Jangan Sampai Konsumen Anda Kecewa, Hindari 8 Hal Ini
Pemilik bisnis terkadang tidak sadar kapan konsumen merasa kecewa dengan produk kita. Jika Anda tahu, kekecewaan konsumen bisa membuat tingkat kesuksesan bisnis kita menurun, karena penurunan penjualan produk. Supaya hal ini tidak terjadi, kita harus tahu apa saja hal yang membuat konsumen kecewa.
Hal Yang Membuat Konsumen Kecewa
1. Dibohongi
Inti dari kekecewaan konsumen biasanya terletak pada perasaan dibohongi. Bisa karena ekspektasi yang berlebihan atau memang Anda tidak jujur. Modal awal pelaku bisnis adalah kepercayaan konsumen. Hindari berbohong pada konsumen, sekecil apapun kebohongan itu adalah jebakan bagi kesuksesan Anda.
2. Ceroboh
Ceroboh adalah salah satu tanda Anda kurang berhati-hati. Bagi konsumen yang perfeksionis, kecerobohan meski kecil merupakan tanda Anda kurang profesional. Jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda lakukan, baik itu produk maupun pelayanan. Biasakan mengoreksi dengan teliti.
3. Tidak Mau Mengalah
Saat konsumen tidak puas dengan pelayanan atau produk Anda, ia akan komplain. Entah dengan kalimat yang sopan atau tidak, komplain tetap sesuatu yang tidak mengenakkan. Tapi itu konsekuensi Anda sebagai pelaku bisnis, harus tahan banting menghadapi komplain. Siaplah mengalah, pakai bahasa yang halus sopan. Usahakan untuk selalu tenang dan mengalah agar konsumen tetap percaya.
4. Diskriminasi
Perbedaan bukan penghalang untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Jangan sampai Anda membedakan pelayanan karena perbedaan SARA. Semua konsumen sama, ingin mendapatkan pelayanan nomor satu. Perbedaan pelayanan berdasar SARA ini bisa membawa Anda menuju jurang kebangkrutan.
5. Janji Manis
Jangan menghalalkan segala cara untuk menarik hati konsumen. Seperti mengungkapkan janji manis yang ternyata tidak benar. Saat berpromosi, sampaikan segala sesuatu sesuai dengan fakta, jangan dibumbui dengan ungkapan indah yang hanya bualan semata. Jika ada janji yang dilanggar karena situasi tertentu, jangan sungkan meminta.
6. Diabaikan
Siapa sih yang suka diabaikan? Tidak ada. Pembeli adalah raja, jadi jangan abaikan mereka, meski mereka tidak tampak serius saat menanyakan produk Anda. Seringkali karena tampak hanya iseng bertanya, pelaku usaha mengabaikan konsumen dan hanya melayani yang serius saja. Layani semua konsumen dengan sebaik dan seramah mungkin. Percayalah, pelayanan yang memuaskan akan menguntungkan. Jika ia tidak membeli tapi ia puas dengan keramahan Anda, suatu saat ia akan merekomendasikan Anda pada orang lain.
7. Tidak Dipahami
Memahami konsumen memang bukan hal mudah, apalagi tiap orang punya sifat yang berbeda-beda. Tapi, perlu Anda ketahui bahwa konsumen sering mengeluhkan jika apa yang ia inginkan tidak dipahami. Ada baiknya, sebelum menjawab pertanyaan konsumen, Anda membaca dengan baik apa yang mereka tanyakan.
8. Ketidakpastian
Sebagai pelaku bisnis, penting bagi Anda memberi kepatian pada konsumen. Agar konsumen loyal dan puas terhadap pelayanan Anda, pastikan selalu siap memberi informasi yang detail terhadap produk yang Anda jual. Misalnya, bagaimana kondisi produk, ukuran, warna, bahan, dan lain-lain. Tentu saja informasi ini jujur dan bisa dipertanggungjawabkan.
Sudah tahu apa saja yang membuat konsumen kecewa, kan? Baiklah, hindari berbagai hal di atas. Mulai sekarang jalin hubungan yang baik dengan konsumen Anda, agar konsumen semakin loyal.