Cara Memulai Bisnis Distro Untuk Pemula Dengan Modal Kecil

Distro adalah sebuah istilah yang berkaitan erat dengan anak muda. Sampai saat ini, bisnis distro menjadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan memiliki keuntungan yang sangat besar. Selain itu, untuk para pelaku bisnis yang terjun di industri ini di tuntut memiliki kreativitas yang tinggi.

Distro berasal dari kata “Distribution Outlet” yang kemudian oleh masyarakat umum disingkat menjadi kata “distro” yaitu tempat untuk mendistribusikan barang dagangan.

bisnis distro

Istilah ini kemudian banyak di gunakan oleh pelaku usaha fashion anak muda dalam penjualan, sehingga muncullah "embel-embel" kaos distro, baju distro, pakaian distro, dompet distro, jaket distro, celana distro dan semua produknya mendapat tambahan kata distro.

Karena anak muda sangat jeli dalam memperhatikan mode dan fashion, maka jika hendak berbisnis distro, Anda akan di paksa untuk menunjukkan kejelian dan kreativitas dalam membaca trend pasar yang selalu berubah-ubah.

Mungkin di antara Anda pernah ada yang terbersit dipikiran untuk membuka bisnis kaos distro, atau hanya sekedar memproduksi sendiri baju kaos untuk di distribusikan ke outlet tertentu yang sudah mempunyai nama.

Untuk Anda yang mempunyai modal besar pastinya tidak kerepotan dalam mengalokasian dana untuk mematangkan persiapan bisnis distro tersebut. Tapi bagaimana jika Anda yang hanya memiliki modal kecil, namun tetap ingin mencoba peluang bisnis distro?

Jangan khawatir, Anda bisa menerapkan beberapa konsep untuk membuka bisnis distro dengan modal kecil. Blog grosir kulakan akan mengulasnya disini. Ingat, peluang bisnisnya masih terbuka luas. Yang di butuhkan hanyalah cara berbisnis distro yang benar.

1. Beli putus dari merek terkenal

Dengan menjual produk bermerek yang sudah melek di mata konsumen, maka sebagai pembeli, mereka akan terkesan bahwa distro Anda sangat peduli terhadap kualitas dan mengikuti tren fashion yang sedang berkembang di kalangan anak muda saat ini.


2. Konsinyasi

Kedua, menggabungkan atau mengkombinasikan antara sistem beli putus dan konsinyasi. Anda dapat memutuskan untuk memperbanyak stok barang dagangan dengan mengandalkan produk titipan dari para pemasok barang seperti produsen baju kaos sablon. Tentu saja distro model ini akan sangat irit pengeluarannya bahkan bisa tanpa modal.

3. Lokasi usaha

Pilihlah lokasi yang strategis. Perlu di catat, meskipun pengeluaran awal dapat di tekan seminim mungkin, Anda tetap akan memerlukan modal yang tidak sedikit.

Ini di karenakan, Anda harus menyewa suatu tempat untuk membuka gerai. Untuk tempat, usahakan luasnya minimal 60 meter persegi selain itu tambahkan pula konsep pajangan dan interior ruangan khusus yang menarik lirikan mata pengunjung, sesuai selera anak muda.

Lokasi yang memberikan keuntungan umumnya dekat dengan populasi anak-anak muda berusia 17 hingga 30 tahun, seperti daerah kampus atau daerah kost.

4. Koleksi produk

Anda memerlukan koleksi barang yang ramai. Jika ruangan sebagai pajangan produk telah di siapkan, saatnya untuk menyediakan stok barang berupa kaos, topi, sepatu, tas dan beragam jenis apparel lainnya untuk mengisi gerai.

Untuk memenuhi koleksi barang, Anda dapat menilik kembali dua tips awal di atas. Baik menghasilkan produk sendiri, atau mencari produsen rekanan yang mau menitipkan produk-produknya di gerai Anda.

Itulah beberapa tips dan cara memulai bisnis distro untuk pemula dengan modal kecil.

4 Cara Memasok Barang Toko Online Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Model pengambilan keuntungan di balik sistem online shop atau toko online sangat sederhana, yaitu membeli bermacam produk kemudian menjualnya secara online dengan harga yang lebih tinggi.

Selama Anda bisa mendapatkan produk yang kualitasnya bagus dengan harga murah dan menjualnya ke pasar yang masih memiliki permintaan bagus, maka Anda pasti akan menghasilkan keuntungan.


Dalam bermain toko online, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan dengan cara melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk lebih memahami target demografi dan berinvestasi di iklan.

Tapi, bagaimanakah cara supaya mendapatkan produk dengan biaya yang lebih efektif? Di bawah ini, blog grosir kulakan akan menjabarkan empat cara memasok barang toko online dan masing-masing punya kelebihan serta kekurangannya.

Menciptakan Produk Sendiri

Pilihan pertama ialah menciptakan atau membuat barang jualan Anda sendiri, sepotong demi sepotong. Metode ini lazimnya berlaku bagi mereka yang bergerak di industri kreatif berskala kecil, seperti pengrajin, home industri, dan sebagainya.

Mereka lebih senang menjual barang melalui lapak situs-situs toko online yang sudah mapan seperti tokopedia, bukalapak, dan sejenisnya.

Kelebihan :
  • Mudah di dirikan. Karena Anda hanya mengandalkan diri sendiri, maka Anda tidak perlu berkutat dengan segala jenis isu hukum atau merancang riset yang terlalu rumit. Produk Anda bisa di jual kapanpun.
  • Kendali penuh. Anda memegang kendali atas bisnis seutuhnya dari awal hingga akhir. Anda di haruskan merancang ide secara mandiri, mengerjakan produk di tiap tahapan, memeriksa kualitas produk, hingga membuat strategi pemasarannya dan menentukan harga jual.


Kekurangan:
  • Bekerja tak kenal lelah. Karena usaha Anda kendalikan secara mandiri, maka tenaga yang harus Anda keluarkan pun tidak tanggung-tanggung. Anda harus rela begadang, atau tidak tidur sekalipun.
  • Tidak bisa di lipatgandakan/di otomatisasikan. Operasi bisnis semacam ini lebih mengandalkan tenaga kasar ketimbang sistem yang dapat mengotomatisasi seluruh pekerjaan. Tidak mudah untuk melipatgandakan kapasitasnya.

Bekerjasama dengan pabrikan

Opsi selanjutnya adalah bekerjasama dengan pabrikan terkait. Anda akan sepenuhnya menyerahkan produksi barang kepada mereka. Langkah ini cocok bagi bisnis yang operasi produksinya yang tidak dapat lagi hanya mengandalkan pekerjaan tangan.

Kelebihan :
  • Harga per unit yang murah. Harga produksi memang tergolong relatif menurut ketentuan pabrikan yang Anda jadikan sebagai rekanan. Biasanya, mereka akan menekan harga bahan baku sehingga harga produk yang di hasilkan menjadi lebih murah. Sehingga, keuntungan per produk yang Anda dapatkan pun meningkat.
  • Dapat di lipatgandakan. Karena proses dan alat-alat pabrikan dapat di lipatgandakan, maka kuantitas produk yang di hasilkan juga dapat meningkat tanpa harus membuang banyak tenaga.

Kekurangan :
  • Waktu perancangan. Jika produk Anda termasuk rumit dan membutuhkan desain khusus, maka waktu yang di butuhkan untuk merancangnya akan relatif lama.
  • Adanya jumlah minimum Order. Pabrikan lazimnya mengharuskan jumlah pesanan minimum untuk menutupi biaya produksi awal. Bagi Anda yang baru merintis usaha, jumlah yang mereka haruskan mungkin jauh lebih besar daripada kebutuhan Anda sehingga berpotensi mubazir.

Dropshipping

Dropshipping sangat kental kaitannya dengan dunia toko online di Indonesia. Pemilik toko cukup memajang barang pasokan orang lain, dan ketika pembeli memesan barang tersebut, maka sang pemasok akan mengantar sendiri barang ke alamat si pembeli. Pemilik toko online akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga pasokan dan harga jual yang mereka cantumkan.

Kelebihan :
  • Biaya rendah. Karena pasokan barang di atur sepenuhnya oleh orang lain, maka Anda tidak perlu repot mengatur rak penyimpanan ataupun logistik barang. Hal ini sangat menguntungkan pengusaha toko online yang modalnya masih sedikit.
  • Minim manajemen. Konsep dropshipping tidak memerlukan manajemen dan perhatian besar dari pemilik toko, karena proses produksi dan logistik bukan ditangani oleh Anda.

Kekurangan :
  • Kontrol kualitas yang terbatas. Karena alur pasokan produk tidak melewati tangan Anda, maka kualitas produk bisa saja dipertanyakan. Jika konsumen keberatan dengan kualitas yang di berikan oleh si pemasok, maka Anda sebagai penjual yang akan kena batunya.
  • Margin keuntungan yang lebih rendah. Karena pemilik toko online tidak mengendalikan produksi dan alur distribusi barang, maka keuntungan yang mereka dapatkan lebih rendah ketimbang harus memasok sendiri.

Membeli Secara Grosir

Cara memasok barang toko online yang terakhir adalah pembelian grosir. Pemilik toko membeli barang dalam partai besar, lalu menjualnya kembali dalam jumlah yang lebih kecil dengan harga yang lebih tinggi.

Kelebihan :
  • Dapat membeli produk bermerek. Anda dapat membeli produk bermerek yang sudah dikenal luas reputasinya oleh masyarakat. Sehingga calon konsumen tidak ragu dengan produk yang Anda jual.
  • Adanya diskon partai. Karena Anda membeli dalam jumlah besar dengan diskon harga, maka margin keuntungan per produknya menjadi lebih tinggi.

Kekurangan :
  • Butuh manajemen yang terampil. Anda harus cekatan dalam melacak dan memanajemen pasokan barang, termasuk mengatur rak inventori dan barang yang harus dikirim. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda jika belum terbiasa.
  • Perlu Anda ingat bahwa dalam memilih metode pasokan barang, jangan hanya memikirkan soal margin keuntungan. Pikirkan juga soal berapa banyak waktu dan tingkat stres yang rela Anda korbankan untuk mengatur distribusi barang dari hulu ke hilir.

Itulah beberapa cara mendapatkan produk untuk toko online Anda, tinggal Anda ingin yang laba besar tapi ribet atau modal kecil tapi simple.

Modal Awal Rp 500 Ribu, Kini Laba Bersih Rp 8 Juta per Bulan Dari Bisnis Kosmetik Online

Sukses di usia muda bukanlah hal yang mudah. Tapi perlu proses panjang untuk meraihnya, ibarat seperti belajar mengendarai sepeda, jatuh bangkit lagi sampai lihai mengendarainya.

Jatuh bangun dalam merintis usaha sudah dialami gadis ini. Liliana wanita kelahiran Bontang, 18 Oktober 24 tahun silam ini bisa dikatakan salah satu pengusaha wanita muda sukses yang bisa menjadi inspirasi.


Bagaimana tidak, omzet dari bisnis online kosmetik atau produk kecantikan yang ia jalani selama dua tahun terakhir, dalam 1 bulan dia berhasil mengantongi hingga jutaan rupiah. Wanita yang akrab disapa Lili ini akan membagikan pengalamannya memulai bisnis kosmetik online. Membangun bisnis toko online seperti ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, diperlukan kegigihan, kerja keras, kejujuran serta konsistensi.

Lili memulai bisnis kosmetik saat duduk di bangku kuliah, tepatnya pertengahan 2014. Saat itu, dia hanya menjual satu produk krim wajah. Di usaha pertamanya ini tidak banyak modal yang ia keluarkan, hanya Rp 500 ribu. Pertama kali merintis bisnis yang tak pernah digelutinya sama sekali, sempat membuat Liliana merasa bingung.

Terlebih teman-teman kuliahnya semasa itu menasehatinya agar fokus menyelesaikan studinya. Maklum saja, tahun itu merupakan tahun terakhirnya menjalani pendidikan di salah satu Akademi Kebidanan Samarinda.

Meski begitu ia yakin, usaha yang dijalaninya ini akan berbuah manis. Pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini membuka cakrawala pemikirannya, kenapa tidak ia memasarkan produknya melalui media sosial. Singkat cerita, ia mulai memasarkan produknya melalui akun jejaring sosial miliknya seperti twitter, facebook, instagram dan BBM. Setiap minggu krim wajah yang dijualnya bisa habis dua lusin. Keuntungannya bisa sampai dua juta tiap pekan.

Setelah menyelasaikan studinya di Samarinda 2015 silam, ia bahkan melebarkan sayapnya dengan menjual 3 produk yakni hand body racik, masker lotong dan lulur racik. Hebatnya, 3 produk itu merupakan kreasi dari tangannya sendiri. Tidak membutuhkan waktu yang cukup lama,hanya dalam waktu 5 bulan, ketiga produk yang ia buat dari hasil kreasinya itu diminati teman-temannya.
Baca Juga : 8 Trik Pemilik Toko Agar Pembeli Habiskan Uang Lebih Banyak
Orderan pun terus menerus berdatangan baik dari dalam dan luar daerah. Produksi yang awalnya hanya 3 kilogram kini melonjak signifikan menjadi 40-50 kilogram. Sekarang pelanggannya tidak hanya dari Bontang, ia melakukan ekspansi hingga ke beberapa pulau di luar Kalimantan, seperti Aceh, Bangka Belitung, Jakarta, Manado hingga daerah paling timur Indonesia, Papua. Untuk memudahkan pemasaran, ia telah memiliki beberapa reseller dari daerah tersebut.

Semoga artikel ini dapat memotivasi para pengunjung blog grosir kulakan, silahkan share agar menginspirasi teman dan orang-orang terdekat Anda.

Peluang Bisnis Toko Perlengkapan & Peralatan Salon

Toko perlengkapan salon adalah bisnis yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan saat ini. Walaupun jika di lihat seperti sebuah bisnis yang sepele, tapi sebenarnya dibalik itu ada sebuah keuntungan yang sangat menjanjikan.

Untuk membuka toko perlengkapan dan peralatan salon, hal utama yang harus di perhatikan adalah masalah relasi. Dengan semakin maraknya salon dan barber shop, tentu ini bisa kita rangkul untuk menjadi konsumen bisnis toko kita.


Tidak perlu terlalu muluk dalam menetapkan target relasi dari para pemilik salon ini. Karena jika relasi yang sedikit itu bisa puas dengan pelayanan yang kita berikan, niscaya mereka akan mampu berperan sebagai tenaga pemasar dan promosi bagi toko peralatan dan perlengkapan salon yang kita kelola.

Dalam bisnis toko perlengkapan salon ini, promosi dan pemasaran dari mulut ke mulut adalah sebuah sistem marketing yang sangat efektif. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot memasang iklan atau promosi yang memakan biaya tidak sedikit.

Selain itu, kita bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi internet. Melalui internet, sistem pemasaran online bisa dikembangkan untuk mendukung toko perlengkapan salon yang kita kembangkan.

Keuntungan yang didapat dengan menggunakan sistem online adalah, kita bisa menjangkau konsumen yang jauh dari lokasi toko kita. Selain itu, sistem pemasaran online juga tidak mengenal batasan waktu, sehingga bisa dilakukan selama 24 jam dan di mana saja.

Peluang Bisnis Toko Perlengkapan Salon

Selain bicara sistem, perlu juga dikedepankan tentang beberapa peluang yang ada pada bisnis toko perlengkapan salon ini. beberapa hal yang menjadi alasan untuk membuka toko perlengkapan salon di antaranya adalah :

Makin maraknya jasa salon. Jasa ini tentu membutuhkan supplier yang menyediakan berbagai macam perlengkapan salon. Dan dari konsumen jenis salon ini, perputaran barang akan lebih cepat, karena kebutuhan yang harus dipenuhi juga cukup banyak.

Kebutuhan masyarakat akan penampilan, membuat mereka harus bisa selalu tampil sempurna di setiap kesempatan. Tak jarang, karena keterbatasan kesempatan, menjadikan mereka harus melengkapi diri dengan menyediakan perlengkapan rias pribadi di rumah. Dan untuk mendapatkan peralatan rias yang lengkap, membeli di toko perlengkapan salon adalah sebuah pilihan yang tepat.

Makin buruknya kualitas lingkungan. Hal ini berdampak pada makin banyaknya perlengkapan yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi penampilan seseorang. Sehingga, akan makin banyak orang mencari berbagai macam perlengkapan salon untuk melakukan proses perawatan diri secara individu.

Belum banyak yang memilih bisnis ini. Hal ini tentu menjadi sebuah kesempatan, karena dengan masuk ke sebuah arena bisnis terlebih dulu daripada pesaing, hal ini akan menjadi sebuah keuntungan. Karena dengan demikian brand yang kita miliki bisa lebih dikenal daripada brand pesaing.

Ini Tarif Endorse Instagram Ayu Ting Ting

Sejak nama Ayu Ting Ting meroket, dia sering menawarkan produk-produk online shop melalui akun Instagram. Seperti diketahui, akun instagram Ayu Ting Ting, @ayutingting92 mempunyai jumlah follower Instagram yang mencapai 21 juta.

Pastinya mempunyai jutaan pengikut di sosmed tersebut dimanfaatkan oleh Ayu Ting Ting dalam berbisnis, salah satunya melalui endorse produk online shop atau toko online.


Bisa dilihat pada akun Instagramnya, dia sering kali memposting beberapa produk dari toko online dan menawarkan produk mereka. Sangat banyak toko online yang memakai jasa Ayu Ting Ting untuk mendukung endorse produk mereka karena follower Instagramnya mencapai puluhan juta.

Ternyata, biaya endorsement online shop di akun instagram Ayu Ting Ting tidaklah murah. Untuk mengunggah sebuah foto produk online shop, harga yang dibandrol terbilang sangat fantastis. Fee atau biayanya bisa mencapai 9 juta sampai 10 juta rupiah. Itu masih dalam bentuk foto, jika ingin video biaya lebih fantastis lagi yaitu 15 juta sampai 17 juta.

Bahkan untuk sebuah foto endorse Ayu dengan putrinya, Bilqis Khumairah Razak juga tidaklah murah. Biaya satu foto endorse Ayu Ting Ting dengan Bilqis dibanderol dengan harga 16 juta. Kalau untuk endorse putrinya saja (Bilqis) biayanya 6 juta.

Benar-benar harga yang fantastis kan untuk sebuah iklan endorsement?
Tidak hanya Ayu Ting Ting dan putrinya saja yang membuka bisnis endorse ini, kini Ibunya Ayu, Umi Kalsum pun juga membuka bisnis endorsement. Mau tahu biaya satu foto endorse di instagram ibunya juga tidaklah murah, yaitu 1 juta rupiah, sedangkan untuk video dibanderol 1,5 juta.

Pasar Glodok Pusat Elektronik, Babak Belur Dihajar Toko Online

Akhir-akhir ini banyak pusat grosir yang tepar melawan badai online shop, setelah kemarin ulasan Pasar Tanah Abang yang omsetnya turun drastis, sekarang Glodok Jakarta sebagai pusat elektronik mengalami hal serupa.

Pada tahun 90-an, Pasar Glodok menjadi pusat grosir aneka barang elektronik yang paling ramai di Indonesia. Semua jenis barang elektronik tersedia di Pasar Glodok yang lokasinya di Jakarta Barat tersebut, dari mulai elektronik model baru sampai rekondisi alias bekas.


Tapi tidak dengan saat ini, kondisi Pasar Glodok elektronik, semakin hari semakin sepi ditinggal pembeli. Salah seorang pemilik toko elektronik di Glodok, Andre mengatakan salah satu penyebab sepinya pembeli di Pasar Glodok karena maraknya trend belanja online. Itu sangat berpengaruh sekali, orang sekarang lebih senang beli secara online daripada datang langsung ke toko.

Dia mengungkapkan, para pedagang elektronik Glodok yang saat ini masih bertahan di lantai 3 hingga 5, rata-rata juga memiliki situs online atau menjualnya lewat situs e-commerce.

"Ini rata-rata yang masih buka toko juga punya online. Kalau tidak punya online, jual dengan menunggu di toko begini saja pasti enggak bisa bertahan, habis pasti. Lihat saja yang datang sepi sekali begini," ujar dia.

Andre yang menjual PlayStation dan kaset game console ini mengaku, porsi penjualan video game tersebut dari online bahkan lebih besar ketimbang yang dijual langsung dari toko, porsinya penjualan lewat online itu 60% uintuk offline itu 40%.

Sepi Pembeli, Toko Elektronik di Glodok Beralih Jadi 'Kantor'

Meski sepi pembeli, pedagang elektronik di Pasar Glodok, Jakarta Barat, masih memilih bertahan. Toko-toko yang terlihat sudah ditutup paling banyak ditemui di lantai atas mulai dari lantai 3 sampai lantai 5. Banyak pedagang yang masih memilih tetap membuka toko di pusat grosir tersebut lantaran toko tersebut juga berfungsi sebagai kantor.

Menurut pantauan team blog grosir kulakan, memang di Pasar Glodok banyak yang importir dan distributor besar. Ada yang punya toko elektronik di daerah lain, jadi di sini tetap buka sebagai kantor saja. Karena kalau buat jualan enggak mungkin, semakin hari semakin sepi.

Dengan kondisi pengunjung yang sangat sedikit, para pedagang menjadikan tokonya sebagai tempat administrasi, juga kantor dan pusat pelayanan purna jual (after sales) dari penjualan yang dilakukan secara online.

Wilayah Glodok sendiri selama puluhan tahun dikenal sebagai pusat penjualan berbagai macam barang elektronik yang terbagi dalam beberapa kawasan Glodok Plaza, Pasar Glodok, Harco Glodok, dan Plaza Prion. 

Di luar kawasan yang dibangun Pemda DKI Jakarta dan swasta tersebut, ratusan pedagang elektronik lainnya menjamur di sepanjang jalan di pinggiran Glodok sampai ke Pasar Asemka hingga Mangga Dua.

Waspada Penipuan Metode Baru di Bukalapak & Tokopedia

Di jaman serba modern seperti sekarang ini, Anda pastinya sudah sering belanja online. Ya, keberadaan toko online diakui atau tidak sangat membantu, karena pembelian produk yang kita inginkan bisa melalui handphone tanpa repot-repot datang ke toko.

Untuk Anda yang biasa belanja online pastinya sudah sangat familiar dengan langkah-langkah pembeliannya. Mulai dari pesan barang sampai pembayaran dan barang yang dipesan diterima. Kita tentu akan memilih membeli suatu barang di toko yang terpercaya dan rekomended.

Karena kasus penipuan dalam berbelanja online sering terjadi. Tapi jika menemukan barang bagus dengan harga murah siapa yang tidak tertarik? Namun harap waspada jika ada online shop yang menjual barang bagus dan harga di bawah pasaran.


Kejadian diatas adalah salah satu modus penipuan online. Terlebih saat Anda diminta memberikan kode OTP (One Time Password) kepada penipu. Ini adalah cara kerja si sindikat tersebut untuk mensiasati e-commerce.

Seperti yang diceritakan seorang netizen yang bernama Dianna Anastasia pada sebuah postingannya. Dalam ceritanya menghimbau kepada netter untuk lebih berhati-hati kalau melihat harga yang murah kebangetan atau beda jauh dengan harga pasaran saat hendak belanja online di situs E-commerce. Ia memperingatkan untuk hati-hati saat diminta memberitahu kode yang dikirim ke HP Anda.

Kode yang dimaksud yaitu Kode OTP (One Time Password) yang sama saja dengan meminta kata sandi akun kita sendiri. Orang yang memiliki kode ini bisa login ke akun Anda dan melakukan berbagai transaksi berpura-pura sebagai Anda.


Pada kasus yang dialami Dianna, dia akan membeli sebuah handphone di seller Hamsa Cell di salah satu sistus e-commerce ternama. Harga handphone yang ditawarkan 2,4 juta, padahal di pasaran masih 6 jutaan. Si seller berdalih itu adalah harga promo.

Selanjutnya dia lanjutkan ke pembayaran dan langsung transfer uang, namun beberapa jam kemudian, tiba-tiba ada SMS kode verifikasi login masuk ke ponselnya. Karena sudah menaruh curiga, ia pun memutuskan membatalkan pesanan HP tersebut.

Tidak lama, si penjual mengirimkan pesan WA dan meminta kode OTP, dengan alasan metode baru. Saat itu ia langsung sadar dan tidak mau memberikan kode tersebut. si penjual bahkan mengatakan orderan yang dibuatnya hanya PHP, padahal itu hanya trik penjual untuk memancing emosi pembeli.

Tujuannya, kode itu dipakai untuk login ke akun pembeli untuk mengkonfirmasi bahwa pesanan sudah di terima, jadi seolah pesanan itu sudah diterima pembeli dengan baik. Jika pembeli sudah konfirmasi, pihak e-commerce otomatis akan mencairkan uang ke rekening pelaku penipuan.

Jadi perlu diingat, jangan sekali-kali memberikan kode OTP/authentication code/kode verifiksi tersebut kepada siapapun apalagi orang yang tidak Anda kenal. Karena ini merupakan bagian dari modus penipuan. Silahkan share, agar orang terdekat Anda tidak menjadi korban penipu tersebut.

Pasar Tradisional Kota Kembang Bandung, Menjadi Jujugan Pedagang Online

Ingin kulakan sepatu dan tas murah? Datang saja ke Bandung di jalan Dalem Kaum. Di Pasar Kota Kembang Anda bisa mendapatkan barang bagus dengan harga grosir. Ahmad Fahlawi, salah pemilik toko di Pasar Kota Kembang mengatakan jika dulunya pasar ini terkenal sebagai pasar tradisional. Sekarang, sebutan itu sudah tidak berlaku lagi.

Sekarang sudah menjadi pasar online, karena pemilik toko online kulakan disini. Pedagang online sering mengambil barang di Pasar Kota Kembang karena harganya yang sangat murah dan tidak perlu berdesak-desakan di Pusat Grosir Tanah Abang.


Di antaranya tas wanita dijual mulai harga Rp 50.000 dan sepatu dijual dengan harga Rp 75.000. Untuk harga tas wanita yang dijual Rp 50.000, pedagang online menjualnya lagi dengan harga Rp 75.000 sampai Rp 125.000.

Saat pagi hari Pasar Kota Kembang memang tidak rame, tapi saat hari sudah sore pedagang online mulai berdatangan untuk mengambil pesanan. Menurut pantauan team blog grosir kulakan, pedagang online berdatangan dari satu toko ke toko lainnya untuk mendapatkan model Sepatu atau tas yang mereka jual secara online.

Di Pasar Kota Kembang sangat mudah mendapatkan produk bermerk terkenal. Jika berkunjung kesana jangan kaget kalau misalnya menemukan dompet bermerek Dolce&Gabbana, Gucci, Versace, atau tas branded lainnya. Tapi pastinya bukan produk original, melainkan barang KW. Harganya sangat murah sekali.

Ratusan lapak-lapak para penjual berderet mengapit jalanan selebar sekitar 1 meter. Menyusuri Pasar Kota Kembang panjangnya hanya seratusan meter lebih ini akan membuat mata “kalap” untuk belanja.

Sepatu merupakan produk yang paling dominan dijual di tempat ini, selain tas, aksesoris, kain dan kosmetik. Mungkin tak sekelas barang-barang bermerek dengan kualitas tinggi, tapi jangan salah, model-model sepatu maupun tas yang dipajang tak kalah fashionable dengan produk keluaran merek terkenal.

Pasar Kota Kembang buka jam 9:00 WIB dan tutup jam 20:00 WIB. Oh iya, pasar ini kalau orang Bandung menyebutnya “pasar kokom”. Lokasinya cukup strategis memudahkan Anda yang akan berbelanja di sini. Tapi akan sedikit sulit jika Anda membawa mobil pribadi, karena harus mencari tempat parkir yang aman dan sedikit jauh dari pasar.