian di grosir baju dijadikan salah satu tujuan wisata utama.

Pasar Tanah Abang dan ITC Mangga Dua merupakan tempat grosir baju yang terdapat di Jakarta. Di kedua tempat grosir baju tersebut, Anda tidak hanya akan menemukan pakaian. Ada banyak barang lainnya banyak dijual di sana. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Pasar Tanah Abang terletak di daerah Tanah Abang, Jakarta Barat, sedangkan ITC Mangga Dua terletak di daerah Jakarta Pusat, sekitar jalan Gunung Sahari.

Keduanya terpisah cukup jauh, melalui jalanan paling ramai dan padat di Jakarta. Jika Anda hendak mengunjungi keduanya, sebaiknya tidak mengunjunginya dalam sehari agar Anda tidak terburu-buru saat berbelanja.


Tanah Abang - Pusat Grosir Baju

Pasar Tanah Abang adalah pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara karena menjadi pusat perdagangan tektil utama ke berbagai tempat di Indonesia, Asia, dan dunia. Di sini, para pengunjung dapat membeli berbagai kebutuhan, termasuk grosir baju dengan harga yang murah.

Pasar Tanah Abang memiliki tiga gedung sebagai pusat perdagangan, yaitu Tanah Abang Metro, Tanah Abang Lama dan Tanah Abang AURI. Untuk berbelanja grosir baju di Tanah Abang, kunjungilah Tanah Abang AURI, tepatnya di blok E. Di sana adalah tempat kios-kios yang menjual baju eceran ataupun baju grosir.


Grosir Baju di Bandung

Bandung, dewasa ini, dikenal sebagai kota tujuan wisata belanja, terutama berbelanja pakaian. Dapat dilihat dengan menjamurnya jenis tempat berbelanja pakaian berbentuk factory outlet di sepanjang jalan utama di Bandung.

Factory outlet tidak hanya menjual pakaian. Di sana, ditawarkan pula kebutuhan harian lainnya, juga makanan dan minuman. Namun, tidak semua factory outlet menawarkan pakaian dengan harga grosir.

Beberapa di antaranya, bahkan menawarkan harga pakaian seperti halnya yang ada di pusat-pusat pertokoan. Anda jangan keliru, di factory outlet, Anda tidak dapat menawar harga barang yang dijual. Barang-barang tersebut sudah dipatok dengan harga resmi.

Pasar Baru dan ITC Kebon Kalapa merupakan tempat-tempat belanja grosir baju. Terletak berdekatan di daerah pusat kota Bandung, keduanya dapat dijadikan pilihan untuk mendapatkan grosir baju berkualitas dengan harga murah.

Jangan ragu untuk menawar harga di kedua tempat ini, dijamin Anda akan merasa puas setelah menawar harga pakaian yang diinginkan. Di bagian timur kota Bandung, terdapat toko sejenis factory outlet yang menawarkan harga pakaian branded dengan harga hampir seperlimanya.

Nama toko tersebut adalah Paberik Badjoe, berisi seluruh produk branded yang diproduksi pabrik Delami yang berada di sebelahnya. Pabrik Delami dikenal sebagai produsen produk pakaian dengan brand Color Box, Executive, Woods, dan Wrangler.


Membeli Grosir Baju Anak

Bagaimanakah cara membeli grosir baju anak? Apakah bisa membeli baju grosir anak? Mungkinkah membeli baju grosir anak? Membeli baju grosir anak di bawah usia satu tahun mungkin saja karena memang memerlukan pakaian dengan jumlah banyak saat anak berusia satu tahun.

Contohnya, membeli grosir baju anak berupa kaos, celana pendek, dan celana dalam. Apalagi jika Anda seorang orangtua yang anti dengan pampers.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli baju grosir anak, yaitu sebagai berikut. 

1. Kualitas Baju
Ketika akan membeli baju grosir anak, perhatikanlah kualitas baju dengan teliti, terutama kaos dan calana dalam. Memborong secara grosir baju anak bukan berarti hanya murah yang harus dipertimbangkan.

Perlu diketahui, baju grosir ada yang berkualitas istimewa (KW1) dan baju grosir yang berkualitas sedang (KW2) atau yang murah dengan bahan yang kasar. Pilihlah grosir baju anak dari bahan katun yang dapat menyerap keringat. 

2. Model Baju
Bagi orangtua, kenyamanan anak adalah segala-galanya. Jika anak Anda alergi dengan bahan karet, janganlah membeli grosir baju hanya karena model bagus atau harga yang murah.

Jangan memilih lengan atau paha model kerut dengan karet, lingkaran leher yang terlalu sempit atau lingkaran pangkal lengan ketat. 

Anak-anak yang aktif bergerak akan selalu berkeringat. Tiga jenis pakaian tadi akan membuat kulit anak iritasi karena sirkulasi udara yang tidak bebas pada kaos maupun celana. Sementara itu, model kerut dengan karet, akan‘menggigit’ kulit si anak sehingga anak tidak nyaman. 

3. Survei Harga
Memborong grosir baju anak memang jeuh lebih murah, tetpai jika tidak pintar-pintar memilih, mungkin saja Anda akan memperoleh harga grosir baju yang sama dengan harga satuan. Sering-seringlah melakukan survei terlebih dahulu.

Jika berbelanja di toko grosir baju, jangan ragu untuk berkeliling terlebih dahulu membandingkan harga grosir baju antara toko yang satu dan toko yang lainnya.

Bagaimana? Siap berburu barang di grosir baju?

5 Tips Belanja Online

Makin banyak orang sibuk, makin banyak orang yang menginginkan segala sesuatu yang praktis, termasuk dalam urusan berbelanja baju atau pakaian. Kehadiran internet membuka sistem bertransaksi yang baru, dan belum pernah dikenal sebelumnya.

Yaitu jual beli online. Pembeli dan penjual bertemu lewat media internet, sehingga tidak perlu bertemu langsung di suatu tempat misal toko, warung, atau pasar.

Tips Belanja Online

tips belanja online agar aman dan nyaman tips belanja online di shopee tips belanja online agar tidak tertipu tips belanja online di masa pandemi tips belanja di shopee agar tidak tertipu tips belanja online di facebook artikel tentang tips belanja online belanja online paling aman

Memang dibandingkan dengan belanja langsung di toko atau swalayan kita dapat melihat dan merasakan langsung pakaian yang akan dibeli. Lewat internet kita belanja hanya melihat dari gambar, namun ada beberapa tip yang dipakai untuk mendapatkan baju yang berkualitas lewat internet.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli sesuatu atau mungkin masih takut berbelanja secara online, berikut ini berikut beberapa tips belanja online yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan transaksi.


Tips Berbelanja Online

Ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan sebelum melakukan pembelian lewat internet, berikut 5 tips belanja online yang dapat kita ikuti antara lain:

1. Cari Tahu Identitas Penjual
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengecek identitas penjual. Di sini, Anda tidak perlu meminta kartu tanda pengenal penjual, seperti KTP atau SIM.

Yang Anda butuhkan adalah informasi identitas penjual di dunia maya, seperti alamat situs/blog, facebook, twitter, instagram, dan yang tidak kalah penting adalah nomor telepon / whatsapp yang bisa dihubungi.

Selain itu, Anda bisa melakukan pengecekan melalui mesin pencari. Jika beruntung, Anda bisa menemukan review dari pelanggan lain yang pernah bertransaksi dengan toko online tersebut sehingga Anda bisa mengambil simpulan sendiri setelah membacanya.

2. Bandingkan Harga
Berbelanja di depan komputer bukan berarti kita tidak bisa leluasa memilih seperti ketika kita berbelanja di toko atau mall. Tenang, toko online sekarang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya sehingga kita bisa membandingkan harga satu toko dengan toko lainnya.

Pilihlah harga yang sepantasnya, bila menemukan barang dengan harga jauh dari harga pasaran sebaiknya menghindari membeli barang tesebut.

Karena memiliki resiko tinggi yang akan merugikan pembeli, resiko pertama adalah penipuan. Barang jauh dari harga pasaran akan nampak ganjil, walaupun nanti barangnya tersedia biasanya sudah rusak atau tidak layak untuk dipakai.

3. Berkomunikasi dengan Penjual
Jangan langsung terburu-buru mentransfer uang tanpa melakukan komunikasi terlebih dahulu kepada penjualnya. Lakukan komunikasi, baik melalui chatting, komentar, SMS, atau telepon mengenai produk yang akan Anda beli.

Dari komunikasi tersebut, selain bisa mengetahui informasi produk secara lengkap, sebagai ajang untuk mengetahui seberapa care penjual kepada pelanggan. Penjual yang baik akan melayani calon konsumennya secara baik dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan kita secara jelas.

4. Kesepakatan
Jangan lupakan poin yang satu ini jika sudah melirik produk yang ingin Anda beli. Periksa dan baca secara saksama aturan yang biasanya diberikan penjual, seperti jaminan kualitas barang, ukuran barang, cara pengiriman, dan sebagainya. Cari tahu juga bagaimana jika barang itu tidak sesuai dengan yang diiklankan. Apakah ada garansi atau tidak?

Semua ini dilakukan demi kebaikan antara penjual dan pembeli sehingga tidak ada yang dijadikan kambing hitam jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari.

5. Simpan Bukti Pembayaran
Setelah setuju untuk membeli barang, tentunya Anda akan segera mentransfer sejumlah uang kepada penjual. Setelah melakukan transfer, jangan lupa menyimpan bukti pembayaran Anda. Kemudian, beritahu kepada penjual bahwa Anda sudah mentransfer kepadanya. Ini dilakukan agar barang pesanan segera dikirim ke alamat Anda.

Agar transaksi berjalan aman maka kita membutuhkan pihak ketiga untuk mengawasi bila ada penipuan, pihak ini umumnya disebut sebagai rekening bersama. Ya, dengan rekening bersama ini kita akan melakukan pembelian online dengan sangat aman.

Karena uang akan disimpan terlebih dahulu oleh rekening bersama, selanjutnya menunggu konfirmasi dari pembeli apakah barang sudah datang atau sesuai kriteria. Bila konfirmasi pembeli sudah dikirim maka uang akan dikirimkan ke penjual.


Kelebihan Berbelanja Online

Setiap produk hasil dari kemajuan teknologi menghadirkan kepraktisan bagi penggunanya, berikut ini sejumlah kelebihan dalam melaksanakan transaksi online:

1. Praktis
Tidak dipungkiri lagi bahwa berbelanja online menyajikan kepraktisan bagi para pembeli dan penjualnya sekaligus. Dengan beberapa klik dan ketik maka barang yang ingin dipesan akan tiba di rumah dalam hitungan beberapa hari bahkan hitungan jam.

Sungguh kehadiran internet membuat kita enggan untuk pergi ke swalayan untuk membeli barang-barang keperluan.

Selain kepraktisan dalam hal pembelian, berbelanja di internet juga praktis di dalam segi pembayaran. Bila membeli di toko sebenarnya kita harus membawa uang dan dompet, tentu bila barangnya mahal maka uang yang dibawa akan bertambah banyak.

Dari internet kita cuma memerlukan akun bank online semisal Klik BCA atau tabungan Mandiri online di Indonesia, terserah kita mau memiih mana yang dijadikan pilihan.

2. Cepat
Cepat disini diartikan proses transaksi yang hanya berlangsung sekian detik maupun menit. Di internet barang-barang yang dijual biasanya sudah ditentukan harganya sehingga proses tawar menawar jarang terjadi, walaupun kadangkala ada juga yang melelang barangnya di internet sehingga tawar-menawar harga sudah kepastian.

Berbelanja lewat dunia langsung maka kita perlu bepergian ke luar rumah, pergi ke supermarket atau tempat penjualan yang lainnya. Bepergian ke luar rumah tentunya menghabiskan banyak waktu, jarak antara rumah dan tempat jualan tentu memakan banyak waktu.

Belum lagi biaya bensin dan parkir yang akan ditanggung oleh kita yang akan beli di dunia nyata. Cepat dan murah bukan?

3. Pilihan banyak
Selain cepat dan murah, berbelanja di internet menjanjikan banyak pilihan untuk satu barang yang akan kita beli. Hitung saja berapa toko online yang ada di Indonesia, jumlah website jual beli, dan forum jual beli yang ada.

Tentunya angka yang diperoleh sangat banyak, dan sudah barang tentu maka produk yang ditawarkan berjumlah tidak sedikit.

Misalnya saja kita membeli batik, maka kita ketik di Google.com kata kuci “toko batik” atau “jual batik”. Hasil pencarian dari search engine tersebut akan memunculkan ratusan hingga juataan website yang menyediakan layanan jual beli batik. Tinggal mana yang akan kita kunjungi, atau kunjungi beberapa website untuk membandingkan kualitas dan harga.

4. Privasi pembeli
Privasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan bagi para pembeli produk yang bersifat pribadi. Seorang yang membeli barang bersifat pribadi akan malu-malu membeli di tempat yang terbuka semisal swalayan.

Tapi di internet kita akan dengan enak membeli barang-barang tersebut karena identitas pembeli hanya diketahui oleh para penjual atau pemilik website saja.

Maka tidak mengherankan sekarang ini jualan di internet dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh para produsen barang-barang pribadi. Contohnya obat kuat, pakaian seksi wanita, dan barang-barang lainnya. Tapi bagi para pembaca jangan pernah menggunakan fasilitas internet untuk membeli barang yang diharamkan oleh agama.

5. Hemat tenaga
Mondar mandir di swalayan atau supermarket sangat menghabiskan tenaga, apalagi bagi para pria yang mendampingi istrinya. Belanja hanya kegiatan para wanita, ya itulah anekdot sampai sekarang di bayangan para masyarakat.

Tetapi kehadiran internet saat ini malah membuat para pia gandrung berbelanja. Karena tidak perlu kelelahan jalan kaki seperti belanja langsung, dengan menggeser mouse saja kita sudah pindah toko di internet.


Kekurangan Berbelanja Online

Walaupun berbelanja di internet mempunyai kelebihan yang banyak, namun juga memiliki beberapa kekurangan. Yang pertama adalah keamanan dalam bertransaksi, seringkali orang tertipu lewat jual beli di internet. Tetapi ada cara untuk mengatasi kekurangan ini, yakni memastikan bahwa penjual di internet benar-benar dapat dipercaya.

Selain itu kita harus dapat memastikan langsung penjual dengan mendatanginya di dunia nyata, umumnya cara ini dipakai bila barang yang dijadikan transaksi adalah barang malah semisal mobil, sepeda motor, ataupun laptop.

Itulah beberapa tips belanja online yang bisa Anda lakukan saat berbelanja pakaian atau baju di internet. Selamat berbelanja!

Mengenal Perhiasan Rhodium, Yang Saat Ini Laris Di Pasaran

Kali ini kita akan membahas tentang Perhiasan Rhodium. Bagi kamu yang belum pernah menggunakan perhiasan imitasi mungkin belum mengerti ya tentang apa itu rhodium. Nah di artikel kali ini kita akan bahas tuntas tentang salah satu bahan yang digunakan untuk membuat perhiasan perhiasan imitasi yaitu bahan rhodium.

Mengenal Perhiasan Rhodium, Yang Saat Ini Laris Di Pasaran


Mengenal Perhiasan Bahan Rhodium

Nama rhodium itu berasal dari bahasa Yunani yaitu rodon rodon artinya bunga mawar nah rhodium ini diberi nama bunga mawar itu karena dalam bentuk garam mineral unsur ini memiliki warna yang mirip dengan warna bunga mawar, khususnya bunga mawar hitam ya bukan bunga mawar yang merah.

Berikutnya tentang karakter logam rhodium. Rhodium ini dalam bentuk padat dia berwarna putih keperakan ya warna putih keperakan. Rhodium termasuk logam yang tidak mudah bereaksi dengan oksigen di udara. Rhodium dapat digunakan sebagai katalis dan sangat efektif dalam mempercepat jalannya suatu reaksi kimia.

Logam ini juga sangat tahan terhadap korosi dan oksidasi, memiliki titik leleh yang tinggi, dan juga tidak beracun. Rhodium termasuk logam langka di dunia. Rata-rata produksi per tahun logam rhodium itu sangat kecil.

Nah karena rhodium ini keberadaannya langka maka rhodium menjadi salah satu logam yang harganya termahal di dunia. Harganya bisa mencapai sekitar empat juta per gram, wah bayangkan harganya lebih mahal daripada harga emas ya...

Rhodium itu sering ditemukan di dalam deposit atau mineral platinum dan umumnya rhodium ini didapatkan sebagai produk sampingan dari hasil penambangan dan pemurnian platinum. Logam rhodium sangat jarang digunakan sebagai unsur murni tapi lebih banyak dimanfaatkan sebagai campuran logam.

Rhodium bisa digunakan untuk membuat serat kaca, komponen termokopel, elektroda busi pesawat terbang, dan cawan lebur laboratorium, dan lain-lainnya nah rhodium ini tidak digunakan sebagai bahan utama untuk membuat perhiasan tetapi dicampur dengan tembaga, timah, atau logam lainnya.

Nah biasanya rhodium ini pada perhiasan digunakan sebagai lapisan tambahan ya untuk mempercantik penampilan perhiasan. jadi bukan sebagai bahan utama ya. Kelebihan dari logam Rhodium atau unsur Rhodium ini adalah dia bisa membuat warna rangka perhiasan itu menjadi lebih mengilat.

Kemudian Perhiasan yang mengandung unsur rhodium tidak mudah berubah warna. Kalau kamu menemukan perhiasan yang katanya dari bahan rhodium kemudian dia cepat sekali berubah warna. Mungkin kita perlu melihat lagi kandungannya, kandungan dari perhiasan itu apakah dia mengandung logam yang sifatnya dia mudah kena korosi atau tidak.

Biasanya kalau campuran logam yang mudah kena korosi itu lebih banyak daripada logam lainnya yang antikorosi maka perhiasan itu bisa saja menjadi berubah warna ya, karena mungkin perhiasan itu sering kontak dengan air ya atau zat kimia tertentu, parfum, lotion, dan lain-lain, dan mungkin juga akibat dari dibiarkan dalam kondisi lembab dalam jangka waktu tertentu.

Jadi diliat lagi nih unsurnya unsur yang digunakan untuk membuat perhiasan itu lebih banyak yang mana ya lebih banyak unsur yang antikorosinya atau lebih banyak unsur yang tidak antikorosi ya seperti itu.

Kemudian dari sisi harga perhiasan yang menggunakan lapisan rhodium itu, harganya jauh lebih murah daripada yang perhiasan emas dan perak. Karena faktor tadi bahwa membuat perhiasan yang menggunakan lapisan rhodumnya itu biasanya di pasaran lebih sedikit lapisan rhodiumnya ketimbang logam lainnya ya biasanya.

Kok bisa ya harga perhiasan ini lebih murah daripada harga emas padahal modelnya mirip ya warnanya mirip tapi kok ini lebih murah mungkin itu karena kandungan logam yang dibuat.

Kandungan logam yang digunakan untuk membuat perhiasan itu mungkin kandungannya lebih banyak tembaganya, sementara tembaga itu kan murah maka hasilnya produk perhiasan campuran tembaga dengan rhodium, dengan campuran emas itu lebih murah perhiasan yang lebih banyak campuran tembaganya daripada yang perhiasan emas seperti itu.

Di pasaran juga kita bisa lihat bahwa harga perhiasan dengan rangka yang menggunakan campuran tembaga dan rhodium itu tidak dihitung per gram, tidak seperti emas dihitungnya per gram tetapi per design atau per item perhiasan.


Baca Juga :

perbedaan perhiasan titanium dan rhodium harga rhodium per gram kelemahan rhodium cara merawat perhiasan rhodium rhodium perhiasan perhiasan bahan rhodium dan cubic zirconia rhodium vs xuping bahan rhodium adalah

Cara Menjual Produk ke Luar Negeri Secara Online

Kita akan membahas tentang tips menjual barang ke luar negeri secara online. Mau tau caranya? Sebagai pelaku bisnis, Anda tidak hanya dituntut untuk mengetahui cara menjalankan bisnis saja. Namun juga harus mengetahui cara dan strategi dalam memasarkan produk secara tepat dan terarah.

Dengan begitu, produk yang akan dipasarkan dapat terjual secara maksimal. Karena jika tidak menggunakan strategi pemasaran yang benar, meskipun produk yang ditawarkan cukup berkualitas, keuntungan yang didapatkan hanya sedikit.

Cara Menjual Produk ke Luar Negeri Secara Online


Sedikitknya keuntungan yang diperoleh tentu saja akan menghambat proses pertumbuhan dan laju usaha yang sedang dikelola. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis yaitu melakukan pemasaran produk ke luar negeri.

Menjuak produk ke luar negeri kini dapat dilakukan dengan mudah melalui media digital. Saat ini, akses untuk berkomunikasi serta penyebaran informasi dari seluruh dunia dapat dilakukan lewat internet. Termasuk untuk memperkenalkan bisnis ke luar negeri. Untuk mengetahui bagaimana strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran produk ke luar negeri, simak penjelasan berikut ini.


Cara Menjual Produk Ke Luar Negeri Secara Online

1. Membuat Website Online Shop Sendiri

Untuk memasarkan produk ke luar negeri, Anda dapat membuat sebuah website. Ini jauh lebih besar peluangnya daripada sekadar memasarkan produk melalui marketplace. Anda dapat menggunakan website tersebut untuk mempromosikan produk Anda.

Dengan begitu, melalui website inilah calon konsumen memperoleh info yang lengkap tentang siapa kita, barang apa yang dijual dan diproduksi, berapakah besar kemampuan produksi, bagaimana mutu barang, dan info pendukung yang lain yang akan meyakinkan konsumen.

Perlu diperhatikan bahwa website bukan hanya sebagai pengganti katalog. Namun, website juga merupakan sebuah media komunikasi yang interaktif dengan calon konsumen. Oleh sebab itulah, website seharusnya dilengkapi dengan berbagai sarana untuk berkomunikasi secara cepat, baik dalam bentuk e-mail ataupun chat.

Sesuaikan website dengan target pasar. Sebagai contoh, apabila ingin lebih mudah menembus pasar eropa, maka design website situs baiknya simpel, classic, tidak ada animasi aneh-aneh, sebab memang seperti itu umumnya ciri-ciri design eropa. Lain hal dengan amerika serikat, design yang modern kreatif akan lebih memudahkan orang amerika untuk tertarik membuka website yang kita miliki. 

2. Pelajari SEO

Karena pemasaran produk kita mengandalkan internet, maka sudah menjadi kewajiban untuk mengetahui ‘kebiasaan’ para pengguna internet. Mayoritas tidak terlalu menyukai untuk langsung masuk ke website suatu perusahaan serta mencari info produknya di sana. Melainkan lebih menyukai mencarinya melewatii search engine seperti google, yahoo!, bing dan lain sebagainya.

Contohnya jika kita mencari produk baju lebaran, sangat jarang kita mengetik di google itu “bajulebaran.com” tetapi lebih sering “grosir baju lebaran” atau “baju lebaran murah”. Jika Anda berjualan furniture, maka Anda harus melakukan riset.

Apakah saat calon konsumen mengetik kata kunci (keyword) yang terkait dengan furniture seperti “meja rias” atau “lemari pakaian anak”, website kita ada di halaman hasil pencarian yang strategis? Penguasaan keyword juga butuh perhatian khusus.

Hal yang perlu diriset dengan serius yaitu, keyword apa yang diketik oleh calon pembeli kita terkait dengan produk yang kita tawarkan. Pada saat kita jual handphone misalnya, akankah memakai keyword handphone, mobile phone, atau cell phone?

Memahami istilah-istilah yang terkait dengan produk yang kita jual ke negara-negara tujuan menjadi salah satu kunci sukses menembus pasar luar negeri. Oleh sebab itu, website yang kita miliki haruslah search engine friendly.

Hal tersebut termasuk sangat penting. Agar ketika calon konsumen kita mencari dengan sebuah kata kunci, maka perusahaan kita lah yang muncul di halaman pertama mesin pencari. Sebab beberapa perusahaan cenderung abai terhadap hal ini dan hanya fokus mempercantik tampilan website.

Padahal, seo sendiri mempunyai nilai strategis supaya mudah di cari pengguna internet yang merupakan calon konsumen kita.


3. Gunakan Google Ads, FB Ads dan IG Ads

Meskipun calon konsumen akan datang dengan sendirinya bila website kita search engine friendly dan menguasai kata kunci (keyword) yang pas namun tetap saja suatu situs yang bertujuan menghasilkan penjualan harus dipromosikan dengan serius untuk memperoleh calon konsumen tertarget atau siap membeli produk Anda.

Anda bisa menggunakan iklan atau promosi berbayar seperti google ads dan fb ads. Iklan google ads digunakan untuk mempercepat promosi. Apalagi jika dikombinasikan dengan seo, menggunakan bahasa target, target negara, dan kata kunci maka promosi produk Anda pun akan semakin mudah ditemukan oleh konsumen.

Namun ada hambatan jika menggunakan iklan google ads, yakni adanya biaya testing. Sehingga Anda harus mengatur anggaran Anda sekuatnya namun jangan beriklan dengan biaya yang mahal sebelum menguji iklan terlebih dahulu.

Berbeda dengan iklan googles, facebook ads tidak memanfaatkan kata kunci karena berbasis sosial media facebook. Dan kelebihan dari iklan fb ini adalah memudahkan untuk membidik target yang cukup detail yang bukan hanya detail sampai suatu negara atau kota tujuan. Namun juga bisa mendeskripsikan secara demografi, profesi dan perilaku yang bisa kita atur dalam iklan kita.

Sehingga kita tidak salah sasaran dalam beriklan. Beriklan di facebook juga bisa sekaligus beriklan di instagram.


4. Gunakan Situs Marketplace Luar

Bergabung dengan marketplace memberikan Anda keuntungan pada kecepatan penjualan. Anda bisa bergabung dengan marketplace internasional seperti alibaba, aliexpress, amazon, ebay, etsy dan juga olx untuk mendapatkan kecepatan penjualan.

Berjualan di marketplace global bisa jadi alternatif untuk berwirausaha. Bisnis ini bisa dijalankan paruh waktu, keuntungannya pun tak tanggung-tanggung, apalagi jika bisa memanfaatkan momen viral sebuah produk.

Para penjual dari indonesia banyak memasarkan barang khas indonesia, misalnya batik dan produk makanan, seperti mie instan juga kopi kemasan. Keuntunga satu produk yang dijual bisa mencapai ratusan persen.

Contohnya, mie instan asal indonesia yang di dalam negeri senilai Rp 33.000 per 15 bungkus, harganya bisa melonjak ratusan persen menjadi $16. Namun, keuntungan itu belum dipotong dengan biaya tambahan yang diberlakukan setiap platform markeplace global. Anda tertarik? 


5. Pahami Metode Pembayaran

Gunakan metode pembayaran yang paling aman dan paling diminati diseluruh dunia, maka dalam hal ini Anda harus menggunakan metode pembayaran ( payment methods ) melalui : Paypal, Westren union, debit/credit card. Setiap toko online selalu menerima pembayaran terlebih dahulu sebelum barang dikirim, ini memang aturan super wajib.

Setelah jumlah barang dan ongkirnya deal, maka pembeli dari luar negeri harus bisa langsung mengirim uang ke indonesia. Western union dan transfer bank biasanya membebankan biaya transaksi kepada pembeli, sedangkan paypal membebankan biaya transaksi ke penjual.

Misalnya untuk transaksi $100 biasanya dipotong paypal sekitar $2-$4 jadi yang kita terima sekitar $97 an, disarankan untuk meminta pembeli mengirim $104 agar kita terima bersih $100.


6. Pahami Metode Pengiriman

Jika calon konsumen Anda adalah orang luar negeri, maka Anda tidak luput dari kata worldwide shipping dan we deliver our products all over the world istilahnya. Anda melayani pengiriman ke seluruh dunia tergantung negara tujuan si pembeli tadi.

Dengan worldwide shipping Anda sudah bisa mengirim produk yang Anda jual keseluruh dunia, asyik2 joss, ya joss lah, hari ini pembeli dari canada, besok dari arab saudi, lusa dari antartika, dan seterusnya. Hal ini perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Akan percuma kita memperoleh banyak pembeli, jika selanjutnya kita tidak dapat kirim barangnya ke negara tujuan sebab tak paham cara atau prosedur mengirim barang ke luar negeri.

Lalu bagaimana caranya? oke, kita jelasin satu-satu. Kalau Anda sering melakukan pengiriman lokal, mustahil Anda tidak tahu dengan perusahaan kurir yang namanya tiki, jne express atau jnt. Paham ya? Sebaiknya Anda paham.

Nah, jika hendak mau kirim paket international bagaimana? Berikut ini adalah daftar beberapa jasa kurir/pengiriman international DHL, Fedex, Air mail/ems, UPS, TNT Anda tinggal pilih mana yang tersedia di kota Anda. Sudah banyak para pedagang yang bisa menghasilkan banyak keuntungan dengan menjual barang ke luar negeri, karena didukung dengan ketersedian layanan yang tergolong mudah untuk di jalankan.

Contohnya adalah jam matoa lewat websitenya matoa indonesia. Bahkan untuk Anda yang sangat awam dalam hal ini pun dapat dengan mudah mengikuti jejak kesuksesan mereka, sekarang ini banyak para pengusaha yang mau berbagi rahasia suksesnya. Tidak perlu takut atau minder karena tidak bisa bahasa inggris, toh sekarang ini ada google translate.

Sehingga Anda bisa memahami dengan mudah bahasa inggris. Intinya agar bisa sukses menjual barang ke luar negri kita harus mempersiapkan produk yang berkualitas dan juga kemudahan konsumen dalam mengetahui usaha kita.

Lakukan berbagai macam promosi secara online seperti beriklan dan juga optimasi website agar konsumen mudah menemukannya. Itulah pembahasan tentang tips menjual barang ke luar negeri secara online yang perlu Anda ketahui.


Baca Juga :

marketplace untuk jualan ke luar negeri menjual barang kerajinan ke luar negeri disebut strategi pemasaran produk ke luar negeri cara memasarkan produk ke luar negeri secara online cara jual barang ke luar negeri lewat shopee syarat dan ketentuan menjual barang ke luar negeri 5 cara pemasaran barang ke luar negeri cara memperkenalkan produk ke luar negeri cara menjual produk indonesia ke luar negeri, bagaimana cara menjual produk ke luar negeri, cara menjual produk lokal ke luar negeri, cara menjual produk online ke luar negeri, cara menjual produk kita ke luar negeri, cara menjual produk ukm ke luar negeri, cara menjual produk makanan ke luar negeri, cara menjual produk ke luar negeri secara online, bagaimana cara menjual barang ke luar negeri, memasarkan produk ke luar negeri, bagaimana cara memasarkan produk ke luar negeri

Cara Mengatasi Penjualan yang Menurun Akibat Pandemi

Usaha Anda sedang mengalami penurunan penjualan? Ingin tahu cara mengatasi penjualan yang menurun? Dalam keadaan dan kondisi ekonomi apapun, sebuah usaha harus tetap beroperasi agar roda tetap berputar dan mendapatkan keuntungan yang terus meningkat.

Mungkin dalam kondisi normal atau stabil, menjalankan usaha bukanlah hal yang sulit. Namun, pernahkan Anda menjalankan usaha dalam kondisi sulit atau sedang mengalami krisis? Contohnya seperti ketika ada pandemi seperti sekarang ini?

Pada masa krisis atau sulit biasanya usaha akan mengalami kesulitan seperti menurunnya penjualan, menurunnya produktivitas, dan masalah lainnya sampai terkadang juga sampai ada yang mengalami kebangkrutan.



Tips Mengatasi Penjualan Yang Menurun

1. Kenali Permasalahannya

Jika ternyata selama beberapa waktu belakangan ini omzet penjualan Anda mengalami penurunan, maka artinya ada masalah yang terjadi. Bukan hanya Anda saja, namun usaha dalam skala besar sekalipun akan mengalami masalah yang sama saat omzet mereka mengalami penurunan.

Hal seperti ini akan berimbas pada bisnis secara keseluruhan, sehingga sangat penting untuk mengatasinya dengan langkah-langkah yang paling tepat. Maka Anda harus cari tahu penyebab menurunnya penjualan usaha Anda. Misalnya apakah harga yang Anda tetapkan kemahalan? Atau masalah lain semisal pelayanan yang buruk.

Seringkali di bahas dalam artikel kami bahwa pelayan yang terbaik akan menjadi iklan terbaik bagi bisnis Anda. Pelayanan buruk ditandai dengan banyaknya komplain yang diterima.

Contohnya konsumen dibuat menunggu terlalu lama, tidak disambut dengan senyuman hangat, tidak ada suasana ramah, dll.

Contoh masalah lainnya misalkan kurang pemasaran. Anda membuka usaha jual kaos polos. Lokasinya pinggir jalan tetapi Anda tidak membuat papan penanda bahwa Anda berjualan. Artinya bisnis Anda sama saja goib alias tidak terlihat.

Maka dari itu temukan terlebih dahulu masalahnya apa lalu cari solusinya. Cara mengatasi penjualan menurun yang berikutnya adalah


2. Maksimalkan Pemasaran

Dalam situasi daya beli menurun, maka kemampuan konsumen dalam membelanjakan uangnya menjadi terbatas. Kompetisi perebutan konsumen terjadi sangat ketat, siapa yang tidak siap menghadapi situasi seperti ini akan memperoleh dampak penurunan penjualan yang paling besar.

Tujuan promosi penjualan untuk mencapai omset penjualan yang optimal dan menguntungkan promosi penjualan yang benar dan tepat harus dilakukan, karena pada dasarnya promosi penjualan mempunyai tujuan penting yang akan mendukung tercapaianya omset optimal yang menguntungkan bagi perusahaan.

Bentuk promosi seperti apa tergantung dari pasar yang ditarget. Pemilihan bentuk promosi perlu hati hati, karena apabila tidak efektif, justru membebani usaha. Tapi bila tidak dilakukan, peluang untuk keluar dari situasi sulit semakin kecil.

Apabila promosi berbentuk penurunan harga jual seperti diskon, perlu dipertimbangkan efektifitasnya dan perlu disertainya komunikasi yang efektif, karena bisa terjadi tehnik promosi dengan penurunan harga jual ini justru menggerus perolehan laba usaha.

Kegiatan pemasaran menjadi hal lainnya yang tidak boleh disepelekan. Penting untuk terus belajar dan mengasah kemampuan dalam bidang yang satu ini, sebab bisnis dan pasar akan terus berkembang dengan pesat.

Jika tidak menerapkan berbagai strategi pemasaran yang tepat untuk mengimbanginya, maka omzet menurun dan berpotensi membuat Anda gulung tikar. Luangkan waktu untuk mempelajari hal ini dan jangan lupa untuk mengaplikasikannya di dalam bisnis yang dijalankan.


3. Fokus pada Pelanggan

Dalam kondisi ekonomi yang buruk atau sedang mengalami krisis, yang mendapatkan dampak bukan hanya pengusaha tetapi juga masyarakat keseluruhan. Jadi yang merasakan kesulitan ekonomi sebenarnya bukan hanya Anda.

Maka dari itu maksimalkan database pelanggan Anda. Hubungi dan follow up mereka. Tujuannya agar Anda tidak kehilangan pelanggan dan mereka tetap loyal pada usaha Anda. Mencari konsumen baru akan memakan biaya promosi yang lebih mahal ketimbang mempertahankan pelanggan.

Contohnya Anda jika Anda bergerak di bidang kuliner, Anda bisa tawarkan menu-menu baru ke pelanggan Anda lalu minta mereka membuat video testimoni lalu upload ke sosial media masing-masing pelanggan Anda.

Video testimoni terbaik akan mendapatkan hadiah. Dengan mengajak berinteraksi seperti ini, Anda menjaga pelanggan tetap loyal sekaligus promosi gratis melalui media sosial setiap pelanggan Anda.


4. Lakukan Adaptasi

Melakukan adaptasi di masa krisis akan menjadi salah satu solusi penjualan yang menurun. Misalkan di masa pandemi seperti sekarang ini. Ada banyak bisnis yang tumbang. Kecuali mereka yang mampu beradaptasi dan memanfaatkan situasi menjadi keuntungan.

Kita bisa contoh misalkan iklan transmart di tv. Promosi dengan mengedepankan kebersihan dan kenyamanan berbelanja di masa pandemi. Di tempat lainpun termasuk di daerah Anda saya yakin ada restoran atau toko yang menyiapkan tempat cuci tangan di depan toko mereka sebagai salah satu protokol kebersihan.

Bisnis Anda pun sebaiknya melakukan adaptasi seperti misal di bisnis makanan. Anda menggeser layanan ke take away, menyediakan frozen food atau di vacum agar bisa lebih awet untuk dikirim keluar kota.

Ada satu tips bagi Anda pengusaha kuliner yg terdampak pandemi saat ini untuk meningkatkan penjualan usaha kuliner Anda yaitu bungkus 2x. Maksudnya adalah bungkus produk makanan Anda 2x dengan kantong kresek.

Beritahu konsumen Anda bahwa hal ini dimaksudkan untuk menjaga higienitas produk makanan Anda. Beritahu juga bahwa ketika pesanannya datang diantar oleh kurir gofood atau grabfood, segera buang kantong paling luar.

Tips ini sudah dipraktekkan oleh beberapa pengusaha kuliner yang bahkan bisa menaikan kembali penjualan bahkan lebih. Jika Anda bisnis fashion seperti kaos, mungkin Anda bisa geser ke produksi masker custom sesuai dengan standar kesehatan atau Anda bisa produksi APD.

Menyiapkan bisnis sampingan yang masih satu market dengan bisnis Anda memang lebih baik karena Anda bisa memanfaatkan database pelanggan yang sudah Anda miliki. Namun tidak ada salahnya juga membuka bisnis yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan bisnis utama Anda.


5. Buat Terobosan

Berpikir out the box, bisa menciptakan inovasi terobosan yang bisa jadi membawa perusahaan keluar dari situasi sulit dan bahkan bisa juga berdampak posotif pada bisnis jangka panjang. 

Inovasi bisa saja sangat simpel dan tidak membutuhkan pembiayaan yang beresiko tinggi. Ketika kompetitor menggunakan styrofoam misalnya, Anda justru menggunakan pembungkus dari daun untuk bungkus makanan.

Ketika kompetitor menggunakan campuran bahan kimia, Anda gunakan bahan alami untuk produk sampo Anda misalnya. Terkadang ketatnya persaingan bisnis juga akan memaksa Anda untuk berinovasi dan membuat produk menjadi lebih baik lagi dan lagi dari sebelumnya. Jika tidak, maka bisa jadi Anda akan kehilangan pasar dan omzet penjualan akan terjun payung. Artinya, bisnis bisa saja mati dan gulung tikar dengan segera.

Pastikan selalu melakukan evaluasi terhadap produk dan buat terobosan baru. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap bertahan dan meningkatkan kembali penjualan sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal atas bisnis yang dijalankan.

Memastikan penjualan bisnis terus meningkat bukanlah hal yang mudah. Banyak pengusaha melakukan cara dan metode untuk bisa menghasilkan penjualan. Mulai dari membangun relasi yang baik dengan konsumen hingga berbagai teknik marketing dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis.

Berusaha untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan adalah inti dalam sebuah perusahaan bisnis. Kedua hal tersebut menentukan hidup atau tidaknya sebuah perusahaan.


Baca Juga :

strategi penjualan di masa sulit, cara mengatasi penjualan yang menurun, langkah mengatasi penjualan menurun, penjualan menurun, solusi penurunan omzet, strategi bisnis di tengah pandemi, bisnis dikala pandemi, analisis penurunan penjualan, cara membangkitkan usaha yang lesu, solusi krisis penjualan