IG Olshop dan Tips Jualan yang efektif
Tahun ini semakin banyak orang yang memanfaatkan Instagram menjadi IG olshop. Dalam melakukan kegiatan jualan online di Instagram, Anda harus menerapkan banyak hal penting yang kebanyakan sering dilewatkan oleh para pebisnis Instagram lainnya.
Beberapa hal penting tersebut sebenarnya mudah dilakukan, namun seringkali terlewat dan bahkan tidak dioptimalkan oleh para pebisnis online yang memanfaatkan platform Instagram ini. Berikut ini merupakan beberapa tips jualan online di instagram yang efektif untuk bisnis Anda.
Tips Kelola Akun Ig Olshop
1. Jangan Gunakan Akun Instagram Pribadi
Tips membuat IG olshop yang pertama ialah dengan memisahkan akun bisnis dari akun pribadi dikarenakan pemisahan tersebut akan membuat akun bisnis terasa lebih profesional, serta Anda juga akan lebih memantau serta memonitor perkembangannya secara objektif.
Dengan memisahkan akun tersebut, Anda juga dapat menjaga citra dari bisnis untuk tidak bercampur dengan pribadi Anda. Perlu diingat, menggunakan kata kunci sebagai nama akun memang cukup efektif, tetapi nantinya Anda akan kesulitan membangun brand dikarenakan tidak “membiasakan” calon pelanggan dan pelanggan terhadap nama dari merk Anda.
Oleh karena itu, akan lebih baik untuk menggunakan nama brand yang simpel, singkat, jelas, dan unik apabila kedepannya bisnis Anda benar-benar dibangun secara profesional.
2. Tuliskan Profil Bisnis yang Jelas pada Bio
Suatu bio yang baik di Instagram, terutama untuk bisnis IG olshop adalah memberikan informasi yang ringkas, padat, dan benar-benar menjelaskan tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis yang anda jalankan.
Pada bagian bio seharusnya pebisnis online menempatkan nama usaha mereka dengan jelas di awal. Kemudian, penjelasan mengenai bisnis mereka itu apa secara garis besar, dan diikuti dengan fitur-fitur atau keunggulan yang mereka tawarkan, link ke media sosial lainnya, dan terakhir alamat website.
3. Posting secara rutin
Saat ingin membangun suatu bisnis online menggunakan platform Instagram, Anda juga harus terbiasa untuk rutin memposting sesuatu yang baru setiap harinya, dan bahkan beberapa kali dalam sehari. Dengan membuat jadwal posting, ditambah dengan desain yang khas untuk bisnis Anda, akan semakin memperbesar peluang bisnis Anda untuk dapat dilirik oleh mereka, terutama yang telah menjadi follower Anda.
4. Desain Postingan yang Menarik
Terkait dengan postingan, tips jualan pada IG olshop yang sangat efektif adalah memastikan foto atau video yang dipasang terlihat menarik dan juga terkonsep serta memiliki ciri khas sehingga pembaca akan segera mengatahui yang mana postingan dari akun bisnis Anda.
5. Isi Caption yang Menarik
Tidak hanya soal foto dan video yang diposting, isi dari caption juga sangatlah penting untuk Anda perhatikan, karena caption ini merupakan bagian lain yang dapat menentukan apakah pembaca tertarik atau tidak dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.
Jangan malas menulis caption, tetapi pastikan pembaca akan dapat membacanya dengan mudah serta bahasanya tidak membingungkan. Anda bisa mengisinya dengan spesifikasi produk, harga, atau penjelasan lainnya yang tujuannya adalah memberikan informasi.
6. Menggunakan Hashtag yang Relevan
Setelah foto, video, dan juga caption, hal lainnya yang utama dalam tips jualan online di Instagram adalah menentukan hashtag apa yang akan anda gunakan di setiap postingan tersebut. Hashtag adalag salah satu yang bisa dibilang penting dalam mempromosikan suatu usaha atau postingan di dalam platform Instagram, dan tentunya strategi penggunaannya akan sangat perlu Anda perhatikan.
Anda bisa menggunakan hashtag sebanyak-banyaknya, tetapi perlu diingat bahwa menggunakannya terlalu banyak dan tidak relevan dengan postingan di IG olshop malah tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.
Baca Juga :