Menjelang lebaran, bisnis parcel lebaran memang sangat menguntungkan. Mengirimkan parcel untuk orang terdekat atau orang yang dihormati menjadi kebiasaan orang Indonesia. Dalam satu parcel bisa berisi kue kering, sirup, gula, buah, sembako dan berbagai jenis makanan lainnya dengan bentuk yang lucu dan unik. Terkadang ditambah ucapan selamat lebaran.
Banyak ibu-ibu berbondong-bondong untuk banting setir dan melakukan bisnis musiman lebaran ini demi meraup keuntungan berlipat. Mereka bahkan rela menghabiskan waktunya seharian untuk melakukan bisnis yang katanya menguntungkan ini.
Meskipun pemerintah sudah melarang adanya pemberian paket lebaran berupa parcel kepada para pejabat tinggi, namun bisnis paket lebaran berbentuk parcel ini nyatanya tidak juga surut pada saat musim lebaran.
Para pengusaha bisnis parcel untuk paket lebaran masih berpeluang untuk terus mengeruk keuntungan yang hanya bisa didapat di momen-momen tertentu ini.
Jika Anda ingin memulai bisnis parcel paket lebaran, mungkin Anda bingung dengan analisisnya. Menguntungkan atau tidak? Bagaimana target pasarnya dan masih banyak lainnya. Untuk itu kita akan membahas lebih lengkap disini.
Tertarik untuk berbisnis parcel paket lebaran?
Konsumen Target Pasar
Kita harus menentukan, siapakah target pasar kita. Hal ini berkaitan dengan modal yang kita miliki juga. Apakah target pasar kita kelompok menengah ke bawah atau mungkin kelompok menengah ke atas. Hal itu harus kita tentukan dari awal.
Target pasar parcel lebaran kebanyakan orang menangah ke atas atau yang berpenghasilan lebih. Anda harus tahu siapa target pasar Anda. Ini akan berpengaruh dengan cara promosi dan pemasaran. Perusahaan swasta bisa menjadi sasaran pemasaran yang menguntungkan.
Pasar kalangan menengah ke atas merupakan target konsumen yang sangat cocok untuk jenis bisnis parcel lebaran dan paket lebaran ini. Namun perlu di ingat persaingan untuk merebutkan konsumen dari level ini juga banyak.
Sehingga membutuhkan kerja keras dan terarah agar dapat merebut hati para calon konsumen tersebut. Sebenarnya ada banyak cara untuk memikat hati dari seorang konsumen agar memilih parcel pilihan kita. Tentu saja setiap daerah mempunyai kesukaan dan kebiasaan yang berbeda mengenai isi dan model dari parcel.
Biasanya mereka akan mengirimkan parcel ke karyawan atau klien mereka. Anda bisa melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan. Intinya jangan sampai salah target pasar, karena akan membuat bisnis parsel lebaran Anda tidak berkembang.
Tentukan Apa Yang Akan Kita Jual Untuk Paket Lebaran
Paket lebaran tak harus diisi makanan, bisa juga dengan: pakaian, peralatan make up, buku, dan pernak-pernik lainnya. Bisa jadi, kita menjual paket lebaran yang berbeda dari kebanyakan orang.
Buku misalnya, dengan pangsa pasar adalah orang-orang yang memiliki minat tinggi terhadap buku, yaitu golongan: penulis, editor, wartawan, dan mahasiswa (mungkin). Bisa jadi kita menjual paket buku untuk paket lebaran kita. Sepertinya ini menarik karena berbeda dari biasanya.
Melakukan survei terhadap pasar konsumen setidaknya dilakukan sebelum memutuskan untuk membuat parcel. Kegemaran masyarakat harus dapat diprediksi oleh pengusaha, ini bermanfaat agar produk yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar. Sehingga penerimaan dari para konsumen menjadi besar, daripada kita melakukan uji coba produk dan gagal dengan menanggung banyak kerugian.
Mendekati hari puasa atau saat Ramadhan sedang berlangsung, sebaiknya para pengusaha parcel melakukan beberapa survei di sekitar lokasi rumah atau usahanya. Dapat melalui perbincangan yang ringan dengan para tetangga, para pejalan kaki, ataupun para pemilik bisnis terdekat.
Momen tersebut juga bisa langsung digunakan untuk memperkenalkan usaha yang sedang dijalankan, jangan lupa untuk membawa kartu nama. Akan lebih baik bila memberikan selebaran promosi kepada mereka, agar dapat dijadikan rujukan dalam menentukan harga parcel dan jenis parcel yang kita jual.
Modal Bisnis Parcel
Tak harus dengan modal besar, karena modal kecilpun bisa. Dengan modal yang kecil kita bisa membuat paket lebaran yang "mini" juga, misalnya berisi peralatan sekolah atau apapun yang tidak berbiaya besar.
Parcel mini dapat menjadi solusi bagi mereka yang bermodal tidak terlalu besar, dengan parcel mini maka biaya pembuatan akan lebih murah. Dan juga parcel yang dibuat akan menjadi semakin banyak. Selain parcel mini, dapat juga membuat parcel yang ditargetkan untuk kalangan menengah ke bawah. Buatlah harga jual parcel dengan kisaran di bawah lima puluh ribu rupiah. Harga tersebut kemungkinan besar diminati oleh mereka yang berkantong tipis.
Jangan berkecil hati bila bermodalkan sedikit, karena bisnis besar bukanlah bisnis yang bermodalkan uang banyak. Namun bisnis kecil yang tetap berkembang dari waktu ke waktu. Buatlah catatan pengeluaran dan pendapatan dengan rinci, serta jangan sampai mencampurkan keuangan pribadi dengan bisnis. Apapun kondisinya, karena sekali melakukannya akan keterusan dan merugikan bisnis yang dibangun.
Tentukan Supplier
Boleh juga kalau kita bekerja sama dengan pemasok, karena dengan begitu kita bisa mendapatkan harga yang miring. Apalagi bila pemasok adalah orang yang kita kenal.
Pilihan Produk
Anda sudah mendapatkan target pasar yang pas, tetapi produk yang Anda pakai tidak berkualitas. Pasti akan membuat konsumen Anda kecewa dan tidak memesan parcel ke kita lagi. Oleh karena itu pilihlah produk yang berkualitas. Lihat tanggal kadaluarsa produk Anda, jangan hanya mementingkan harga tapi kualitas produknya jelek.
Harga Parcel Lebaran
Dalam bisnis parcel lebaran, harga ditentukan dari ukuran dan isi produk parcelnya. Untuk menghitung harganya. Lihat berapa isi produk makanan dalam satu parcel. Lalu hitung harga keranjang parcel, pita, plastik dan hitung tenaganya. Kemudian tentukan berapa besar keuntungan yang Anda inginkan. Jangan lupa lihat harga pesaing Anda juga, kalau memungkinkan buat harga yang lebih murah dibandingkan pesaing Anda.
Proses Packing
Buat packingan yang rapi dan menarik. tambahkan beberapa hiasan supaya parcel idul fitri Anda semakin cantik. Bisa tambahkan hiasan ketupat kecil, supaya kesan lebaran semakin terlihat. Packing dan packaging adalah dua hal penting. Pembeli tentunya akan tertarik membeli barang-barang yang terlihat bagus. Yah, tentunya bagus luar dalam, karena bila bagus luarnya aja itu namanya menipu.
Pasarkan
Bila semua persiapan sudah selesai, tahap berikutnya yaitu memasarkan. Ini adalah tahap penting. Buat apa membuat barang bagus-bagus dan susah-susah serta berbiaya besar bila tidak laku di pasaran. Pemasaran bisa kita lakukan baik secara langsung maupun tidak.
Langsung misalnya kita langsung mendatangi sasaran dan menjelaskan paket produk yang kita tawarkan. Kita bisa mempergunakan momen arisan, pengajian, atau bazaar Ramadhan. Untuk pemasarannya bisa melakukan bisnis parcel online, door to door, tawarkan ke teman dan masih banyak lainnya. Bisa juga secara tidak langsung misalnya dengan mempromosikannya di blog, FB, atau jejaring sosial lainnya.
Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang bisnis parcel lebaran. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda.