Strategi Marketing Amazon.com yang Bisa Ditiru Untuk Toko Online Anda
Amazon.com, Inc. adalah sebuah perusahaan perdagangan elektronik multinasional yang berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon adalah website pengecer terbesar di dunia.
Amazon merupakan raksasa perusahaan teknologi yang mampu merevolusi industri retail di Amerika. Banyak strategi marketing digunakan oleh Amazon yang dapat Anda tiru, sebagai acuan Anda dalam menjalankan atau mengelola toko online agar sukses.
1. Review produk di dalam website
Akses informasi yang cepat & terbuka, telah merevolusi persepsi konsumen terhadap sebuah produk sekaligus bagaimana calon konsumen mengambil keputusan. Survey menunjukkan bahwa 88% konsumen melakukan riset mengenai sebuah produk yang akan dibelinya.
Kebanyakan konsumen membuka lebih dari satu website untuk mencari & membandingkan produk ketika sedang berbelanja online. Hal tersebut menyebabkan fokus & perhatian terhadap informasi tertentu sangatlah pendek, sehingga jika konsumen tersebut keluar dari website online shop Anda untuk mencari review, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali lagi.
Di samping itu, review mengenai produk-produk Anda akan menarik konsumen dari pesaing dan Anda mendapatkan feedback mengenai produk yang Anda jual.
2. Gratis ongkos kirim
Sebagai negara kepulauan, bisnis toko online di Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar. Melalui internet, setiap orang di pulau manapun memiliki akses yang sama terhadap produk yang dijual secara online.
Berdasarkan survey pada bulan Juni 2014 dari comScore, 58% pembeli online tidak menyelesaikan pembelanjaan mereka dikarenakan ongkos kirim yang sangat mahal. Jadi kemungkinan besar, Anda kehilangan lebih dari setengah konsumen hanya karena gara-gara ongkir. Menawarkan gratis ongkos kirim bukanlah solusi yang murah, tetapi hal tersebut dapat menjadi sebuah strategi yang sangat efektif untuk menarik konsumen sekaligus menciptakan diferensiasi di website toko online Anda.
Cara paling mudah untuk meminimalisasi kerugian akibat ongkos kirim adalah dengan menganalisa rata-rata penjualan dan ongkos kirim. Lalu Anda bisa menawarkan gratis ongkos kirim untuk minimal pembelian yang dapat menutupi biaya pengiriman. Dengan begitu Anda memberikan insentif kepada konsumen untuk berbelanja lebih sekaligus meningkatkan rata-rata pembelian konsumen Anda.
3. Rekomendasi produk lain yang relevan untuk pembeli
Cross-sell atau rekomendasi produk yang relevan adalah strategi online shop yang sangat penting untuk meningkatkan rata-rata pembelian. Strategi ini secara sukses telah diterapkan oleh Amazon dengan menggunakan rekomendasi seperti, ‘customer yang membeli barang ini juga membeli’, ‘customer yang membeli barang ini juga melihat’ & ‘barang yang sering dibeli secara bersamaan (bundling).
Jika website toko online Anda memiliki ratusan hingga ribuan SKU, konsumen dengan kebutuhan tertentu kemungkinan besar tidak akan menggali setiap halaman di website Anda. Dengan memberikan rekomendasi produk yang relevan, besar kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian produk lain sekaligus mendapatkan benefit yaitu gratis ongkos kirim.