Bisnis Fashion Akan Menjadi Trend Bisnis 2020

Tahun 2020 akan segera tiba dan dunia bisnis masih akan menjadi salah satu topik hangat perbincangan di masyarakat. Banyak orang sekarang sudah mulai menekuni dunia bisnis walaupun bukan dari latar belakang pendidikan bisnis.

Bahkan para remaja di bangku sekolah dan kuliah pun sudah mulai mencoba-coba bisnis kecil-kecilan sesuai kemampuan mereka untuk mendapatkan uang saku tambahan. Hal ini tentunya sudah tidak asing lagi karena banyak orang menganggap bahwa dunia bisnis merupakan dunia yang menjanjikan keuntungan besar bagi mereka.

Salah satunya adalah bisnis fashion dimana bisnis ini sudah mulai banyak dilirik orang sebagai trend bisnis 2020. Fashion sudah merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat. Apa saja jenis-jenis bisnis fashion yang dapat dijalankan? Berikut ini jawabannya.

Trend Bisnis Fashion 2020


Bisnis Fashion Kebaya
Pakaian kebaya akhir-akhir ini menjadi sangat diminati para perempuan dan wanita Indonesia. Selain menambah keanggunan pemakainya, kebaya juga banyak dicari karena sangat cocok dipakai untuk acara-acara besar seperti resepsi pernikahan dan acara wisuda.

Anda dapat melihat ini sebagai peluang bisnis yang dapat anda jalankan di tahun 2020 nanti. Anda dapat membuka sebuah butik kebaya dengan berbagai jenis kebaya yang dapat anda tawarkan. 

Sekarang sudah banyak jenis-jenis kebaya yang ada seperti kebaya penganti, kebaya modern, kebaya brokat, kebaya lengan pendek dan masih banyak lainnya.

Baca Juga : Grosir Kebaya Murah di Bandung

Bisnis Fashion Kemeja
Membuka bisnis fashion kemeja bisa menjadi salah satu trend bisnis 2020 nanti. Kemeja biasanya digunakan para karyawan kantor atau para mahasiswa yang duduk di bangku kuliah. Jenis kemeja ada dua yaitu kemeja formal yang biasanya berlengan panjang dan dipadukan pemakaiannya dengan dasi dan jas. Jenis kedua merupakan kemeja kasual yang biasanya dipakai kuliah. Apapun jenis kemejanya, bisnis ini dapat anda jadikan sebagai sebuah peluang usaha.

Baca Juga : Tempat Kulakan Grosir Fashion Murah Di Jakarta

Bisnis Fashion Sepatu
Satu lagi jenis fashion yang tidak kalah pentingnya adalah sepatu. Ada banyak kegiatan yang dilakukan dengan sepatu seperti berolahraga, pergi kuliah dan kerja serta saat travelling. Anda dapat membuka sebuah usaha sepatu ini dan menawarkan berbagai macam jenis sepatu yang biasa digunakan sehari-hari. Jika Anda pintar mengelolanya dengan baik, ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan bagi Anda.

Baca Juga : Bisnis Jualan Sepatu Wanita

Bisnis Fashion Jaket atau Sweater
Trend bisnis 2020 selanjutnya adalah bisnis fashion jaket. Menggunakan jaket atau sweater dapat mencegah sinar matahari langsung mengenai kulit kita. Jaket ini banyak digunakan para remaja terutama bagi mereka yang sehari-hari menggunakan transportasi umum atau kendaraan bermotor.

Selain melindungi dari panas, pemakaian jaket juga melindungi kita dari hujan atau angin khususnya angin malam hari. Nah, kebutuhan akan jaket atau sweater yang semakin hari semakin meningkat ini dapat anda jadikan sebagai peluang bisnis. Anda dapat membuka sebuah toko fashion yang menawarkan jaket-jaket lucu bagi masyarakat.

Baca Juga : Peluang Bisnis Jaket Distro

Bisnis Fashion Aksesoris 
Aksesoris biasa digunakan sebagai pelengkap busana. Jenis aksesoris seperti kalung, gelang, dan cincin sekarang sedang banyak diminati khususnya oleh kaum hawa. Saat ini sudah banyak toko aksesoris yang bermunculan. Anda juga dapat memulainya dengan modal awal yang terjangkau. 

Baca Juga : Bisnis Aksesoris dan Pernak Pernik Perhiasan + Tempat Kulakannya

Demikian bisnis fashion yang dapat anda jalankan dan menjadi trend bisnis 2020. Bisnis fashion awalnya dapat dimulai dengan modal yang terjangkau, lalu jika anda pandai hal pengelolaannya, maka bisnis yang sederhana ini dapat membawa keuntungan besar bagi anda. Di tahun 2020 nanti, fashion akan menjadi salah satu hal yang banyak menarik perhatian masyarakat. 

11 Kunci Sukses Bisnis Toko Online

Online shop atau yang dikenal dengan toko online adalah suatu jenis usaha di dunia internet yang sangat naik daun akhir-akhir ini. Menjamurnya bisnis toko online memang menjadi konsekuensi logis dari tingginya tingkat penetrasi akses internet di masyarakat Indonesia.

Makin banyak konsumen potensial, makin menguntungkan pula prospek bisnisnya. Akan tetapi di balik kemudahan membuka sebuah toko online, Anda jangan mengharapkan datangnya laba yang cepat dan mudah. Dibutuhkan ketelatenan dan kerja keras untuk membuat nama toko online Anda bisa terangkat. Dan modal yang digunakan juga lumayan tinggi untuk itu.


11 Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Membuka Toko Online

1: Foto Produk
Bila Anda menjual produk yang bisa dilihat, sebuah foto (yang asli, bukan direkayasa) menjadi hal wajib. Mengapa? Karena manusia sangat memercayai indra penglihatannya. Peluang untuk membeli akan lebih tinggi jika Anda mengunggah foto di samping deskripsi produk yang Anda jual. Oleh karena itu gunakan jasa fotografi profesional jika dana memungkinkan. Silahkan baca : Cara Foto Produk Untuk Online Shop Agar Menarik

2: Kontak Lengkap
Berikan alamat kontak yang jelas dan bisa didatangi secara fisik karena karakter masyarakat kita yang masih belum percaya sepenuhnya pada toko online yang tidak memberikan alamat yang jelas. Berikan sebanyak mungkin alternatif kontak. Anda bisa berikan nomor telepon, alamat email, atau facebook.

3: Respon Cepat
Saat calon pembeli menghubungi via telepon, SMS, whatsapp jangan menunda untuk memberikan respon. Segera berikan respon jika kondisi Anda tidak sedang sibuk. Dengan mengabaikan mereka, peluang untuk mereka kembali lagi akan makin kecil.

4: Balas Calon Pembeli Meski Terlambat
Seperti sudah dikemukakan tadi, kecepatan sangat penting dalam merespon. Dan yang penting, meski terlambat pun cobalah untuk memberikan respon. Jangan diabaikan sama sekali. Siapa tahu itu potensi besar? Tak jarang banyak orang yang setia menunggu tanggapan Anda tetapi sudah lupa karena padatnya aktivitas.

5: Miliki Banyak Rening Bank
Berikan banyak alternatif rekening bank untuk melakukan transfer pembayaran. Jangan sampai Anda mengandalkan hanya satu bank saja. Setidaknya miliki satu rekening di bank swasta nasional dan satu lagi bank pemerintah. Makin banyak alternatif yang memudahkan, makin bagus.

6: Hindari perang harga
Perang harga memang menyenangkan bagi konsumen dalam jangka pendek. Anda juga bisa meraup lebih banyak pelanggan. Tetapi ini bukan hal yang akan membawa kesuksesan dalam jangka panjang apalagi jika harga yang murah membuat kualitas produk atau layanan Anda memburuk. Usahakan kualitas tak terpengaruh secara signifikan oleh patokan harga yang rendah.

7: Berikan Kepastian dan Tepati
Transparansi mengenai stok barang yang dijual, kapan bisa tersedia dan kapan bisa sampai ke tangan pembeli merupakan sebagian hal yang diinginkan kepastiannya dari seorang penjual di toko online.

Jangan mempermainkan pelanggan dengan memberikan ketidakpastian informasi apalagi memberikan janji yang belum tentu bisa ditepati. Reputasi usaha akan hancur lambat laun. Beri kepastian kapan barang sampai. Bila perlu berikan nomor resi pengiriman barang agar si pembeli bisa periksa keberadaan barangnya via kantor ekspedisi yang dipakai kita.

8: Petunjuk Pembelian Yang Jelas
Setiap toko online memiliki cara pembelian yang kadang berbeda. Untuk hindari kebingungan, jelaskan cara membeli dengan sebaik-baiknya. Misalnya setelah tertarik membeli produk tertentu, calon pembeli bisa mengirimkan whatsapp dengan aturan/ kode tertentu atau mengirimkan sejumlah dana dengan aturan tertentu. Itu semua terlihat remeh tetapi cukup rumit di pelaksanaannya.

9: Perincian Harga Barang dan Ongkos Kirim
Berikan rincian harga barang dan ongkos kirim dengan jelas. Karena kadang ada perbedaan jarak yang menyebabkan perbedaan tarif pula. Jangan sampai merugikan salah satu pihak. Setelah calon pembeli pesan produk, berikan konfirmasi mengenai harga dan ongkos kirim.

10: Update Terus Menerus
 Apa yang terpikir saat kita membuka toko online yang informasinya sudah begitu lama tidak diperbarui. Mungkin satu bulan, dua bulan atau 6 bulan. Makin lama Anda tidak memperbarui situs toko online Anda dengan sesuatu yang baru, makin rendah minat konsumen untuk datang apalagi  ertransaksi.

Adanya pembaruan menandakan adanya denyut kehidupan dalam bisnis Anda. Setidaknya jika memang stok terbaru belum ada, berikan secara rutin informasi-informasi menarik dan ringan bagi pengunjung.

11: Desain dan Navigasi Yang Ramah
Ramah di sini tentu dimaksudkan untuk pengunjung. Desain tak perlu ngejreng atau glamor, yang terpenting adalah fungsionalitasnya. Apakah pengunjung yang gaptek sekalipun bisa menjelajahi situs toko online Anda dengan baik?

Jika iya, selamat. Situs Anda berpeluang lebih tinggi jaring pembeli. Desain yang digunakan juga tentukan kecepatan loading laman web toko online. Konsep desain yang sederhana lebih bermanfaat.

Apalagi jika calon pembeli banyak yang mengakses dari ponsel. Anda perlu menyiapkan pula versi mobile situs toko online Anda. Ini akan membuka pintu bagi para calon pembeli yang suka menggunakan ponsel untuk mengakses situs Anda.

Promo 11 11 Dari Wikimedia Untuk Anda Para Pengusaha & Toko Online

Jelang Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang berlangsung pada 11-13 November 2019, beberapa ritel turut berpartisipasi memberikan potongan harga menarik. Salah satunya, wikimedia dengan progam UKM Go Online yang ikut berpartisipasi dalam gelaran promo 11 11.

Wikimedia kembali menggelar 11.11 promo UKM Go Online dengan memberikan kejutan promo diskon hingga 60 persen. “Dalam promo 11 11 kami mendedikasikan diri untuk UKM Indonesia agar tidak mengandalkan pemasaran secara konvensional saja dan supaya mereka tidak tergantung dengan marketplace.” ujar Direktur Wikimedia Indonesia dalam keterangan resminya.


Dalam promo 11 11 UKM Go Online tahun ini, Anda akan mendapatkan layanan digital marketing untuk mengembangkan usaha Anda. Seperti yang kami kutip dalam laman website, layanan tersebut Antara lain :

- Website
Suatu bisnis yang memiliki website akan terlihat profesional, mudah ditemukan di mesin pencarian dan tentunya mudah di ingat. Dengan website bisnis Anda akan bisa diakses kapanpun & dimanapun.

- Aplikasi Android
Jadikan bisnis Anda selangkah lebih inovatif, sajikan akses interaktif bebas hambatan ruang dan waktu bagi pelanggan dengan aplikasi android. Saatnya ambil calon pelanggan kompetitor Anda.

- SEO
Perlu diketahui bahwa sebanyak 62% pengguna internet di Indonesia mengakses online shop dan data menunjukkan bahwa 93% traffic untuk bisnis online datang melalui Search Engine.

- Iklan FB Ads
Facebook Ads merupakan bisnis iklan berbayar yang dimiliki oleh Facebook. Jasa Facebook Ads adalah menyebarkan konten iklan kita di timeline para user Facebook secara tertarget, baik lokasi, umur, gender ataupun pekerjaannya.

- Video Promosi
Bisnis Anda lebih mudah ditemukan di Youtube, selain website & media sosial. Anda bisa membantu pelanggan dengan memberikan konten yang bermanfaat atau berinteraksi dengan mereka melalui komentar.

- Desain
Kami tidak hanya memberikan 1 desain saja, semua yang berkaitan dengan branding akan kami buatkan, seperti logo standar, kop surat, kartu nama, ID card, cover CD, mug, cover company profile, goodie bag, cover facebook, dsb.

- Artikel
Pengunjung website akan terus mengalami peningkatan, jika webiste Anda terus di update. Terutama web dengan konten yang sangat original dan berkualitas. Anda bisa saja menyewa penulis atau menulis sendiri. Semua strategi tergantung dari pribadi Anda sendiri.

- Optimasi Fanspage
Postingan yang bermanfaat namun tidak keluar dari niche bisnis Anda adalah salah satu ciri khas postingan kami. Optimasi Facebook sangat berbeda dengan optimasi website, hanya orang yang fokus di bidang social media yang dapat mengerjakannya dengan sempurna.

- Optimasi Google Bisnis
Yakinkan calon customer dengan google bisnis. Dengan setting yang benar, Anda bisa mendapatkan customer yang sebelumnya tidak Anda target. Kunjungan ke google bisnis mencapai 2,9 juta / harinya, bisa jadi calon pelanggan Anda adalah salah satu pengunjung tersebut.

- Optimasi Youtube
Ini strategi untuk meraih posisi teratas dalam google. Pernahkah Anda tahu, youtube memiliki SEO yang sangat bagus.

- Optimasi Instagram
Banyak teknik dan trik yang harus Anda kuasai untuk menggunakan Instagram agar jualannya semakin laris dan memiliki banyak followers.

Untuk Promo 11 11 ini pihak dari wikimedia hanya membatasi sebanyak 1.111 orang saja. Untuk info lebih detail cek di websitenya klik disini.

Cara Iklan di Instagram Agar Banjir Order

Kali ini kita akan mengulas tentang tips Instagram marketing dan ini sangat penting jika Anda saat ini sedang menjalankan suatu bisnis. Karena Instagram merupakan salah satu media sosial yang penggunanya di Indonesia cukup besar, bahkan salah satu terbesar diantara media-media sosial yang lain. Ada yang bertanya, apakah iklan di instragram efektif ?

Dan disana yang lebih menarik adalah audiens atau pemakai Instagram, kalau kita lihat spesifikasinya yang pertama ada dari sisi ekonomi ada di golongan menengah ke atas. Dari sisi gender sebagian besar ada di kaum perempuan yang dia sosialita.


Jadi pada saat mereka upload, biasanya yang diupload adalah pada waktu-waktu punya uang. Berikutnya ada lagi anak-anak atau kaum milenial yang disana juga dari sisi ekonomi adalah menengah ke atas. Dari audiens yang potensial tersebut, tidak jarang kalau para pengusaha, online shop, pelaku UKM berbondong-bondong menggunakan instagram sebagai salah satu tempat untuk memasarkan produk mereka.

Bicara soal Instagram Marketing maka paling tidak ada dua strategi yang bisa digunakan. Yang pertama itu strategi optimasi. Yang kedua adalah strategi dengan beriklan yang berbayar.

Kalau strategi optimasi, blog ini sudah pernah menulis artikelnya bisa Anda cari tentang optimasi Instagram pada blog grosir kulakan ini, nanti teman-teman akan mendapatkan artikel tentang bagaimana cara mengoptimasi Instagram Marketing.

Cara Iklan Di Instragram Ads

Daripada Anda menggunakan jasa iklan instragram, lebih baik Anda membuat iklan Instagram sendiri. Dan pada artikel kali ini kami akan lebih fokus pada materi bagaimana cara setup iklan berbayar di Instagram. Sebetulnya mensetup iklan berbayar atau Instagram Ads ini cukup mudah dan cukup gampang sekali bagi pemula.

Cuma memang tidak banyak yang mengetahuinya, jadi sebagian orang menganggap mensetup / beriklan di Instagram berbayar itu agak ribet. Langsung saja tanpa panjang lebar, berikut cara bagaimana menseting iklan berbayar di Instagram.

Yang pertama tentu Anda keluarin dulu Hp-nya tentunya harus pakai Android/Apple. Sebelum Anda mensetup iklan berbayar di Instagram, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, yang pertama Anda harus mengupgrade profile instagram ke Instagram Bisnis.

Nah setelah diupgrade Anda juga harus menjadi admin dari Facebook yang dikaitkan dengan akun IG dan syarat terahir atau syarat ke tiga adalah Anda harus mematuhi kebijakan iklan dari Facebook. Setelah Anda memenuhi tiga persyaratan tadi,maka langkah berikutnya adalah buka aplikasi Instagram, setelah muncul seperti ini silahkan Anda masuk ke halaman profile dari IG Anda.

Nah setelah ada di halaman profile, scrol ke bawah cari postingan yang mana yang akan di iklankan. Di pojok bagian kanan bawah ada tombol promosikan, silahkan klik tombol tersebut. Setelah diklik, maka akan muncul halaman baru, silahkan pilih jenis iklan seperti apa yang Anda kehendaki.

Di halaman tersebut ada pilihan, ada iklan untuk profile Instagram kita, ada untuk situs website, ada untuk etalase profile instagram kita, ada juga untuk pesan langsung. Jadi, silahkan Anda bisa pilih sesuai tujuan iklan Anda.

Jika Anda baru pertama kali, di situ akan ada setingan. Misalnya kita edit, ganti menggunakan website. Setelah websitenya kita tulis di sini baru ada pilihan juga tombol tindakannya untuk pelajari selengkapnya, beli sekarang, atau tonton lainnya, hubungi kami, pesan sekarang atau daftar.

Setelah itu baru klik tombol ceklis di atas bagian kanan, setelah itu Anda akan kembali ke halaman awal, tinggal klik saja tombol panah di atas bagian kanan. Dan kita akan masuk ke halaman pilih pemirsa / target audiens Anda.

Jika sudah punya target audiens sebelumnya tinggal pake saja, atau klik otomatis maka sistem Instagram akan memilihkan atau Anda mau buat targeting baru? Kalau saran kami, buat target baru sesuai dengan target audiens yang kita kejar.

Silahkan diklik milik sendiri dihalaman target audiens. Nah di sini ada nama pemirsa, silahkan masukkan nama. Misalnya kami beri nama target 2, terus klik pilihan lokasi. Anda bisa pilih iklan ini mau ditayangkan di lokasi mana. Contohnya kami ingin iklan ini ditayangkan di area Jakarta saja maka kita pilih Jakarta. Dan misalnya Anda masih punya target wilayah yang lain silahkan tambahkan.

Setelah itu klik tombol ceklist di bagian atas kanan. Kemudian Anda pilih audiens dengan minat apa saja yang ingin Anda sasar. Contohnya, Anda jual kaos, yang sekiranya berminat adalah orang-orang yang berkomunitas. Maka Anda cari komunitas lalu tambahkan minat khusus untuk belanja online misalnya. Dan minat-minat yang lain.

Silahkan Anda bisa identifikasi target dengan minat apa saja yang disasar. Setelah itu silahkan klik tombol ceklist di bagian atas kanan. Dan terahir ada di usai dan jenis kelamin, silahkan Anda klik di situ kita bisa memilih laki laki atau perempuan dan berapa rentang umur yang ingin kita sasar.

Jika sudah silahkan klik lagi tombol ceklist di atas bagian kanan, maka target yang kita buat tadi sudah ada, tinggal diklik saja. Kita akan dimasukan ke halaman pembelanjaan total Anda atau berapa sih biaya iklan Instagram yang ingin kita setup untuk iklan kita.

Anda bisa milih misalnya harian budget perhari kita memilih untuk ini ada dari 10rb, 20rb, dan kelipatanya. Terus kita juga bisa seting berapa lama durasi iklan ini akan tayang, misalnya kita seting di sini selama lima hari. Setelah itu silahkan klik tombol panah di bagian atas kanan.

Nah, di halaman ini kita sudah ada di tahap terahir dari setting iklan Instragam. Anda bisa cek dulu tampilan iklan dari postingan yang tadi Anda setting untuk diiklankan, tinggal diklik saja tampilkan contoh promosi.

Jika Anda sudah yakin, tinggal klik buat promosi, maka pihak IG / Facebook akan mereview iklan Anda layak ditampilkan atau tidak. Sedangkan untuk pembayaran, kalau pembayarannya langsung diseting lewat Instagram maka plihannya hanya ada satu, pembayaran pakai kartu kredit ataupun pakai kartu debit.

Tetapi kalau Anda memilih pembayarannya lewat facebook bisnis, Anda bisa pilih mau pakai kartu kredit/debet atau bisa juga dengan transfer bank. Kalau kami biasanya lebih enak dengan transfer bank, setelah iklan diseting lewat Instagram seperti diatas, langsung masuk ke halaman facebook bisnis.

Setelah itu tambah deposit dari budget iklan tersebut. Jika iklan Anda dianggap layak maka tidak akan lama iklan tersebut akan ditampilkan sesuai dengan target audiens yang kita setting sebelumnya.

Setelah promosi atau iklan disetujui oleh IG/facebook maka Anda nantinya dapat melihat hasilnya. Seberapa efektif atau seberapa besar sih jangkauan dari hasil iklan yang tadi kita setting caranya bagaimana?

Anda tinggal masuk ke halaman profile, terus klik postingan yang tadi Anda setting untuk diiklankan, di bawah dari foto itu ada tombol lihat insight, silahkan diklik maka kita akan ditunjukan seberapa besar atau seberapa efektif sih iklan tersebutdi situ ada interaksi, ada penemuan, ada promosi, dan bla.. bla...-nyanah Anda bisa lihat insight dari hasil iklan yang kita seting sebelumnya.

Nah bagaimana, mudah bukan? Cukup mudah sekali dibandingkan kita harus mensetting iklan lewat facebook bisnis, kalau saya lebih suka langsung seting lewat IG seperti ini dan nanti depositnya lewat facebook bisnis.

Seluk Beluk Bisnis Toko HP

Bisnis toko HP menjadi salah satu bisnis yang paling pesat perkembangannya di masa kini. Tidak hanya membuka toko secara fisik, namun kini online shop pun sudah tidak terkira jumlahnya. Mereka menawarkan aneka ponsel yang bisa didapat dengan cara mudah. Kita cukup memilih model yang diinginkan. Jika merasa cocok dengan harganya, silakan menghubungi pihak penjual untuk melakukan transaksi.

Biasanya pembayaran dilakukan dengan cara melakukan transfer ke rekening penjual. Untuk yang masih satu wilayah, bisa menggunakan sistem pembayaran Cash on Delivery atau kartu kredit. Ada banyak pilihan pembayaran yang bisa dipilih.

Hanya saja harus diingat baik-baik bahwa tidak semua toko hp online itu dikelola oleh orang-orang yang amanah dan profesional. Banyak sekali terjadi kasus penipuan di dunia maya yang berkedok jual-beli seperti ini.


Sehingga kita harus benar-benar yakin bahwa toko tersebut memang bisa dipercaya sebelum mulai mentransfer. Caranya? Cobalah cari informasi dari orang-orang yang sebelumnya sudah berpengalaman dalam jual-beli di dunia maya. Jika hati-hati, pasti kita akan terhindar dari masalah.

Toko hp online yang dapat dipercaya adalah Bhinneka. Kita tentu tidak asing dengan nama ini jika sering browsing di internet. Sebenarnya, Bhinneka tidak hanya menyediakan ponsel saja. Namun ada banyak sekali barang elektronik yang mereka jal. Mulai dari ponsel, mp3 player, printer, komputer, hingga laptop. Ada puluhan merek yang tersedia, dengan pilihan harga yang beraneka juga.

Selama ini, Bhinneka terkenal sebagai online shop yang sangat menjaga pelayanan kepada pelanggannya. Belum pernah ada kasus penipuan yang terdengar.

Jadi, ketika kita ingin mencoba berbelanja di toko hp online, jangan terburu-buru. Berbelanjalah hanya di toko yang memang bisa dipercaya dan memiliki reputasi bagus. Jangan mudah tergiur dengan diskon besar-besaran yang mereka tawarkan. Karena itu menjadi senjata mereka dalam mencari pembeli sebelum kemudian menipu calon pembeli dengan keji.

Tips Membuka Toko HP

Ingin membuka toko hp? Tidak ada salahnya jika Anda pun berminat pada bisnis ini. Soalnya, bisnis ponsel memang tidak ada matinya. Ke depan, perkembangannya diperkirakan akan semakin pesat karena tuntutan zaman dan teknologi.

Ponsel akan semakin dibutuhkan di era globalisasi ini. Karena memang terbukti ponsel dan internet telah berperan penting dalam memangkas jarak dan waktu. Dan ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan di era yang serba cepat ini.

Jika kebetulan Anda ingin membuka toko hp, ada beberapa tips yang mungkin perlu diperhatikan. Berikut petikannya :

  1. Kenali pasar yang Anda tuju dengan baik. Karena jika kita tidak menguasai pasar, siap-siap saja “dibantai”. Kira-kira ponsel jenis apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda. Jika berada di kota kecil dengan penduduk yang memiliki pekerjaan tergolong biasa, mungkin terlalu berisiko jika kita menyediakan ponsel jenis high-end yang mahal. Atau tablet keluaran pabrikan nomor wahid.
  2. Rancang “keunggulan” yang akan membuat toko Anda berbeda dengan toko sejenis. Kadangkala lokasi yang strategis tidak menjamin produk yang kita jual akan laris manis seperti air mineral. Kita harus punya keunggulan yang bisa menjadi magnet besar bagi para pelanggan. Usahakan juga agar tempat usaha yang ktia kelola menjadi tempat yang nyaman. Ruang pamer jangan hanya sekadar menjadi ruang yang hanya dipenuhi aneka produk. Kita perlu mempertimbangkan juga hal lain. Musik, pencahayaan, atau aroma. Asah kreativitas Anda setajam mungkin.
  3. Memanfaatkan berbagai kesempatan untuk mempromosikan toko Anda. Bila perlu, adakan acara khusus untuk menarik minat banyak orang dan diiklankan di media lokal seperti radio. Cari ide yang segar agar dapat menarik perhatian masyarakat sekitar. Jika Anda sudah berhasil mendapatkan itu, ke depannya akan mennjadi lebih mudah.
  4. Belajarlah dari toko yang sudah mapan dan mempunyai banyak pelanggan loyal. Kita bisa meniru hal yang positif dari mereka untuk bisa maju. Bandingkan beberapa toko sekaligus, untuk melihat apa kelebihan dan kekurangan mereka. Dari situ, Anda bisa menemukan formula yang tepat untuk membangun bisnis Anda.
  5. Anda juga harus jeli melihat pasar dan mengikuti tren. Itulah sebabnya sangat penting untuk terus mengikuti trend belanja yang sedang berlaku di masyarakat. Dapatkan referensinya dari tabloid atau majalah hp yang sangat banyak di pasaran. Pastikan toko hp Anda menyediakan apa yang diinginkan oleh pasar.
  6. Anda harus tahu dimana distributor atau tempat kulakan HP yang murah, agar bisa bersaing dengan kompetitor Anda. Sebagai referensi tempat grosir handphone silahkan klik disini.

Berbisnis dengan Membuka Toko HP

Ingin punya toko HP? Kenapa tidak? Memiliki toko HP saat ini bukan hal yang mustahil, bahkan bisa dibilang sangat mudah. Toko HP terlihat menjamur di berbagai sudut kota baik di kota-kota besar maupun di daerah.

Seluk Beluk Bisnis Toko HP

Bila Anda berniat membangun kerajaan bisnis Anda dengan cara membuka toko HP, ada baiknya Anda mengerti dan mengetahui seluk beluknya terlebih dahulu. Membuka toko HP, meski mudah, tapi ada beberapa hal yang perlu diikuti aturan mainnya.

Pada era teknologi informasi saat ini, orang-orang berdagang tidak hanya secara konvensional. Namun, orang-orang juga mencoba berdagang dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikan dagangannya secara online atau melalui internet.

HP sebagai salah satu jenis gadget, dewasa ini merupakan benda yang wajib dimiliki setiap orang. Semua orang seolah berlomba-lomba ingin memiliki gadget. Kalangan tertentu seperti mahasiswa atau pebisnis muda bahkan rela meng-update model-model terbaru HP atau gadget lainnya. Mereka berburu HP atau gadget terbaru. Mereka selalu mencari informasi tentang HP keluaran terbaru.

Itulah sebabnya para pedagang HP harus jeli dengan kecenderungan yang satu ini. Selain memajang HP secara konvensional, mereka juga perlu mengiklankan HP dagangannya di toko-toko online.

Mendulang Laba dari Toko HP

Sebenarnya berapa keuntungan bila Anda membuka toko HP? Jawabannya tentu saja relatif. Namun, jawaban yang pasti adalah jelas menguntungkan. Kesuksesan Anda dalam menggelar bisnis toko HP bergantung kepada beberapa hal, yakni jenis dagangan Anda, cara Anda berdagang, manajemen, dan kreativitas Anda saat berdagang.

Bukan berlebihan kalau kreativitas turut memiliki andil dalam berdagang. Bahkan, dalam dunia apa pun, orang-orang yang kreatif yang biasanya lebih berhasil. Jelasnya, mari sama-sama kita ulik beberapa resep mendulang laba seperti yang disebutkan di awal. 

Jenis Dagangan
Tidak dapat dimungkiri, jenis-jenis isi toko memengaruhi kesuksesan Anda. Dewasa ini banyak sekali jenis HP yang dikeluarkan oleh produsen-produsen yang sudah akrab di telinga para pecinta produk HP, sebut saja Blackberry, Nokia, Sony Ericsson, Motorolla, Samsung, Swarovski, HTC, dan beberapa HP Cina lainnya.

Jenis pertama meski terakhir muncul, tapi sangat digandrungi semua orang dari mulai anak-anak, ABG, hingga ibu rumah tangga. Jenis kedua adalah yang dianggap paling kuat dan paling bandel di antara sesama jenis HP. Sifatnya yang long lasting dianggap sangat ideal untuk dimiliki.

Cara Berdagang
Cara, teknik, maupun strategi adalah hal penting yang harus Anda miliki. Anda harus mempelajari semuanya karena penting untuk mendukung kesuksesan Anda dalam berdagang dan mengayuh biduk bisnis Anda.

Beberapa hal yang mungkin harus Anda sadari dan harus dimiliki adalah talenta dalam berdagang, spirit dalam berdagang. Anda juga harus mempunyai kepekaan serta attitude dalam berdagang.

Jangan Anda pikir talenta hanya dibutuhkan oleh bidang lain dan tidak pada perdagangan. Dalam berbisnis dan berdagang, biasanya orang hanya mengandalkan feeling dan insting, tapi mengandalkan talenta.

Sesungguhnya, talenta berdagang itu kebanyakan tidak disadari oleh orang yang memilikinya. Namun, ketika Anda mulai menyadari Anda memiliki hal yang satu ini, Anda harus mencoba untuk mengeksplorasi talenta tersebut.

Hal yang tidak kalah penting adalah spirit atau semangat. Semangat berdagang harus Anda miliki, apalagi dalam bisnis yang begitu banyak pesaingnya. Sifat gampang putus asa Anda harus disingkirkan mulai dari sekarang.

Selanjutnya adalah kepekaan (insting atau feeling) para pedagang. Anda jangan terlalu fokus pada satu jenis dagangan apabila Anda secara sadar melihat adanya peluang untuk menawarkan jenis barang lain di toko Anda. Maka, segera lakukan perubahan.

Attitude sangat penting dan terpenting. Keramahan Anda adalah modal awal dari semua jenis perbisnisan. Eksplorasikanlah sifat-sifat positif dari attitude Anda. Selain Anda ramah dalam menyambut dan melayani pembeli, lengkapi juga dengan:
  • Kecekatan dalam melayani pembeli,
  • Pemberian bonus-bonus berupa garansi penjualan dan garansi pembelian kembali barang yang dibeli dari toko Anda, atau
  • Memberikan bonus service gratis setelah berbelanja tiga kali di toko HP Anda.
Kebanyakan hal-hal remeh seperti ini sering dilupakan oleh para pedagang. Padahal, apa sulitnya senyum dan sekadar menyapa? 

Mengkreasikan Toko

Mengkreasikan toko adalah hal menarik yang harus Anda pikirkan dan segera Anda kerjakan. Ketertarikan para pengunjung atau pembeli terletak pada kondisi toko Anda.

Anda tentu teringat pada kisah toko baju pertama di Italia yang memajang boneka manekin Passqualita. Karena kepiawaian sang pendekor etalase dan manekinnya, toko tersebut mendulang keuntungan yang tidak sedikit.

Di sinilah letak pentingnya mendekor dan berkreasi dengan toko Anda. Mulailah dari hal yang sederhana saja, yaitu mendekor etalase HP karena di situlah tempat Anda meletakkan barang-barang dagangan Anda.

Anda bisa menghiasi etalase toko Anda dengan memberinya lampu cabe rawit, misalnya, yaitu lampu berukuran kecil-kecil dan berwana-warni serta dapat diatur waktu penyalaannya. Lampu tersebut menghasilkan terang yang bergantian dan menarik seperti pada lampu pohon natal.

Etalase dapat ditambah dengan hiasan atau aksesoris penunjang lainnya di antara deretan HP, seperti boneka-boneka mungil atau bunga mini. Anda bisa saja menentukan tema dekorasi HP Anda mulai dari tampilan luar toko Anda hingga etalase dan meja kerja Anda.

Anda dapat pula menentukan tema dari toko Anda, apakah bertemakan konvensional, minimalis, atau etnik tradisional. Tentu saja itu akan membuat tampilan toko Anda menjadi sangat atraktif dan eye catching. Toko Anda akan terlihat berbeda dari yang lain dan tampak luar biasa bila dibandingkan dengan toko-toko yang biasa saja.

Kemudian, variasikan cara memajang benda-benda dagangan Anda. Anda bisa melakukan dua hal. Pertama, mengelompokkan HP sesuai dengan merek dagang, produsen, atau harganya. Kelebihannya adalah memudahkan sang pembeli mencari HP sesuai dengan budget yang ada.

Cara kedua adalah dengan memvariasikan semua HP tanpa mengklasifikasikan sesuai harga atau merek. Keunggulan cara ini adalah pembeli tidak merasa tertekan dengan HP yang harganya menjulang, tapi ada dorongan psikologi dan kesan bahwa benda-benda di toko Anda bervariasi dan tidak mahal harganya. Nah, Anda tinggal memilih cara seperti apa yang Anda inginkan.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah kebersihan toko Anda. Meski tokonya mungil, bila penataannya sangat artistik serta bersih, dijamin pengunjung akan bergantian datang, apalagi ditambah dengan sikap ramah Anda. Wah! Pasti Anda akan sukses.

Bangun Kerajaan Toko Anda

Setelah Anda mendapatkan beberapa tips sebelumnya, mulailah singkirkan keraguan terhadap bisnis usaha yang akan Anda pilih. Mulailah bangun kerajaan bisnis Anda.

Kini, mulailah Anda berhitung dengan cermat, mulai dari harga dasar HP, harga jual HP, harga HP bila dijual cash, dan harga HP apabila dijual kredit. Hitunglah keuntungan pada persentase sekian rupiah atau kerugian yang mungkin saja bisa terjadi.

Jangan lupa pelajari kecenderungan pasar, percantik sistem marketing Anda, update terus informasi gadget-gadget dan HP-HP keluaran terbaru. Bangunlah jaringan bisnis Anda, misalnya dengan membuat toko online sehingga Anda tidak sekadar menunggu bola, tapi juga menjemput bola dalam hal berbisnis. Selamat berkreasi dengan toko HP Anda dan semoga sukses!
Baca Juga : Aksesoris Handphone Yang Paling Laris di Pusat Grosir

Apa Beda Pedagang dan Pengusaha

Apa Beda Pedagang dan Pengusaha ? Menjadi pengusaha itu bukan bicara soal ingin atau tidak. Tapi pengusaha itu bicara tentang mindset atau pola pikir. Dan pengusaha itu juga berbicara tentang apakah Anda itu membuat sebuah ketetapan atau keputusan bahwa saya memang mau menjadi pengusaha.

Disini ada perbedaan yang sangat jelas, antara apa bedanya pedagang dengan pengusaha. Sekilas pengusaha dan pedagang itu mirip. Tetapi sebenarnya ada perbedaan yang sangat jauh.

Beda Pedagang dan Pengusaha


Pertama, pedagang itu berada di bisnis level pertama. Sedangkan pengusaha berada di level keempat dan kelima. Baik, kami akan membahas disini secara gamblang, apa beda pedagang dan pengusaha.

Kalau pedagang, yang penting bisa mendapatkan uang. Pokoknya setiap hari dapat uang. Tidak peduli buka toko atau buka stand, yang penting berjualan lalu dapat uang. Yang penting dapat profit. Tidak salah, karena begitulah pedagang.

Tetapi kalau pengusaha, setiap hari juga mendapatkan uang. Tetapi uangnya didapat darimana? Yaitu dengan cara bisa mendapatkan solusi, bisa membentuk sistem dimana uang dapat menghasilkan dengan sendirinya. Jadi sistem tersebut yang mengatur kegiatan usahanya.

Dan sistem tersebut yang akhirnya menghasilkan uang untuk dirinya. Bukan dirinya yang menghasilkan uang. Tetapi sangat wajar jika Anda sebagai pemula awalnya memulai dulu sebagai pedagang. Itu sangat wajar.

Kemudian bedanya pedagang dan pengusaha yang kedua adalah : pedagang itu pekerja keras, dan seluruh aktivitas usahanya dilakukan sendiri. Tidak ada yang dikerjakan oleh orang lain.

Jadi misalnya kalau buka depot, dia masak sendiri, berjualan sendiri, mengurus pembayaran sendiri, meracik bumbu sendiri, dibungkus sendiri, bahkan mengantar makanan sendiri. Ini namanya pedagang.

Namun kalau pengusaha, sudah ada sistem. Jadi sudah men-set up sistem, sudah ada management, kemudian cukup mengawasi kinerja karyawan atau tim di dalam aktivitas bisnisnya. Jadi anda tidak melakukan semuanya sendiri, tetapi Anda bekerja secara tim. Tim inilah yang membantu bisnis anda untuk terus berkembang dan berkembang.

Kemudian beda pedagang dan pengusaha yang ketiga adalah, waktu milik pedagang digunakan untuk mengawasi bisnisnya yang sangat banyak. Sampai ia lupa untuk membangun silaturahmi dengan teman-temannya, atau membangun hubungan dengan relasi.

Tetapi kalau pengusaha, waktu untuk mengawasi bisnisnya sangat sedikit. Karena apa? Karena bisnisnya sudah di take over oleh sistem, sehingga dia tidak perlu melakukan pekerjaan secara detail dan mendetail, semuanya diawasi sendiri. Karena sudah ada tim yang mengejar itu semua.

Dan akhirnya dia punya banyak waktu untuk membangun networking, membangun silaturahmi dan membangun relasi dengan teman-temannya karena itu sangat penting. Karena banyak orang yang saking sibuknya, mereka tidak punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya sangat penting. Tetapi karena sudah banyak waktu tersita untuk bisnisnya, ia tidak punya banyak waktu untuk melakukan hal lain. Itulah pedagang.

Beda pedagang dan pengusaha yang keempat, pedagang belum tentu pernah menjadi pengusaha. Tetapi kalau pengusaha, saya pastikan dia sudah pernah menjadi pedagang.

Yang kelima adalah, seorang pedagang menggantungkan bisnisnya pada diri sendiri. Sedangkan pengusaha menggantungkan bisnisnya pada kerja tim. Jadi semua dari kerjasama tim. Timnya yang mengerjakan bisnisnya. Dan dia memikirkan sesuatu, memikirkan sebuah visi, memikirkan sebuah pola supaya timnya bekerja secara lebih maksimal dan maksimal, dan akhirnya bisnisnya semakin besar.

Dan yang terakhir, yang keenam adalah jika pedagang yang dipikirkan hanyalah omzet, omzet, dan omzet harian, sedangkan kalau pebisnis atau pengusaha yang dipikirkan adalah aset, aset dan aset. Jadi timnya adalah aset. Dan asetnya terus berkembang dan berkembang, akhirnya bisnis yang ia jalankan  semakin besar.

Demikianlah sekilas perbedaan pedagang dan pengusaha. Tentunya tidak mungkin semua orang begitu memulai berbisnis langsung menjadi pengusaha level kedua atau ketiga. Itu tidak mungkin. Jadi harus memulai dari level pertama terlebih dahulu. Jadi step by step. Ini kurang lebih supaya anda mengetahui perbedaannya.

Semua harus memulai dari awal dahulu, memulai step by step. Kita berharap semoga suatu hari Anda bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses dan memiliki basis sistem yang luar biasa.

Kisah Sukses William Tanuwijaya Pemilik Tokopedia, Berawal Dari Penjaga Warnet

Memasuki usia kedelapan, Tokopedia telah menjadi salah satu pemain marketplace terbesar di Indonesia. Perjalanan William Tanuwijawa, CEO sekaligus co-founder Tokopedia, dimulai saat dia bekerja sebagai penjaga warnet.

William Tanuwijaya, dia lahir dan besar di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Kesulitan ekonomi yang dialami keluarganya saat itu, membuat orang tua William menginginkan kehidupan yang lebih baik untuk anak mereka. Mereka memahami bahwa kuncinya adalah pendidikan yang baik. Maka, ayah dan pamannya membelikan tiket kapal sekali jalan ke Jakarta untuk William melanjutkan pendidikan ke tingkat universitas.


Namun ketika kuliah semester awal, ayah William jatuh sakit. Keadaan ini memaksa William menghidupi diri sendiri tanpa bantuan orang tuanya. Ia memutuskan untuk bekerja paruh waktu sebagai penjaga warnet dekat kampus. Ia harus bekerja dari jam sembilan malam sampai jam sembilan pagi setiap hari. Meski berat, pekerjaannya memberikan William akses internet tidak terbatas. Di sanalah ia mengenal dan jatuh cinta pada internet.

Baginya, internet bisa memberi beragam informasi dengan mudah dan cepat hanya dari genggaman tangan. William percaya, suatu saat nanti internet akan mengubah dunia. William berjuang membiayai pendidikannya, hingga akhirnya lulus di tahun 2003. Seperti kebanyakan anak IT, William ingin bekerja di perusahaan teknologi ternama di dunia seperti Google. Sayangnya Google belum memiliki kantor di Indonesia.

Baca Juga : Melihat Kantor Bukalapak Yang Sangat Keren

Akhirnya William bekerja kantoran sebagai software engineer. Karena situasi keluarganya, William masih harus mencari penghasilan tambahan. Sepulang kerja, William bekerja lepas membangun situs untuk berbagai UKM. Saat itu, media sosial sedang berkembang dan banyak orang mulai berjualan online. William menyadari masyarakat sudah melihat kesempatan dan kebutuhan belanja online, tapi belum ada platform yang bisa secara aman melayani kebutuhan tersebut.

Dari sinilah William melihat peluang untuk mendirikan sebuah marketplace. Di tahun 2007, petualangan William di dunia startup dimulai. William sadar, membangun bisnis marketplace membutuhkan modal yang tidak sedikit. Saat itu ia juga tidak bisa menjalankan startup dengan dana pribadi, karena ia harus membantu keluarga dan pengobatan ayahnya.

Karena itu, William berusaha mencari dukungan modal. Namun lagi-lagi William menemui kesulitan. Ia tidak mengenal satu pun investor. Satu-satunya orang kaya yang William kenal adalah atasan tempat ia bekerja. Bersama partnernya, Leontinus Alpha Edison, William akhirnya menceritakan ide dan visi mereka kepada sang atasan. Atasan mereka menyambut positif ide tersebut dan mengenalkan mereka dengan teman-teman pemodal.

Dua tahun lamanya William menjajakan ide mereka ke berbagai investor. Sayang, tak ada investor yang yakin pada bisnis marketplace ini, karena belum ada contoh suksesnya di Indonesia. Bahkan, di suatu kesempatan, ia bertemu dengan seorang investor yang berkata, “William, kamu datang membawa mimpi tinggi dari Amerika.

Kamu masih muda dan hidup hanya sekali dan jangan disia-siakan dengan mimpi yang terlalu tinggi. Semua role model yang kamu bawa dari Amerika yang sukses itu dilahirkan spesial dan kamu tidak spesial”.

Opini itu tidak membuat William lantas patah semangat. William justru melihat itu sebagai tantangan. Ia melanjutkan perjuangannya mencari investor. Di tahun 2010, banyak investor luar negeri yang datang ke Indonesia. Namun William gagal untuk meyakinkan mereka karena keterbatasannya dalam berbahasa Inggris. Sampai akhirnya ia bertemu dengan investor dari Jepang yang kemampuan bahasa Inggris-nya juga pas-pasan.

Baca Juga : Ini Lho "Dalaman" Kantor Tokopedia, Keren Banget

Meski berkomunikasi dengan “telepati”, investor ini bisa memahami visi William. Pertemuan ini menjadi permulaan babak baru perjalanan William dan Tokopedia. William mulai serius belajar bahasa Inggris sambil terus fokus membangun produk yang bisa memudahkan kehidupan banyak orang. Hingga akhirnya ia bisa menarik hati investor lain dan mendapat pendanaan ratusan juta dolar, pendanaan yang menjadikan Tokopedia sebagai raksasa marketplace di Indonesia.

William mampu mewujudkan mimpinya dari nol, begitu juga Anda. Saat ini blog grosir kulakan mengupas William Tanuwijawa founder Tokopedia, tidak menutup kemungkinan tahun depan kami akan mengulas kesuksesan Anda.

Review Bisnis Jastip Jasa Titip

Pengen gak sih punya barang-barang lucu, tapi sayangnya gak ada yang jual di Indonesia? Pengen beli make up atau skincare yang cuma ada di negara tertentu? Atau kamu pengin menghasilkan uang dari hobi belanja dan jalan-jalan? Coba deh bisnis yang satu ini, bisnis Jastip Jasa titip. Oke kali ini blog grosir kulakan berhasil mendapatkan kesempatan untuk mempublish review dari pelaku bisnis jastip jasa titip.

Sebelumnya mungkin banyak yang bertanya, jastip itu apa ? Jastip adalah peluang usaha untuk membelikan barang pesanan yang diminta oleh pengguna jasa. Biasanya, Jastip memanfaatkan teknologi atau media sosial untuk menawarkan jasa pembelian barang di suatu tempat misalnya Singapore, Bangkok bahkan China. Sudah ngertikan artinya jastip, kita mulai saja review dari pelaku bisnis jastip.


Gue mulai melakukan jastip karena gue kesulitan untuk mendapatkan barang yang gue inginkan Waktu itu ada satu baju dan gue sudah coba akses di saat yang tepat ketika dia mengharuskan pembelinya untuk login ke websitenya, ternyata gue sudah coba sampai satu jam setelah itu enggak bisa, sudah gue menyerah. Akhirnya gue memutuskan untuk jastip.

Jadi itu awalnya tuh lucu banget karena aku ngejastip itu modal nekat. Kenapa? Karena aku enggak punya duit sama sekali. Keluar dari kantor, resign dari kantor, belum punya kerjaan. Terus baru balik dari liburan yang utang juga banyak gitu kan, tapi kok bawaannya pengin jalan-jalan mulu.

Ya terus teman aku, aku tahu nih, teman aku mau jastip ke Bangkok, wah jalan-jalan lagi nih. Ya sudah deh aku bilang sama ibu aku, "Bu, aku mau jastip dong" "Jastip? Jastip apa sih?" Jastip tuh jasa titip yang kayak kita belikan titipan mereka, terus habis itu ya sudah kita kasih ke mereka.

Awalnya sih enggak disetujuin, takutnya kayak takut narkoba lah apa segala macem, aneh-aneh saja kan. Bisnis jastip ini kayak kok kayak satu nada satu irama ya. Jadi benar-benar bikin ini suatu bukan pekerjaan, tapi juga suatu passion saja yang enak untuk dijalankan.

Background aku itu dulunya aku sarjana hukum. Nah sekarang aku jadi ibu rumah tangga. Aku bingung nih mau ngapain gitu kan, dan aku juga mengurus anak kan. Jadi kayak enggak mau jauh-jauh sama anak.

Aku langsung ajak kakak aku, "Gimana kalau kita buka jastip?" Maksudnya, sekarang lagi happening kan jasa titip. Nah aku mikir untuk jasa titip yang peluangnya itu lebih gede asal kita enggak malas ya, misal asal kita usaha, asal kita informatif.

Keuntungannya dari bisnis jastip ini, itu kayak menyenangkan banget sih sebulan sekali itu refreshing untuk kita sendiri. Karena kita bisa jalan-jalan juga. Kalau menurut gue, dari gue sih untung banget. Kalau dari segi waktu dibandingkan gue mencari sendiri, karena gue enggak perlu login terus atau enggak perlu refresh-refresh tuh lelah sih dan gue harus bekerja. Jadi comfy banget kalau misalnya menitipkan ke jastip.

Ruginya harga sih, karena kan jastip itu ada biaya tambahan ya dari Rp 5. 000 sampai Rp 500. 000 itu ada. Tapi ya itu, kamu harus memperkirakan harga yang normal menurut kamu dan masuk akal ya berapa, sesuai apa nggak sama kantong kamu, kalau memang enggak sesuai berarti kamu rugi.

Dukanya kadang, banyak yang misalkan mereka janji untuk ingin beli di kita tapi tiba-tiba mereka cancel dan hilang kabar gitulah. Jadi, kita punya kerugian dari situ. Terus kalau dukanya sudah pasti pajak bea cukai. Yang kemarin juga sempat kena juga dengan angka yang lumayan.

Gue mengharapkan fenomena bisnis jastip ini itu makin everlast ,tapi juga enggak kucing-kucingan juga sama bea cukai atau custom. Maksudnya aku berharap sih ada peraturan yang adil saja sih buat para jastip dan juga para pembelinya.

Semoga jasa titip ini di Indonesia semakin banyak, aku enggak pernah takut kalau banyak saingan karena aku merasa kalau jasa titip-jasa titip yang lainnya juga bukan saingan aku. Mereka adalah orang-orang yang membantu masyarakat untuk membelikan barang yang mereka inginkan juga.

Baca Juga : Import Barang China, Cara Mudah Kulakan Murah

Tips jastip itu yang penting kita harus cepat, cepat mencari peluang-peluang yang apa nih, yang masyarakat lagi inginkan. Kreatif juga cari barang-barang aneh, yang sampai mereka berpikir untuk membeli itu. Terus juga inovatif, menurut pengalaman aku,  kamu harus punya tuh modal nekat. Di mana kamu ada niat, itu pasti Insya Allah sih ada jalannya.

Terus juga modal tenaga, karena kamu harus siapkan banget nih tenaga kamu. Apalagi kalau kamu jastip di negara tropis. Terus tips ketiga, jangan malas posting. Kenapa? Karena yang menurut kita itu enggak bagus atau jelek, tapi belum tentu menurut orang lain juga jelek.

Tips memilih jastip dari gue ada tiga, nih. Satu, kamu harus pastikan akun itu benar-benar akun asli atau akun bodong. Jadi dilihat dari produk yang sudah pernah dia jual lewat jastip itu apa saja.

Dan yang kedua, jangan terpaku sama follower, follower itu sekarang kalau di sosmed itu bisa dibeli. Jadi kamu harus pastikan langsung ke yang bersangkutan. Terus yang ketiga, dari term and condition, apakah dia tidak akan menyulitkan kamu untuk mendapatkan barang itu.