Perbedaan Jualan Di Web Toko Online & Marketplace

Di  artikel kali ini kita akan membahas perbedaan saat kita jualan di marketplace atau kita jualan di website toko online. Jadi disini ada 2 kubu, kubu yang pertama menyarankankalau mau sukses jualan online itu kita harus jualannya di marketplace seperti tokopedia, bukalapak atau shopee. Kubu yang kedua menyarankan supaya untuk menghindari perang harga, kita jualannya harus mempunyai website olshop sendiri.

Perbedaan Jualan Di Web Toko Online & Marketplace

Yang pertama kita bahas tentang pencarian traffic, jadi kalau misalnya kita mempunyai website, pertama-tama kita membutuhkan yang namanya traffic. Ya kalau tidak ada traffic tentu saja kita tidak ada pengunjung. Bagaimana mau ada yang beli, betul tidak?

Nah untuk mempunyai traffic kita harus melakukan yang namanya promosi terus kita iklan, nah kita iklannya itu tentunya membutuhkan biaya. Beda dengan marketplace dimana kalau marketplace itu adalah orang sudah pasti berkunjung kesana.


Kita tidak perlu lagi yang namanya cari traffic disana, karena memang trafficnya sudah datang sendiri. Cara mengenali budget promosi di website, kita bisa melakukan promosi dengan gratisan caranya kita sebar backlink untuk SEO.

Ditambah marketplace itu menyediakan namanya escrow atau penjamin pembayaran jadi kalau misalkan sampai terjadi sesuatu sama si suppliernya sama kita maka si pembeli itu akan merasa aman. Kalau di website orang harus percaya dulu dengan websitenya, untuk menciptakan kepercayaan itu akan cukup sulit. Kecuali sudah bagus secara branding, websitenya keren, fast respond dan sebagainya. Maka orang akan percaya dan dia akan mengirimkan uangnya langsung kepada admin website ini.

Yang keempat tingkat kesulitan dari buka tokonya, jadi kalau misalnya anda membuat website akan jauh lebih sulit ketimbang Anda membuat sebuah toko. Membuka toko dimarketplace karena marketplace dimana pun sudah menyediakan fitur-fitur yang memudahkan kita untuk membuka lapak disana.

Tapi kalau website toko online, Anda harus belajar mendesainnya bagaimana, warnanya bagaimana, cara ngatur layoutnya bagaimana? Templatenya seperti apa dan masih banyak unsur-unsur yang harus Aanda pelajari ketika membuat sebuah website, dan itu akan makan waktu yang cukup lama.

Anda sudah semangat usaha tapi kepotong sama belajar, akibatnya nanti semangatnya jadi turun dari tingkat keribetan, website lebih ribet ketimbang marketplace. Ini yang saya rasakan, bicara mengenai profit itu adalah hal mutlak yang harus didapatkan ketika kita menjual sebuah produk.

Nah dari pengalaman saya menjual produk online, jualan di marketplace itu profitnya lebih sedikit karena banyak kompetitor. Tapi kalau kita jualnya di website toko online sendiri, kita punya traffic sendirisi profitnya bisa dapet lebih gede. Profit yang di dapet tentunya sepadan dengan biaya iklan yang dikeluarkan.

Jadi kalau misalnya kita mencari traffic yang cepet, trafficnya tertarget memerlukan yang namanya iklan. Tapi kalau kita mau cepet, kita harus pakai iklan yang berbayar contohnya facebook ads atau google ads, tapi ini membutuhkan budget yang cukup besar. Beda dengan marketplace kita dengan budget yang kecil sekitar 30 ribu kita sudah bisa mengiklankan sebuah produk.

Bicara mengenai namanya pricing, kalau dimarketplace itu ada yang namanya fitur harga terendah, dia akan mengurutkan harga terendah sampai termahal. Kalau kita misalkan jualan di marketplace, memang betul gosip banyak terjadi perang harga, karena adanya fitur harga terendahnya ini.

Oleh karena itu pastikan yang Anda jual itu tidak beda jauh dengan kompetitor lain, ya meskipun lebih mahal juga gak banyaklah. Tapi kalau misalnya kita jualannya di website, cenderung harganya suka-suka. Ada yang dimarketplace harganya 30 ribu, Anda jual diwebsite itu harganya 200 ribu diiklankan pakai fb ads seperti itu. Jadi kalau untuk bicara soal harga lebih bagus diwebsite sendiri dan profit yang didapatkan bisa lebih banyak kalau anda jualan di website.

Kalau Anda baru memulai bisnis online, dan belum mempunyai yang namanya supplier yang cukup bagus, Anda bisa mencarinya disini. Jadi jika anda ingin memulai bisnis online dari basic banget mulailah dari marketplace.

50 Inspirasi Baju Lebaran 2023, Biar Gak Dibilang Kuper

Lebaran selalu identik dengan baju baru. Kali ini, blog grosir kulakan menampilkan baju-baju terbaru yang bisa menginspirasi untuk pilihan busana Lebaran Anda. Baju lebaran tidak harus kita beli di tempat yang sedang pasang diskon besar-besaran. Kita bisa membeli baju lebaran di pusat grosir, baik di pasar grosir maupun grosir impor.


1. Monokrom


Kental dengan nuansa hitam-putih hingga pemilihan aksesori seperti tas, kacamata, sepatu, hingga hijab, busana rancangan Hannie Hananto ini memiliki kesan tegas dan kuat. Potongan busana yang longgar sehingga nyaman untuk digunakan seharian.

2. Gradasi Warna


Koleksi terbaru Dian Pelangi menghadirkan kaftan dengan gradasi palet warna lembut hingga terang. 'Kunci' utama busana terletak pada ornamen di bagian dada yang disusun dari berbagai manik-manik serta hiasan bebatuan.

3. Batwing Outer


Batwing outer yang memiliki lengan lebar rancangan Irna Mutiara bisa menjadi pilihan para hijabers dalam memadankan busananya dengan gaun panjang. Memberikan kesan ramping sekaligus menutupi dada bagi Anda yang ingin tampil syar'i.

4. Putih Minimalis


Dikenal dengan koleksinya yang didominasi oleh palet cerah, kali ini Ria Miranda hadir dengan busana ready-to-wear yang minim detail dengan pemilihan warna polos. Hijab dengan motif yang tidak terlalu ramai serta statement necklace melengkapi setelan blus dan celana panjang.

5. Modernisasi Tenun


Biasa digunakan sebagai busana dalam dari tarian adat, kain tradisional Indonesia ini 'disulap' oleh Rani Hatta menjadi salah satu inspirasi busana untuk Lebaran. Hasilnya, padanan kemeja bermotif tenun Lombok dengan rok panjang yang berpotongan lebar di bagian bawahnya menghadirkan kesan modern dan elegan di dalamnya.

6. Ragam Abu-Abu


Tak melulu harus serba putih saat Lebaran, busana rancangan Restu Anggraini ini hadir dengan warna abu-abu dengan berbagai gradasi. Aura kasual terlihat dalam potongannya yang minim detail namun tetap edgy.

7. Aksentuasi Zipper


Dress panjang dengan belahan tinggi tampil menarik dengan aksen ritsleting dari bagian pundak hingga perut sehingga terkesan tidak monoton. Koleksi dari Jenahara ini ditampilkannya pada Indonesian Fashion Week 2016.

8. Flower Crown


Aksesori di kepala untuk mempermanis tampilan juga bisa dikenakan oleh wanita berhijab. Tengok saja padanan dress putih rancangan aktris yang kini menjajal kemampuannya mendesain, Risty Tagor, dengan ornamen bunga di bagian pundaknya, untuk terlihat serasi ia melengkapi hijab dengan flower crown di atasnya.

9. Nude Tone


Busana dengan siluet sederhana hasil karya Zaskia Sungkar tampak cocok digunakan saat bersilaturahmi bersama keluarga. Warna nude yang mendominasi mulai dari dress hingga hijab memberi kesan feminin dan anggun pada hari yang fitri.

10. Detail Ruffle


Merry Pramono mempermanis dress panjang yang dikombinasikan dengan kain tradisional Indonesia dengan sedikit ruffle atau kerutan bertumpuk di bagian bawah baju. Penerapan ruffle ini cocok untuk Anda yang ingin tampil anggun namun tidak ingin terlalu banyak detail.

11. Metalik Glamor


Penerapan material metalik dalam berbusana mampu membuat tampilan terlihat glamor dan mewah. Seperti koleksi terbaru dari Norma Hauri yang mengaplikasikan bahan tersebut dalam bentuk outer berpotongan A-line  lengkap dengan aksesori ikat pinggang.

12. Balutan Bolero


Salah satu cara mudah untuk tampil maksimal pada Hari Lebaran adalah dengan mengenakan draperi dress yang dibalut dengan bolero dengan corak yang tidak terlalu ramai. Anggun, elegan, dan feminin.

13. Stylish Casual


Tampilan kasual nan santai tetap bisa dikenakan pada saat Lebaran. Inspirasi ini datang dari Itang Yunasz lewat padanan sweater dan rok panjang bermaterial sifon namun tidak menerawang.

14. Anggun Bertumpuk


Busana muslim syar'i dengan hijab yang menutup dada menjadi ciri khas dari rancangan-rancangan Irna Mutiara. Potongan busana dengan detail bertumpuk di bagian bawahnya meninggalkan kesan anggun namun tetap sederhana.

15. Touch of Batik


Batik menjadi busana yang paling banyak dikenakan saat menghadiri suatu acara, tak terkecuali untuk Lebaran. Padanan blus nuansa cokelat serta rok batik panjang dengan pola vertikal seolah serasi dengan aksesori berupa kalung berukuran besar yang dikenakan.

16. Hidden Flower


Tunik bermotif bunga-bunga nuansa pink rancangan Itang Yunasz seolah 'bersembunyi' di balik balutan jaket berkancing satu. Hijab yang juga memiliki motif sama menjadi pelengkap tampilan agar telihat lebih segar.

17. Hijab Viscose


Material hijab dari bahan viscose kini tengah menjadi tren di kalangan para hijabers. Hijab tersebut mudah dikreasikan dan tetap nyaman digunakan untuk melakukan aktivitas seharian. Tengok saja padu padan hijab viscose dengan t-shirt, jaket, serta celana panjang longgar dari Jenahara yang ditampilkan pada Indonesia Fashion Week 2015.

18. Dian Pelangi


Dalam balutan nuansa pastel, desainer muda Dian Pelangi memadukan tunik bermotif dan jogger pants dengan hijab kaya warna yang membuat tampilannya terlihat kontras. Desainer 24 tahun ini terlihat minim aksesori untuk menjaga agar penampilan tidak terlalu berlebihan.

19. Gypsy Look


Rancangan Sukriyah ini mengingkatkan kita pada gaya wanita Gypsy yang gemar menggunakan rok lipit panjang berpotongan lebar yang melambai. Padanan kemeja dan vest serta kalung menjuntai panjang menjadi item yang cocok digunakan.

20. Sentuhan Tulle


Kain tulle bisa digunakan sebagai ornamen di beberapa bagian seperti dada dan pergelangan tangan agar busana tidak terlihat datar. Bahkan, tulle juga bisa diaplikasikan pada hijab agar tampilan lebih serasi.

21. Feminisme Asimetris


Masih dalam palet warna lembut dari label Najua by Najua Yanti, paduan gaun maksi dengan luaran yang menyerupai cape berpotongan asimetris membuat tampilan lebih feminin dan romantis. Warna seperti ini lebih tepat dikenakan di siang hari karena tidak terlalu mencolok.

22. Ikat Pinggang Apron


Ide merancang busana bisa datang dari mana saja, sekalipun itu berasal dari apron yang biasa dikenakan koki saat memasak. Irma Hakim menerapkannya sebagai belt yang dililitkan di pinggang agar padu padan busana tak terkesan monoton.

23. Songket Vs Beludru


Diambil dari salah satu rancangan Dian Pelangi bertajuk 'Miss Palembang', kain songket diolah menjadi blus yang diberikan sentuhan modern dengan padanan rok panjang dari material beludru. Karyanya ini pernah dipamerkan di DC Fashion Week, Washington DC, Amerika Serikat.

24. Lengan Bishop


Busana dengan perpaduan warna lembut ciri khas Najua Yanti mampu mencuri perhatian saat Hari Raya dengan detail lengan bishop. Bishop adalah sebuah detail di mana lengan baju memiliki efek gembung yang dikunci dengan manset lebar.

25. Lyra Virna


Busana dengan sliluet potongan lurus serta lengan lonceng seperti yang dikenakan Lyra Virna mampu membuat tubuh terlihat lebih ramping. Penggunaan pashmina yang dililitkan menutupi dada membuat tampilan terlihat syar'i sekaligus anggun.

Cara Memulai Bisnis Paket Lebaran

Menjelang lebaran semua jenis produk bisa laris manis. Mungkin tidak ada barang yang nggak laris menjelang lebaran. Termasuk berjualan paket lebaran. Ketika lebaran tiba, banyak orang yang mengirimkan paket lebaran atau parcel ke orang terdekat atau rekan kerja.


Mereka tidak sempat membuat paket sendiri, biasanya menggunakan jasa penyedia paket lebaran. Ini bisa menjadi peluang bisnis buat Anda. Untuk bisnis paket lebaran ini memang butuh modal yang cukup besar.

Kecuali Anda melakukan kerjasama dengan orang lain. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara memulai bisnis paket lebaran yang mudah dan untung besar.

Buat Sistem Pre Order

Jika modal Anda tidak begitu besar, gunakan sistem pre order. Ketika ada orang yang pesan paket lebaran, Anda baru membuat pesanannya. Anda bisa menggunakan sistem DP 50%.

Sehingga kemungkinan orangnya batal pesanan lebih kecil. Pembayaran DP bisa digunakan untuk membeli produk paket lebarannya. Jika modal Anda besar, bisa membuat contoh paket lebaran lalu dipromosikan.

Buat Desain Paket Yang Menarik

Untuk membuat bisnis paket lebaran Anda semakin berkembang dan banyak pembeli. Anda harus membuat desain paket lebaran yang menarik. Paket lebaran sangat berpengaruh dengan penampilan.

Jika penampilan parcel yang Anda buat menarik, rapi dan unik pasti membuat calon pembeli senang dan ingin memesan produk Anda. tak hanya desain paketnya saja, tapi isi dan kualitas produk parcelnya juga harus bagus.

Promosi Secara Online

Supaya semakin banyak orang yang tahu bisnis Anda harus promosi bisnis secara online. Gunakan sosial media untuk mempromosikan bisnis Anda.

Buat gambar yang menarik, supaya semakin menarik perhatian banyak orang.kalau perlu lakukan endorse ke orang yang berpengaruh di sosial media.

Layanan Yang Baik

Dalam sebuah bisnis, layanan sangatlah penting. Jika Anda ramah, pembeli pasti akan suka. Berikan layanan yang menarik. seperti gratis kirim di daerah jabodetabek atau sekitar tempat tinggal Anda.

Baca Juga :
Untuk pengiriman luar kota, gunakan pakcaging yang aman. Supaya paket tidak cepat rusak. Sekian artikel tentang cara memulai bisnis paket lebaran. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat Anda.

Tips Supaya Bisnis Jajanan Lebaran Laris Manis

Bisnis jajanan lebaran bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Ketika lebaran semua rumah pasti menyediakan jajanan. Seperti keripik, nastar, kue coklat dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus buat Anda.


Tapi pasti akan banyak orang yang membuka bisnis ini menjelang lebaran. Lalu bagaimana supaya bisnis Anda laris manis, ditengah persaingan bisnis yang tinggi. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Variasi Jajanan Yang Banyak

Jajanan lebaran jenisnya sangat banyak sekali. Ada yang kering dan basah. Ada jenis kue dan ada yang jenis makanan ringan. Supaya bisnis Anda laris manis, buatlah variasi jajanan yang banyak. Sehingga orang-orang suka membeli jajan ditempat Anda. Buat variasi makanan yang unik-unik dengan rasa yang enak.

Pintar Memasak, Kenapa Tidak Buat Sendiri

Jika Anda suka memasak, kenapa tidak membuat variasi jajanan lebaran sendiri. buat nastar, putri salju dan lainnya buatan Anda sendiri. sehingga kualitas dan kebersihan makanannya terjamin.

Bisnis jajanan lebaran ini tidak membutuhkan modal yang banyak. Hanya dengan modal Rp 500.000 Anda bisa memulai bisnis ini. buatlah sistem pre order. Jadi ketika Anda orang memesan, Anda baru membuat kuenya.

Promosi, Promosi Dan Promosi

Tanpa adanya promosi sebuah bisnis akan sia-sia saja. jadi supaya bisnis Anda semakin laris manis, Anda harus melakukan promosi terus menerus. Promosi bisa lewat online atau offline.

Minta teman-teman Anda untuk mempromosikannya. Lakukan endorse ke orang yang berpengaruh di sosial media dan lain sebagainya. Ini akan membantu orang lain tahu tentang produk Anda.

Baca Juga : Curi Start, Tempat Kulakan Kue Kering Harga Grosir
Jangan lupa untuk selalu mengedepankan rasa dan kualitas jajanan Anda. jika jajanan Anda enak pasti orang lain akan balik membeli produk Anda. Minta testimonis buat orang yang pernah order jajanan di Anda.

Yang jelas buat sesuatu yang beda dari yang lainnya. Sehingga Anda keunikan tersendiri dari jajanan lebaran yang Anda jual. Sekian artikel tentang tips supaya bisnis jajanan lebaran laris manis.

Peluang Bisnis Baju Lebaran Yang Laris Tahun Ini

Buat Anda yang ingin berbisnis, tapi bingung memulai bisnis Anda. Mungkin bisnis baju lebaran bisa menjadi bisnis yang menguntungkan buat Anda. Peluang bisnis baju lebaran selalu meningkat omsetnya menjelang lebaran.

Bahkan bisa dua kali lipat lebih banyak ketimbang hari biasa. Jika Anda ingin memulai bisnis baju untuk lebaran, berikut ini beberapa jenis baju yang bisa Anda jual.


Bisnis Baju Lebaran ~ Baju Muslim Wanita

Menjelang lebaran pasti semua wanita mencari busana muslim. Untuk silaturahmi ke rumah saudara atau untuk shalat ied di masjid. Jadi menjual baju muslim wanita pasti sangat laris manis.

Model baju muslim wanita saat ini sangat banyak sekali. Pilihan model yang sedang popular. Sesuaikan juga dengan target pasar Anda. Apakah ibu-ibu atau wanita muda. Pilihan model yang dicari akan berbeda.

Selain itu target pasar kelas menengah ke atas atau kelas menengah ke bawah. Model, harga dan jenisnya berbeda. Jika Anda menargetkan menengah ke bawah, tapi menjual baju dengan harga mahal tentunya tidak akan laku.

Oleh karena itu tentukan target pasar Anda terlebih dahulu. Agar mendapatkan untung seperti yang Anda harapkan, kulakan baju lebaran di pusat grosir baju adalah pilihan yang tepat.

Baca juga : Kumpulan no telepon dan alamat pusat grosir baju murah seluruh Indonesia

Baju Anak-Anak

Peluang bisnis baju lebaran anak-anak bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Orang tua pasti ingin anak-anaknya tetap tampil cantik dan ganteng. Jika Anda ingin jualan baju anak-anak, berarti target pasar Anda ibu-ibu.

Pilih model baju anak yang lucu dan bagus. sehingga orang tua lebih tertarik untuk membelinya.Anda bisa menjual baju anak perempuan dan laki-laki. Bisa tambahkan aksesoris anak lainnya. seperti sepatu, aksesoris rambut, topi dan lainnya.

Selain dua peluang bisnis baju lebaran diatas, Anda juga bisa berjualan baju pria, baju sarimbit, jilbab dan lainnya. menjelang lebaran semua jenis pakaian pasti laku. Asalkan produknya bagus, up to date dan harganya terjangkau.

Pilihlah baju yang paling Anda kuasai. Misalnya Anda ibu yang memiliki anak, kenapa tidak coba berjualan baju anak. atau Anda wanita muslim yang suka fashion, jualan baju-baju muslim modern.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat Anda.

Peluang Bisnis Ramadhan Yang Menguntungkan

Ramadhan menjadi berkah buat semua orang. Di bulan ramadhan jualan apapun bisa laku. Banyak orang yang ingin berjualan di bulan ramadhan, tetapi bingung produk apa yang dijual.

Selain itu banyak hal yang dipikirkan, bagaimana kalau bisnis rugi, gak laku dan lain sebagainya. Berikut ini peluang bisnis ramadhan yang menguntungkan dan bisa Anda coba.


Peluang Bisnis Ramadhan Yang Menguntungkan

Jualan Pakaian

Menjelang lebaran, bisnis pakaian selalu laku keras. Banyak orang yang membeli baju baru untuk lebaran. Jadi ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan buat Anda.

Anda bisa menjual pakaian wanita, pria, anak-anak atau aksesoris pakaian lainnya. Seperti tas, sepatu jilbab dan lainnya. jika Anda tidak punya modal yang besar, bisa mencoba sistem dropship. Jadi Anda tak perlu stok barang di luar dan hanya butuh modal internet saja.

Jualan Kue Kering

Pada hari raya idul fitri banyak tamu yang akan datang ke rumah. Oleh karena itu pasti banyak orang yang menyediakan makanan di rumahnya. Oleh karena itu jualan kue kering pasti menguntungkan.

Jika Anda pintar memasak, Anda bisa membuat kue kering sendiri. lalu menjualnya secara online. Anda juga bisa mencari supplier kue kering yang murah dan berkualitas.

Baca Juga :

Jualan Toples Unik

Peluang bisnis ramadhan selanjutnya adalah bisnis toples yang unik. Banyak orang yang mencari toples untuk tempat makanan ketika lebaran.

Mereka mencari bentuk toples yang unik dan menarik. Buat Anda yang kreatif, buatlah toples yang menarik dan unik. Yang beda dari yang lain.
Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Toples Lebaran

Jualan Makanan Buka Puasa

Suka memasak, kenapa tidak coba untuk jualan makanan buka puasa. Anda bisa jualan sayur untuk buka, gorengan, takjil dan lain sebagainya. Apalagi lokasi rumah Anda di sekitar kampus atau tempat kerja.

Pasti banyak sekali orang yang mencari makanan untuk buka puasa. Modal yang dibutuhkan kecil tetapi keuntungannya besar.

Sebenarnya masih banyak peluang bisnis ramadhan yang bisa Anda coba, peluang bisnis lainnya bisa Anda baca disini.

Hampir semua jenis bisnis bisa laku ketika ramadhan. Lihatlah keadaan sekitar Anda dan jual apa yang mereka butuhkan. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat Anda.

Belajar Cara Menjadi Distributor

Pada jaringan bisnis biasanya ada 3 pihak  yang terlibat berputarnya sebuah usaha. Mereka adalah produsen (pihak yang membuat produk), distributor ( pihak yang mendistribusikan produk) dan retailer (pihak yang menjual produk ke end user alias pengguna akhir).

Jika bisnis distributor adalah pilihan Anda, maka pilihan itu  bukanlah hal yang mudah. Apalagi keadaan ekonomi seperti sekarang ini. Salah perhitungan bisa menyebabkan urusan menjadi runyam. Tapi Anda tidak boleh terlalu pesimis. Bagaimanapun juga, bisnis adalah bisnis. Ia masih akan tetap ada meski keadaan dalam kondisi ekonomi terburuk sekalipun.


Ada beberapa hal yang patut anda catat bila ingin berbisnis dengan mengambil posisi distributor :

1. Wilayah Pemasaran
Perhatikan wilayah kerja Anda. Apakah Anda mempunyai pesaing yang menjual produk yang sama ? Apakah Anda menguasai daerah pemasaran tersebut? Chanel-chanel pemasaran Anda seperti toko, minimarket, supermaret, kios. Apakah Anda mampu menjangkau mereka ?

2. Alat Transportasi
Bila Anda akan mendistribusikan produk Anda. Tentukan alat transportasi apa yang paling bisa diandalkan. Irit, dapat mengangkut banyak barang dan tidak “rewel” di jalan. Bisakah Anda memenuhi alat transportasi ini ?

Anda tidak bisa memandang tersedianya alat transportasi dengan sebelah mata. Sebab pelanggan sekarang menuntut pelayanan ekstra. Kecepatan dan ketepatan menjadi salah satu kunci keberhasilan seorang distributor.

3. Posisi Distributor
Pastikan posisi Anda. Apakah sebagai main distrubutor atau sub distributor. Bila main distributor biasanya Anda akan langsung berhubungan dengan produsen atau pabrik dan memiliki wilayah kerja yang luas misalnya karesidenan, bahkan juga propinsi.

Jika Anda adalah sub dstributor maka Anda akan berada di bawah main distributor dengan wilayah kerja yang lebih sempit. Anda mungkin akan diberikan wilayah kerja setingkat kabupaten atau kecamatan.

Yang lebih penting lagi. Pastikan bahwa Anda benar-benar memiliki wilayah kerja tersebut. Anda tidak akan di ”tikam” dari belakang oleh pihak di atas Anda (main distributor misalnya) dengan memberikan wilayah kerja yang sama kepada pihak lain selain anda.

Saya banyak menyaksikan kejadian ini sering terjadi. Akibatnya bisa fatal. Tentu saja pasar menyempit, dan Anda akan berperang habis-habisan. Pilihlah partner yang tepat.

4. Perhatikan Waktu Utang dan Waktu Piutang
Waktu piutang dan utang akan sangat mempengaruhi wajah cashflow Anda. Intinya, Anda harus mempersingkat waktu piutang Anda dan memperpanjang waktu utang Anda.

5. Sumber Daya Manusia
Karyawan Anda benar-benar aset bagi seorang distributor. Merekalah ujung tombak bisnis Anda. Buatlah sistem penghargaan kerja. Latihlah mereka agar menjadi penjual-penjual yang tangguh.

6. Biasanya distributor mendapat margin yang relatif lebih sedikit dibandingkan retailer. Maka fokuslah pada bagaimana menjual produk lebih banyak. Dengan kata lain biar untung dikit tapi jualannya banyak. Kumpulan alamat distributor yang siap Anda jadikan mitra klik disini.

Trik Modal Usaha Dari Supplier

Kita tahu bahwa memperoleh modal usaha sangat sulit di masa-masa seperti saat ini. Para pengelola lembaga keuangan memperketat aturan memperoleh pinjaman bagi calon nasabah. Selain karena kehati-hatian, itu juga dilakukan karena uang yang ngendon di bank harus dijaga. Tidak bisa digelontorkan begitu saja kepada nasabah dalam bentuk pinjaman.


Ada baiknya kita mencari modal diluar lembaga keuangan. Sejatinya modal ini bertebaran bila kita cerdas untuk mencarinya.

Salah satu sumber modal usaha yang bisa kita peroleh berasal dari supplier. Mereka adalah pihak yang menjual atau menitip produk mereka kepada kita, untuk dijual kembali kepada pelanggan atau user.
Baca Juga : Tips dan Modal Membuka Toko Plastik
Tentu saja, produk yang mereka jual atau titipkan pada kita adalah modal yang mereka percayakan kepada kita. Apalagi bila mereka menjual dengan menggunakan tempo pembayaran. Wuihh, itu modal tanpa bunga bung !

Saya ingin berbagi sedikit tips agar anda bisa menarik para supplier sebagai pemodal :

1. Bangun Kredibilitas
Memang kredibilitas tidak bisa dibangun dalam semalam. Namun semakin cepat anda membangun kredibilitas anda , maka semakin baik posisi anda dimata supplier. So bangun kredibilitas dengan :


  • Membayar utang tepat waktu.
  • Jangan mencoba untuk membajak atau membuat produk palsu.
  • Berikan informasi tentang pasar produk mereka.
  • Bangun komunikasi yang baik dengan para salesman atau salesgirl mereka. Bila perlu Anda membangun hubungan yang baik dengan pemimpin yang bisa mengambil keputusan. Misalnya,  manajer produk atau manajer area.

2. Negosiasikan Jangka Waktu dan Harga
Bila kredibilitas anda dimata supplier baik, maka posisi negosiasi anda semakin tinggi. Anda memiliki daya tawar yang kuat untuk bernegosiasi mengenai harga dan waktu pembayaran utang.

Semakin lama tempo pembayaran semakin baik untuk cashflow anda. Jika toko atau outlet anda memiliki performance yang cukup baik dalam penjualan, masalah harga bisa dirembug.

3. Ajak Mereka Untuk Bekerja Sama
Yup, ajaklah supplier anda untuk bekerja sama. Anda bisa meminta mereka untuk membuat banner misalnya, atau melakukan promosi bersama. Kegiatan-kegiatan pemasaran bisa anda buatkan proposal dan sampaikan kepada mereka.

Misalnya, anda membuka usaha salon di rumah. Maka ajak saja supplier produk rambut untuk melakukan demo bersama. Hal ini terbukti paling efektif dan efisien untuk memperkenalkan brand masing-masing kepada calon pelanggan anda.

Bila kegiatan-kegiatan ini dilakukan secara kontinyu maka ini yang diharapkan :

4. Menggenjot Penjualan Anda
Bagi pegusaha , penjualan adalah sumber pendapatan. Secara tidak langsung penjualan anda itu juga sumber pendapatan bagi supplier. Jadi mereka sangat berkepentingan terhadap penjualan anda. Gunakan taktik dan strategi yang tepat untuk menggenjot penjualan kita. Masalah ini kita bahas lain kali ya.

Salah satu toko bangunan yang kami yang berada di sebuah kota di Jawa Timur, saat ini dipercaya oleh banyak sahabat-sahabat supplier. Di dalam toko sudah tidak ada lagi barang yang saya beli dengan menggunakan modal saya pribadi.
Baca Juga : Merintis Bisnis Toko Bangunan yang Menguntungkan
Semua barang dibeli dengan tempo pinjaman rata-rata 2-3 bulan dengan harga yang kompetitif. Dengan begitu, konsep bisnis saya adalah mengelola modal milik supplier ! Saya hanya menyediakan tempat saja.