Tips Supaya Bisnis Jajanan Lebaran Laris Manis

Bisnis jajanan lebaran bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Ketika lebaran semua rumah pasti menyediakan jajanan. Seperti keripik, nastar, kue coklat dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus buat Anda.


Tapi pasti akan banyak orang yang membuka bisnis ini menjelang lebaran. Lalu bagaimana supaya bisnis Anda laris manis, ditengah persaingan bisnis yang tinggi. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Variasi Jajanan Yang Banyak

Jajanan lebaran jenisnya sangat banyak sekali. Ada yang kering dan basah. Ada jenis kue dan ada yang jenis makanan ringan. Supaya bisnis Anda laris manis, buatlah variasi jajanan yang banyak. Sehingga orang-orang suka membeli jajan ditempat Anda. Buat variasi makanan yang unik-unik dengan rasa yang enak.

Pintar Memasak, Kenapa Tidak Buat Sendiri

Jika Anda suka memasak, kenapa tidak membuat variasi jajanan lebaran sendiri. buat nastar, putri salju dan lainnya buatan Anda sendiri. sehingga kualitas dan kebersihan makanannya terjamin.

Bisnis jajanan lebaran ini tidak membutuhkan modal yang banyak. Hanya dengan modal Rp 500.000 Anda bisa memulai bisnis ini. buatlah sistem pre order. Jadi ketika Anda orang memesan, Anda baru membuat kuenya.

Promosi, Promosi Dan Promosi

Tanpa adanya promosi sebuah bisnis akan sia-sia saja. jadi supaya bisnis Anda semakin laris manis, Anda harus melakukan promosi terus menerus. Promosi bisa lewat online atau offline.

Minta teman-teman Anda untuk mempromosikannya. Lakukan endorse ke orang yang berpengaruh di sosial media dan lain sebagainya. Ini akan membantu orang lain tahu tentang produk Anda.

Baca Juga : Curi Start, Tempat Kulakan Kue Kering Harga Grosir
Jangan lupa untuk selalu mengedepankan rasa dan kualitas jajanan Anda. jika jajanan Anda enak pasti orang lain akan balik membeli produk Anda. Minta testimonis buat orang yang pernah order jajanan di Anda.

Yang jelas buat sesuatu yang beda dari yang lainnya. Sehingga Anda keunikan tersendiri dari jajanan lebaran yang Anda jual. Sekian artikel tentang tips supaya bisnis jajanan lebaran laris manis.

Peluang Bisnis Baju Lebaran Yang Laris Tahun Ini

Buat Anda yang ingin berbisnis, tapi bingung memulai bisnis Anda. Mungkin bisnis baju lebaran bisa menjadi bisnis yang menguntungkan buat Anda. Peluang bisnis baju lebaran selalu meningkat omsetnya menjelang lebaran.

Bahkan bisa dua kali lipat lebih banyak ketimbang hari biasa. Jika Anda ingin memulai bisnis baju untuk lebaran, berikut ini beberapa jenis baju yang bisa Anda jual.


Bisnis Baju Lebaran ~ Baju Muslim Wanita

Menjelang lebaran pasti semua wanita mencari busana muslim. Untuk silaturahmi ke rumah saudara atau untuk shalat ied di masjid. Jadi menjual baju muslim wanita pasti sangat laris manis.

Model baju muslim wanita saat ini sangat banyak sekali. Pilihan model yang sedang popular. Sesuaikan juga dengan target pasar Anda. Apakah ibu-ibu atau wanita muda. Pilihan model yang dicari akan berbeda.

Selain itu target pasar kelas menengah ke atas atau kelas menengah ke bawah. Model, harga dan jenisnya berbeda. Jika Anda menargetkan menengah ke bawah, tapi menjual baju dengan harga mahal tentunya tidak akan laku.

Oleh karena itu tentukan target pasar Anda terlebih dahulu. Agar mendapatkan untung seperti yang Anda harapkan, kulakan baju lebaran di pusat grosir baju adalah pilihan yang tepat.

Baca juga : Kumpulan no telepon dan alamat pusat grosir baju murah seluruh Indonesia

Baju Anak-Anak

Peluang bisnis baju lebaran anak-anak bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Orang tua pasti ingin anak-anaknya tetap tampil cantik dan ganteng. Jika Anda ingin jualan baju anak-anak, berarti target pasar Anda ibu-ibu.

Pilih model baju anak yang lucu dan bagus. sehingga orang tua lebih tertarik untuk membelinya.Anda bisa menjual baju anak perempuan dan laki-laki. Bisa tambahkan aksesoris anak lainnya. seperti sepatu, aksesoris rambut, topi dan lainnya.

Selain dua peluang bisnis baju lebaran diatas, Anda juga bisa berjualan baju pria, baju sarimbit, jilbab dan lainnya. menjelang lebaran semua jenis pakaian pasti laku. Asalkan produknya bagus, up to date dan harganya terjangkau.

Pilihlah baju yang paling Anda kuasai. Misalnya Anda ibu yang memiliki anak, kenapa tidak coba berjualan baju anak. atau Anda wanita muslim yang suka fashion, jualan baju-baju muslim modern.

Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat Anda.

Peluang Bisnis Ramadhan Yang Menguntungkan

Ramadhan menjadi berkah buat semua orang. Di bulan ramadhan jualan apapun bisa laku. Banyak orang yang ingin berjualan di bulan ramadhan, tetapi bingung produk apa yang dijual.

Selain itu banyak hal yang dipikirkan, bagaimana kalau bisnis rugi, gak laku dan lain sebagainya. Berikut ini peluang bisnis ramadhan yang menguntungkan dan bisa Anda coba.


Peluang Bisnis Ramadhan Yang Menguntungkan

Jualan Pakaian

Menjelang lebaran, bisnis pakaian selalu laku keras. Banyak orang yang membeli baju baru untuk lebaran. Jadi ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan buat Anda.

Anda bisa menjual pakaian wanita, pria, anak-anak atau aksesoris pakaian lainnya. Seperti tas, sepatu jilbab dan lainnya. jika Anda tidak punya modal yang besar, bisa mencoba sistem dropship. Jadi Anda tak perlu stok barang di luar dan hanya butuh modal internet saja.

Jualan Kue Kering

Pada hari raya idul fitri banyak tamu yang akan datang ke rumah. Oleh karena itu pasti banyak orang yang menyediakan makanan di rumahnya. Oleh karena itu jualan kue kering pasti menguntungkan.

Jika Anda pintar memasak, Anda bisa membuat kue kering sendiri. lalu menjualnya secara online. Anda juga bisa mencari supplier kue kering yang murah dan berkualitas.

Baca Juga :

Jualan Toples Unik

Peluang bisnis ramadhan selanjutnya adalah bisnis toples yang unik. Banyak orang yang mencari toples untuk tempat makanan ketika lebaran.

Mereka mencari bentuk toples yang unik dan menarik. Buat Anda yang kreatif, buatlah toples yang menarik dan unik. Yang beda dari yang lain.
Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Toples Lebaran

Jualan Makanan Buka Puasa

Suka memasak, kenapa tidak coba untuk jualan makanan buka puasa. Anda bisa jualan sayur untuk buka, gorengan, takjil dan lain sebagainya. Apalagi lokasi rumah Anda di sekitar kampus atau tempat kerja.

Pasti banyak sekali orang yang mencari makanan untuk buka puasa. Modal yang dibutuhkan kecil tetapi keuntungannya besar.

Sebenarnya masih banyak peluang bisnis ramadhan yang bisa Anda coba, peluang bisnis lainnya bisa Anda baca disini.

Hampir semua jenis bisnis bisa laku ketika ramadhan. Lihatlah keadaan sekitar Anda dan jual apa yang mereka butuhkan. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat Anda.

Belajar Cara Menjadi Distributor

Pada jaringan bisnis biasanya ada 3 pihak  yang terlibat berputarnya sebuah usaha. Mereka adalah produsen (pihak yang membuat produk), distributor ( pihak yang mendistribusikan produk) dan retailer (pihak yang menjual produk ke end user alias pengguna akhir).

Jika bisnis distributor adalah pilihan Anda, maka pilihan itu  bukanlah hal yang mudah. Apalagi keadaan ekonomi seperti sekarang ini. Salah perhitungan bisa menyebabkan urusan menjadi runyam. Tapi Anda tidak boleh terlalu pesimis. Bagaimanapun juga, bisnis adalah bisnis. Ia masih akan tetap ada meski keadaan dalam kondisi ekonomi terburuk sekalipun.


Ada beberapa hal yang patut anda catat bila ingin berbisnis dengan mengambil posisi distributor :

1. Wilayah Pemasaran
Perhatikan wilayah kerja Anda. Apakah Anda mempunyai pesaing yang menjual produk yang sama ? Apakah Anda menguasai daerah pemasaran tersebut? Chanel-chanel pemasaran Anda seperti toko, minimarket, supermaret, kios. Apakah Anda mampu menjangkau mereka ?

2. Alat Transportasi
Bila Anda akan mendistribusikan produk Anda. Tentukan alat transportasi apa yang paling bisa diandalkan. Irit, dapat mengangkut banyak barang dan tidak “rewel” di jalan. Bisakah Anda memenuhi alat transportasi ini ?

Anda tidak bisa memandang tersedianya alat transportasi dengan sebelah mata. Sebab pelanggan sekarang menuntut pelayanan ekstra. Kecepatan dan ketepatan menjadi salah satu kunci keberhasilan seorang distributor.

3. Posisi Distributor
Pastikan posisi Anda. Apakah sebagai main distrubutor atau sub distributor. Bila main distributor biasanya Anda akan langsung berhubungan dengan produsen atau pabrik dan memiliki wilayah kerja yang luas misalnya karesidenan, bahkan juga propinsi.

Jika Anda adalah sub dstributor maka Anda akan berada di bawah main distributor dengan wilayah kerja yang lebih sempit. Anda mungkin akan diberikan wilayah kerja setingkat kabupaten atau kecamatan.

Yang lebih penting lagi. Pastikan bahwa Anda benar-benar memiliki wilayah kerja tersebut. Anda tidak akan di ”tikam” dari belakang oleh pihak di atas Anda (main distributor misalnya) dengan memberikan wilayah kerja yang sama kepada pihak lain selain anda.

Saya banyak menyaksikan kejadian ini sering terjadi. Akibatnya bisa fatal. Tentu saja pasar menyempit, dan Anda akan berperang habis-habisan. Pilihlah partner yang tepat.

4. Perhatikan Waktu Utang dan Waktu Piutang
Waktu piutang dan utang akan sangat mempengaruhi wajah cashflow Anda. Intinya, Anda harus mempersingkat waktu piutang Anda dan memperpanjang waktu utang Anda.

5. Sumber Daya Manusia
Karyawan Anda benar-benar aset bagi seorang distributor. Merekalah ujung tombak bisnis Anda. Buatlah sistem penghargaan kerja. Latihlah mereka agar menjadi penjual-penjual yang tangguh.

6. Biasanya distributor mendapat margin yang relatif lebih sedikit dibandingkan retailer. Maka fokuslah pada bagaimana menjual produk lebih banyak. Dengan kata lain biar untung dikit tapi jualannya banyak. Kumpulan alamat distributor yang siap Anda jadikan mitra klik disini.

Trik Modal Usaha Dari Supplier

Kita tahu bahwa memperoleh modal usaha sangat sulit di masa-masa seperti saat ini. Para pengelola lembaga keuangan memperketat aturan memperoleh pinjaman bagi calon nasabah. Selain karena kehati-hatian, itu juga dilakukan karena uang yang ngendon di bank harus dijaga. Tidak bisa digelontorkan begitu saja kepada nasabah dalam bentuk pinjaman.


Ada baiknya kita mencari modal diluar lembaga keuangan. Sejatinya modal ini bertebaran bila kita cerdas untuk mencarinya.

Salah satu sumber modal usaha yang bisa kita peroleh berasal dari supplier. Mereka adalah pihak yang menjual atau menitip produk mereka kepada kita, untuk dijual kembali kepada pelanggan atau user.
Baca Juga : Tips dan Modal Membuka Toko Plastik
Tentu saja, produk yang mereka jual atau titipkan pada kita adalah modal yang mereka percayakan kepada kita. Apalagi bila mereka menjual dengan menggunakan tempo pembayaran. Wuihh, itu modal tanpa bunga bung !

Saya ingin berbagi sedikit tips agar anda bisa menarik para supplier sebagai pemodal :

1. Bangun Kredibilitas
Memang kredibilitas tidak bisa dibangun dalam semalam. Namun semakin cepat anda membangun kredibilitas anda , maka semakin baik posisi anda dimata supplier. So bangun kredibilitas dengan :


  • Membayar utang tepat waktu.
  • Jangan mencoba untuk membajak atau membuat produk palsu.
  • Berikan informasi tentang pasar produk mereka.
  • Bangun komunikasi yang baik dengan para salesman atau salesgirl mereka. Bila perlu Anda membangun hubungan yang baik dengan pemimpin yang bisa mengambil keputusan. Misalnya,  manajer produk atau manajer area.

2. Negosiasikan Jangka Waktu dan Harga
Bila kredibilitas anda dimata supplier baik, maka posisi negosiasi anda semakin tinggi. Anda memiliki daya tawar yang kuat untuk bernegosiasi mengenai harga dan waktu pembayaran utang.

Semakin lama tempo pembayaran semakin baik untuk cashflow anda. Jika toko atau outlet anda memiliki performance yang cukup baik dalam penjualan, masalah harga bisa dirembug.

3. Ajak Mereka Untuk Bekerja Sama
Yup, ajaklah supplier anda untuk bekerja sama. Anda bisa meminta mereka untuk membuat banner misalnya, atau melakukan promosi bersama. Kegiatan-kegiatan pemasaran bisa anda buatkan proposal dan sampaikan kepada mereka.

Misalnya, anda membuka usaha salon di rumah. Maka ajak saja supplier produk rambut untuk melakukan demo bersama. Hal ini terbukti paling efektif dan efisien untuk memperkenalkan brand masing-masing kepada calon pelanggan anda.

Bila kegiatan-kegiatan ini dilakukan secara kontinyu maka ini yang diharapkan :

4. Menggenjot Penjualan Anda
Bagi pegusaha , penjualan adalah sumber pendapatan. Secara tidak langsung penjualan anda itu juga sumber pendapatan bagi supplier. Jadi mereka sangat berkepentingan terhadap penjualan anda. Gunakan taktik dan strategi yang tepat untuk menggenjot penjualan kita. Masalah ini kita bahas lain kali ya.

Salah satu toko bangunan yang kami yang berada di sebuah kota di Jawa Timur, saat ini dipercaya oleh banyak sahabat-sahabat supplier. Di dalam toko sudah tidak ada lagi barang yang saya beli dengan menggunakan modal saya pribadi.
Baca Juga : Merintis Bisnis Toko Bangunan yang Menguntungkan
Semua barang dibeli dengan tempo pinjaman rata-rata 2-3 bulan dengan harga yang kompetitif. Dengan begitu, konsep bisnis saya adalah mengelola modal milik supplier ! Saya hanya menyediakan tempat saja.

Tips dan Modal Membuka Toko Plastik

Kebutuhan masyarakat akan produk plastik akan selalu ada, sehingga bisnis toko plastik akan terus prospektif. Untuk itu, kali ini blog grosir kulakan akan menyajikan sedikit tips membuka usaha toko plastik, kita harus tahu ada beberapa persiapan membuka toko plastik.

Bagaimana Cara Membuka Toko Plastik

Pasar
Kira-kira pasar seperti apa yang akan dituju? Apakah pasar industri, pasar konveksi/garment atau pasar rumah makan, kafe atau hotel?

Produk
Jika pasar yang dituju telah ditetapkan maka kebutuhan produk bisa diketahui, antara lain:
  • Jenis produk plastik yang biasa diperlukan oleh pasar industri berskala besar adalah: plastik PP, plastik PE, plastik HDPE, plastik bubble sheet, plastik foam sheet, tali rafia, dan plastik PVC.
  • Jenis produk plastik yang biasa diperlukan oleh konveksi/garment adalah: plastik polybag jenis OPP, PP, PE, dan HDPE (shopping bag).
  • Sedangkan jenis produk plastik yang biasa diperlukan oleh pasar kafe/restoran/hotel adalah: perlengkapan dapur untuk pelanggan seperti tissue, plastik HDPE anti panas, plastik shopping bag, tusuk gigi, sumpit, plastik sampah, dsb.
  • Atau untuk keperluan umum/industri lainnya adalah gabungan dari pasar industri yang telah kami sebutkan diatas.

Prospek
Produk plastik merupakan produk yang paling banyak dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Produk plastik relatif tidak ada masa kadaluarsa, kecuali plastik tersebut terkena sinar matahari atau terkena air hujan, sehingga menyebabkan plastik tersebut menjadi berubah warna dan lengket. Prospeknya dianggap menjanjikan dan baik.

Modal Membuka Toko Plastik
Diperlukan tempat untuk berjualan, seperti counter/kios/gudang/perizinan. Selain itu juga dibutuhkan rak (untuk menaruh plastik), kursi, meja, dsb.

Pembelian produk meliputi: produk yang cepat laku maupun produk yang lambat lakunya. Perlu perhitungan untuk pembelian produk yang cash/transfer, kredit 1 minggu, kredit 2 minggu, atau kredit 4 minggu atau pembelian secara grosir dan eceran. Karena kalau beli secara grosir biasanya lebih murah.

Modal awal membuka toko plastik yang diperlukan berkisar antara Rp 30.000.000 sampai Rp 75.000.000.

Lokasi
Tempat yang banyak dilalui masyarakat, seperti pasar, pusat pertokoan, mall/trademall. Tersedianya fasilitas parkir dan keamanan berbelanja yang memadai. Serta tersedianya transportasi umum yang memudahkan calon pembeli untuk mendatangi tempat usaha kita.

Harga
Untuk mendapatkan harga yang murah dadn bersaing, perlu memperhatikan kurs dollar dan harga minyak dunia. Karena plastik terbuat dari bahan pertambangan dan harga beli bahan plastik biasanya dihitung dalam mata uang dollar.

Membeli produk dari beberapa pabrikan dan distributor plastik supaya mendapatkan produk dan harga yang baik. Untuk alamat dan nomer telepon pabrik dan distributor plastik klik disini.

Dalam menjual kepada calon pembeli, berikan pelayan dan harga yang baik sehingga kita bisa mendapatkan seorang pembeli yang akan menjadi seorang pelanggan dan kita akan mendapatkan repeat order.

Sebelum memulai usaha toko plastik, Anda perlu mengenal jenis-jenis plastik sesuai dengan bahan dan kegunaannya, yaitu :

Jenis-Jenis Plastik di Toko Grosir


Plastik PP (Polypropylene)
Plastik PP adalah bahan plastik yang digunakan untuk dipakai pada packing makanan kering / snack, sedotan, kantong obat, penutup, cup, tas, botol, dsb.

Plastik PE
Plastik PE (Poly Ethylene) adalah bahan plastik yang digunakan sebagai packing minuman atau barang-cairan, seperti es batu, syrup, maupun minuman lainnya.

Plastik OPP
Plastik OPP (Oriented Polystyrene) adalah, sangat bening, kurang tahan panas. Digunakan untuk mempacking roti & snack, t-shirt, jaket, baju. Menambah keindahan penamplan produk. Supaya tidak mudah robek dipergunakan double layer side & gusset.

Plastik HDPE
Plastik HDPE adalah bahan plastik yang bewarna putih susu atau putih bersih. Digunakan untuk kantong tissue, botol detergent dan minyak, dan plastik anti panas, pipa plastik.shoppingbag dan kantong plastik yang Cocok untuk kantung sayur makanan yang berkuah karena fleksibel dengan kekuatan tinggi.

Plastik LDPE
Plastik LDPE adalah bahan plastik yang digunakan untuk pelapis kaleng. Plastik pembungkus makanan supaya tetap hangat (food wrapping). Kantong grocery, bungkus roti, tas plastik fleksibel dengan kekuatan remas.

Plastik PET
Plastik PET adalah polimer jernih dan kuat dengan sifat-sifat penahan gas dan kelembaban. Kemampuan plastik PET untuk menampung karbon dioksida (karbonasi) membuatnya sangat ideal untuk digunakan sebagai botol-botol minuman ringan (bersoda / terkarbonasi). Selain itu plastik PET juga sering digunakan sebagai botol air minum kemasan.

5 Fasilitas Online untuk Memasarkan Produk Dengan Cepat

Di jaman serba digital seperti saat ini, banyak hal yang menjadi lebih mudah kita lakukan dibandingkan jaman dulu. Salah satunya adalah usaha, karena rupanya sudah banyak tools dan fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis baru Anda. Selain dibuat untuk membuat pengeluaran lebih hemat, aplikasi ini juga bisa membuat jalannya bisnis menjadi lebih efekif.

Ada tools dan fasilitas di internet yang bisa Anda manfaatkan, bahkan banyak diantaranya bisa dikelola secara gratis. Apa saja aplikasi-aplikasi yang bisa membantu pemasaran bisnis Anda? Cek list-nya satu per satu di bawah ini.


1. Website

Website adalah alat digital penting yang harus Anda miliki terlepas dari jenis bisnis yang dijalankan. Apapun bisnis tersebut, baik berupa penawaran barang maupun jasa, rasanya sudah saatnya mulai memasarkannya secara online. Website membantu Anda untuk meraih pasar lain yang luasnya tak terbatas sekaligus menjadi profil utama yang penting untuk menunjukkan eksistensi bisnis tersebut.

Dengan memiliki website, maka alat digital ini bisa menjadi basis bagi Anda melakukan upaya pemasaran melalui sosial media yang langsung terhubung dengan website.

Sehingga calon konsumen bisa memperoleh informasi yang komprehensif mengenai barang atau jasa ditawarkan, kontak yang harus dihubungi, serta prosedur pemesaanan misalnya. Selain efektif, website juga mempermudah kinerja pemasaran serta membangun branding.

Kalau masih ragu untuk membuat website dan takut harganya mahal? Kekhawatiran itu sebaiknya perlu Anda buang jauh-jauh. Karena Anda bisa memanfaatkan paltform pembuatan website secara gratis, salah satunya adalah www.wix.com.

Wix menyediakan berbagai jenis desain template website untuk tujuan komersil, menghubungkan website dengan media sosial, blog dan sebagainya. Anda bisa membuat situs secara gratis hanya dengan mendaftar menggunakan email kemudian memilih desain website yang diinginkan. Mudah bukan?

2. Mailing List

Dengan mempunyai Mailing List, maka Anda akan dipermudah memilih informasi email dari klien, partner bisnis atau konsumer potensial yang dimiliki. Meski sekarang sudah ada banyak situs email seperti Gmail dan Yahoo. Tetap saja Anda membutuhkan layanan dengan fitur untuk mengelompokkan kontak penting yang ingin di-update informasinya tiap hari secara efisien.

Ada banyak layanan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan mailing list. Salah satunya menggunakan alat digital bernama MailChimp yang dapat secara gratis digunakan. Melalui MailChimp, Anda dapat mengolah newsletter bisnis dengan berbagai template atau cetakan yang sudah disediakan.

Kita juga bisa mendapatkan data statistik tentang pandangan konsumen terhadap barang atau jasa yang ditawarkan, laporan pendapatan, dan sebagainya. Semuanya akan berguna untuk memasarkan bisnis Anda.

3. Software Pembuat Desain

Berbagai desain barang atau informasi jasa, poster, brosur ataupun materi pemasaran lainnya merupakan hal dasar yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sebuah bisnis. Desain yang menarik pada akhirnya akan menentukan keberhasilan Anda untuk mendapatkan konsumen potensial.

Terkait dengan masalah itu, Anda tak perlu repot mengeluarkan pengeluaran tambahan hanya untuk sekedar membuat desain materi pemasaran dari menyewa jasa desain grafis.

Saah satu layanan yang bisa dimanfaatkan adalah Canva. Yakni software desain yang bisa diakses secara gratis. Canva menyediakan template untuk berbagai jenis desain materi pemasaran berupa poster, brosur, flyer bahkan kartu nama bisnis.

4. Manajemen dan Analisa Sosial Media

Status Facebook, filter instagram, hashtag di Twitter dan parameter tren lain di sosial media lainnya juga dapat membantu pemasaran bisnis Anda. Selain itu dia juga bisa memudahkan branding produk yang kita miliki kepada publik. Untuk memudahkan Anda memantau tren di sosial media dan bagaimana produk Anda direspon oleh publik, ada satu tools yang bisa digunakan, yaitu Sprout Social.

Alat ini akan membantu Anda menganalisa posting tentang produk yang ditawarkan di sosial media sesuai sasaran. Alat ini juga membantu Anda merangkai isi kalimat pemasaran yang dituliskan di sosial media dalam satu platform, serta mengurutkan berbagai komentar, pertanyaan dan feedback dari konsumen pada satu layar.

Tool ini bisa digunakan secara gratis pada bulan pertama, untuk selanjutnya Anda hanya perlu membayar USD 59 atau sekitar Rp767 ribu tiap bulan. Agak mahal mungkin, tapi sebanding dengan manfaat yang akan didapat.

Kisah Sukses Pedagang Kaki Lima yang Jadi Juragan Tas

Sudah banyak cerita pedagang kaki lima yang kemudian menjadi pengusaha sukses. Salah satunya adalah Muhammad Adi, pemilik CV Intascus Sport, produsen tas yang cukup besar.

Bisa dibilang, Adi merintis usahanya ini benar-benar dari bawah. Pria tamatan sebuah SMA di Surabaya ini sudah kenyang makan asam garam sebagai pekerja rendahan.

Mulanya, selulus SMA pada 1981, Adi mencoba mengadu nasib merantau ke Sulawesi dengan menjadi buruh di sebuah toko agen barang pecah belah. Adi terpaksa merantau karena harus membantu membiayai sekolah adik-adiknya.


Namun, ia tidak lama bekerja di toko itu. Adi pun kemudian meloncat ke Kalimantan untuk bekerja sebagai buruh kasar di PT Newmont. Namun, lagi-lagi, Adi tak betah dan memutuskan pulang ke Surabaya.

Ternyata pulang ke rumah malah membuatnya gelisah, apalagi kalau melihat adik-adiknya yang membutuhkan bantuannya. Karena itu, pada 1982, Adi nekat ke Jakarta. Di Jakarta ini, Adi tinggal di kawasan Senayan berkat kebaikan sesama perantau asal Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Untuk menyambung hidup, Adi bekerja serabutan. Pagi hingga siang hari ia menjadi penjual tas keliling dari kantor ke kantor. Malam harinya Adi menjadi juru parkir di Senayan.

Meski penghasilannya kecil, dengan sekuat tenaga Adi berusaha menyisihkan penghasilannya untuk modal berbisnis. Modal pertamanya hanya Rp 50.000.

Dengan uang segitu, Adi kulakan tas di Pasar Pagi untuk dijual kembali. Beruntung, dagangannya selalu habis terjual. Hasil jualan selalu putar lagi.

Sayang, jiwa muda Adi yang masih bergelora membuatnya tergoda untuk berfoya-foya. Namun, setelah menikah pada 1985, Adi mulai berpikir serius menjadi pengusaha tas sendiri. Ketika itu, modalnya pun pas-pasan. Sampai terpaksa menjual perhiasan istri untuk modal awal. Lagi-lagi dengan uang Rp 50.000 Adi memulai usahanya.

Lantaran tak punya mesin jahit, Adi terpaksa meminjam milik temannya. Sedikit keahlian menjahit ia manfaatkan sebaik-baiknya. Setelah enam bulan berjalan, usahanya mulai menampakkan hasil. Adi pun memberanikan diri menggaji seorang karyawan untuk meningkatkan produksi.

Dengan satu karyawan itu, Adi mampu menghasilkan 150 tas per tahun seharga Rp 20.000 per tas. Dari harga segitu, Adi mengambil laba Rp 12.000 per tas. Maklum, modal membuat satu tas hanya Rp 8.000.

Sejak saat itu, setiap enam bulan sekali Adi menambah seorang karyawan. Untuk pemasaran, Adi memanfaatkan jaringan yang telah ia rintis saat masih berdagang tas keliling. Pada 1987, Adi mulai menjalin kerja sama dengan panitia penyelenggara rapat atau pelatihan di hotel-hotel. Pada 1987 juga dia sudah memiliki tenaga pemasaran sebanyak 18 orang.

Omzetnya pun telah melonjak hingga Rp 3 juta per hari, jumlah rupiah yang sangat besar kala itu. Sementara itu, total produksi mencapai 600 unit per hari. Laiknya roda kehidupan, posisi Adi  tak selalu di atas. Adi pernah kekurangan modal untuk menyelesaikan pesanan sampai harus menjual kendaraan operasional.

Masa yang paling suram bagi Adi adalah saat pecah kerusuhan pada Mei 1998. Saat itu, para karyawannya ketakutan dan memilih pulang kampung. Sialnya, barang dagangan juga ikut mereka bawa hingga tak ada yang tersisa. Akhirnya dia rugi ratusan juta.

Toh, semangat Adi tidak pernah surut. Berbekal pinjaman bank, Adi mencoba bangkit. Beruntung, pada 1999 bisnis tas kantor kembali naik daun. Adi pun kembali menggenjot produksi dan mampu mencetak omzet Rp 50 juta per bulan.

Sekarang, dalam sebulan paling sedikit Adi memproduksi lebih dari 1.000 tas. Omzetnya sekitar Rp 100 juta, dengan margin laba 20 persen sampai 40 persen. Kini, ia punya klien tetap dari instansi pemerintah, seperti Departemen Perhubungan dan Kepolisian Republik Indonesia. Selain tas kantor, Adi juga memproduksi jenis tas lain, seperti tas perempuan.