Cara Memulai Bisnis Thrifting Online Modal Kecil

BISNIS THRIFTING Di dalam bisnis pakaian bekas ini kita harus punya tekad yang kuat karena saingannya sangat ketat. Pengen tahu bagaimana cara memulainya?

Kali ini blog grosir kulakan mau sharing-sharing sedikit tentang awal mula bisnis thrifting dari salah seorang supplier thrift shop branded yang namanya tidak mau di publikasikan.


Cara Memulai Bisnis Thrifting

Jadi bisnis baju thrifting itu memang susah-susah gampang yah terutama buat yang baru mau terjun di dunia bisnis thrifting ini. Karena apa? Kita harus belajar tentang brand, menentukan harga, pesaing-pesaing juga kita masih pengen tahu nih mereka jual apa, bagaimana cara menjualnya.

Makanya ketika kamu yang mau terjun di dunia bisnis sangat penting untuk menganalisa pasar. Menganalisa market siapa aja nih dan bagaimana cara memulainya. Dan tentunya menganalisa pasar ini tidak hanya bermanfaat untuk di dunia usaha thrift shop saja yah tapi juga bisa diaplikasikan ke bisnis-bisnis lain selain thrifting.

Misalnya kamu mau bisnis distro, bisnis tentang sepatu, fashion dan yang lain-lain juga tentunya penting banget menganalisa pasar. Menganalisa pasar itu sangat gampang banget yah kita langsung saja search di Google tentang thrifting nanti akan muncul berbagai informasi tentang dunia thrifting jenis produk apa aja yang dijual di thrifting dan juga bagaimana menjualnya sudah lengkap di Google.

Jadi gampang banget ketika kita akan memulai bisnis kita harus tahu dulu nih pasarnya seperti apa, marketnya seperti apa, pesaingnya juga seperti apa.

Selain Google, yang paling penting adalah kita langsung cek aja di Instagram bisa main hastag (#) yah. Apa hastagnya? #thrifting bisa nanti akan muncul tuh informasi tentang thrifting produk-produk yang lagi hype nih di dunia thrifting apa.

Kayak tahun sekarang nih lagi hype banget tentang Nascar yang vintage atau varsity lagi rame tuh. Jadi buat sobat yang baru mau mulai bisnis bisa menjadi referensi apa yang lagi laris.

Dan selain itu juga kita bisa lihat nih siapa aja pesaing kita jadi kita bisa mempelajari teknik-teknik yang dilakukan oleh pesaing-pesaing kita teknik pemasarannya, teknik photographynya, teknik cara menjualnya, harganya, hastag yang dipakainya dan segala macam itu juga penting.

Jadi yang penting adalah kita menganalisa pasar dan tahu kondisi pasar di dunia thrifting itu. Sangat penting nih kita tahu pesaing kita bukan untuk menjadi musuh yah tapi untuk sukses bersama. Kok bisa?

Ya tentunya semakin ramai pesaing kita berarti pasarnya semakin ramai juga dan semakin banyak orang-orang yang mengenal dunia thrifting. Pasarnya juga berarti semakin banyak peluang kita menjual juga semakin banyak.

Dan tentunya ini penting menganalisa pasar, tidak hanya dilakukan ketika awal bisnis ini juga terus dilakukan ketika bisnis berjalan untuk mendevelop (mengembangkan) produk dan juga brand kita yah. Dengan menganalisa pasar kita bisa mengurangi resiko kerugian yang akan kita dapatkan juga bisa meningkatkan keuntungan yang kita dapatkan.

Jadi ketika kita menganalisa pasar nih tidak hanya melihat pesaing-pesaing kita kita bisa melihat bagaimana pesaing kita cara menjualnya, bagaimana pesaing kita membuat produknya diposting di Instagram, sebagus apa & bagaimana cara memotretnya, bagaimana cara menulis deskripsinya dan segala macam.

Juga apakah dia jualannya via IG Live, apa jualannya via Facebook, apa jualanya via Shopee Live dan segala macamnya kita lihat pasarnya, bagaimana pesaingnya lagi rame, lagi trending nih produknya apa dan segala macam.

Jadi buat kamu yang baru mau mulai bisnis thrifting shop harus dan wajib nih menganalisa pasar itu yang paling penting. Tentunya analisa pasar ini tidak hanya berlaku di dunia thrifting tetapi bisa diaplikasikan ke berbagai bisnis yang lain.

Nah setelah kita tahu nih yang trending lagi apa buat kita nih yang mau mulai bisnis thrifting enaknya sih kita jualan yang paling banyak diminati orang karena apa?

Karena ketika produk kita banyak diminati orang itu cepat banget lakunya minimalnya dalam seminggu ketika kita mulai ada satu sales (penjualan) satu produk yang keluar, yang kejual gitu.

Karena penting banget nih ketika mulai bisnis ada satu orang yang beli itu kayak gimana yah semangat gitu ya jadinya. Jadi gak hanya jualan gitu kan sebulan jualan gak ada yang beli itu rasa down sendiri.

Jadi ketika kita mulai bisnis dengan produk yang banyak diminati tentunya cepat banget muternya atau cepat banget ada orang yang beli itu juga membuat semangat kita jadi lebih semangat untuk berbisnis. Jadi kita langsung search aja yang kira-kira diminati banyak orang.

Misalkan yang cewek tuh yang lagi rame itu crewneck tangan balon misalnya jadi kita mulai jualan crewneck cewek tangan balon. Insya Allah ketika kita memulainya dengan banyak diminati cepat juga keluar produknya maksudnya kejual gitu yah, keluar itu kejual produknya.

Selain produk-produk yang banyak diminati kita juga bisa menjual produk-produk yang bermerk nih. Jadi kamu tinggal menjual produk-produk seperti Nike, Adidas, Thrasher, atau Supreme yang tentunya orang lain sudah kenal gitu yah sudah akrab dengan kata-kata atau brand tersebut. Jadi tidak usah banyak promosi lebih gede karena brand tersebut sudah banyak terkenal dan terbukti kualitasnya.

Tapi perbandingannya gini nih, ketika kita memulai dengan produk yang bermerek nah kita juga mengeluarkan budget juga agak lebih tinggi nih ya dengan ya untungnya juga lumayan juga dibandingkan dengan produk-produk yang fashion tidak terlalu terkenal.

Kita mengeluarkan budget ya sedikit aja tapi untungnya lumayan gede, tinggal dipilih aja tuh mau mulai dengan bisnis dengan produk yang bermerek atau yang emang banyak diminati tapi harganya sedikit tapi cuannya lumayan gede tinggal dipilih aja gimana selere gitu.

Baik produk yang bermerek atau yang banyak diminati tentunya punya pasar masing-masing ya orangnya seperti apa yang membeli produk tersebut cewek atau cowok, usianya berapa dan itu sangat penting nih buat kita untuk membuat target pasar kita nih nanti di Instagram atau di marketplace lain.

Ketika kita sudah memilih produk apa aja yang akan kita jual, kita langsung memilih target pasar nih apakah produk tersebut dijualnya ke cewek apa cowok ke usianya yang berapa tahun misalkan 25 atau sampai 40 tahun atau 30 tahun ke atas dan segala macamnya.

Atau misalkan ini ke anak muda nih yang hypebeast atau ke anak skateboard nih jadi kita sudah menentukan target pasar yang akan kita bidik gitu ya ketika memulai bisnis thrifting ini tidak ngeblank banget ini saya jualan kemana jadi saya tahu nih ini produknya saya jual kesini, jual kesini, jual kesini jadi enak gitu ketika mulai langsung kita targetkan ke orang-orang tersebut.

Jadi target pasarnya pun sudah jelas biar tidak ngeblank banget kalau sudah lengkap nih kita sudah tahu kondisi pasar produk apa yang sudah dijual dan kemana akan ngejualnya coba pikirkan kira-kira nama brand yang akan kita buat namanya apa dan tentunya nama brandnya harus sesuai dengan produk yang kita jual dan tentunya harus “loe banget” lah istilahnya.

Yah produknya yang ini nama brandnya nih gue banget lah gitu yah. Kayak banyak banget nama brand-brand unik tentunya dan yang melekat banget di dunia thrifting ini seperti @xstyle.id, @bi9boss, @selectthrift dan segala macam tentunya simple-simple dan unik gitu didengarnya kita memilih brand yang unik yah beda dari yang lain karena beda itu sangat penting yah kata Pandji Pragiwaksono tuh "Sedikit lebih beda itu lebih baik daripada sedikit lebih baik".

Nah saya ulangi nih kata Pandji Pragiwaksono, standup comedian "Sedikit lebih beda itu lebih baik dari sedikit lebih baik". Apalagi kalau kita udah sedikit lebih beda ditambah sedikit lebih baik wah itu tambah bagus banget yah jadi coba pikirkan nama brand toko atau nama brand bisnis kita yang ya uniklah.

Ya kayak misalkan Nike itukan gampang disebut yah saya kasih contoh nih misalkan brandnya TRIP THRIFT wah itu kan kayak perjalanan untuk ngethrift atau Drive Thrift gak tahu nih udah ada apa belum dan tentunya penting buat ngecek nama toko ini yang kita buat ini sudah ada belum nih di instagram atau di ecommerce lain di Tokopedia atau di shopee.

Selain nama brand, logo brand juga harus sama uniknya nih jadi ketika kita punya nama brand logonya juga harus nyentrik yah harus eye-cathcing jadi ketika ada orang melihat pun jadi harus langsung inget.

Kayak Nike kan simple kan cuman ceklis doang oh ini brand Nike atau X doang oh ini Off-White atau segitiga doang oh ini Palace dan yah kayak gitu gitu jadi memulai logo itu penting juga yah harus yah senyentrik-nyentrik mungkin lah biar orang tahu nih logo-logo punya brand kita gitu.

Nah ketika kita sudah punya nama brand, logo brand, produk apa yang mau dijual, kemana kita ngejualnya yuk kita mulai thrifting di thrift shop - thriftshop yang terpercaya tentunya yah kita mulai beli satuan dulu nih misalnya kita mau beli crewneck seperti apa, crewneck buat cewek yang gambar kartun misalkan yang Snoopy atau Peanuts.

Nah khusus Peanuts aja nih yah target pasarnya juga ke cewek, yang anak muda, yang suka kartun jadi enak gitu ngejualnya kita cari produk-produk di thrift shop yang ngejual Peanuts atau Snoopy kita kumpulin lalu kita jual ke orang-orang yang juga senang Snoopy.

Jadi belinya gampang, nyarinya gampang dan ngejualnya juga gampang gitu. Lebih tertarget gitu kan jadi sudah punya semuanya tinggal dipraktekin nih yuk kita coba mulai beli satu dua produk, tiga produk mulai dari kaosnya, crewnecknya hoodienya segala macem, dimulai aja!

Setelah misalkan eh nih sudah mulai cuan nih udah mulai untung gitu kan coba beli paketan yah belinya sepuluh piece, dua puluh piece jadi gak langsung beli banyak beli dikit-dikit aja nah baru nih kalau sudah mulai gede yah followersnya sudah banyak marketnya sudah terbentuk gitu kan tokonya sudah mulai terkenal baru berani bongkar bal.

Awal mula beli itu jangan langsung bongkar bal karena bongkar ball itu gak tertarget. Kalau bal itu kan isinya macem-macem yah ada mulai dari yang brandnya reject, ada yang juga yang fashion aja brandnya malah sedikit gitu kan.

Jadi brandnya pun belum tentu kita bisa ngejual yang branded, ini ya salah satu resiko juga yang kita terima ketika kita bongkar ball. Untuk mengurangi resiko itu makanya ada analis pasar di awal dan harus tertarget juga pasarnya.

Kalau bongkar bal kan tentu banyak banget barang-barang fashion dan rejectnya apakah kamu sudah siap dengan produk-produk rejectnya mau kemanain? Atau barang-barang fashionnya mau kemanain?

Ketika misalkan bongkar hoodie atau crewneck yang isinya cuman 200 pieces lalu yang brandednya cuman beberapa pieces misalkan paling banyak misalkan 20 lah, 25 pieces sisanya 160-an pieces kemanain?

Apakah mau dibuang begitu saja, kan enggak tetap harus ada marketnya gitu kan jadi ketika kita mulai bisnis bagusnya mulailah dari yang kecil-kecil terlebih dahulu, tapi buat kamu yang berani atau nekat ya gak ada salahnya langsung bongkar bal atau emang mau jualan bal juga gapapa.

Setelah kita punya logo brand, nama brand, produknya sudah ada nih, sudah siap jual yang paling penting adalah marketing. Marketingnya ada dua cara yang sudah terkenal yang pertama adalah secara offline dan juga online.

Kalau offline ini agak panjang ceritanya ya karena kita harus punya toko sewa tempat, cetak brosur atau segala macem yang paling murah tentunya adalah dengan online. Nah online ini banyak juga cabangnya kayak marketplace atau segala macem.

Yang paling penting kita harus punya instagram minimalnya kita punya instagram dulu lah, kita harus juga punya tokopedia atau Shopee untuk rekening bersama gitu yah jadi lebih trusted, lebih terpercaya.
Tentunya ini tutorial-tutorial tentang marketplace itu sudah banyak ditulis di blog grosir kulakan ini.

BERSAMBUNG...

Tags :
cara aman memulai bisnis pemula thrifting online 2021 modal kecil, peluang bisnis thrifting indonesia, langkah awal buka toko thrifting pakaian bekas, pertama kali bongkar ball hoodie untuk mulai bisnis thriftshop, cara memilih nama & logo brand untuk bisnis thrifting, cara menentukan target pasar dalam memulai bisnis thrifting, peluang bisnis jual beli produk pakaian bekas thrifting cimol gedebage bandung

Artikel Ini Terdiri Dari Beberapa Part :

Cara Urus Izin Usaha Waralaba / Franchise #STPW via OSS

Kami akan menjelaskan mengenai pengurusan izin STPW via OSS untuk Pelaku Usaha Waralaba. STPW atau Surat Tanda Pendaftaran Waralaba merupakan bukti pendaftaran prospektus penawaran waralaba dan perjanjian waralaba.

Nah, sejak tanggal 10 Februari 2020 pengurusan STPW ini sudah melalui OSS. Jadi, pelaku usaha Waralaba wajib memiliki NIB dan Izin Usaha yang dikeluarkan dari OSS. Di artikel sebelumnya, kami sudah pernah membuat mengenai tutorial cara pengurusan NIB dan Izin Usaha melalui OSS.



Yang menjadi khusus untuk STPW ini adalah adanya tambahan KBLI nomor 77400 dengan keterangan Sewa Guna Usaha tanpa hak opsi aset non-finansial bukan karya hak cipta. Berdasarkan Permendag Nomor 64 tahun 2020, KBLI Nomor 77400 ini masuk ke tipe usaha yang kedua.

Artinya, untuk penerbitan STPW memerlukan pemenuhan komitmen dengan persyaratan teknis. Proses pengurusan STPW ini dibagi menjadi dua, yang pertama melalui Kementerian Perdagangan dan Melalui PTSP Wilayah Kabupaten/Kota Setempat.

Kapan sih pelaku usaha waralaba harus melakukan pemrosesan STPW melalui Kementerian Perdagangan dan kapan pelaku bisnis waralaba harus melakukan proses STPW melalui PTSP setempat.

Yang pertama, apabila pelaku usaha itu merupakan pemberi waralaba yang berasal dari luar negeri, atau pemberi waralaba yang berasal dari dalam negeri.

Kemudian, penerima waralaba dari waralaba luar negeri, pemberi waralaba lanjutan dari waralaba luar negeri, dan pemberi waralaba lanjutan dari waralaba dalam negeri. Kelima kegiatan usaha ini harus melakukan pengurusan STPW ke Kementerian Perdagangan.

Untuk pengurusan STPW yang dilakukan melalui PTSP adalah untuk penerima waralaba dari waralaba dalam negeri, penerima waralaba lanjutan dari waralaba luar negeri, dan penerima waralaba lanjutan dari Waralaba dalam negeri.

Kemudian bagaimana cara pengajuan STPW di Kementerian Perdagangan? Yang pertama, Anda harus sudah pernah melakukan pengurusan NIB dari OSS. Fungsinya adalah untuk mendapatkan hak akses dari SIPT Kementerian Perdagangan.

Jadi, untuk Pelaku Usaha Waralaba dapat mengakses situs perizinan Kementerian Perdagangan melalui sipt.kemendag.go.id, kemudian klik daftar hak akses, lalu memasukkan nomor NIB dan data-data perusaahaan, setelah itu dari Kementerian Perdagangan akan mengirimkan username dan password melalui email yang terdaftar.

Email tersebut nantinya akan digunakan untuk login supaya melakukan pengurusan pemenuhan komitmen melalui Kemendag. Persyaratan untuk mengajukan STPW di Kemendag itu yang pertama adalah prospektus penawaran Waralaba dan kemudian perjanjian Waralaba.

Perjanjian Waralaba ini khusus untuk penerima Waralaba yang berasal dari luar negeri. Ketika kita sudah masuk ke sistem SIPT Kemendag, kita bisa mengajukan permohonan.

Jadi, mulai dari mengisi data-data permohonan, data perusahaan, kemudian data pemilik atau penanggung jawab. Untuk perusahaan yang berbentuk PT, data pemilik atau penanggung jawab ini diisi dengan data direktur.

Kemudian data tempat usaha dan data jenis usaha. Penting untuk Pelaku Usaha Waralaba untuk mencantumkan merk usaha Waralabanya. Selanjutnya, baru bisa diupload persyaratan yang berupa prospektus penawaran Waralaba dan juga Perjanjian Waralaba.

Kemudian KTP Direktur dan juga data-data legalitas perusahaan. Setelah semua data telah lengkap dan persyaratan juga sudah diupload, maka Pelaku Usaha sudah dapat mengirimkan permohonan untuk pengajuan STPW.

Apabila semuanya sudah lengkap, ementerian Perdagangan akan melakukan pemeriksaan Setelah itu, Kementerian Perdagangan akan mengirimkan notifikasi ke OSS untuk menerbitkan STPW. Apabila sudah selesai pemeriksaan, maka Pelaku Usaha dapat mencetak STPW dari sistem OSS yang sudah berlaku efektif.

Kemudian untuk STPW yang pemrosesannya melalui PTSP setempat, ini perlu dicek dulu. Biasanya di beberapa daerah seperti di Jakarta dan Surabaya mereka sudah memiliki sistem untuk pengurusan perizinannya jadi untuk pengajuan STPW juga sudah bisa melalui online.

Persyaratan untuk mengajukan STPW melalui PTSP yang pertama adalah data legalitas perusahaan, kemudian data penanggung jawab termasuk KTP dan NPWP.

Selanjutnya, perlu juga dilampirkan penawaran prospektus penawaran Waralaba dan juga Perjanjian Waralabanya Proses pengurusan ini hanya memerlukan waktu sekitar 7 hari kerja dan berlaku selama Pelaku Usaha melakukan kegiatan usahanya.


Baca Juga :

Tag :
Usaha waralaba, waralaba terlaris, waralaba adalah, waralaba makanan, bisnis, franchise, bisnis waralaba, usaha franchise, usaha franchise terlaris, izin usaha waralaba, izin usaha franchise

Perbedaan Agen dan Distributor yang Sering Salah Dipahami

Perbedaan pertama adalah terkait definisi antara distributor dan agen. Definisi agen dan distributor diatur dalam Permendag Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Ketentuan Utama Terkait Distribusi Barang.

Dari definisi antara agen dan distributor di sini terlihat bahwa perbedaan utamanya adalah terletak antara siapa yang diwakili dan atas nama siapa agen atau distributor tersebut bertindak.

Perbedaan kedua batasan wewenang dan tanggung jawab. Dalam perjanjian keagenan batasan wewenang dan tanggung jawab melekat pada prinsipal. Adapun tanggung jawab prinsipal sebatas dengan apa wewenang yang diberikan pada agen.



Nah, sedangkan pada perjanjian distributor batasan wewenang dan tanggung jawab adalah melekat pada distributor karena distributor bertindak atas namanya sendiri.

Jadi perbedaan kedua jelas terkait batasan dan wewenang dimana distributor bertanggung jawab atas namanya sendiri, sedangkan dalam agen yang tetap bertanggung jawab adalah prinsipal atau yang memberi wewenang.

Perbedaan ketiga adalah kewajiban legalitas pelaku usaha agen atau distributor. Dalam Permendag Nomor 22 Tahun 2016, terdapat 5 syarat yang dipenuhi ketika pelaku usaha ingin menjalankan usaha distributor.

  1. Merupakan badan usaha yang berbentuk badan hukum dan berdomisili di Indonesia.
  2. Memiliki perizinan dari Kementerian Perdagangan sebagai pelaku usaha distributor.
  3. Memiliki atau menguasai tempat usaha dengan alamat yang terdaftar.
  4. Memiliki atau menguasai gudang yang terdaftar.
  5. Memiliki perjanjian antara supplier atau produsen dengan distributor.


Sedangkan bagi pelaku usaha keagenan wajib memenuhi 5 kewajiban sebagai berikut :

  1. Berbentuk badan usaha atau badan hukum yang berdomisili di Indonesia.
  2. Memiliki izin dari Kementerian Perdagangan untuk pelaku usaha agen.
  3. Memiliki alamat tempat usaha.
  4. Memiliki perjanjian keagenan dengan supplier atau produsen.
  5. Melakukan kegiatan berdasarkan komisi.


Nah, dari kewajiban tersebut, terdapat 2 (dua) perbedaan antara agen dan distributor :
  • Yang pertama adalah distributor wajib memiliki gudang yang terdaftar sedangkan agen tidak.
  • Yang kedua adalah distributor tidak menjalankan usaha berbasis komisi sedangkan agen menjalankan usaha berdasarkan komisi.
  • Perbedaan ketiga adalah hubungan kontraktual dengan konsumen. Nah dalam agen hubungan kontraktual mengikat antara konsumen dengan prinsipal atau supplier tidak mengikat dengan agen. Sedangkan dalam distributor hubungan kontraktual mengikat antara konsumen dengan distributor karena distributor bertindak atas namanya sendiri.
  • Perbedaan kelima adalah kebijakan terkait harga. Dalam keagenan, prinsipal atau supplier mengontrol harga yang akan dipasarkan oleh agen.

Sedangkan dalam perjanjian distributor prinsipal atau supplier sama sekali tidak memiliki wewenang dalam mengontrol harga terhadap barang yang dipasarkan oleh distributor. Distributor memiliki wewenang penuh untuk menentukan harga terhadap barang yang ia pasarkan.

Sehingga, mana yang sebaiknya dipilih pelaku usaha? Apakah itu agen atau distributor? Nah, apabila pelaku usaha atau supplier ingin mempertahankan kendali terhadap pasar, maka biasanya pelaku usaha atau supplier memilih agen dalam memasarkan produknya.

Selain itu, apabila pelaku usaha ingin mengurangi biaya dalam hal distribusi produknya, maka biasanya pelaku usaha juga memilih agen. Mengingat agen bekerja berdasarkan komisi dan biasanya, komisi nilainya lebih sedikit dibanding potongan harga yang sering kali diminta oleh distributor.

Dua alasan tersebut bisa dipertimbangkan untuk pelaku usaha memilih agen dalam memasarkan produknya.

Nah, sebaiknya distributor dipilih oleh pengusaha apabila pengusaha ingin mengurangi resiko dalam pemasaran produknya. Selain itu, apabila pengusaha juga ingin memasuki suatu wilayah dimana wilayah tersebut, produk yang dimiliki oleh pelaku usaha belum ada sama sekali.

Di sini diperlukan adanya peran distributor yang telah berpengalaman dalam pemasaran produk dan memiliki trust dari masyarakat.

Alasan lain mengapa pelaku usaha perlu mempertimbangkan untuk menggunakan distributor adalah efisiensi dalam pelayanan terhadap konsumen. Mengingat hubungan antara konsumen mengikat langsung terhadap distributor, sehingga yang memiliki kewajiban untuk pelayanan terhadap konsumen adalah si distributor tersebut.

Baca Juga :

6 Tool Instagram Untuk Posting Terjadwal Otomatis

Salah satu strategi yang sangat disarankan untuk meningkatkan engagement Instagram dan menambah jumlah follower yaitu konsisten. Dengan kata lain, jika Anda memposting secara teratur, algoritma media sosial menunjukkan konten Anda kepada lebih banyak pengguna.

Jika posting rutin tampaknya menantang bagi Anda, jangan khawatir! Hari ini kita akan membahas cara menjadwalkan postingan Instagram, tool atau software apa yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah proses ini, dan cara meningkatkan kinerja Instagram Anda.




Mengapa Optimasi Postingan Instagram Diperlukan?

Instagram selalu update. Ini penting untuk dipahami jika Anda akan menjalankan akun bisnis di platform media sosial ini. Pembaruan ini mempengaruhi setiap pengguna Instagram, mulai dari blogger populer hingga pemilik bisnis kecil lokal.

Misalnya, beberapa waktu lalu, algoritma Instagram mulai membuat postingan baru berdasarkan minat dan aktivitas orang, bukan urutan kronologisnya.

Sederhananya, jika konten Anda tidak mendapatkan cukup like dan komentar, algoritma akan menganggapnya tidak relevan dan tidak menarik. Ini akan menyebabkan penurunan tampilan, penurunan jumlah follower dan penjualan.


Itulah mengapa sangat penting untuk mengikuti beberapa jenis aturan yang memungkinkan konten Anda mendapatkan lebih banyak reaksi dan tetap berada di puncak feeds semua follower Anda. Setidaknya ada dua faktor, yaitu: waktu dan konsisten.

Follower Anda memiliki berbagai waktu aktivitas di siang hari. Jika Anda memposting pada saat aktivitas terendah, publikasi Anda akan menerima lebih sedikit like dan komentar daripada yang seharusnya.

Akibatnya, Instagram akan menganggap postingan Anda kurang menarik dibandingkan rata-rata. Itulah mengapa jam posting itu penting. Sangat penting untuk mengetahui waktu hari ketika tingkat aktivitas follower Anda berada pada titik tertinggi.

Konsisten juga penting karena jika Anda tersesat dari umpan berita follower, algoritma akan bekerja dengan cara yang sama. Dan, jika orang terbiasa melihat posting Anda setiap hari, yang terbaik adalah membuat mereka tetap terlibat dengan konten yang diterbitkan secara teratur. Tapi, biasanya, seorang pengusaha pemula tidak punya cukup waktu untuk ini.

Itu sebabnya pengoptimalan dan otomatisasi proses ini adalah ide yang bagus. Ibaratnya Anda akan membunuh dua burung dengan satu batu: dapatkan lebih banyak waktu luang untuk aktivitas lain dan penuhi semua persyaratan algoritma Instagram untuk mempertahankan posisi di feeds follower Anda.


Solusi Terbaik Untuk Memposting Otomatis Dan Menjadwalkan Konten Di Instagram

Jauh lebih nyaman untuk menjalankan akun bisnis Anda di Instagram dengan bantuan tool yang mempublikasikan konten secara otomatis.

Jika Anda menggunakan tool otomatis instagram, Anda tidak akan pernah kembali ke posting manual. Tetapi bagaimana memilih opsi yang paling cocok untuk kebutuhan bisnis Anda? Berikut adalah daftar 6 tool dan software posting otomatis di instagram.

Sked Social

Sked Social memberi penggunanya berbagai macam fitur. Pertama-tama, ini mendukung beberapa platform media sosial: Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram. Tetapi jejaring sosial utama mereka adalah Instagram. Dan mereka menawarkan statistik lanjutan untuk posting dan stories Instagram. Dengan menggunakan data ini, Anda akan dapat memaksimalkan akun instagram Anda.

Sked Social adalah solusi terbaik untuk tim pemasaran Anda. Ini memiliki fitur Kolaborasi untuk orang-orang yang mengerjakan proyek yang sama yang menyediakan akses ke semua anggota tim. Tidak banyak tool instagram yang dapat menawarkan fungsi semacam ini.

Singkatnya, Sked Social menawarkan:

  • Analisis dan laporan yang akurat
  • Mengunggah konten posting secara Massal
  • Kalender media sosial dengan fitur penjadwalan yang kompleks
  • Aplikasi seluler tempat Anda dapat memeriksa dan mengelola penjadwalan
Berbicara tentang fitur penjadwalan dan pengeposan, kami ingin menyoroti yang berikut ini:

  • Penempatan hastag otomatis di komentar pertama
  • Penerbitan otomatis
  • Peluang untuk menandai orang, produk, dan lokasi
  • Kalender konten yang memungkinkan Anda untuk melihat dan merencanakan posting Instagram Anda
  • Fitur posting otomatis yang memungkinkan untuk menjadwalkan carousels, foto, posting video, dan bahkan konten story

Combin Scheduler

Tool instagram berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Combin Scheduler. Ini digunakan untuk perencanaan ke depan dan posting instan. Berikut adalah beberapa fitur yang paling berguna:
  • Mengedit ukuran gambar
  • Mengunggah cerita secara massal
  • Menandai pengguna dan lokasi
  • Manajemen hastagh
  • Mengatur gaya kisi Instagram Anda, dll.
Untuk dapat menggunakan tool instagram ini, Anda juga dapat memilih salah satu dari tiga opsi harga: Gratis, Pribadi ($15 per bulan), dan Bisnis ($30 per bulan).

Dalam paket Gratis, Anda hanya dapat mengelola 1 akun Instagram, yang mencakup pengeposan otomatis 3 pos dan 15 cerita per minggu. Pakai gratis saja sudah cukup kok.


Later

Latter memungkinkan pengelolaan konten pada platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan Instagram. Seperti software instgram lainnya dalam postingan ini, dia menawarkan fitur untuk merencanakan, mengatur, dan menjadwalkan konten untuk akun sosmed Anda. Berikut adalah beberapa fitur lain yang Latter sediakan:
  • Perencana visual untuk mengatur kisi Instagram Anda
  • Kemampuan untuk dengan mudah mencari konten yang dibuat pengguna dan menambahkannya ke perpustakaan pribadi Anda
  • Tautan di bio
  • Analisis Instagram Kompleks dan analisis tagar Instagram
  • Kemampuan untuk melihat pratinjau umpan Anda sebelum memposting
Sebelum memulai dengan tool ini, Anda juga harus mengetahui beberapa kekurangannya. Pertama, jika Anda memiliki paket gratis, Anda tidak diperbolehkan memposting video dan postingan dengan dimensi dan ukuran file tertentu.

Kedua, Later memungkinkan Anda menjadwalkan posting stories dan Carousel Anda. Namun, untuk mempublikasikannya, Later akan mengirimi Anda pemberitahuan sehingga Anda akhirnya memposting secara manual.


Tailwind

Tailwind membantu mengoptimalkan perencanaan dan meningkatkan tingkat keterlibatan. Tentu saja, ia memiliki fitur analitik yang kuat yang memberi penggunanya metrik profil, laporan tren, dan tingkat keterlibatan.

Selain analitik, ada opsi seperti:

  • Pencarian hashtag yang akan menemukan daftar hashtag dan rekomendasi yang berguna untuk Anda
  • Penjadwalan cerdas yang akan menentukan waktu kapan pengikut Anda paling aktif
Jika Anda ingin menggunakan Tailwind, ia memiliki paket gratis tetapi dengan fungsionalitas terbatas. Paket yang ditingkatkan mulai dari $15,99/bulan untuk satu akun Instagram dan 400 postingan per bulan. Paket peningkatan dengan harga lebih tinggi memiliki lebih banyak fitur tambahan dan menawarkan data analitik yang lebih detail.


Sprout Social

Sprout Social adalah tool yang benar-benar ampuh untuk manajemen media sosial. Ini mendukung banyak platform media sosial: Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, LinkedIn.

Sprout Social memberi penggunanya fungsionalitas yang luas. Semua fiturnya dapat diurutkan berdasarkan kategori berikut:
  • Analitik
  • Otomatisasi
  • Kolaborasi
  • Engagement
  • Posting
Jelas, Sprout Social adalah tool yang sanagt bagus berbeda dari software sosial media lainnya. Tool sosmed ini memungkinkan Anda untuk mempublikasikan, menjadwalkan, menyusun, dan mengantri posting Anda. Ini juga dapat menyarankan Anda waktu terbaik untuk memposting dan membantu Anda mengukur keterlibatan posting setelah dipublikasikan!

Nah, ini adalah solusi bagus untuk mengoptimalkan konten dan alur kerja Anda. Namun, ia juga memiliki beberapa kelemahan.

Misalnya, Anda dapat memilih frekuensi posting, meskipun Anda tidak dapat memilih waktu posting yang tepat. Jadi, jika Anda ingin mengendalikan semuanya dan memiliki rencana posting tertentu, itu bisa menjadi masalah besar bagi Anda.

Juga, Sprout Social tidak memposting konten Anda secara otomatis, ia mengirimkan pemberitahuan dan pengingat sehingga Anda dapat mempostingnya secara manual.

Satu lagi batasan adalah Anda tidak dapat memposting carousel dan hashtag Instagram di komentar pertama. Selanjutnya, Sprout Social tidak mengizinkan untuk menambahkan lokasi ke postingan Instagram.


Baca Juga Artikel Dibawah Ini :

Cara Membuat Channel YouTube Untuk Bisnis Anda

Apakah Anda mencari cara baru untuk mempromosikan bisnis atau jualan Anda? Bagaimana membuka cakrawala baru dengan YouTube? Menjalankan channel YouTube untuk bisnis adalah strategi yang sangat mudah untuk menemukan lebih banyak pelanggan.

Dan dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan panduan langkah demi langkah tentang cara memulai channel youtube dengan sukses. Lanjutkan!



YouTube mungkin adalah platform berbagi video paling populer di dunia. Oleh karena itu, audiensnya sangat luas dan mencakup orang-orang dari semua demografi dari seluruh dunia. Sederhananya, itu akan menjadi tugas yang menakutkan untuk menemukan seseorang yang belum pernah menonton video apa pun di YouTube. Bukankah itu alasan yang baik untuk memulai channel bagi bisnis online Anda?

Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya, artikel ini akan berguna. Di sini kami akan membagikan mengapa Anda perlu memikirkan untuk memulai channel YouTube, bagaimana melakukannya, dan apa yang dapat Anda andalkan sebagai hasilnya. Omong-omong, jika Anda sudah memiliki channel YouTube, artikel ini juga dapat bermanfaat untuk Anda. Jadi, mari kita mulai.


Mengapa Anda Harus Memiliki Channel Youtube Untuk Bisnis

Saat orang ingin membeli sesuatu secara online, mereka memiliki banyak keraguan: apakah produk ini memiliki kualitas yang baik, bagaimana tampilannya sesungguhnya, apa yang orang lain katakan tentang produk atau jasa Anda, dan sebagainya.

Tapi, tidak semua toko online memiliki kesempatan untuk berbagi informasi ini tepat di halaman produk. Ini bisa menjadi alasan utama mengapa orang menolak untuk membeli produk dari website Anda.

Channel YouTube dapat membantu Anda mendemonstrasikan produk yang Anda jual, mempresentasikan manfaatnya, dan membagikan ulasan nyata. Plus, Anda dapat mengajari orang cara menggunakan produk Anda untuk mencegah umpan balik negatif di masa mendatang karena seseorang tidak paham tentang produk tersebut.

Singkatnya, channel YouTube dapat mempunyai dampak besar pada bisnis toko online Anda. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh :


Manfaat Membuat Channel Youtube

#1 Menumbuhkan brand awareness
Channel YouTube memungkinkan peningkatan pengenalan merek. Ini sangat penting untuk bisnis kecil dan baru berjalan.

Dengan memublikasikan video di YouTube, Anda dapat memberi tahu orang-orang tentang produk Anda dan memperkenalkan toko online Anda kepada mereka.

Mungkin mereka tidak akan membeli dari Anda setelah mereka menonton video. Tapi kemungkinan besar mereka akan mengingat Anda. Dan ketika mereka perlu membeli sesuatu di waktu yang akan datang, mereka akan membeli dari toko Anda karena mereka sedikit banyak sudah mengenal toko online yang Anda kelola.


#2 Meningkatkan kepercayaan
Tingkat kepercayaan toko online adalah salah satu aspek kunci dari pertumbuhan bisnis. Ada banyak cara untuk meningkatkannya. Dan salah satu strategi paling ampuh adalah menggunakan channel YouTube.

Channel YouTube memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan produk Anda, memberi tahu cara kerja bisnis Anda, berbagi informasi tentang layanan pelanggan Anda, dan menjalin kontak emosional dengan pelanggan Anda. Dengan kata lain, sorot dan jelaskan aspek-aspek yang menjadi perhatian pelanggan Anda.


#3 Meningkatkan konversi penjualan
Ini adalah cara alami dari peningkatan brand awareness dan meningkatkan tingkat kepercayaan. Untuk pengguna Internet, akan lebih mudah untuk memesan di toko online Anda: mereka telah mendengar tentang Anda. Itu sebabnya Anda harus memberi tahu pelanggan dengan benar dan melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan semua kemungkinan masalah mereka.

Menjalankan channel YouTube memungkinkan Anda membuat dan membangun hubungan dengan pelanggan yang kuat. Plus, orang suka menonton video. Ini adalah jenis konten favorit saat ini.
Jadi, kami menyimpulkan bahwa Anda dapat memperoleh banyak keuntungan dari YouTube. Sekarang, saatnya untuk mencari tahu caranya.


Cara Memulai Channel YouTube Untuk Bisnis : tahap persiapan

Anda mungkin berpikir bahwa hanya perlu membuka YouTube dan mengeklik tombol Buat Channel, tetapi harap bersabar. Tentu saja, ini adalah tindakan yang diperlukan, namun Anda harus mempertimbangkan aspek penting lainnya seperti konsep channel, sasaran, target penonton, dll. Ini akan membantu Anda membuat konten yang tepat untuk membuat orang tertarik pada channel Anda.

Jadi, apa tujuan channel Anda? Mungkin salah satunya cocok untuk Anda:

  • Dorong lebih banyak traffic ke toko online Anda
  • Tingkatkan penjualan
  • Temukan pelanggan baru
  • Tingkatkan kepercayaan

Ada banyak ide lain, tentu saja, dan Anda dapat memilih lebih dari satu sasaran untuk channel Anda. Namun, lebih baik untuk fokus pada satu tujuan tertentu karena akan memungkinkan Anda mengevaluasi hasil Anda lebih tepat dan melihat apakah channel Anda bekerja dengan baik atau tidak.

Kemudian, Anda dapat menentukan penonton channel Anda.

Jika Anda sudah tahu siapa target audiens toko online Anda, itu bagus. Mungkin, kedua audiens ini akan serupa atau sama. Jika tidak, berikut adalah beberapa parameter yang dapat Anda gunakan untuk menentukan audiens target Anda:

  • Usia
  • Pria / Wanita
  • Lokasi / bahasa
  • Minat
  • Kerja
  • Status keluarga
Dengan menggunakan parameter ini dan parameter lainnya, Anda harus mendapatkan deskripsi lengkap tentang seseorang seolah-olah Anda sedang menggambarkan teman terdekat Anda.

Satu aspek lagi yang harus dipikirkan terlebih dahulu adalah konten. Untuk lebih spesifik, Anda harus menetapkan prioritas.

Bahkan jika Anda membuat channel YouTube untuk mempromosikan bisnis Anda, bukan berarti harus ada video komersial tentang produk Anda saja. Lagi pula, orang-orang pergi ke YouTube untuk mencari hiburan bukan untuk melihat presentasi jualan Anda.

Dengan kata lain, konten Anda tidak boleh hanya komersial, Anda juga harus membagikan video yang mendidik, informatif, dan menyenangkan. Dengan cara ini Anda akan memenangkan hati pelanggan dan membuat mereka berlangganan channel Anda atau bahkan membeli sesuatu dari Anda tanpa penundaan.

Mari kita ambil beberapa contoh kemungkinan konten tergantung pada niche bisnis Anda.
Anda mungkin menjual produk untuk hewan peliharaan. Anda dapat memberi tahu orang-orang tentang berbagai ras kucing dan anjing, berbagi video lucu dengan hewan, atau beberapa tips merawat anjing atau kucing.

Satu lagi niche yang populer adalah fashion. Jika Anda menjual pakaian, buat video dengan berbagai tampilan yang terdiri dari barang yang Anda jual, bagikan trend terbaru, atau tampilkan pakaian selebritas terbaik. Inilah yang bisa menarik bagi audiens target Anda.



Cara Memulai Channel YouTube Untuk Bisnis : bagaimana selanjutnya

Seperti yang kami katakan, proses membuat channel YouTube untuk bisnis tidak rumit. Mulai saat ini, Anda dapat mengunggah video dan memublikasikannya di halaman channel Anda.

Karena kami mempunya pengalaman di bidang ini, kami akan dengan senang hati membagikan kiat tentang cara menggunakan channel YouTube Anda.

Pertama, content is king. Berikan perhatian sebanyak mungkin padanya. Semakin menarik dan bermanfaat video Anda, semakin banyak orang akan datang dan berlangganan channel Anda. Bagaimana memahami jika konten Anda cukup baik? 

Dan inilah trik kecil untuk membuat orang tertarik menonton video Anda. Tambahkan intro singkat ke awal video dengan momen atau pemikiran terbaik atau terlucu untuk menarik perhatian orang. 

Selain itu, pastikan untuk menambahkan layar akhir (end screen) dengan video terkait dari channel Anda. Ini adalah bagaimana Anda dapat membuat orang berpindah dari satu video ke video lainnya tanpa meninggalkan channel Anda.

Kedua, kelompokkan video Anda ke dalam daftar putar. Ini adalah satu lagi cara efektif untuk membuat orang tetap berada di channel Anda dan menonton video Anda.

Ketiga, channel YouTube membutuhkan promosi. YouTube adalah platform kompetitif dengan banyak channel tentang berbagai topik. Jadi, akan sulit untuk meningkatkan channel Anda tanpa investasi dalam iklan.

Juga, gunakan halaman media sosial Anda yang lain untuk mengingatkan pelanggan tentang channel Anda dan bagikan tautan ke video terbaru di sana.


Cara Memulai Channel YouTube Untuk Bisnis : kesimpulan

Orang lebih suka menonton video daripada membaca posting dan artikel. Ini adalah cara yang jauh lebih mudah dan tidak memakan waktu lama untuk mendapatkan informasi.

Itulah mengapa pembuatan video berkualitas adalah hal yang tepat, ini adalah hal wajib yang harus miliki jika Anda ingin mengembangkan bisnis, menemukan pelanggan baru, dan menghasilkan lebih banyak uang.

Dan channel YouTube yang baru dibuat ini akan menjadi alat ampuh Anda menuju kesuksesan tersebut!

Cara Jualan Kosmetik - Tips Belanja Barang Pokok Kosmetik

Di artikel kali ini saya ingin membahas tentang cara berjualan kosmetik dengan modal minim, seperti yang sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya agar kita bisa mulai berjualan kosmetik walaupun dengan modal yang minim.

Jadi kalau bicara kosmetik itu luas banget ya? Ada jenis lipstik, parfum, bedak, foundation, dll. Berbicara tentang kosmetik, banyak sekali ragamnya. Jadi begitulah sekarang posisi kita adalah pemula yang memiliki modal minim.


Anggap saja kita bosan di rumah, tidak ada urusan dan mau dapat uang lebih tapi modal kita hanya sedikit itupun dari sisa-sisa uang kita pengeluaran uang bulanan atau dari tabungan kita, kita sebut saja ratusan ribu, itu membuat kita pusing, apa kita mau stok, misal kita stok semua, tentu tidak ada cukup uang, sehingga menuntut kita pemula yang ingin menimbun barang.

Ada beberapa jenis kebutuhan pokok kosmetik yang sangat kita butuhkan untuk persediaan, tetapi yang akan kita bicarakan adalah barang. Kosmetik apa yang harus kita stok, pertama-tama kita harus memperhatikan syarat utamanya, yaitu, kita harus memperhatikan lingkungan atau ruang lingkup pertemanan kita.

Misalnya kita tidak tahu caranya jualan kosmetik secara offline, ke tetangga kita seperti itu. Jadi kita memperhatikan tetangga kita atau lingkungan kita, kerabat kita atau lingkungan sekitar kita. Rumah kita adalah apa yang kita inginkan jual bersama-sama Pergi ke mereka, apakah mereka terdiri dari orang tua atau anak-anak.

Nah untuk itu, jadi kita harus melihat dulu karena mengapa kebutuhan antara orang tua dan anak-anak tidak semuanya sama, misalnya kita menempatkan remaja yang masih sekolah, Baik? Di sekolah dasar seperti itu, kami mengklasifikasikan satu kelompok kemudian yang kedua grup adalah ibu rumah tangga hingga orang tua, jadi kami harus melihat di mana kami akan menjualnya ke kepada kelompok anak-anak atau remaja atau kelompok orang tua jika kita menjualnya kepada orang tua.

Adapun barang-barang kosmetik yang kami miliki untuk persediaan, seperti lipstik, lipstik, lipstik, ini saya contohnya, karena selain lip cream yang menggunakan kuas import, biasanya orang tua memiliki lipstik seperti ini.

Mmodelnya yang simple sederhana saja seperti ini, sedangkan kalau misal anak muda lipstiknya ibarat lip tint, wajib banget buat kamu stock. Lalu dari jenis warnanya, misal pembeli kita akan memiliki orang tua, warnanya orange cerah cerah seperti ini, karena orang tua suka cabai merah, merah, merah-merah, itu yang utama.

Sementara misalnya remaja, anak-anak suka yang pakai liptint, kalau liptint mungkin ada yang merah, merah hati ya, tapi kalau pakai lip cream kayak implora nomor 01 warnanya Nut Nut gak ada warna kayak gini ada jangan di pakai, misal kan orangnya masih muda, ini buat ibu-ibu.

Dari jenis kosmetik lain misalnya untuk kelompok remaja, kami biasanya menjualnya seperti masker bedak, makanya laris sekali karena mereka di zamannya atau seusianya, saatnya rutin memakai masker.

Misalnya seminggu dua kali kayak masker penghilang komedo yang laris banget kan, mascara eye liner nya laris di antara mereka. Di antara ibu-ibu yang memakai masker, misalnya, ibu rumah tangga, lakukan tidak menggunakan masker wajah, karena tidak sempat menggunakannya, hanya orang-orang tertentu yang menggunakannya secara teratur, tetapi tidak semuanya.

Misalnya remaja, masker itu seperti tren, selain untuk kecantikan, karena kalau tidak punya masker seperti itu, mau jalan yang glowing kan? Sebagai contoh, pada orang tua, orang biasanya mencari krim pemutih seperti krim yang ada siang dan malam, tetapi harus memperhatikan yang menjual produk yaitu yang memiliki izin BPOM karena kenapa kalau misalnya kita menjual produk yang mengandung merkuri, kita tidak memiliki izin BPOM.

Baca Juga : Cara Mengecek Kosmetik BPOM Asli atau Palsu

Saya khawatir di kemudian hari kita akan memiliki masalah seperti itu dan sangat disayangkan untuk wajah orang yang menggunakannya. Jadi jual produk yang memiliki reputasi seperti itu. Banyak juga krim siang dan krim malam yang sudah memiliki izin BPOM.

Seperti Kelly Kelly bedak, dari usia remaja sampai orang tua pakai jadi bisa minimal stok 2/3 pcs, modal kita minim, 300 ribuan. Paling laris juga sabunnya, sabun pemutih misalnya kalau mau sesuatu yang bisa digunakan oleh remaja dan orang tua, seperti nyuci sabun, lalu Cleanskin laris wah juga laris banget, bisa di pake buat remaja, trus orang tua juga bisa pake whitening lotion. Itu juga kalau masih setingkat ibu muda masih sering pake tapi buat yang tua jarang. Untuk yg lanjut usia, itu lipstik, lalu krim pemutih, dan parfum.

Baca Juga : Tips Membuka Bisnis Toko Parfum

Pasar Batik Legendaris di Solo

Bicara budaya Indonesia memang tidak pernah lepas dari “batik”. Kain yang dihasilkan dari proses pewarnaan dengan menggunakan canting dan lilin ini selalu menarik untuk ditelusuri kisahnya. Nah, di salah satu daerah asal batik non-pesisir, Solo, terdapat sederet tempat yang bisa mengisi petualangan batik nusantaramu.

Tidak hanya belanja, kamu juga bisa mendapatkan bonus-bonus seperti melihat masjid berusia ratusan tahun hingga diwariskan keterampilan membatik. Penasaran? Mari kita mulai napak tilas pasar batik legendaris di kota Solo!

Pasar Batik Klewer

Tahukah kamu kalau Pasar Klewer adalah pasar batik dan tekstil terbesar di Indonesia? Dengan 2.000 kios yang tersebar di dua lantai, Pasar Klewer diisi dengan lorong-lorong berliku penuh kain batik, bahan tekstil, hingga penjahit yang siap menyulap kain  menjadi pakaian dalam sekejap! Kata “klewer” sendiri berarti menjuntai.

Dulunya area di sekitar pasar ini adalah tempat pemberhentian kereta api. Penduduk sekitar pun memanfaatkannya sebagai tempat berjualan tekstil. Cara menjajakannya dengan disampirkan di bahu sehingga kain “klewer-klewer”.

Seiring perjalanannya, pasar yang juga sempat bernama “slompretan” ini berubah menjadi Pasar Klewer dengan bangunan permanen seperti sekarang. Batik yang dijual di Pasar Klewer pun sangat bervariasi. Mau batik cap atau batik tulis, kemeja pria atau blouse wanita, beli grosir batik atau eceran, semuanya ada!

Untuk menuju pasar batik legendaris ini tentu tidak sulit karena terletak di pusat kota dan berdekatan dengan kompleks keraton. Cukup jalan kaki atau minta diantar becak, pasti sama menyenangkannya. Oh iya, ada satu lagi daya tarik Pasar Klewer.

Pasar ini “dikepung” oleh warung yang menyediakan menu-menu khas Solo seperti nasi liwet, nasi pecel, timlo, es dawet, dan es gempol. Khusus untuk penikmat jeroan dan kambing, Soto Tengkleng Pasar Klewer wajib dicicipi.


Kampung Batik Laweyan

Siapa sangka kalau kampung ini usianya sudah lebih tua dari kota Solo? Berdiri pada abad XIV, Kampung Laweyan dulunya merupakan sentra perdagangan pakaian. “Lawe” berarti benang dari kapas yang dipintal.

Nama Laweyan ternyata membawa berkah karena kampung ini tetap bertahan sebagai sentra kerajinan batik di kota Solo setelah beratus-ratus tahun berlalu. Memasuki kampung ini, kamu akan disambut oleh rumah-rumah besar yang merangkap showroom batik.

Tersedia batik tulis dan batik cap dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Jika tertarik untuk belajar membatik, jangan sungkan bertanya karena banyak rumah yang menyediakan kursus singkat membatik untuk pengunjung. Pesona Laweyan tidak berhenti sampai di situ karena masjid tertua di Solo dan Museum Samanhoedi juga menunggu untuk dikunjungi.


Kampung Batik Kauman

Tak jauh dari keraton dan Pasar Klewer, terdapat Kampung Wisata Batik Kauman. Warga Kauman memiliki keahlian membatik yang diturunkan langsung dari Keraton Surakarta. Tak heran, motif yang dihasilkan pun sangat lekat dengan pakaian para penghuni keraton.

Dalam perkembangannya, karya pengrajin Kauman berkembang menjadi tiga jenis batik, yaitu batik klasik motif pakem (batik tulis), batik cap murni, dan kombinasi batik tulis. Produk unggulannya tentu saja batik tulis motif pakem yang kental nuansa keraton.

Selain industri batik rumahan, Kampung Batik Kauman juga dikelilingi bangunan berarsitektur unik seperti joglo, limasan, dan rumah bergaya kolonial. Untuk mendukung potensi wisata kampung batik ini, tersedia penginapan untuk para wisatawan. Selamat menikmati kampungnya saudagar batik Solo!


Museum Batik Kuno Danar Hadi

Kecintaan terhadap batik telah membawa Santosa Doellah dan sang istri, Danarsih Hadipriyono untuk mengumpulkan batik dari banyak tempat. Jumlah koleksi pengusaha batik ini telah mencapai 10.000 buah dengan 600 diantaranya dipamerkan di Museum Batik Danar Hadi.

Terletak di Jalan Slamet Riyadi 261, seorang pemandu akan menemani kamu selama 1,5 jam sambil menjelaskan kisah dibalik helaian batik-batik kuno. Manisnya batik keraton, batik Belanda, hingga batik Cina pasti  mengundang decak kagum bagi siapapun yang memandang.

Dengan tema one-stop batik adventure, Museum Batik Danar Hadi juga memiliki bengkel produksi batik dan toko yang menjual cinderamata bermutu tinggi untuk kamu bawa pulang.

Produk Paling Menguntungkan Untuk Para pemain Facebook Ads

Kali ini Blog Grosir Kulakan akan menunjukkan produk apa saja yang laris manis untuk di jual di media sosial dengan mengunakan fb ads atau produk pilihan yang sangan rekomendasi buat para pemain facebook ads.


1. Jualan Fashion Kaos Distro
Produk fashion kaos distro ini masuk dalam produk paling menguntungkan untuk pemain facebook ads.

2. Menentukan Strategi Jualan Kaos Distro
Berbicara mengenai keuntungan jual kas distro ini sendiri banyak sekali cara jual dan mendapatkannya di media sosial tinggal kita membuat banyak campaign ads, salah satunya membuat 2 macam fb ads, pertama kita jual secara grosir dan ke dua menjual secara ecer dengan begitu kentungan makin maksimal.

3. Keuntungan Profit Jualan Kaos Distro
Mengenai keuntungan berjualan fashion itu sediri terletak pada pemilihan supplier fashion itu, jadi selalu pilihlah supplier fashion yang benar benar tangan pertama, berbedalagi jika anda mengambil produk fashion ke orang ke tangan ke 2 dan seterusnya makin jauh dari si supplier tangan pertama semakin sedikit keuntungan yang anda dapatkan

4. Memilih Supplier Kaos Distro
Memilih supplier sangat penting sama dengan keuntungan profit, profit yang didapat sangat berbeda beda jika anda mengambil produk dari supplier kaos distro A dengan supplier Kaos distro B, intinya jika anda mencari supplier yang benar benar supplier tangan pertama pastikan dan cros cek harga.

Apakah masuk akal atau tidak semakin mahal berarti sudah pasti bukan lagi supplier tangan pertama, jadi memilih supplier kaos distro murah itu susah susah gampang, yang namanya supplier pertama pasti punya sistem sendiri dan produknya di jual dibawah harga pasaran dan biasanya pengambilannya barang tidak bisa eceran atau sedikit mengunakan sistem borong root, PO dll.

Jadi produk yang paling menguntungkan untuk para pemain facebook ads itu sendiri bidang fashion yang masih berpotensial dan banyak di cari para pembeli di media sosial. dan keuntungan yang maksimal terletak pada pemilihan supplier fashion kaos distro murah tangan pertama itu sendiri.